HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Instagram Reels : Pengertian Dan Fitur Terkini untuk Boost Bisnis

Pengertian Instagram Reels

Instagram Reels adalah fitur terbaru yang dirilis oleh Instagram untuk membuat video menarik dengan durasi singkat. Video Instagram Reels dapat dibuat dengan durasi minimal 3 detik hingga maksimal 30 detik dengan pilihan audio, efek dan tools kreatif lainnya.

Selain itu juga dapat menggabungkan atau bahkan merekam beberapa klip untuk dapat menjadi satu video utuh. Jika memiliki akun yang di private atau dikunci, hanya followers saja yang dapat melihat kiriman Instagram Reels yang dibuat.

Selayaknya TikTok yang memiliki fitur FYP atau for you page, dengan fitur ini Instagram juga sudah mengubah laman explore-nya menjadi sesuai untuk menjelajah Reels.

Pengguna akan disajikan konten Reels di sisi paling atas dari laman explore. Selain itu, selayaknya TikTok, pengguna dapat scroll ke bawah untuk melihat konten lainnya.

Fitur Instagram Reels

Dilansir dari situs resminya, berikut adalah beberapa fitur yang terdapat dalam Instagram Reels :

1. Audio

Fitur ini dapat mencari dan menggunakan lagu dari koleksi musik Instagram. Selain itu juga dapat menggunakan audio asli buatan sendiri hanya dengan merekam Reels.

Saat membagikan Reels yang disematkan audio asli, audio akan tertulis namamu sebagai pembuatnya.

Jika akun adalah akun publik, pengguna lain bisa membuat Reels dengan audio dengan memilih “Gunakan Audio” dari Reels yang dibuat.

2. Efek AR

Untuk merekam beberapa klip dengan efek berbeda, dapat memilih salah satu dari efek di galeri yang dibuat oleh Instagram dan creator dari seluruh dunia.

3. Timer dan hitung mundur

Fitur Instagram Reels ini berguna agar dapat merekam klip secara handsfree. Setelah menekan rekam atau record, akan melihat hitungan mundur, sebelum perekaman dimulai selama jumlah waktu yang dipilih.

4. Menggabungkan beberapa klip secara sejajar

Dapat membuat beberapa klip dengan adanya gambaran dari klip sebelumnya. Hal ini akan mempermudah untuk melakukan transisi seperti berganti pakaian atau lainnya karena mengetahui posisi objek sebelumnya.

5. Pengaturan kecepatan

Pengguna Reels bisa mempercepat atau memperlambat bagian dari video atau audio yang dipilih. Ini dapat membantu pengguna tetap mengikuti irama atau membuat video gerakan lambat.

Selain itu, Reels dapat direkam dalam serangkaian klip (satu per satu), sekaligus, atau menggunakan upload video dari galeri.

Instagram Reels untuk Boost Bisnis

Berikut jabaran beberapa manfaat dari Instagram Reels bagi para pebisnis, yaitu :

1. Boost Post Instagram

Postingan Instagram Reels akan masuk ke halaman Feed dan Explore Instagram. Maka dapat membuat konten Reels yang menarik sesuai dengan tema Instagram atau bisnis yang ditawarkan.

Konten yang menarik akan membuat orang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang bisnis. Hasilnya, para Instagramers akan berkunjung ke halaman profil untuk melihat postingan-postingan lain yang tidak kalah menariknya.

Dari situ insight akan naik dan kemungkinan orang tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa bisnis semakin tinggi.

2. Boost Follower

Karena mendapatkan eksposur dari halaman Instagram Reels Explore, maka akun Instagram bisa mendapatkan traffic pengunjung yang lebih tinggi. Apabila konten Instagram menyuguhkan sesuatu yang menarik dan extraordinary, para Instagramers pasti tidak akan ragu untuk follow akun.

Demi mengikuti konten yang berkualitas atau menunggu promo khusus. Dengan bertambahnya follower, dapat disimpulkan bahwa semakin banyak orang yang mengenal bisnis.

Jika target market sudah mengenal bisnis dengan baik, biasanya kepercayaan terhadap bisnis akan terus bertumbuh. Ketika kepercayaan telah tumbuh, kemungkinan para follower tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa dari bisnis yang ditawarkan akan meningkat.

Metode ini akan sangat bermanfaat, terlebih lagi bagi yang belum maksimal dalam memanfaatkan golden moment TikTok pada tahun 2020.

Bisa mulai membuat konten secara konsisten dan semenarik mungkin pada Instagram Reels agar viewer tidak bosan.

3. Alternatif dari Facebook Ads

Fitur Instagram Reels dapat berperan sebagai alternatif pengganti atau tambahan saat menggunakan layanan Facebook Ads. Bagi bisnis kecil yang tengah merintis dan belum memiliki biaya besar untuk dialokasikan ke bidang periklanan, dapat memanfaatkan Fitur terbaru ini.

Saat menggunakan Facebook Ads harus menggelontorkan dana sebesar Rp 20.000,00 – Rp 25.000,00 setiap 1000 viewer iklan. Dengan Facebook Ads bisa dengan mudah mendapatkan banyak viewer tanpa kehilangan sepeserpun uang dari saku.

Apalagi jika postingan masuk ke Reels Explore Page. Dijamin akan mendapatkan puluhan ribu viewer gratis.

5. Media Kolaborasi Bisnis

Fitur terbaru besutan Instagram ini dilengkapi dengan tools “remix this video” yang memungkinkan untuk berkolaborasi dengan partner bisnis. Selain sebagai ajang promosi produk, video ini akan memberi makna lebih pada para penonton karena mengetahui proses di balik layar suatu produk yang bagus.

Ini akan menaikkan trafik pengunjung profil Instagram dan tentunya, calon pelanggan baru. Jika berbisnis sebagai seorang konten kreator, tools ini tentunya akan sangat bermanfaat.

Bisa berkolaborasi secara langsung dengan konten kreator lain atau merespon sebuah video viral dengan konsep duet.

Cara Mudah Menggunakan Instagram Reels

Cara menggunakan Instagram Reels sangat mudah, pasti langsung menguasainya dalam sekali coba.

  • Update aplikasi Instagram ke versi terbaru terlebih dahulu.
  • Setelah proses update selesai bisa langsung membuka aplikasinya.
  • Di halaman Feed, ikon Reels akan muncul di antara ikon “Search” dan “Shop”.
  • Sedangkan, jika membuka melalui halaman Story, maka fitur Reels akan berada di antara fitur “Story” dan “Live”.
  • Setelah masuk ke fitur Reels bisa memilih durasi maksimal video yang diinginkan. Bisa 15 detik atau 30 detik.

  • Setelah menentukan durasi video bisa dengan bebas memilih AudioEffectsLayout dan lain sebagainya sesuai keinginan.
  • Kemudian, untuk mulai merekam video Reels, cukup menekan dengan terus-menerus tombol dengan icon Reels atau menggunakan fitur Timer hitung mundur.

  • Pada tahap pengambilan video, bisa melakukannya secara bertahap. Tidak langsung full memenuhi durasi 15 detik atau 30 detik.

Bisa merekam selama 10 detik kemudian berhenti. Entah untuk pindah posisi, mengganti objek video, atau menyisipkan foto. Setelah siap kembali bisa menekan icon Reels untuk meneruskan proses merekam video.

  • Jika sudah selesai merekam, cukup klik opsi Preview untuk melihat keseluruhan hasil video.

Jika kurang puas dengan hasil rekaman bisa kembali ke halaman sebelumnya.

  • Pada langkah selanjutnya bisa menambahkan bermacam-macam sticker, doodle, juga text sesuai kebutuhan dan selera. Selain itu juga bisa mengatur volume audio hingga menambahkan rekaman suara baru dengan konsep voiceover.

  • Setelah proses editing selesai tekan opsi Next dan masuk ke halaman baru. Di sini bisa menulis caption, mengatur cover video, memotong foto profil, hingga menambahkan tag sesuai keinginan.

  • Setelah itu tinggal memilih, akan langsung membagikan video dengan klik tombol Share atau ingin menyimpannya sebagai Draft. Video yang disimpan sebagai draft akan tersimpan di halaman profile dan bisa diedit kapan saja.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

1 day ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

1 day ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago