HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED, Anda pasti kesal. Error ini mungkin terjadi saat mengakses situs web menggunakan Google Chrome. Sebagian besar pengguna Google Chrome pasti familiar dengan error ini.

Apa yang Anda lakukan ketika melihat pesan error ini? Apakah Anda ingin segera menutup website dan mencari halaman website lain? Anda menemukan artikel yang cocok untuk menjelaskan cara mengatasi ERR_CONNECTION_CLOSED. Pastinya lengkap dan mudah diaplikasikan. Daripada frustasi karena error ini sering terjadi, yuk cari tahu cara memperbaiki ERR_CONNECTION_CLOSED.

Penyebab ERR_CONNECTION_CLOSED

Diartikan, error ini terjadi karena website yang Anda kunjungi mengalami masalah konektivitas karena alasan tertentu. Ada banyak penyebab errornya yang berbeda. Mungkin juga ada masalah dengan ISP yang digunakan, masalah proxy atau VPN, masalah konfigurasi firewall, atau DNS tidak digunakan dengan tepat. Masalah ini terjadi ketika pengguna mencoba mengakses server situs web, namun server situs web tidak tersedia, telah dipindahkan secara permanen, atau server tidak dapat menerima permintaan.

Error ini seringkali menimbulkan kesal dan kepanikan pada pengguna. Namun Hosteko menyediakan cara mengatasi ERR_CONNECTION_CLOSED. Mari kita lihat caranya!

Cara Memperbaiki ERR_CONNECTION_CLOSED

Berikut cara mengatasi ERR_CONNECTION_CLOSED, coba ikuti cara berikut ini

Periksa koneksi internet

Sebelum melanjutkan ke solusi yang lebih kompleks untuk ERR_CONNECTION_CLOSED, Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah koneksi Internet yang Anda gunakan aman. Kesalahan ini dapat terjadi karena koneksi Internet Anda terputus secara tiba-tiba karena adanya gangguan. Oleh karena itu, periksa dulu koneksi internet yang Anda gunakan.

Periksa apakah ada masalah pada website yang dituju

Cara kedua untuk mengatasi ERR_CONNECTION_CLOSED adalah memastikan bahwa situs target tidak terjadi masalah. Percuma saja jika sudah berusaha memperbaiki, tetapi ternyata masalahnya ada pada website.

Ada dua kemungkinan penyebab kesalahan tersebut. Pertama, ada masalah pada server website Anda, jadi Anda bisa mengeceknya secara berkala, jika biasanya error server website hanya terjadi sementara. Kedua, website tersebut memblokir layanan internet yang Anda gunakan, jadi solusinya adalah dengan mencoba membuka website yang sama melalui layanan internet lain.

Non aktifkan sementara anti virus dan firewall

Firewall dan antivirus juga dapat menyebabkan munculnya error ERR_CONNECTION_CLOSED. Oleh karena itu, untuk menghindari ERR_CONNECTION_CLOSED, Anda harus menonaktifkan sementara antivirus dan firewall Anda. Ini mungkin disebabkan oleh masalah pada kedua konfigurasi. Berikut cara menonaktifkannya:

Cara menonaktifkan antivirus Windows 10

  • Klik Start lalu Settings.
  • Klik menu Update & Security dan pilih Windows Security.
  • Klik Open Windows Security, lalu klik Virus & threat protection.
  • Klik Manage settings dan pastikan toggle opsi Real-time protection dimatikan.

Menonaktifkan firewall Windows 10

  • Klik Start, pilih Windows System, lalu klik Control Panel.
  • Klik menu System & Security, dan pilih Windows Defender Firewall.
  • Pada sidebar di sebelah klik Turn Windows Defender Firewall on or off.
  • Pada Private network setting dan juga public network settings, pilih Turn off Windows Defender Firewall (not recommended).

Setelah Anda menyelesaikan kedua metode tersebut, kembali ke Google Chrome dan coba muat ulang website yang bermasalah. Jika tidak berhasil, sebaiknya ikuti cara selanjutnya. Harap dicatat bahwa langkah ini hanya sementara, ya! Anda mungkin perlu mengaktifkan kembali fitur firewall dan antivirus untuk meningkatkan keamanan Anda.

Non aktifkan sementara proxy

Error ini juga bisa disebabkan oleh proxy yang digunakan. Proxy adalah sistem yang digunakan untuk mengganti alamat IP asli dengan alamat IP lain ketika mengakses suatu website. Jadi mungkin saja proxy penyebabnya. Untuk menonaktifkan proksi Windows 10:

  • Klik Start lalu Settings.
  • Klik Network & Internet lalu pilih Proxy.
  • Pada opsi Automatically detect settings, Use setup script, dan Use a proxy server kamu bisa menonaktifkan toggle yang tersedia.

Coba muat ulang halaman website. Jika error masih terjadi, browser Anda mungkin juga telah mengatur proxy. Oleh karena itu, Anda perlu menonaktifkannya juga.

Non aktifkan sementara VPN

Anda kemudian dapat memperbaiki ERR_CONNECTION_CLOSED dengan menonaktifkan VPN. VPN sangat berguna bagi orang yang ingin mengakses Internet dengan aman. Namun, ada beberapa website yang tidak dapat diakses menggunakan VPN.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba cara ini. Setiap VPN akan terlihat berbeda dan dinonaktifkan secara berbeda pula. Jadi ketika Anda terhubung, klik saja “Putuskan”.

Kembalikan pengaturan pada TCP/IP

ERR_CONNECTION_CLOSED juga dapat disebabkan oleh konfigurasi TCP/IP yang salah. TCP/IP adalah protokol yang digunakan untuk mengatur arus komunikasi dari klien ke server.

Cara mereset pengaturan TCP-IP di Windows 10.

  • Cari CMD. Saat aplikasi muncul, pilih Run as administrator.
  • Ketik perintah nbtstat –r dan tekan Enter.
  • Kemudian ketik ulang perintah “netsh int ip reset” dan tekan Enter.
  • Jika sudah, Anda perlu me-restart komputer Anda terlebih dahulu.

Masih tidak berfungsi? Masih ada cara lain untuk mengatasi ERR_CONNECTION_CLOSED berikut ini. Jangan menyerah dulu!

Hapus cache DNS

Seperti disebutkan sebelumnya, DNS juga bisa menjadi sumber kesalahan. Apa itu DNS? DNS adalah sistem yang memungkinkan pengguna menjelajahi Internet dengan mudah. Untuk memperbaiki kesalahan ini, coba bersihkan cache DNS Anda.

Cara menghapus cache DNS di Windows 10

  • Cari CMD dan buka Command Prompt sebagai administrator.
  • Jalankan perintah ipconfig/flushdns.
  • Jika berhasil, restart komputer kamu terlebih dahulu.
  • Buka Google Chrome dan masukkan chrome://net-internals/#dns pada address bar.
  • Pilih DNS dan klik tombol Clear host cache.
  • Cache DNS berhasil terhapus!

Hapus cache Google Chrome

Jika Anda tidak dapat menemukan solusi yang jelas, Anda dapat menghapus cache Google Chrome. Cache menyimpan semua data browser yang mungkin berisi data bermasalah, yang dapat menyebabkan kesalahan. Coba kunjungi halaman incognito Anda sebelum membersihkan cache. Jika Anda dapat mengakses situs web Anda dari halaman incognito, cache mungkin menjadi penyebab masalahnya. Berikut cara menghapus cache di Google Chrome:

  • Ketik chrome: //settings/clearBrowserData di address bar dan ingatlah untuk menekan Enter.
  • Pilih tab Advanced dan atur time range ke All Time.
  • Aktifkan semua opsi kecuali Password dan Autofill.
  • Klik tombol “Clear data”.

Non aktifkan ekstensi Google Chrome

Mungkinkah ekstensi yang Anda gunakan menjadi penyebab kesalahan ERR_CONNECTION_CLOSED? Tentu saja mungkin, terutama jika ekstensi yang Anda gunakan sudah usang dan tidak dapat berjalan dengan baik. Sebenarnya kehadiran ekstensi ini menyederhanakan dan memperluas fungsionalitas. Cara mengatasi ERR_CONNECTION_CLOSED adalah dengan menonaktifkan semua ekstensi yang Anda gunakan. Begini caranya:

  • Ketik chrome: //extensions/ di address bar dan tekan Enter.
  • Setelah semua ekstensi ditampilkan, klik tombol untuk setiap ekstensi hingga berwarna abu-abu.
  • Coba muat ulang situs tempat error terjadi.
  • Jika situs berhasil dibuka, Anda cukup menonaktifkan atau menghapus ekstensi tersebut.

Memulihkan settingan Google Chrome

Setelan Google Chrome juga dapat menjadi penyebab munculnya ERR_CONNECTION_CLOSED. Coba atur ulang settingan ke nilai aslinya. Tidak tahu bagaimana caranya? Simak langkah berikut:

  • Klik menu yang digambarkan oleh ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  • Klik Settings lalu pilih Advanced.
  • Di sidebar kiri, pilih Reset & Cleanup > Restore Settings to Original Defaults > Reset Settings.
  • Klik tombol Reset Settings di popup konfirmasi.

Perbarui versi Google Chrome

Memperbarui versi Google Chrome mungkin dapat mengatasi error ini. Mungkin ada fitur atau pengaturan baru yang belum tersedia pada versi yang Anda gunakan. Oleh karena itu, silakan coba perbarui Google Chrome menggunakan cara berikut.

  • Klik menu di pojok kanan atas dan pilih Settings.
  • Pilih About Chrome.
  • Jika Anda tidak menggunakan versi terbaru, maka akan diperbarui secara otomatis.

Install ulang Google Chrome

Apakah Anda masih mendapatkan error yang sama? Cara terakhir untuk memperbaiki ERR_CONNECTION_CLOSED adalah dengan menginstal ulang aplikasi Google Chrome. Uninstall dulu aplikasinya, lalu instal ulang versi terbaru.

Bisakah Anda mengatasi ERR_CONNECTION_CLOSED?

ERR_CONNECTION_CLOSED adalah kesalahan yang dapat terjadi saat mengakses website menggunakan Google Chrome. Jika Anda mengalami kesalahan ini, tidak perlu panik. Karena kamu bisa mengambil tindakan sendiri. Hosteko menyediakan berbagai cara praktis mengatasi ERR_CONNECTION_CLOSED.

Mulailah dengan memeriksa koneksi Anda, mengatur ulang pengaturan Chrome, membersihkan cache DNS, dan menginstal ulang Google Chrome. Metode apa yang sudah Anda coba dan hasilnya bagus? Semoga ini bisa membantu ya!

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas…

7 hours ago

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet.…

11 hours ago

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

2 days ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

2 days ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

3 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

3 days ago