HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik

Pakai aplikasi manajemen waktu merupakan salah satu cara paling mudah buat meningkatkan produktivitas. Jika merasa selama ini waktu sering terbuang percuma, berarti ini saatnya install aplikasi manajemen waktu.

Pentingnya Manajemen Waktu

Terkadang, ada banyak banget pekerjaan yang harus dilakukan. Mulai dari meeting di kantor sampai belanja kebutuhan sehari-hari. Pernah tidak merasa waktu 24 jam seperti tidak cukup, berarti bisa jadi manajemen waktu belum maksimal.

Dengan aplikasi buat manajemen waktu bisa bikin jadwal satu per satu buat aktivitas, goals lebih cepat tercapai, dan bahkan bakal menghemat waktu. Waktu yang tidak produktif terpangkas. Lalu begitu tugas-tugas penting selesai, waktu untuk bersantai lebih banyak.

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik

Berikut aplikasi manajemen waktu terbaik, yaitu :

1. Todoist

Aplikasi Todoist akan membantu penggunanya dalam menjadwalkan semua tugas yang ingin dilakukan (task manager). Setiap item bisa ditandai sebagai prioritas dan diberi tenggat waktu sehingga akan lebih memudahkan memanajemen waktu. Setidaknya ada 4 fitur utama di Todist yaitu Inbox, Today, Next 7 days, dan Tab Project, Labels, dan Filters.

Kelebihannya, bisa disinkronkan di semua platform. Sudah disediakan template yang memudahkan untuk menggunakan aplikasi. Aplikasi ini juga bisa diintegrasikan dengan tools yang lagi dipakai, termasuk Gmail dan Slack.

Kekurangannya, fitur gratis terbatas. Kemudian, ada fitur yang mungkin berlebihan buat dipakai sehari-hari. Juga bisa dikustomisasi tapi lama prosesnya.

2. Toggl Track

Sudah tahu istilah Pomodoro? Pomodoro adalah teknik manajemen waktu di mana kita yang melakukannya harus fokus secara maksimal dalam jangka waktu yang disediakan. Konsepnya dengan membuat blok-blok waktu 25 menit kerja fokus, 5 menit break, lalu 25 menit kerja fokus lagi, dan 5 menit break lagi.

Konsep inilah yang diterapkan dalam aplikasi Toggl dimana berperan sebagai timer yang mengatur kerja atau mengatur pomodoro. Penggunaan aplikasi Toggl akan memudahkan seseorang memantau berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk sebuah pekerjaan. Penggunanya bisa melihat hasil review harian, mingguan, atau bulanan yang tercatat di aplikasi apakah waktu fokus bekerja sudah sesuai atau bahkan menjadi ‘pomodoro terbailik’ alias break lebih panjang dibanding fokus kerja.

Kelebihannya, bisa bikin akun gratis buat maksimal 5 pengguna. Selain itu bisa melacak jadwal langsung pakai tools yang sudah digunakan, melalui integrasi. Jadi, bisa disambungkan dengan Gmail dan lainnya. Tim support-nya juga gercep kalau menjawab pengaduan.

Kekurangannya, sejumlah pengguna bilang kalau fitur “quick edit” itu lemot, jadi lama prosesnya buat edit cepat.

3. Forest

Manajemen waktu yang ditawarkan aplikasi Forest adalah memberikan penggunanya kesempatan untuk fokus pada apa yang dikerjakan dengan tidak memegang smartphone. Caranya sederhana namun cukup unik, pengguna cukup membuka aplikasi forest dan menanam pohon virtual. Atur waktu pertumbuhan pohon yang merupakan waktu mengerjakan tugas, maka pohon ini akan terus tumbuh selama penggunanya tidak keluar dari aplikasi forest. Artinya, jika pengguna sering fokus pada pekerjaan, maka ia bisa memiliki hutan virtual.

4. Wunderlist

Sebagai aplikasi manajemen waktu, Wunderlist berperan sebagai pengingat. Aplikasi yang pernah menyabet penghargaan sebagai aplikasi terbaik Apple tahun 2013 ini, memiliki fitur untuk penggunanya menuliskan pekerjaan yang harus dikerjakan. Bisa diakses baik dari desktop, iOS, atau android, Wunderlist tampak sederhana namun dengan fitur yang cukup memadai. Beberapa fitur selain daftar agenda dan alarm pengingat ialah berbagai list agenda kepada teman, mengatur tanggal deadilne, email notofikasi yang terkirim otomatis, menambahkan konten web di browser, dan lain sebagainya.

5. MyLifeOrganized

Aplikasi manajemen waktu ini fokus untuk membantu penggunanya mengelola tugas. MyLifeOrganized memiliki fitur untuk membuat daftar tugas dan mengaturnya sesuai kebutuhan. Prinsipnya sama seperti to-do-list dimana kalian bisa membuat target dan fokus akan tugas mana yang diprioritaskan.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk disinkronkan dengan perangkat lain. Selain itu, mensinkronkan semua daftar tugas yang ada di aplikasi komputer akan tersimpan di hard disk komputer. Tidak kalah pentingnya, terdapat juga alarm pengingat dan mengatur durasi untuk setiap tugas sehingga kalian bisa mengontrol diri agar produktif dalam bekerja.

6. Remember The Milk

Aplikasi manajemen waktu dengan nama unik ini menghadirkan solusi bagi kalian yang bekerja dengan banyak perangkat berbeda. Aplikasi yang kompatibel dengan ponsel, komputer, gmail, outlook, dan sebagainya ini membantu penggunanya dalam mencatat segala hal yang perlu dilakukan dalam satu hari secara terstruktur dan sinkron. Dengan tampilan sederhana, Remember The Milk mirip dengan to-do-list namun dengan fitur yang lengkap seperti widget dan notifikasi.

Kelebihannya, ini salah satu apps yang paling terpercaya buat jangka panjang. Bisa pilih sendiri, gimana caranya mendapatkan pengingat, apakah lewat email, teks, atau bahkan Twitter. Selain itu juga bisa melampirkan file langsung di tugas atau pekerjaan.

Kekurangannya, pengingat via aplikasi mobile cuma ada di versi Pro. Tidak ada uji coba gratis juga untuk fitur di akun Pro. Selain itu, mungkin sistemnya sedikit rumit, sehingga ada beberapa orang bingung saat menggunakan aplikasinya.

7. Rescue Time

Menggunakan aplikasi Rescue Time artinya kalian akan dipantau dalam produktivitas mengerjakan tugas-tugas kantor. Hal ini terjadi karena aplikasi Rescue Time berbasis web yang melakukan pelacakan segala aktivitas dunia maya baik di gadget ataupun komputer. Aplikasi ini secara berkala megirimkan update yang menunjukkan data harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Penggunanya bisa melacak tingkat produktivitas hariannya, apakah lebih cenderung habis untuk aktivitas produktif atau yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

24 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

1 day ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago