HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Analisis Penggunaan Cyberduck

Pernahkah Anda mendengar istilah FTP? FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, merupakan perangkat lunak yang bertindak sebagai jembatan dalam proses pertukaran data antara server dan klien melalui Internet. Cyberduck adalah klien FTP yang dikembangkan oleh Swiss Made Software GmbH dan kompatibel dengan sistem operasi Windows. 

Cyberduck sendiri merupakan protokol standar untuk pengiriman file, baik untuk upload data ke server maupun upload data dari server ke client. Anda juga dapat menggunakan Cyberduck untuk membuat server jarak jauh atau mengelola website tanpa harus login ke akun VPS atau layanan hosting yang Anda gunakan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Cyberduck sebagai alternatif FileZilla, klien FTP terpopuler saat ini.

Pengertian Cyberduck

Umumnya FTP atau File Transfer Protocol digunakan untuk mengirim paket data dalam jaringan komputer. FTP sendiri terdiri dari client dan server yang berperan sebagai penyedia layanan untuk transfer data antara dua komputer. Cyberduck ini akan bertindak sebagai jembatan antara server dan klien saat mengirimkan data. Aplikasi ini akan memberikan tampilan atau antarmuka sederhana yang memudahkan pengguna dalam mengirimkan paket data dari client ke server.

Faktanya, ada banyak klien FTP yang kompatibel dengan Windows dan yang paling populer adalah Filezilla, namun Cyberduck harus dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Program ini mampu mengirimkan file melalui FTP (File Transfer Protocol), SFTP (SSH Secure File Transfer), WebDAV (Web-Based Distribution Authoring and Versioning), Amazon S3, Google Cloud Storage, Windows Azure, Rackspace Cloud Files dan bahkan Google dokumen.

Cyberduck adalah alternatif dari FileZilla, yang juga merupakan klien transfer file FTP populer lainnya. Bedanya, Cyberduck memiliki antarmuka yang lebih ramah bagi pemula dan memiliki fitur non-standar seperti kemampuan terhubung ke Google Docs. Aplikasi ini juga tersedia untuk versi Mac sehingga pengguna Mac pasti akan merasakan kemampuan luar biasa dari Cyberduck.

Cyberduck juga memiliki beberapa kemampuan komunikasi dengan perangkat Apple seperti iPhone dan iPad. Seperti yang sudah kita lihat diatas, istilah ini merupakan salah satu kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon atau istilah dalam bidang teknologi yang diawali dengan huruf atau awalan C dan merupakan istilah yang berhubungan dengan teknologi personal dengan subkategori Software Produktivitas.

Cara Menginstal Cyberduck

Untuk menggunakan Cyberduck untuk mengakses akun kita, kita harus mengunduh klien FTP ke komputer kita terlebih dahulu. Program ini gratis tetapi Anda dapat berdonasi sedikitnya $10 dan mendapatkan kode registrasi. Dengan cara ini, Anda mendukung pengembang dan mematikan notifikasi yang meminta Anda untuk berdonasi. Kami kemudian mengunggah program ke situs web. Untuk menggunakan Cyberduck di Windows, cukup unduh penginstalnya.

Harap dicatat bahwa versi terbaru klien FTP kompatibel dengan sistem operasi Windows 7 atau lebih baru 64-bit. Untuk mendownload versi sebelumnya, cukup klik Changelog dan download versi yang kompatibel dengan sistem operasi kami. Misalnya, Cyberduck versi 4.8 kompatibel dengan Windows Vista. Di sisi lain, jika kita ingin mengunduh Cyberduck untuk macOS, kita cukup mengeklik tombol Versi saat ini (8.2.3.36880) yang kompatibel dengan macOS 10.12 dan versi yang lebih baru. Jika kita ingin menggunakan Cyberduck di Linux, kita dapat menginstal dan menggunakan command line ftp client. Bergantung pada distribusi yang kami gunakan

Cara Kerja Cyberduck

Cyberduck adalah klien FTP yang memungkinkan kita terhubung ke file server menggunakan protokol FTP atau SFTP. Untuk menggunakan protokol SFTP Anda harus memiliki paket dengan akses SSH, termasuk hosting semi-dedicated, hosting WordPress, hosting cloud VPS, dan server khusus. Cyberduck juga kompatibel dengan layanan penyimpanan cloud, termasuk Google Drive dan Amazon S3, bagian dari layanan Amazon AWS. Dengan klien FTP seperti Cyberduck atau FileZilla kita dapat melakukan beberapa hal. Yang paling umum yaitu:

  • mengunduh file dari server ke komputer Anda
  • mengunggah file dari komputer kita ke server
  • Buat file baru di server atau edit file atau folder yang sudah ada
  • Ubah izin file dan folder.

Beberapa situasi praktis di mana kita mungkin perlu menggunakan klien FTP yaitu:

  • mentransfer situs WordPress
  • intsal WordPress dengan instalasi manual;
  • intsal WordPress lokal dan kemudian unggah situs ke server;
  • perbarui WordPress.

Toolbar memiliki beberapa item yang memberi kita akses ke operasi cepat.

  • New connection : memungkinkan kita memulai koneksi baru dengan server.
  • Quick connection : menu drop-down memungkinkan kita memilih dari daftar server yang tersedia untuk koneksi cepat.
  • Actions: memberi kita akses ke daftar tindakan umum seperti menambahkan folder baru, file baru,dan mengganti nama file.
  • Information: memberikan informasi tentang file yang dipilih, misalnya memungkinkan kita melihat dan mengubah izin file.
  • Refresh : menghubungkan kembali ke server.
  • Edit : memungkinkan kita mengedit file.
  • Upload : memungkinkan kita mengunggah file lokal ke server.
  • Transfer : menunjukkan kepada kita riwayat pengunduhan dan pengunggahan.
  • Browser, History, Favorites: memberi kita akses cepat ke berbagai item seperti favorit dan riwayat.
  • Disconnect: memungkinkan kita untuk memutuskan sambungan dari server.

Menghubungkan ke server dengan Cyberduck

Untuk terhubung ke akun Anda dengan Cyberduck, Anda harus memiliki informasi login. Jika Anda memiliki paket dengan SupportHost, cukup periksa email aktivasi paket Anda. Alternatifnya, jika Anda telah membuat akun FTP, Anda dapat menggunakan data yang dipilih saat pembuatan. Jika ini pertama kalinya Anda menggunakan Cyberduck untuk terhubung ke server, setelah membuka program Anda cukup mengklik New Connection. Anda kemudian harus memasukkan informasi yang diperlukan. Dari menu drop-down Anda dapat memilih protokol yang akan digunakan, misalnya FTP.

  1. Server: masukkan nama servernya. Di email itu adalah alamat yang Anda temukan di sebelah nama host FTP.
  2. Port:secara default Anda menggunakan port 21, kecuali dalam kasus tertentu Anda dapat membiarkannya apa adanya.
  3. User: masukkan nama pengguna.
  4. Password: masukkan kata sandi Anda.

Anda dapat memilih apakah akan menyimpan kata sandi untuk login di masa mendatang dengan mencentang opsi Simpan kata sandi. Dengan mengklik Opsi lainnya, Anda dapat mengakses opsi tambahan dan memilih misalnya jenis pengkodean, umumnya opsi default adalah menggunakan pengkodean UTF-8.

Ingatlah bahwa Anda juga dapat mengubah pengkodean teks untuk transfer file nanti. Anda cukup membuka preferensi (Edit → Preferensi) lalu buka tab FTP dan pilih dari menu drop-down pengkodean teks yang akan digunakan, misalnya ASCII. Setelah memasukkan informasi yang diperlukan, Anda cukup mengklik tombol Tautan dan menunggu hingga koneksi ke server selesai.

Tambahkan server ke favorit

Jika Anda ingin menyimpan informasi untuk menyambung ke server tanpa harus memasukkannya kembali setiap kali, Anda dapat menandai server tersebut. Setelah terhubung ke server, seperti yang kita lihat di bagian sebelumnya, Anda cukup mengklik ikon Favorit dan kemudian pada “+” di sudut kiri bawah program. Lain kali Anda ingin terhubung, cukup buka bookmark dan klik dua kali pada bookmark tersebut. Atau pilih nama server dari menu koneksi cepat. Opsi ini sangat berguna ketika Anda perlu terhubung ke beberapa server.

Kesalahan koneksi Cyberduck

Ada kalanya koneksi ke server gagal, misalnya jika Anda memasukkan kredensial yang salah. Dalam hal ini Cyberduck akan mengingatkan Anda dengan pesan yang memberitahukan Anda bahwa otentikasi telah gagal. Jika Anda menemukan kesalahan seperti itu, cukup periksa datanya dan pastikan Anda telah memasukkannya dengan benar. Ada juga kasus di mana kesalahan koneksi mungkin disebabkan oleh masalah jaringan, dalam kasus ini Anda mungkin melihat pesan kesalahan seperti ini yang memberi tahu Anda bahwa koneksi gagal. Jika ya, periksa sambungannya dan coba lagi.

Cara Menggunakan Cyberduck

  • Mentransfer file

Setelah terhubung ke server, Anda dapat mengakses file di akun Anda, mendownload file dari server ke komputer Anda, atau mengupload file dari komputer Anda ke server. Mari kita lihat cara mengelola transfer.

  • Unggah file dari pc ke server

Klik Browser untuk mengakses daftar file di server dan membuka folder tempat kita ingin mengunggah file.

  • Mengunggah file dengan fungsi Unggah

Klik Browser untuk mengakses daftar file di server dan membuka folder tempat kita ingin mengunggah file. Kemudian kita bisa klik Unggah dari toolbar dan pilih file di komputer kita untuk diunggah lalu klik Pilih . Jika Anda tidak melihat opsi di toolbar, cukup klik File → Upload. Alternatifnya, Anda juga dapat mengklik kanan folder tujuan dan memilih Upload. Jendela transfer akan terbuka dari mana kita dapat mengikuti kemajuan pengunggahan.

  • Mengunggah file menggunakan drag & drop

Alternatifnya, Anda juga bisa langsung drag file atau folder yang akan diupload ke server ke folder tujuan. Jika Anda ingin mencari file yang disimpan secara lokal menggunakan Cyberduck secara langsung, Anda dapat membuka jendela baru ( File -> New Window). Kemudian klik Koneksi Baru , pilih dari menu drop-down untuk pemilihan protokol nama komputer yang digunakan, lalu klik Hubungkan. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menelusuri folder, mencari file yang ingin Anda unggah ke server, dan menyeretnya dari jendela lokal ( localhost ) ke jendela server.

  • Unduh file  dari server ke PC dengan klik dua kali

Setelah terhubung ke server, kita cukup mengklik dua kali pada file untuk mendownloadnya. Dalam hal ini file akan disimpan dalam folder yang ditetapkan secara default. Kita dapat mengubah lokasi penyimpanan file dari preferensi, kita cukup klik Edit -> Preferensi . Kami membuka tab Transfer dan kemudian klik tombol Pilih di “folder unduh”.

  • Metode lain untuk mengunduh file 

Kita dapat menggunakan drag & drop tidak hanya untuk memindahkan file dari komputer ke server, seperti yang telah kita lihat untuk mengunggah, tetapi kita juga dapat melakukan operasi sebaliknya untuk mengunduh file. Kami kemudian cukup drag dan drop file ke folder tujuan. Alternatifnya, kita juga dapat mengklik kanan file atau folder yang akan diunduh dan memilih opsi unduh dari menu.

Khususnya dengan memilih Download kita akan bisa mendownload file langsung ke folder default. Sebaliknya, jika kami ingin memilih lokasi di mana kami akan mengunduh file, kami cukup mengklik Unduh ke. Setelah memilih satu file atau lebih kita juga bisa mengklik menu File → Download atau Download in untuk mendownload file yang kita minati.

  • Tambahkan tombol Unduh ke toolbar

Kami juga dapat memutuskan untuk menambahkan tombol Unduh ke toolbar. Untuk melakukan ini, klik View → Customize Toolbar dan kemudian centang item Download. Setelah memilih satu atau lebih file kita dapat mengklik tombol Download untuk mendownloadnya.

  • Mengelola transfer 

Setiap kali kami melakukan operasi pengunggahan atau pengunduhan dengan Cyberduck, jendela Transfer akan terbuka, memungkinkan kami melacak kemajuan transfer dan melihat riwayatnya. Kita dapat mengaksesnya dengan mengklik ikon Transfer di toolbar. Alternatifnya kita bisa mengklik Window → Transfers seperti yang Anda lihat di screenshot ini, atau gunakan kombinasi tombol Ctrl + T. Saat transfer sedang berlangsung, kita dapat menghentikannya dengan mengklik Berhenti.

Jendela Transfer juga memungkinkan kita melacak file yang diunduh dan diunggah ke server. Lampu hijau akan menandai selesainya upload dan download, sedangkan jika transfer belum selesai kita akan melihat lampu merah. Untuk memulai kembali transfer yang belum selesai, kita cukup memilihnya dari daftar dan klik Lanjutkan .

  • Mengelola file

Selain memungkinkan kita mentransfer file, Cyberduck juga memungkinkan kita melakukan berbagai tindakan pada file seperti membuat file baru, mengganti nama, atau membukanya dengan editor teks dan mengeditnya.

  • Lihat file tersembunyi 

Anda mungkin ingin melihat atau mengedit file .htaccess, karena ini adalah file tersembunyi, untuk melihatnya Anda harus mengaktifkan opsi untuk melihat file tersembunyi terlebih dahulu. Dari menu Lihat , centang opsi Tampilkan file tersembunyi. Anda kemudian akan melihat file tersembunyi dalam daftar, termasuk file .htaccess.

  • Mengedit file

Untuk mengedit file, kita cukup memilihnya dan kemudian memilih editor yang akan digunakan untuk perubahan. Misalnya untuk file teks kita bisa menggunakan Windows Notepad . Kita dapat memilih untuk menggunakan program default dengan mengklik Edit dari toolbar. Alternatifnya, jika kita ingin memilih program lain, kita cukup mengklik panah bawah dan memilih program dari daftar.

  • Ubah editor default

Jika kita ingin mengatur editor teks lain sebagai default, kita cukup pergi ke edit preferensi ( Edit → Preferensi ). Kami membuka tab Editor dan memilih editor teks mana yang akan digunakan untuk mengedit file.

  • Ubah izin file dan folder dengan Cyberduck

Klien FTP seperti FileZilla atau Cyberduck, atau pengelola file cPanel, juga memungkinkan kita mengubah izin file dan folder. Untuk melakukan ini kita cukup memilih file atau folder dan kemudian klik Dapatkan Info dari toolbar. Kami kemudian membuka tab Izin dan dapat mengubah izin baca, tulis, dan eksekusi file. Kita juga bisa mengubah izin beberapa file sekaligus, kita cukup memilih beberapa file lalu ulangi langkah yang sama. Seperti yang Anda lihat di tangkapan layar ini, perubahan akan diterapkan ke banyak file.

Saat kita mengubah izin suatu folder, kita dapat memilih untuk menerapkan izin ke semua file dan folder di dalamnya, kita hanya perlu mengubah izinnya lalu klik Terapkan Perubahan Secara Rekursif. Sebagai pedoman umum, file WordPress harus disetel ke 644 dan folder ke 755 . Mungkin ada pengecualian untuk file tertentu seperti file .htaccess dan file wp-config.php.

  • Sinkronisasi file dan folder

Dengan Cyberduck kita dapat menyinkronkan file dan folder sehingga perubahan yang dilakukan pada file server tercermin dalam file lokal atau sebaliknya. Pertama kita cari folder yang akan disinkronkan, dalam contoh kita, kita memiliki folder Cadangan di server. Dengan mengklik kanan pada folder tersebut kita dapat memilih Sinkronisasi. Kami kemudian akan diminta untuk memilih folder di komputer untuk menyinkronkan file. Setelah itu, jendela Sinkronisasi akan terbuka dan kita dapat memilih dari beberapa opsi:

  1. Mirror : memungkinkan kita menyinkronkan file dua arah. Misalnya, jika kita menyinkronkan dua folder “Cadangan” di server dan “Cadangan Lokal” di komputer, dan membuat file baru di server, file yang sama akan dibuat secara lokal dan kemudian akan diunduh. Demikian pula, jika kita membuat perubahan pada file secara lokal, file terkait di server akan diganti saat program disinkronkan.
  2. Unggah : file yang tidak ada atau diubah akan diunggah ke server. Dalam hal ini tidak ada file baru di server yang akan diunduh secara lokal.
  3. Unduh : file yang tidak ada atau diperbarui akan diunduh ke komputer. Dengan opsi ini, file baru yang dibuat di folder lokal tidak akan diunggah ke server. Untuk menggunakan fitur sinkronisasi, penting untuk mengaktifkan opsi tanggal dan waktu. Mari kita buka Preferensi (Edit → Preferensi) lalu klik pada tab Transfer , dari bagian Tanggal/Waktu kita dapat mengaktifkan opsi “pertahankan perubahan tanggal” untuk mengunduh dan mengunggah .

Dengan kita telah melihat cara menggunakan Cyberduck untuk terhubung ke server dan mengakses file kita. Dengan klien FTP ini kita dapat mengupload file ke server, mendownloadnya dari server ke komputer kita, dan mengedit file dengan editor. Cyberduck juga memungkinkan kita menyinkronkan file, menyimpan koneksi untuk akses lebih cepat, dan melacak riwayat transfer. Mirip dengan FileZilla, Cyberduck juga memungkinkan kita mentransfer file dengan mudah dengan fitur drag-and-drop.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

14 hours ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

17 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

3 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

3 days ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

3 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

4 days ago