HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

NetBeans : Pengertian,Fungsi Serta Kelebihan Kekurangannya

Pengertian NetBeans

NetBeans merupakan salah satu software yang sering digunakan dalam dunia programmer atau developer.Bukan sebagai teks editor biasa,Netbeans aplikasi IDE atau Integrated Development Environment yang berbasis bahasa Java dan berjalan diatas Swing.Maksud Swing adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengembangan aplikasi desktop dan dapat berjalan di berbagai macam platform seperti : Windows,Mac OS,Linux dan Solaris.

Netbeans menyediakan beberapa tools seperti : Graphic User Interface (GUI),kode editor atau text,suatu compiler serta debugger.Hal ini lebih memudahkan kinerja para programmer atau developer yang menggunakan Netbeans.Tidak hanya menunjang bahasa pemrograman Java saja,dengan menggunakan Netbeans dapat membuat atau mengembangkan program berbasis bahasa C, C++ atau dynamic language seperti PHP,JavaScript,Groovy dan Ruby.

Netbeans aplikasi kode terbuka (open source) yang cukup sukses dengan banyaknya pengguna serta komunitas yang terus bertambah di seluruh dunia serta sudah memiliki 100 mitra bisnis dan kemungkinan akan terus berkembang kedepannya.Sun Microsystems sebagai pihak sponsor utama dari Netbeans sudah mulai ada dan dikembangkan sejak tahun 2000 dan sampai saat ini terus melanjutkan kerjasamanya.

Sejarah Perkembangan NetBeans

Sejarah Netbeans dimulai sejak Tahun 1996 namun,masih disebut Xelfi (merujuk pada kata Delphi) yang merupakan suatu proyek Java IDE dari sekelompok mahasiswa dari Charles University dari Prague.Lalu Tahun 1997 Stanek Romawi membentuk suatu perusahaan dengan tujuan untuk mengkaji proyek tersebut lebih lanjut sehingga akhirnya muncul Neteans IDE versi komersial sampai pada akhirnya dibeli oleh Sun Microsystem pada Tahun 1999 untuk kemudian dikembangkan lagi lebih lanjut dan bisa mendapatkan pencapaian sampai seperti saat ini.

Lalu ada Netbeans IDE versi 6.0 hadir dengan membawa dukungan dalam hal mengembangkan modul IDE dan proses development yang berdasarkan pada platform NetBeans,Java Swing GUI builde,meningkatkan CVS dukungan,WebLogic 9 dan JBoss 4 serta penggunaan editor yang lebih baik dari sebelumnya.Netbeans versi ini sudah tersedia dalam repository resmi dari Linux.Jadi para pengguna Linux dapat menggunakannya

Hingga kini,Netbeans sudah mengalami beberapa kali pengembangan mulai dari penambahan instant messaging,dukungan untuk pengembangan aplikasi berbasis web dengan PHP 5.3,framework Symfony,Zend Framework dan lain – lain.Didukung juga dengan adanya navigasi kode lebih mudah dan refactoring dalam beberapa bahasa.Kedepannya tentunya apikasi ini akan terus berkembang menjadi lebih baik.

Spesifikasi Komputer Yang Cocok Untuk Standat NetBeans

  •  Sistem Operasi Windows,berikut spesifikasinya .
    • Prosesor 1,4 GHz Intel Pentium III Workstation atau diatasnya.
    • Memori 1 GB.
    • Disk Space 1 GB dari free disk space.
  • Sistem Operasi Macintosh OS X,berikut spesifikasinya :
    • Prosesor PowerPC G5 atau diatasnya
    • Memori 1 GB.
    • Disk space 850 MB dari free disk space.
  • Sistem Operasi Linux,berikut spesifikasinya :
    • Prosesor 1,4 GHz Intel Pentium III Workstation atau yang setara.
      Memori 1 GB,
    • Disk Space 850 GB dari free disk space.

Fitur NetBeans

Netbeans memiliki beberapa fitur,diantara lain
  • Smart Code Completion : Berfungsi untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe,melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
  • Bookmarking : Fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat ingin kita modifikasi.
  • Go to commands : Fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel,source code atau file yang terdapat pada project yang sama.
  • Code generator : Dengan fitur ini kita akan bisa meng-generate constructor,setter and getter method dan yang lainnya.
  • Error stripe : Fitur ini akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight red.

Kelebihan NetBeans

  • Free (gratis) yang dapat didownload pada laman website resminya atau pihak ketiga yang bisa kita cari sendiri di internet.
  • Sun Microsystem yang merupakan pengembang Swing dapat membuat aplikasi Netbeans ini sangat kompatibel dengan Swing juga.Sehingga menjadi salah satu aplikasi development penghasil program yang dapat berjalan multi platform.
  • Netbeans termasuk aplikasi development yang multi bahasa,karena selain compatible dengan Java Netbeans juga dapat digunakan untuk membangun program dengan bahasa lain seperti C/C++, Ruby dan PHP.
  • Netbeans cocok untuk pengembangan sistem dengan skala Enterprise,serta pada paket tertentu juga menyertakan GlassFish V2 UR2 dan Apache Tomcat 6.0.16 yang tentu menjadi nilai tambah bagi para developer.

Kekurangan NetBeans

  • Sebuah keuntungan ketika Netbeans mensupport salah satu pengembangan Java GUI yakni Swing.Namun sayang diluar itu,sebenarnya ada juga Java GUI yang dikembangkan oleh Eclipse yakni SWT dan JFace yang sudah cukup populer namun belum disupport oleh Netbeans.
  • Source code untuk Java GUI sudah dipatenkan oleh Netbeans dalam suatu Generated Code,sehingga para programmer dan developer tidak dapat merubah atau memodifikasi isinya secara manual.
  • Dalam hal spesifikasi Netbeans tergolong cukup tinggi.Perlu ruang memory dan harddisk yang cukup agar dapat menggunakannya,selain itu penggunaan processor juga harus diperhatikan agar dapat dijalankan secara optimal.

Cara Install NetBeans Untuk Pemula

Untuk mengembangkan program aplikasi ini,diperlukan aplikasi pengembangan yakni dengan menggunakan Netbeans.Jika anda tidak memiliki program aplikasi Netbeans, adapat mengikuti beberapa langkah-langkah berikut terkait cara install Netbeans :

  • Pastikan bahwa koneksi internet kalian stabil dan lancar agar tidak akan mengganggu proses download installer netbeans.
  • Harus mengerti jenis windows pada perangkat kalian,misalkan menggunakan 32-bit (x86) atau 64-bit (x64).
  • Bisa mendapatkan installer netbeans dengan mencari di google,masukkan keyword download installer netbeans.

  • Kemudian,pilih jenis netbeans yang akan di install. Pilih Apache Netbeans 12 Feature Update 1 (NB 12.2), klik Download.

  • Tunggu hingga proses download installer selesai.Lama waktu download bergantung pada kecepatan akses internet yang digunakan pada saat itu,sehingga proses download bisa cepat atau juga bisa lambat.
  • Cari file download netbeans tersebut dan klik dua kali pada file installer netbeans.
  • Kemudian muncul proses penginstalan netbeans yang dikonfigurasikan dulu secara otomatis oleh installer netbeans tersebut.Hal ini untuk mendeteksi apakah perangkat dapat digunakan untuk menjalankan program netbeans atau tidak.Tunggu proses ini hingga selesai.
  • Muncul tampilan install Java SE Development Kit,klik Next.

  • Diminta untuk menyetujui lisence agreement,pilih pilihan I accept the terms …,Klik Next.
  • Sesuaikan lokasi penyimpanan dari JDK dan Netbeans IDE pada perangkat kalian.Bebas menggunakan direktori yang di inginkan, setelah sudah ditetapkan direktorinya,klik Next.
  • Muncul ringkasan dari apa saja yang akan diinstall,klik Install.Pada tahap ini dapat mereview kembali apakah yang akan di install sudah termasuk Netbeans,JDK/JRE, ketika semua hal tersebut sudah dapat ditemukan, maka dapat mengklik Install.
  • Tunggu hingga proses installasi selesai dan muncul pesan bahwa proses installasi berhasil,kemudian klik finish.

  • Proses installasi netbeans yang dijelaskan pada tutorial,berfokus pada installasi 1 paket,sehingga kalian tidak perlu bingung dan khawatir akan susah dan rumitnya proses menginstall secara terpisah.Karena dengan satu kali proses installasi,semua package seperti JDK/JRE,Netbeans akan terinstall secara bersamaan dan hanya membutuhkan satu kali proses installasi.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

1.5/5 - (2 votes)
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

16 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

17 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 days ago