HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Aplikasi Untuk Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

Saat ini,aplikasi membuat aplikasi android secara offline sudah banyak dicari para pekerja IT,untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan internet.Aplikasi Android sangat membantu banyak orang dalam berbagai bidang,jenisnya yang beranekaragam digunakan untuk semua kebutuhan mulai dari hiburan hingga  bisnis.Sampai kini,aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia adalah aplikasi Android.Meskipun aplikasi Android memiliki banyak kekurangannya,namun Aplikasi Android menjadi salah satu aplikasi yang memiliki banyak peminat dan paling banyak digunakan dibandingkan dengan aplikasi pada sistem operasi lain.

Beberapa orang berpikir bahwa untuk membuat Aplikasi Android sangat sulit dan hanya dapat dilakukan orang yang ahli,meskipun pada dasarnya memang benar,namun juga tidak sepenuhnya benar.Orang yang awam dalam dunia pemrograman belum tentu tidak bisa membuat Aplikasi Android.

Aplikasi Membuat Aplikasi Android

Kalian dapat memilih secara online atau offline untuk pembuatan Aplikasi Android.Untuk di artikel ini,akan dijelaskan tentang aplikasi pembuat aplikasi android yang dapat digunakan secara offline.

Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat membuat aplikasi android secara offline :

Aplikasi Android Studio

Merupakan salah satu aplikasi pembuat aplikasi android yang digunakan untuk pengembangan aplikasi di Android.Android Studio memiliki banyak fitur yang digunakan untuk dapat membantu proses pengembangan menjadi lebih cepat.Android Studio merupakan Integrated Development Environment atau IDE yang resmi dari Google yang dirancang khusus untuk dapat mengembangkan Android.Android Studio menjadi salah satu alat yang sering digunakan ketika proses pengembangan.Android Studio membantu pengeditan kode,debugging serta pengujian aplikasi dengan cepat.Berbagai fitur yang ada dapat membantu developer untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang berkualitas.

Berikut ini beberapa kelebihan dari Android Studio :

  • Instant Run

Sebagai salah satu fitur penting,dengan menggunakan fitur ini,maka akan mempercepat proses pengembangan aplikasi.Instant Run memungkingkan kalian untuk mendorong perubahan kode tanpa harus membuat APK baru.

  • Intelligence Code Editor

Fitur ini berguna untuk penulisan kode yang lebih baik,cepat dan tepat.Fitur Intelligence Code Editor membantu developer untuk menganalisis kode dan kemudian menyediakan saran kode dalam bentuk drop-down list yang digunakan dengan sistem auto complete.

  • Emulator Cepat Dan Kaya Fitur

Android Studio menyediakan emulator yang bekerja dengan baik.Fitur dari Android Studio ini,memungkinkan untuk menguji secara cepat berbagai perangkat Android diantaranya yakni perangkat seluler,tablet serta smart TV.Kalian juga bisa mensimulasikan berbagai fitur dari aplikasi seperti melacak lokasi GPS,sensor gerak dan lainnya.

  • Layout Editor

Dapat membantu proses pembuatan layout secara efisien.Melalui fitur ini,kalian cukup dengan melakukan drag elemen UI ke dalam visual design editor tanpa diharuskan menulis layout XML secara manual.Fitur ini juga berguna untuk memperlihatkan bagaimana desain yang dibuat akan terlihat dari versi ukuran layar serta perangkat android yang berbeda.

Aplikasi Apache Cordova

Apache Cordova sebenarnya berawal dari PhoneGap yang proyeknya diserahkan kepada apache software.Ada juga kelebihan utama dari Apache Cordova ini selain dari bahasa pemrogramannya yang bisa menggunakan multi bahasa pemrograman.Apache Cordova mempunyai sistem multi-platform dimana kalian dapat membangun suatu aplikasi berbasis mobile,akan tetapi aplikasi tersebut digunakan atau di pasang di beberapa operasi sistem pada umumnya seperti iOS pada Apple,Windows pada Windows Phone dan Android pada SmartPhone.

Beberapa fitur menarik Aplikasi Apache Cordova :

  • Multi-Platform

Dapat membuat suatu aplikasi berbasis mobile di beberapa jenis sistem operasi pada Smartphone,banyak aplikasi pengembang yang tidak memiliki fitur ini,namun Apache Cordova memiliki fitur multi platform.Ketika kalian membuat aplikasi untuk Android dengan Apache Cordova mungkin kalian mengira bahwa aplikasi tersebut hanya bisa berjalan di Android.Namun dengan fitur multi platform,maka aplikasi ini dapat berjalan di sistem operasi manapun.Fitur dari Apache Cordova memudahkan kalian membuat aplikasi tanpa harus memperhatikan,apakah aplikasi yang dibuat support dengan sistem operasi.

  • Bahasa Pemrograman HTML, CSS3, dan Javascript

Anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman lain secara terpisah, jika menggunakan Android Studio, maka di sana Anda menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, akan tetapi untuk library nya berbeda dengan JavaScript pada umumnya, jadi Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman untuk dapat menggunakan aplikasi android dengan baik.

  • Mudah Mengatur Tampilan

Menggunakan Apache Cordova,memudahkan kalian mengatur tampilan pada sebuah aplikasi yang dibuat.Karena dalam Apache Cordova ini terdapat bahasa pemrograman CSS3 dan HTML,akan dengan mudah mengatur gambar dan icon-icon.

Beberapa kekurangan Apache Cordova,antara lain :

  • Aplikasi yang kita buat bisa terjadi reverse engineering, yang dimana aplikasi yang sudah Anda buat dapat terjadi pengeditan skrip oleh pengguna aplikasi Anda.
  • Karena plugin dikembangkan oleh kontributor yang berbeda-beda, maka ada kemungkinan perkembangan plugin tersebut akan berhenti.
  • Dokumentasi pada aplikasi Apache Cordova ini cukup minim, sehingga membuat pengembang sulit melakukan dokumentasi.
  • Kemungkinan untuk jalannya hybrid app lebih lama jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi native lainnya.

Aplikasi Eclipse

Merupakan salah satu aplikasi membuat aplikasi android.Dikembangkan oleh IBM untuk menggantikan perangkat lunak IBM Visualage for Java 4.0.Eclipse diluncurkan oleh IBM pada tanggal 5 November 2001.Eclipse merupakan Integrated Development Environment atau IDE.Fungsi utamanya untuk mengembangkan aplikasi Java,namun kini Eclipse digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam bahasa pemrograman melalui media plugin.

Software Eclipse digunakan untuk mengembangkan Aplikasi Android,untuk melakukan itu diperlukan tools tambahan pengembang lainnya, diantaranya : Eclipse Java JDT untuk Java dan Scala.Eclipse CDT untuk C/C++,Eclipse PDT untuk PHP dan yang akan dibahas Eclipse ADT untuk android serta masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Eclipse :

  • Multi-Platform

Kelebihan utama dari Java yakni dapat dijalankan di hampir semua platform atau sistem operasi komputer,sesuai dengan prinsip tulis sekali kemudian jalankan dimana saja,dengan kelebihan ini pemrograman cukup menulis program Java dan dikompilasi atau diubah dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin, lalu hasilnya dijalankan di beberapa platform tanpa perubahan.

  • Multi Language

Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java,akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman seperti c/C++, Cobol,Phyton,Peri,PHP dan lainnya.

  • Multi-Role

Sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi.Eclipse dapat digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak,seperti dokumentasi,test perangkat lunak,pengembangan web dan lainnya.

Aplikasi Unity

Pada awalnya aplikasi Unity hanya dapat digunakan di MacOS saja.Namun,kini aplikasi Unity sudah menjelma sebagai software yang multi platform,karena memang aplikasi ini,biasa digunakan pada jenis OS lain, seperti Linux dan Windows.

Sebenarnya Unity merupakan sebuah Game Engine karena memang dikhususkan sebagai aplikasi dan sekaligus software yang digunakan dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis game baik secara 2D atapun 3D.Aplikasi yang dirilis perdana di tahun 2005 dalam sebuah acara Apple’s Worldwide Developers Conference dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah game dengan menggunakan jenis-jenis bahasa pemrograman, diantaranya adalah JavaScript, C++ dan lainnya. Dimana hasil aplikasi game yang sudah dibuat Unity dapat di compile untuk Windows, Mac, iOS, Playstation Android, dan lain sebagainya.

Aplikasi Xamarin

Merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membuat aplikasi cross platform (android iOS dan windows phone) menggunakan salah satu bahasa pemrograman yaitu C++.Aplkasi Xamarin dikemangkan menggunakan IDE Xamarin yang memiliki kualitas sebaik aplikasi native android atau iOS.Aplikasi Xamarin cocok digunakan oleh orang yang sudah menguasai basic pemrograman C++ dengan baik.

Ada 2 jenis aplikasi Xamarin yang dibedakan dari jenis pengembangnnya :

  • Xamarin terintegrasi dengan Visual Studio : Biasanya digunakan untuk para developer yang sudah terbiasa dengan OS Windows dan Visual Studio.
  • Xamarin Studio : Biasanya digunakan untuk para developer yang sudah terbiasa menggunakan OS Mac.

Pada penggunaan,jenis tampilan interface Xamarin atau antarmuka Xamarin disesuaikan dengan kebutuhan.Contoh,jika ingin mengembangkan aplikasi iOS,maka tampilannya akan mirip dengan XCOde.Namun ketika kalian mengembangkan aplikasi Android,maka tampilan user interfacenya sama dengan yang ada di aplikasi Eclipse.

Aplikasi Adobe Flash

Pada awalnya Adobe Flash dikenal sebagai Macromedia Flash.Adobe Flash merupakan perangkat lunak komputer dan merupakan produk unggulan dari Adobe Systems.Adobe Flash ini digunakan untuk membuat gambar animasi maupun gambar vektor.

Berkas yang dihasilkan oleh aplikasi ini adalah swf dan dapat diputar di penjelajah web, yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash merupakan salah satu program yang digunakan untuk dapat membuat animasi yang handal, jika dibandingkan dengan program lain karena ukuran file dari hasil animasinya lebih kecil.

Sebenarnya fungsi utama dari aplikasi Adobe Flash ini yakni untuk menggambar vektor dan juga animasi.Namun,setelah diakuisisi oleh Adobe System pada Desember 2005,aplikasi ini berganti nama dan sekaligus berfungsi sebagai aplikasi membuat aplikasi android offline untuk media pembuatan dan pengembangan aplikasi OS Android.

Nah itulah pembahasan Aplikasi Untuk Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah,semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago