HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Android di 2021

Aplikasi merupakan salah satu bagian dari sistem kerja smartphone android. Coba bayangkan jika smartphone android yang dimiliki tidak memiliki aplikasi, pastinya smartphone akan terasa tidak menyenangkan. Aplikasi adalah subkelas perangkat lunak komputer yang yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan petugasnya.

Saat ini memang ada beberapa aplikasi wajib android yang perlu di install saat membeli Hp android baru. Dengan install beberapa aplikasi tersebut Hp android akan terasa lebih nyaman saat digunakan. Apalagi ada beberapa aplikasi yang wajib harus di install guna untuk mengoptimalkan kinerja smartphone android.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang wajib di install Android, yaitu :

1. Whatshapp Messenger Andoroid

Salah satu aplikasi wajib android yang perlu di install terlebih dahulu di Hp android yang baru di beli ialah Whatshapp (WA). Aplikasi ini memang perlu di install karena fungsinya yang cukup penting bagi sebuah smartphone android. Dengan aplikasi ini tidak hanya bisa mengirim pesan saja, namun juga bisa mengirim gambar, video, lokasi, dll.

2. 1Weather : Widget Forecast Radar

Beberapa tahun belakangan ini efek global warming semakin terasa nyata, salah satunya adalah kondisi cuaca yang tidak menentu. Hal tersebut tentu sangat mengganggu terutama yang sering beraktifitas di luar ruangan. Untuk menyiasati hal tersebut, gunakan aplikasi 1Weather agar dapat menyesuaikan kegiatan dengan keadaan cuaca.

1Weather merupakan salah satu aplikasi ramalan cuaca dengan rating yang sangat tinggi di Play Store. Aplikasi ini memiliki tampilan yang cantik dan juga mudah digunakan. Berbagai widget menarik juga sudah disediakan untuk mempermudah akses informasi dari homescreen.

3. 360 Mobile Scurity Android

Aplikasi ini merupakan antivirus yang perlu di install pada smartphone android sebagai sistem pengaman perangkat. Fungsi antivirus adalah sangat vital dalam sistem android, tidak hanya sebagai pengaman saja, namun juga berfungsi sebagai pemeriksa sistem serta membersihkan file yang tidak berguna.

4. CCleaner Android

Bagi yang ingin membersihkan perangkat android dari banyaknya file junk (sampah) secara otomatis dan untuk membersihkan ruang dari file tersebut, harus install aplikasi ini pada smartphone android. Aplikasi ini juga sangat penting untuk pengguna smartphone android sehingga tidak sedikit orang yang menginstall aplikasi tersebut.

5. Shareit

Shareit juga merupakan aplikasi wajib android yang perlu di install. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam mengirim dan transfer sebuah file maupun data ke smartphone yang lainnya. Sementara itu, shareit juga memiliki sejumlah fitur yang bagus untuk mengirim file-file ke perangkat lainnya dengan cepat dan pastinya lebih aman.

Selain itu juga bisa mengirim berbagai jenis file dengan banyak macam format file. Bisa untuk mengirim gambar, video, lagu, dan juga data-data penting berupa dokumen, excel, atau pun PDF.

6. Google My Device

Google My Device merupakan aplikasi yang sederhana namun memiliki fungsi yang luar biasa. Aplikasi ini akan melacak perangkat Android yang hilang atau dicuri. Selain melacak lokasinya, aplikasi ini juga dapat menghapus data, reset PIN, dan membunyikan ringtone secara otomatis melalui internet.

Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi ini bersama dengan lock screen PIN. Hal tersebut bertujuan agar pencuri tidak bisa menghapus aplikasi ini dari perangkat.

7. Google Drive

Layanan penyimpanan awan saat ini sudah semakin populer berkat banyaknya penyedia jasa cloud storage yang muncul. Salah satu penyedia layanan yang terbaik adalah Google Drive. Sama halnya seperti DropBox, Google Drive juga akan memberikan ruang penyimpanan gratis sebanyak 15 GB ketika mendaftar.

Di Google Drive dapat menyimpan foto, video, dokumen, dan berbagai jenis file lainnya. Salah satu yang menarik dari Google Drive adalah tampilan yang menyerupai aplikasi Word dan Excel ketika membuka dokumen. Selain itu, Google Drive juga terintegrasi secara otomatis dengan layanan Google lainnya.

8. Maps

Rasanya hampir semua pengguna Android pasti memiliki maps di perangkatnya. Aplikasi peta dari Google ini memang masih masih menjadi yang terbaik saat ini. Selain peta dan juga navigasi, rasanya terlalu banyak fitur Maps yang bisa dimanfaatkan dan tidak bisa disebutkan satu persatu di sini.

9. EX File Explorer

Aplikasi wajib android yang selanjutnya ialah EX File Explorer. Aplikasi ini dapat mengakses dan mengorganisir berbagai macam file dengan mudah. EX File Explorer juga mendukung akses root seperti layaknya aplikasi Root Explorer. Sementara itu, tampilan antar mukanya sangat bersahabat dan tentu saja aplikasi ini tersedia secara gratis pada aplikasi google play store.

10. Antivirus Free

Saat memiliki Hp Android baru, maka sudah sewajibnya memiliki aplikasi anti virus. Karena tidak pernah tahu virus yang sering menyerang Hp. Untuk mencegah kehadiran virus membutuhkan Antivirus Free.

Dengan aplikasi Antivirus Free, maka Hp akan terlindungi dari virus apapun yang mencoba membobol Hp. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan melindungi dan memindai. Lalu, ada juga virus cleaner untuk menghapus virus yang sudah terlanjur bersarang di Hp. Bahkan, aplikasi ini juga bisa menghapus ‘sampah’ di Hp agar performa ponsel lebih kencang.

11. Google Translate

Google Translate merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk berbagai macam keperluan. Untuk anak sekolah dan mahasiswa, aplikasi ini akan sangat membantu proses pembelajaran. Untuk yang suka melancong ke luar negeri, maka aplikasi ini juga dapat membantu untuk memperlancar komunikasi.

Hingga saat ini Google Translate bisa menerjemahkan lebih dari 70 bahasa di dunia. Selain menerjemahkan teks, aplikasi ini juga dapat menerjemahkan suara, halaman web, hingga tulisan asing yang terdapat dalam sebuah foto.

12. Zedge

Jika memerlukan aneka ringtone dan wallpaper, maka bisa mendapatkannya secara gratis di salah satu aplikasi wajib untuk Android ini, Zedge. Aplikasi ini menyediakan ratusan bahkan hingga ribuan nada dering dan gambar tema yang bisa di pakai sesuka hati. Tampilan aplikasinya juga sangat bersahabat dan mudah untuk digunakan.

13. Google Play Music

Google Play Music merupakan aplikasi pemutar musik yang wajib dimiliki. Aplikasi ini dapat memutar musik yang tersimpan di memori atau pun mendengarkannya secara online melalui internet. Dapat mengunggah hingga 20 ribu lagu ke Google untuk kemudian dapat mendengarkan secara online di mana saja.

Sebagian besar fitur menarik yang disediakan dapat diakses secara gratis. Selain itu juga dapat membayar untuk biaya berlangganan jika ingin menikmati semua fitur premium. Namun jika tidak ingin membayar, fitur pada versi gratis pun sudah lebih dari cukup untuk memuaskan penggunaannya.

14. WPS Office

Aplikasi dari kategori office merupakan aplikasi wajib Android selanjutnya yang harus dimiliki. Saat ini terdapat banyak aplikasi office di Android yang disediakan secara gratis. Namun WPS Office merupakan aplikasi dengan fitur yang paling lengkap.

WPS Office dilengkapi dengan fitur Word, Spreadsheet, Presentation serta dapat membuka dokumen PDF. Selain itu, aplikasi wajib untuk Android ini mendukung lebih dari 20 jenis file, memiliki file manager sendiri, serta memiliki fungsi gestur yang sangat baik.

15. SwiftKey Keyboard

Pada awal tahun 2014 yang lalu, aplikasi SwiftKey resmi dirilis secara gratis setelah sebelumnya menyandang predikat sebagai aplikasi berbayar. Hal ini berdampak cukup signifikan karena pemakai keyboard ini bertambah cukup banyak dalam waktu yang singkat.

Versi gratis dari Swiftkey ini menyuguhkan semua fungsi intinya. Tidak ketinggalan, fitur text prediction yang menjadi andalan dari Swiftkey selama ini juga di boyong ke versi gratis. Beberapa tema menarik juga diberikan pada versi gratis ini jika tidak ingin membeli tema berbayar.

16. CamScanner

CamScanner merupakan aplikasi unik yang akan menjadikan perangkat Android menjadi sebuah scanner. Dengan aplikasi ini dapat memindai berbagai macam dokumen secara virtual. Setelah di pindai, bisa menambahkan watermark, mengisinya dengan tulisan, atau bahkan mengirimnya melalui fax.

Meskipun bukan aplikasi yang akan digunakan dalam aktivitas sehari-hari, namun CamScanner sangatlah berguna ketika membutuhkannya dalam kondisi yang terdesak. Menariknya, aplikasi wajib untuk Android ini juga akan mempertajam hasil pemindaian sehingga hasilnya benar-benar seperti dari mesin scanner.

17. Evernote

Untuk urusan catat mencatat, maka jelas aplikasi Evernote yang menjadi juaranya. Dengan aplikasi Evernote ini dapat mencatat berbagai macam hal secara mudah, mulai dari catatan belanjaan hingga jadwal pertemuan. Aplikasi ini juga terdapat di berbagai platform lain sehingga dapat diakses dengan mudah di mana saja.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

16 hours ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

17 hours ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

18 hours ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

18 hours ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

2 days ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

2 days ago