HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Video Conference? Fungsi dan Manfaat Video Conference

Tahun 2020 adalah tahun dimana pandemi merebak secara global yang membuat banyak perusahaan meniadakan kegiatan perkantoran normal dan hampir semua pekerja telah bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Ini juga yang membuat banyak aplikasi teleconference menjadi booming karena hampir seluruh penduduk dunia menggunakan aplikasi meeting online untuk tetap terhubung.

Perangkat lunak video conference menjadi kebutuhan yang mengalami demand yang tinggi sebagai satu- satunya alternatif yang paling aman dan terbukti dapat diandalkan dibandingkan untuk tetap ke kantor ditengah wabah. Peserta rapat online meeting ini hanya memerlukan aplikasi pilihan video conference yang terinstall dan koneksi internet.

Selain itu video conference juga mampu mengatasi masalah geografis karena setiap orang bisa terhubung tanpa harus memikirkan jarak. Permasalahan komunikasi dapat terpecahkan dan pekerjaan juga dapat dikirim melalui email. Bahkan tidak hanya rapat kantor, dengan menggunakan video conference ini, Anda juga dapat melakukan seminar web (webminar) maupun pelatihan dengan mengundang banyak peserta.

Apa itu Video Conference?

Pada dasarnya, video conference adalah teknologi yang memungkinkan setiap penggunanya dalam satu ruang meeting sama walaupun dari lokasi berbeda-beda. Mereka bisa tetap saling bertatap muka dengan bantuan berbagai perangkat tanpa harus berada di satu lokasi yang sama. Teknologi ini sangat nyaman serta praktis bagi para penggunanya yang bergerak di bidang bisnis, perusahaan maupun personal dari berbagai kota dan negara yang berbeda.

Video conferencing juga tidak mengenal perbedaan kota dan negara. Di mana pun Anda berada walaupun dari lokasi sangat jauh sekali pun tetap bisa menjalankan meeting dengan nyaman dan cepat. Selain bisa tetap menjaga kesehatan satu sama lain karena bertemu secara virtual, dari segi biaya dan kerepotan juga cenderung minim. Ini tentu menghemat waktu, biaya dan kerepotan yang terkait dengan perjalanan bisnis atau seperti saat ini, aman di kediaman masing- masing meski adanya COVID-19. Anda juga dapat menghemat akomodasi jika Anda terbiasa menyelenggarakan rapat dalam skala besar. Dengan teknologi ini, Anda bisa melaksanakan meeting dalam skala besar. Bahkan untuk negosiasi bisnis, interview kerja, seminar online, serta kelas online. Jadi dalam satu teknologi yang sama, semua sisi sangat terbantu.

Fungsi dan Manfaat Video Conference

Jika anda sudah tahu bagaimana pengertian video conferencing, lalu apa saja manfaatnya? Berikut manfaat video conferencing dalam berbagai sektor. Simak penjelasan berikut ini :

  • Sektor bisnis

Video conference penting karena ia dapat menggabungkan orang- orang yang biasanya tidak dapat membentuk koneksi tatap muka. Dalam bisnis, cara ini dapat meningkatkan produktivitas di antara karyawan serta memberikan cara yang lebih baik untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan kolega, mitra, dan pelanggan. Manfaat nyata dari konferensi video termasuk biaya perjalanan yang lebih rendah, terutama untuk pelatihan karyawan dan mempersingkat waktu proyek sebagai hasil dari peningkatan komunikasi di antara anggota tim.

  • Penggunaan pribadi

Pada tingkat pribadi, koneksi tatap muka melalui video conference ini membantu memperlancar komunikasi non-verbal dalam pertukaran dan memungkinkan peserta untuk mengembangkan rasa keakraban yang lebih kuat dengan individu atau sekelompok orang seperti keluarga dan kerabat.

  • Masyarakat

Masyarakat juga turut memerlukan video conference untuk bertukar kabar dan saling memberi kabar satu sama lain. Rumah ibadah juga turut dapat memanfaatkan aplikasi telekonfrensi ini untuk tetap melakukan ibadah bersama atau tetap melakukan pengajian online.

  • Bidang pendidikan

Sejak COVID-19 disahkan sebagai pandemi internasional, maka selain tempat umum dan perkantoran yang tutup, sekolah telah lebih dulu tutup yang menyebabkan semua kegiatan belajar dialihkan pada video conference juga kelas-kelas yang dapat di akses secara online. Tentunya disini semua aplikasi tersebut menjadi satu-satunya tempat semua kegiatan pembelajaran untuk tetap berlangsung.

  • Bidang kesehatan

Mengikuti dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat dalam mengatasi penyebaran corona virus, maka video conference untuk bidang kesehatan juga mengubah sesuai aplikasi mereka yang khusus menanggapi semua masalah kesehatan secara online. Anda tidak perlu mendatangi klinik atau rumah sakit karena untuk menghubungi dokter, kini Anda cukup menggunakan aplikasi telemedicine seperti Halodoc.

Apakah Zoom Aplikasi Video Conference Terbaik?

Zoom memang menjadi satu dari sekian banyak aplikasi video conference yang tersedia saat ini. Meskipun banyak pilihan aplikasi lainnya, namun ada beberapa alasan mengapa Zoom dianggap sebagai aplikasi meeting online terbaik, di antaranya :

  1. Punya tampilan yang mudah dimengerti dan bisa dioperasikan oleh semua orang.
  2. Terdapat fitur dimana admin atau host bisa memantau kinerja perangkat para partisipan.
  3. Kualitas video dan audio yang ditampilkan sangat jernih.
  4. Adanya fitur Screen Sharing dan Remote Control yang memudahkan presentasi dan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain.
  5. Dapat digunakan di semua perangkat dengan nyaman, baik komputer, Android, iOS maupun Mac.
  6. Murah dan banyak pilihan paket harga.
  7. Ruangan meeting bisa disiapkan dengan mudah tanpa harus paham dunia IT secara mendalam.

Bisa dibilang, Zoom dikembangkan khusus agar bisa digunakan oleh semua orang, bahkan orang-orang yang tidak biasa menggunakan teknologi dan internet sekalipun. Dengan begitu, semakin banyak masyarakat yang bisa terbantu oleh teknologi conferencing ini. Selain itu, Zoom juga sudah dikembangkan sejak tahun 2011. Artinya sudah sekitar 10 tahun aplikasi ini membantu kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Menggunakan Zoom untuk conferencing dalam skala besar, baik untuk webinar maupun dengan integrated hardware, jadi jauh lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat.

Cara Menggunakan Aplikasi Video Conference

Bagaimana cara menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut? Umumnya mereka punya dasar panduan yang sama, hanya berbeda nama fitur yang tertera. Coba ikuti cara menggunakan aplikasi video conference berikut ini :

  1. Siapkan perangkat laptop, smartphone, maupun tablet.
  2. Unduh aplikasi Vidcon sesuai kebutuhan Anda.
  3. Registrasi akun sesuai kebijakan aplikasi yang dipilih.
  4. Cari fitur “Meet” yang disediakan dalam aplikasi.
  5. Mulai pertemuan online dengan membagikan kode ID Meeting atau Link yang bisa diakses anggota lainnya.

Kelebihan Aplikasi Video Conference

Mengingat kondisi yang serba terbatas seperti sekarang ini, penggunaan aplikasi Vidcon tentunya membawa banyak manfaat. Simak beberapa kelebihan yang bisa didapat dari pemakaiannya.

  • High definition video

Walaupun harus terpisah dengan partisipan lainnya, Anda tidak perlu khawatir masalah kejernihan tampilan mereka dalam layar. Hanya saja memang Anda perlu memastikan bahwa jaringan internet di tempat Anda dan partisipan lainnya berada harus bagus atau bebas gangguan.

  • Recording

Mungkin anda khawatir akan ketidakjelasan informasi dari meeting yang dilakukan secara daring. Salah satu kelebihan video conference adalah adanya fitur recording yang memudahkan user untuk merekam keseluruhan rangkaian acara melalui video conderence tersebut.

  • Gratis dan praktis

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago