HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Aplikasi Virtual Tour Berbasis Web Dan Langkah Membuat

Pada artikel kali ini,kita akan menjelaskan tentang Aplikasi Creator Virtual Tour atau yang biasa disebut Aplikasi Virtual Tour.Namun,sebelum membahas semua mengenai Aplikasi Virtual Tour,mari kita bahas mengenai Pengertian dari Aplikasi Virtual Tour.Langsung saja simak informasi lengkapnya hanya di artikel ini,

Pengertian Aplikasi Virtual Tour

Aplikasi Virtual Tour atau Panorama Tour merupakan simulasi tentang lokasi tertentu dengan tampilan 3D yang membuat pengguna seakan-akan seperti berada atau sedang melakukan tour di sekitar lokasi yang ingin dikunjunginya.

Aplikasi Virtual Tour terbentuk dari beberapa link antar foto panorama 360 derajat yang ditambah dengan sentuhan aplikasi virtual tour.Meski hampir sama, virtual tour dan foto panorama 360 berbeda.Aplikasi Virtual tour memiliki navigasi berupa tanda panah. Sedangkan, aplikasi foto panorama 360 tidak memiliki navigasi.Pengguna hanya berputar-putar ke segala arah di satu titik, tidak “bergerak” atau “berpindah” tempat.Pada virtual tour,pengguna dapat “bergerak”,“berjalan” dan“berpindah” ke tempat lain yang ada di dalam foto dengan mengikuti tanda panah sebagai navigasinya.

Jika melihat fungsinya, tentu virtual tour bisa memberikan view yang lebih nyata dan mendalam mengenai suatu tempat daripada foto panorama 360.

Cara kerja Aplikasi Virtual Tour ini bekerja dengan cara menjahit rentetan foto-foto panorama 360 menjadi saling tersambung, membentuk simulasi 3D yang membuat pengguna bisa bergerak,berjalan,menelusuri,melihat dan berputar 360 derajat ke segala arah di sekeliling lokasi yang dikunjungi.

Teknologi Pada Aplikasi Virtual Tour

Aplikasi Virtual Tour berjalan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR).Namun,terkadang ditambahkan Augmented Reality (AR),sehingga teknologi yang membangun virtual tour bisa disebut adalah perpaduan antara VR dan AR atau disebut juga Mixed Reality (MR).Hanya saja fleksibilitas,saat perubahan dari VR menjadi MR,memerlukan perangkat tambahan lain,yakni headset VR.

Teknologi VR dan MR pada virtual tour digunakan untuk membentuk virtual reality yang menggambarkan lokasi objek wisata tertentu secara nyata.Dengan kata lain,teknologi immersif dan interaktif ini memberikan pengalaman sesuai realitas kepada penggunanya.Suasana di dunia virtual,seakan di dunia nyata.Bahkan, penggunanya sendiri seperti tidak menyadari ketika masuk ke dunia virtual.Mereka menganggap ia sedang berada di dunia asli.

Dengan teknologi VR yang bekerja di dalam Aplikasi Virtual Tour,maka membuat virtual tour menjadi media menarik untuk para pengguna agar bisa menjelajahi lokasi-lokasi keren yang ada di dunia  secara lebih detail,tanpa harus meninggalkan rumah.Teknologi Aplikasi Virtual Tour berbasis web,jadi bisa diakses oleh website.Selain web,teknologi Aplikasi Virtual Tour ini dapat diakses oleh apps dan headset vr/glasses.

Komponen Virtual Tour

Ada beberapa komponen virtual tour, antara lain : foto-foto panorama 360,waypoint (kursor atau arah “bergerak” user dengan tanda panah) dan elemen multimedia (seperti sound,narasi dan teks).

Langkah Membuat Virtual Tour

Membutuhkan 2 hal mendasar Untuk membuat virtual tour : Pertama,foto panorama 360 dari kamera.Kedua,Aplikasi Virtual Tour.

1.Foto Panorama 360 dari Kamera Smartphone

Foto Panorama 360 atau Equirectangular Panora merupakan sekumpulan foto memanjang membentuk view tidak terputus-putus.Sekumpulan foto ini hasil dari pengambilan gambar yang dilakukan secara berputar.Sebenarnya,foto panorama 360 sudah ada sejak lama.Namun,belakangan ini mode foto panorama 360 mulai trending kembali.Berkat adanya fitur built in di smartphone yang support dalam pembuatan foto panorama 360 dengan mudah dan sederhana.Dengan demikian,kalian harus menggunakan kamera DSLR untuk pengambilan foto panorama.Tetapi,bisa menggunakan kamera dari gawai pintar,semacam Android ataupun iPhone.

Untuk area yang luas,pengambilan foto panorama maksimum ada 80 titik.Namun,cukup dengan 4 foto panorama saja,sebenarnya sudah bisa membuat virtual tour.Pada saat pengambilan foto,pemotret harus mencari posisi berdiri di titik paling aman dan nyaman.Setelah menemukan satu spot yang dirasa aman dan nyaman,pemotret bisa mulai melakukan take photos.Posisi smartphone yang dipegang dalam posisi vertikal, usahakan lebih dekat ke wajah.Lalu,badan dan tangan yang memegang erat smartphone berputar perlahan dari arah kanan ke kiri sampai 360 derajat.

2.Aplikasi Virtual Tour

Membuat virtual tour memang dulu menggunakan aplikasi yang berbasis dekstop dengan format Flash.Namun,sekarang, sudah banyak tersedia tool atau aplikasi virtual tour yang berbasis web.Maka,berbekal smartphone,kita sudah bisa membuat virtual tour sendiri dengan mudah.

Dalam membuat virtual tour,memang memerlukan beberapa aplikasi virtual tour,seperti Google Street View,Kuula,Theasys. Namun,pada artikel ini,kami hanya akan membahas cara membuat virtual tour melalui satu aplikasi saja,yakni Google Street View.

Membuat Virtual Tour Melalui Google Street View

Google Street View yakni salah satu aplikasi produk dari Google.Dengan aplikasi ini,kalian bisa membuat sendiri virtual tour di hp smartphone secara gratis.Caranya,yakni mengupload semua foto panorama 360 dan atributnya menggunakan pick a map listing.Lalu menggunakan fitur Move and connect photos yang menjahit foto-foto panorama 360 untuk membuat navigasi yang bisa membuat user bergerak dari satu titik ke titik lain, dari satu panorama ke panorama lain.

Catatan :

Syarat membuat virtual tour,kalian harus mengupload lebih dari 1 foto panorama 360 dalam satu map listing.Contoh : kalian sudah mengupload 5 foto plus,maka artinya kita sudah mengupload 5 foto ke map listing tempat/spot/objek.

* (Masih pada aplikasi Google Street View),setelah membuat atau mengunggah foto-foto panorama 360,silahkan buka tab Profile.

* Pilih foto-foto panorama yang ingin dijadikan “virtual tour”.Contoh foto yang dipilih   2 dari 5 foto panorama.

* Klik foto-foto yang dipilih.

* Klik 3 titik.Lalu klik fitur Move and connect photos.Fitur ini menyambungkan dan meletakkan foto panorama 360 yang terpilih.

Selanjutnya,muncul tampilan nomor 1 dan 2 titik di map.Itu adalah foto-foto panorama yang telah dipilih untuk dijadikan virtual tour.

* Supaya menjadi virtual tour. Koneksikan titik foto satu dengan titik foto 2.Sebelum itu,sesuaikan arahnya terlebih dahulu. Gerakkan sensor warna merah pada titik foto 1 ke arah yang benar, yaitu ke arah titik foto 2.

* Setelah titik-titik telah berada di posisi yang benar dan arah yang benar. Maka,sambungkan titik 1 ke titik 2.Cara menyambungkannya,dengan ketuk garis abu-abu yang menghubungkan di antara foto.Ketuk garis abu-abu sampai warnanya menjadi gelap.Warna garis yang gelap,hal itu menandakan antar foto telah tersambung dan jangan lupa setelah selesai edit, klik tanda centang untuk Menyimpan.

Memasukan Virtual Tour dari Google Street View ke Website

Berikut ini langkah-langkah cara menyematkan virtual tour dari Google Street View ke dalam laman website :

  • Akses Google Maps dan search daftar foto virtual tour yang akan diembed.
  • Klik thumbnail 360.Jika,tidak melihat thumbnail 360.Klik salah satu image yang dilihat.Lalu,dari sana telusuri foto 360.
  • Pilih starting point dari virtual tour yang akan mulai diembed. Navigasi dimulai lewat salah satu foto panorama 360. Pilih salah satu foto panorama untuk memulai.Kebanyakan orang memilih foto panorama sebagai starting point,yaitu pada foto panorama di pintu masuk ke lokasi.Setelah itu, putar foto panorama tersebut sampai berada di titik starting point yang dirasakan paling pas.
  • Jika sudah memilih starting point yang diinginkan,klik 3 titik yang ada di kiri atas foto 360.Lalu,pilih Share atau Embed Image.
  • Copy the embed code virtual tour yang akan dimasukkan.Pilih dulu ukurannya,mulai dari ukuran kecil,medium,besar dan custom.Setelah memilih ukuran, lalu copy code * Html.
  • Lalu paste code virtual tour dalam source code embedder di website yang akan diposting.

 

Digitalisasi akan mulai merambah ke berbagai sektor.Termasuk di sektor pariwisata.Untuk para penyuka wisata,kegiatan wisata virtual ini bisa membuka kesempatan baru bagi mereka.Sedangkan,bagi mereka yang hobi jalan-jalan atau travelling ke tempat-tempat keren, mulai dari sekarang harus mulai terbiasa berlibur secara virtual dengan virtual tour.

Demikian pembahasan artikel ini,semoga dapat bermanfaat.Simak terus dan kunjungi situs hosteko.com dan dapatkan artikel terbaru dari kami 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago