HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu Passion? Arti, Jenis, dan Contohnya

Akhir-akhir ini, passion adalah kata yang sering diucapkan oleh berbagai kalangan. Passion kerap digunakan ketika seseorang tengah membicarakan cita-cita, pekerjaan, bahkan hobi.

Semua hal yang dijalankan sesuai dengan passion akan membuat kita lebih senang dan bergairah dalam menjalaninya. Namun tidak semua orang dapat bekerja atau menjalani kehidupannya sesuai passion mereka karena berbagai faktor dan tuntutan hidup yang tidak bisa kita jalani menurut idealisme diri kita sendiri.

Bagi kamu yang belum tahu apa arti passion dan ingin mengetahui cara untuk menemukan passion dalam diri, simak ulasan berikut ini.

 

Arti Passion

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesai (KBBI), passion berarti kegemaran, gairah, hasrat besar, keinginan yang besar, semangat, emosi, kegembiraan, kemarahan, dan kecemasan.

Mereka yang sudah memiliki passion rela melakukan berbagai hal untuk mencapai sesuatu. Bahkan, mereka rela menggunakan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk mencapai sesuatu.

Tidak sedikit orang yang menjadikan passion sebagai dorongan positif untuk mencapai tujuan hidupnya. Orang yang mengikuti passion umumnya lebih berpotensi mencapai kesuksesan sebab ia melakukan sesuatu yang disenangi dan membuatnya bersemangat. Selain itu, ia juga jadi lebih jarang mengeluh karena melakukannya dengan senang hati.

 

Jenis-jenis Passion

Secara umum ada 3 jenis passion, yaitu:
  • Passion akan Pengetahuan

Jenis passion ini dimiliki oleh seseorang yang memiliki keinginan dalam mempelajari keterampilan atau pengetahuan baru. Dengan passsion ini, seseorang yang memiliki keterampilan memadai dapat mengembangkan dirinya secara optimal atau membantu orang lain secara optimal.

Salah satu contoh orang yang memiliki passion terhadap ilmu pengetahuan adalah David Attenborough. Dia adalah warga negara Inggris yang bekerja sebagai penyiar dan sejarawan alam. Dia memulai karirnya sebagai editor buku sains anak-anak dan  bergabung dengan BBC di televisi. Saat ini dia menjadi tuan rumah program sains yang berkaitan dengan hewan dan sayuran. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa David memiliki passion akan pengetahuan.

  • Passion for Business

Yang kedua ada passion untuk bisnis. Passion ini sangat dianjurkan agar setiap prang dapat termotivasi untuk bisa hidup mandiri dan tidak membebani orang lain secara finansial. Selain itu, mereka yang memiliki passion ini dapat membantu orang lain dengan memberikan lowongan pekejaan atau sumbangan secara langsung maupun tidak langsung.

  • Passion untuk Melayani

Passion jenis ini sangat diperlukan sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Jadi secara alami, dorongan untuk  terhubung satu sama lain muncul. Disadari atau tidak, orang dalam berbagai interaksi ingin memberikan pelayanan kepada orang lain. Mereka tampaknya termotivasi untuk  lebih memperhatikan orang lain.

 

Contoh Passion yang Bisa Dimiliki

Seseorang yang melakukan suatu hal dengan sukarela dan penuh semangat, cenderung akan terus mencoba hal tersebut meski mengalami kegagalan. Dengan memiliki suatu passion kita akan terus bersemangat dan bergairah dengan apa yang kita inginkan.

Contoh passion yang bisa dimiliki, antara lain yaitu:

  • Perasaan yang Sangat Kuat

Passion adalah perasaan antusias yang luar biasa yang datang ketika kita melakukan suatu pekerjaan atau tugas. Atau dengan kata lain, passion adalah perasaan senang yang luar biasa ketika Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai.

  • Emosi yang Kuat

Orang yang bekerja untuk passion mereka cenderung berusaha semaksimal mungkin dalam menggunakan dan mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya.

  • Antusiasme dan Keinginan yang Mengerikan

Ketika melakukan suatu pekerjaan, passion dapat menambah semangat yang besar dan harapan yang tinggi. Dengan passion, Anda dapat melakukan pekerjaan dengan riang, tulus dan sukarela, bahkan jika Anda tidak dibayar sama sekali.

 

Cara Jitu Menemukan Passion

Setiap orang pasti punya passionnya masing-masing. Namun, tidak semua orang memiliki cara yang sama dalam menemukan passion yang ada dalam dirinya, bahkan untuk menemukannya mereka juga butuh waktu.

Nah, berikut ini adalah beberapamenemuk cara menemukan passion.

  • Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Setiap orang pasti memiliki  kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi untuk mengetahui lebih jelas apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri, coba lakukan analisis SWOT. Sederhananya, SWOT adalah singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Atau bisa juga dengan meminta bantua pasangan Anda untuk menilai kepribadian Anda.

  • Hobi

Cara menemukan passion selanjutnya adalah dengan mengetahui hobi yang dimiliki. Hal ini dapat membantu Anda melihat sebuah hal besar yang tersembunyi di dalam diri Anda.

  • Mengetahui Harapan Besar

Setiap orang pasti memiliki harapan besar untuk masa depannya nanti. Ketika masih usia belia, kita mungkin memiliki cita-cita berdasarkan apa yang kita anggap menarik. Namun, pasti berbeda dengan hari ini. Saat ini hanya Anda yang bisa memutuskan masa depan Anda dengan berbekal peluang dan kemungkinan yang terbuka hari ini. Ini artinya Anda sudah mengetahui gairah yang secara tidak langsung membuat Anda berpikir tentang harapan ini.

  • Mengetahui Aktivitas Favorit

Terlepas dari jadwal keseharian, adakah aktivitas lain yang membuat Anda merasa senang selain melakukan hobi Anda? Apakah hal yang Anda nikmati sekarang ini merupakan sesuatu yang sanggta penting dalam hidup Anda? Jika iya, berarti kegiatan tersebuat adalah passion Anda.

  • Tanyakan kepada Orang Terdekat

Untuk mengetahui passion Anda, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada orang terdekat, misalnya pasangan, orang tua, dan sahabat tentang seperti apa diri Anda dimata mereka dan kemampuan apa yang Anda miliki.

  • Jangan Batasi Diri

Satu hal yang penting dan harus Anda lakukan jika ingin menemukan passion Anda adalah jangan membatasi diri Anda untuk melakukan sesuatu yang lebih, jadilah seseorang yang kreatif. Misalnya, Anda dapat melakukan suatu petualangan untuk menemukan gairah hidup, jauhi rasa takut yang terus membayangi diri Anda selama itu berdampak baik pada hidup Anda.

 

Manfaat Menemukan Passion bagi Diri Sendiri

Berikut ini manfaat passion yang bisa dapatkan jika Anda melakukannya dengan penuh semangat, yaitu:

  1. Membangun karakter yang kuat
  2. Mengajarkan tentang perkiraan waktu
  3. Meningkatkan kegembiraan orang dalam hidup dan pekerjaan
  4. Meningkatkan kosentrasi
  5. Mengurangi stres

Itulah ulasan singkat mengenai passion, semoga dengan ulasan ini bisa mebantu Anda menemukan passion Anda. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Dwi H

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

17 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

23 hours ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago