HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Android (Sistem Operasi) Serta Sejarah Perkembangannya

Pengertian Android

Merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.Sistem operasi Android dikembangkan pertama kali oleh perusahaan Silicon Valley yang diberi nama Android Inc.Kolaborasi yang dilakukan melalui Open Handset Alliance (OHA) memberikan keunggulan tersendiri untuknya,yaitu memberikan perangkat lunak yang lengkap, termasuk OS utama,middleware dan aplikasi.Android sekarang merupakan milik Google.

Sistem operasi Android merupakan perangkat lunak open source yang dapat digunakan oleh siapapun dan Google tidak memungut biaya untuk itu.Karena hal tersebut,banyak pihak ataupun perusahaan yang menggunakan sistem operasi Android.Meski gratis namun,Google mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang diunggah ke play store dan iklan-iklan yang muncul ketika berbagai aplikasi sedang dijalankan oleh sistem operasi ini.Aplikasi android dikembangkan menggunakan aplikasi Android Studio.Android Studio ini merupakan IDE (Intergrated Development Environment) resmi yang di dalamnya terdapat banyak fitur untuk meningkatkan produktivitas saat membuat aplikasi.

Sejarah Perkembangan Android (Sistem Operasi)

Android awalnya ditargetkan utnuk penggunaan perangkat kamera digital.Namun,para pencipta Android, yaitu Andy Rubin, Chris White, dan Nick Sears berpendapat bahwa pasar untuk kamera digital tidak terlalu besar.Maka dari itu,sistem operasi android kemudian dialihkan penggunaannya pada ponsel pintar.

Tahun 2004,Android mulai dipasarkan dan berhadapan dengan saingan smartphone berbasis sistem operasi Symbian dan Windows Mobile.Di awal pemasarannya ini,Andy Rubin dan partner kerjanya sulit mendapatkan investor.Sampai akhirnya,Android berhasil mendapatkan suntikan dana sebesar 10.000 dolar Amerika dari Steve Perlman,seseorang yang kala itu ingin membantu Andy Rubin.Pada bulan Juli 2005,Google mengakuisisi Android Inc dengan uang sebesar 50 juta dolar.

Para pendiri Android kemudian bergabung dengan Google dan memimpin proyek ini. Setelah Google akhirnya berkompetisi juga dalam perangkat ponsel pintar yang dibelinya,yaitu Android.Google akhirnya membuat prototipe.Prototipe tersebut merupakan smartphone yang memiliki keyboard,seperti mililk Blackberry.Hingga di bulan Desember 2006,berita mengenai prototipe Android ini terus tersiar.Tanpa diduga tahun 2007,perusahaan Apple merilis iPhone dengan desain smartphone yang hampir seluruh permukaannya menggunakan layar sentuh.

Mulai dari situ,Google memikirkan bagaimana perkembangan smartphone Android untuk ke depannya,mengingat prototipe awalnya menggunakan keyboard tanpa layar sentuh sama sekali.Untuk menyaingi iPhone,Nokia dan Balckberry merilis ponsel dengan layar sentuh di tahun 2008.Tidak ingin kalah dengan kompetitornya,Google juga merilis ponsel dengan layar sentuh,yaitu HTC Dream atau T-Mobile G1.Namun, tidak hanya layar sentuh saja,smartphone ini juga tidak meninggalkan penggunaan keyboard.

Menurut data dari Kleiner Perkins,Tahun 2010 merupakan tahun di mana Android untuk pertama kali mengambil alih pangsa pasar yang sebelumnya dikuasai Apple dan iPhone-nya dan terus berlanjut sampai sekarang.Alasan iPhone dapat kalah dari Android yakni karena ketersediaan smartphone dan harganya.Ketersediaan smartphone Android bisa memenuhi kebutuhan pasar karena sistem operasi ini merupakan sistem operasi Open Source.

Kelebihan Android

  • Segi tampilan sistem Android memang menarik dan tidak kalah bagus dari iOS (Apple).Hal ini karena dari awalnya,Android memang memiliki konsep dan teknologi iOS,hanya saja Android merupakan versi murah dari iOS.
  • User Friendly,sistem Android sangat mudah untuk dijalankan.Sama halnya pada sistem operasi Windows yang di komputer.Bagi kalian yang belum terbiasa dengan smartphone,kalian hanya membutuhkan waktu sebentar saja untuk bisa mempelajari sistem Android.
  • Mudah mendapat bermacam-macam notifikasi dari smartphone kalian.Untuk mendapatkannya,bisa mengatur beberapa akun yang kalian miliki seperti SMS,Email,Voice Dial dan lainnya.
  • Sistem operasi Android memiliki konsep open source,jadi pengguna bebas mengembangkan sistem android versi milikinya sendiri.Sehingga banyak sekali Custom ROM yang dapat digunakan.
  • Tersedia beragam pilihan aplikasi menarik,bahkan hingga jutaan aplikasi.Dari mulai aplikasi gratis hingga aplikasi berbayar.Kalian dapat mendownloadnya langsung di Google Playstore yang tersedia pada smartphone.

Kekurangan Android

  • Update sistem kurang efektif : Sistem Android memang seringkali mengalami peningkatan versi yang ditawarkan kepada penggunanya. Namun untuk update system Android ini bukan hal yang mudah.Kalian diharuskan untuk menunggu masing-masing vendor rilis resmi update terbaru dari sistem android tersebut dan untuk beberapa pengguna,hal ini kurang begitu menyenangkan.
  • Baterai cepat habis : Apalagi jika kalian sering menyalakan paket data serta menggunakan widget dan aplikasi yang berjalan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan daya baterai berkurang dengan cepat.Untuk mengatasi hal tersebut,kalian dapat mengurangi aktivitas yang ada pada smartphone.
  • Lemot atau Lag : biasanya ini terjadi karena spesifikasi dari masing-masing perangkat seluler.Meskipun begitu,jika sistem android memang tidak bersahabat dengan aplikasi yang kalian miliki tentu berdampak pada leletnya penggunaan smartphone kalian.Hal ini dikaitkan dengan RAM atau prosesor yang memang kurang memadai.Sehingga lebih baik jika menyimpan aplikasi yang memang sesuai dengan smartphone yang dimiliki.

Urutan-Urutan Versi Android

Itulah penjelasan mengenai pengertian Android dan sejarah perkembangannya yang perlu kalian ketahui.Terlepas akan kelebihan dan kekurangannya,hingga kini Android masih menjadi sistem operasi nomor satu yang disematkan pada ponsel atau smartphone.

  • Android 1.0 & 1.1: Astro (Alpha) & Bender (Beta)

Versi awal Android ini mungkin masih terlihat asing bagi kalian.Pasalnya versi Android 1.0 Astro (Alpha) dan Android 1.1 Bender (Beta) ini belum diluncurkan secara publik untuk kebutuhan komersil.Platform Android sendiri pertama diluncurkan pada September 2008 dengan andil Andy Rubin yang saat ini dikenal sebagai Bapak Android.Meski saat itu belum menggunakan nama makanan manis,kedua sistem operasi Android ini tentu menjadi pionir.Pasalnya,di sinilah urutan OS Android bermula lewat smartphone pertama, HTC Dream.

  • Android 1.5: Cupcake

Versi Android yang rilis tanggal 30 April 2009 ini,mulai dari versi Android 1.5 ini,nama Android mulai menggunakan nama makanan manis untuk setiap versi yang diluncurkan.Android 1.5 Cupcake dirilis dengan berbagai fitur di sebuah perangkat smartphone untuk menggantikan featured phone saat itu.

  • Android 1.6: Donut

Sistem operasi Android tetap memiliki banyak bug yang mewajibkan pengembangnya untuk mengadakan perbaikan.Hal ini pun dilakukan pada Android 1.6 Donut yang dirilis pada 15 September 2009.Belum genap setahun semenjak perilisan Android 1.5 Cupcake atau hanya berselang 5 bulan saja.Jenis Android pun menambahkan beberapa pembaruan,terutama dukungan pada layar smartphone yang lebih besar.

  • Android 2.0 & 2.1: Eclair

Sistem Operasi selanjutnya,yakni Android 2.0 & 2.1 Eclair,masih berfungsi untuk menutupi bug yang masih ditemukan pada sistem operasi mobile ini.Di samping itu,Android menambah berbagai fitur menarik di dalamnya yang siap digunakan oleh para pengguna smartphone berbasis OS Android ini.Misal dukungan fitur Bluetooth hingga fitur kamera yang mulai menjadi nilai jual smartphone kala itu. Android 2.0 & 2.1 Eclair digunakan pada perangkat seperti HTC Nexus One.

  • Android 2.2: Froyo (Frozen Yoghurt)

Android 2.2 Frozen Yoghurt alias Froyo ini dirilis pertama kali pada tanggal 20 Mei 2010.Walaupun sudah mulai dipergunakan pada beberapa brand.Namun,Android masih kalah bersaing dengan Symbian yang mendominasi pasar featured phone.Tingkatan Android 2.2 Froyo memberikan peningkatan pada kecepatan kerja,fitur USB tethering,WiFi hotspot serta fitur keamanan.

  •  Android 2.3: Gingerbread

Android 2.3 Gingerbread kembali diluncurkan pada Desember 2010 dengan berbagai peningkatan yang cukup signifikan.Hal ini terutama pada tampilan tatap muka alias user interface yang digunakan pada tipe Android yang satu ini.Mulai dari nama versi Android,banyak brand smartphone yang mulai melirik menggunakan sistem operasi Android.Salah satunya Samsung Galaxy series yang populer hingga kini.

  • Android 3.0 & 3.2: Honeycomb

Penggunaan Android 3.0 & 3.2 Honeycomb ini memang diperuntukkan khusus untuk perangkat tablet.Perilisan Android 3.0 & 3.2 Honeycomb pada 10 Mei 2011 ini untuk mendukung Samsung yang mulai merilis perangkat tablet Samsung Galaxy Tab Series untuk menyaingi Apple iPad.

  • Android 4.0: Ice Cream Sandwich

Android juga merilis versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang kembali diperuntukkan untuk perangkat smartphone.Sistem Android 4.0 :Ice Cream ini dirilis pada 19 Oktober 2011 dan masih tetap menggunakan nama dessert.Punya versi nama paling panjang hingga saat ini,Android 4.0 Ice Cream Sandwich memberikan banyak pembaruan.Mulai dari animasi yang semakin halus serta mudah dalam penggunaannya.

  • Android 4.1 & 4.3: Jelly Bean

Sistem operasi Android ini pertama kali dirilis pada Juni 2012 dengan membawa sejumlah peningkatan terutama di sektor pengolahan grafis.Dengan begini,tentu Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean bisa memberikan peningkatan fungsi pada user interface dan teknologi Vsync yang digunakannya.

  • Android 4.4: KitKat

Android 4.4 KitKat pertama kali dirilis pada Oktober 2013 lalu.Versi Android terbaik pada masanya ini,bisa dibilang menjadi jenis Android terfavorit karena mendukung hampir seluruh perangkat smartphone di dunia.Hal ini dikarenakan Android 4.4 KitKat dapat memberikan optimalisasi yang baik,termasuk pada perangkat smartphone yang memiliki spesifikasi kurang mumpuni alias cukup rendah saat itu.

  • Android 5.0 & 5.1: Lollipop

Mulai beberapa versi Android ke belakang,Android dan Google,secara rutin memperbarui sistem operasi mereka dalam selang waktu setahun.Termasuk Android 5.0 & 5.1 Lollipop yang dirilis dan diresmikan pada Juni 2014.Bisa dibilang,seri Android ini menjadi pionir dibuatnya smartphone flagship dengan spesifikasi cukup mumpuni.Versi Android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit yang sudah memungkinan penggunaan RAM di atas 3GB.Salah satunya Asus Zenfone 2 yang sudah mengusung RAM 4GB saat itu.

  • Android 6.0 : Marshmallow

Android 6.0 Marshmallow menjadi suksesor dari versi Android sebelumnya.Sistem operasi ini pertama kali diperkenalkan pada Mei 2015 dan mulai dirilis pada Oktober 2015.Nama OS Android ini secara jelas memberikan peningkatan pada sistem keamanan dengan dihadirkannya fingerprint sensor sebagai sistem keamanan biometrik yang digunakan.Selain digunakan untuk mengunci layar,fingerprint sensor ini digunakan untuk otentikasi Google Play Store dan pembelian dengan menggunakan Android Pay.

  • Android 7.0 & 7.1 : Nougat

Sistem operasi Android 7.0 & 7.1 Nougat mungkin masih digunakan pada beberapa smartphone jadul.Android 7.0 & 7.1 Nougat pertama kali diperkenalkan pada Juni 2016 dengan menampilkan ikon robot Android dengan batangan Nougat.Versi Android ini mengalami perubahan dari segi tampilan antarmuka.Selain itu,ada juga fitur splitscreen untuk membagi tampilan layar untuk dua aplikasi sekaligus.

  • Android 8.0 & 8.1 : Oreo

Android 8.0 & 8.1 Oreo menjadi sistem operasi Android yang banyak digunakan pada beberapa smartphone.Versi Android ini dirilis secara stabil mulai Agustus 2017 dan sudah mengalami pembaruan lewat versi Android 8.1.0 Oreo.Android 8.0 & 8.1 Oreo menjadi versi Android kedua yang menggunakan makanan manis dari nama brand terkenal setelah Android 4.4 KitKat.Sistem operasi Android Oreo menawarkan pengalaman multitasking yang makin mumpuni dibanding versi sebelumnya. Ada juga Project Treble yang memungkinkan pengguna mendapat pembaruan lebih cepat.

  • Android 9.0: Pie

Generasi Android 9.0 Pie yang secara resmi diperkenalkan pada Agustus 2018.Sistem operasi Android ini memberi banyak perubahan, terutama untuk HP dengan desain baru.Misal Android 9.0 Pie memberikan navigasi berupa gesture yang menggantikan tombol fisik Home,Back, dan Recent Apps.Fitur lain yang cukup berguna yakni sistem notifikasi,pengatur kecerahan,hingga sistem screenshoot terbaru yang lebih memudahkan penggunanya.

  • Android 10

Versi Android terbaru Q atau versi Android 10 yang diluncurkan pada 13 Maret 2019 dan saat ini masih terbatas pada beberapa perangkat HP Android saja.Versi Android tertinggi sekarang yang sudah rilis ini pertama disematkan pada seri smartphone Google,yakni Google Pixel,Google Pixel XL,Google Pixel 2,Google Pixel 2 XL dan lainnya.Salah satu fitur dalam versi Android 10 ini yakni Dark Mode alias mode gelap yang diklaim mampu meningkatkan performa baterai.

  • Android 11

Masa penamaan menggunakan nama dessert berhenti setelah Google merilis Android 10.Dirilis pada 2020,ada sejumlah fitur Android 11 yang bisa dinikmati setelah versi ini dirilis,misalnya fitur keamanan yang lebih canggih dari sebelumnya.Selain itu,banyak fitur menarik lainnya dari Android 11.Seperti notifikasi,screen recorder tanpa aplikasi tambahan,picture-in-picture, hingga mengambil screenshot panjang.

  • Android 12

Pada tanggal 18 Mei 2021 lalu Google meluncurkan Android 12.Sistem operasi ini masih dalam tahap pengembangan dan dinamakan sebagai Android 12 beta preview.Android 12 menawarkan beragam fitur menarik yang belum ada pada pendahulunya,seperti perubahan desain Material You yang memudahkan kostumasi handphone,peningkatan fitur privasi dan mode satu tangan.Peningkatan fitur privasi dilakukan dengan adanya Privacy Dashboard sebagai panel utama kalian saat memantau informasi penggunaan data pribadi seperti akses lokasi,kamera,mikrofon dalam 24 jam terakhir dari aplikasi apapun.Pengoperasian ponsel Android dengan satu tangan (one-handed mode) semakin dimudahkan karena kini antarmuka Android 12 akan mengecil menjadi setengah layar ke bagian bawah ponsel yang memudahkan gerakan satu jari.

 

Nah itulah artikel mengenai Android (sistem operasi),penjelasan mulai dari pengertian,sejarah perkembangannya,kelebihan kekurangan dan versinya.Sekian artikel ini,Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago