HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Belajar Online Gratis dari Facebook Blueprint

Apa itu Facebook Blueprint?

Facebook Blueprint adalah training online gratis dari Facebook untuk mengenal Facebook Ads luar dan dalam. Blueprint dibagi menjadi beberapa pelajaran, seperti eLearning dari Blueprint yang mengajarkan bagaimana caranya membangun bisnis. Selain gratis, eLearning dari Blueprint juga fleksibel. Bisa mengaksesnya sesuai dengan kebutuhan. Blueprint dapat digunakan untuk bisnis UKM (Usaha Kelas Menengah) maupun bisnis besar.

Pelajaran yang tersedia di Facebook Blueprint sendiri dikategorikan sesuai dengan goal atau tujuan bisnis saat ini. Pelajaran yang akan dapatkan dimulai dari brand awareness, lead generation, hingga monetisasi konten. Bisa dipastikan dapat menemukan topik-topik yang ingin dipelajari lebih lanjut mengenai blueprint. Facebook Blueprint juga mengajarkan bagaimana caranya menargetkan audience atau pengunjung yang tepat dan mengukur performance sebuah ads atau iklan. Ini merupakan dua skill yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis. Dari 85 pelajaran yang ditawarkan di Facebook Blueprint, akan mendapatkan banyak pengetahuan dari hampir semua aspek marketing yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis sampai sukses.

Selain itu bisa mengikuti lebih dari satu pembelajaran dalam satu waktu yang sama, terutama untuk meningkatkan pengetahuan tentang marketing dan advertising Facebook. Salah satu tema pelajaran yang mungkin ingin diambil yaitu “Understanding Campaign Performance with Ads Manager” atau Mempelajari Kinerja Campaign dengan software Ads Manager. Software Ads Manager Facebook memberikan insight tentang bagaimana cara melihat performance iklan di Facebook dan Instagram. Pada intinya, semua tema pelajaran yang disediakan di 17 kategori berbeda, dibuat dengan tujuan untuk memberikan sebuah pengalaman terbaik dalam memakai Facebook dan Instagram Ads.

Mendapatkan Sertifikasi dari Facebook

Setelah melewati berbagai pelajaran yang tersedia, maka bisa mendapatkan dua sertifikasi untuk dua bidang keahlian yang berbeda, yaitu :

  • Facebook Certified Planning Professional

Facebook Certified Planning Professional biasa diberikan kepada yang berhasil merencanakan dan membuat campaign iklan Facebook.

Ini diukur melalui kemampuan dalam pengelolaan Facebook Page, objektif iklan, target audience, Audience Insights, strategi ads dan pengertian mendalam tentang bagaimana cara menggunakan Facebook sebagai channel komunikasi dan iklan.

  • Facebook Certified Buying Professional

Facebook Certified Buying Professional adalah sertifikat dimana untuk mendapatkannya perlu mengetahui hal-hal seperti pengelolaan, pembuatan dan pembelian Facebook Ads.

Selain itu harus mengetahui bagaimana cara memakai lelang ads, cara mencapai KPI iklan, serta pembuatan laporan yang akurat. Mereka juga harus menguasai Facebook Pixel dan SDK serta cara-cara melakukan troubleshooting yang berkaitan dengan iklan.

Untuk mendapat kedua sertifikasi diatas perlu melakukan exam 310-101 dan 322-101 serta mendapatkan nilai 700 atau lebih. Biasanya untuk mengerjakan ujian Facebook Blueprint memerlukan waktu sampai tujuh puluh lima menit dan memerlukan aplikasi browser yang aman.

Memang untuk mendapatkan sertifikasi diatas memerlukan waktu dan pengeluaran biaya. Untuk mengambil ujian harus mengeluarkan uang sebesar 150 US Dollar tiap ujiannya. Jadi karena akan melakukan dua kali ujian harus mengeluarkan uang sebesar 300 US Dollar untuk bisa mendapatkan sertifikat Facebook Blueprint. Setiap tahunnya bisa juga mengambil ujiannya lagi untuk menyimpan sertifikasi.

Nantinya sertifikasi akan muncul dalam bentuk sebuah digital badge. Digital Badge ini dapat di pajang di Facebook atau social media lainnya. Selain itu dapat memasangnya di blog atau bahkan di signature email.

Mengapa Perlu Sertifikasi Facebook Blueprint?

Saat ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan suatu perusahaan untuk beriklan di media social Facebook. Mereka bahkan dapat belajar sendiri dari banyaknya tutorial Facebook Ads di luar sana. Namun kadang-kadang perusahaan membutuhkan seorang professional yang dapat melakukannya untuk mereka. Dengan memiliki Sertifikasi Facebook Blueprint, bisa menonjol dibanding yang lainnya. Ujiannya sendiri bisa dibilang sebagai ujian digital marketing paling sulit dan paling ketat di internet. Selain itu jika sudah mempunyai sertifikasi ini, tidak akan ada yang meragukan kemampuan dalam pemakaian Messenger, Facebook dan Instagram untuk keperluan beriklan. Bagi pemilik bisnis, dengan adanya sertifikasi Facebook Blueprint, dapat mengoptimalkan ads serta mengembangkan bisnis lebih jauh lagi. Dengan belajar lebih banyak tentang Facebook Ads, dapat berpikir out-of-the-box serta keluar dengan ide-ide yang lebih bagus dan kreatif.

Blueprint Live

Facebook Blueprint juga menawarkan layanan yang disebut, “Blueprint Live”. Ini adalah seminar eksklusif yang ditujukan bagi pengiklan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran Facebook dan Instagram. Kesempatan belajar ini ditujukan bagi mereka yang sudah akrab dengan Instagram dan Facebook.

Blueprint Live dibangun berdasarkan pengetahuan peer-to-peer, dengan tujuan timbal balik antara rekan kerja. Tidak hanya mengajar, dengan Blueprint Live juga bisa belajar dari teman-teman

Cara Mengakses Facebook Bluelight

  • Dapat mengakses Facebook Blueprint melalui website Facebook For Business.
  • Selanjutnya akan terlihat beberapa menu yang tersedia maka perlu klik menu “Pelajari“.
  • Dalam menu “Pelajari” tersebut bisa melihat akan ada kolom pencarian pada halaman utamanya. Jika ingin langsung mengetahui suatu topik maka kolom pencarian tersebut akan memudahkan untuk menemukannya.
  • Pada halaman utamanya juga bisa untuk login sehingga data dan aktivitas belajar akan tersimpan.
  • Jika scroll kebawah maka akan menjumpai berbagai macam topik yang telah dibagi menjadi beberapa bagian.
    • Pertama adalah daftar kursus yang direkomendasikan oleh Facebook.
    • Kedua bisa mengetahui kursus apa saja yang menjadi unggulan. Daftar yang ketiga adalah daftar kursus menjual produk di Facebook dan Instagram.

Cara dan Detail Ujian Sertifikasi Facebook Blueprint

  • Ujian ini dilakukan secara online yang memerlukan jaringan internet cepat.
  • Untuk mengikuti ujian ini harus membayar $150 Dolar AS per ujian. Namun biaya ini dapat berbeda sesuai dengan negara masing-masing.
  • Ada 8 tingkatan ujian dalam Sertifikasi Facebook Blueprint yang bisa dilakukan. Setiap tingkatan memiliki level kesulitan dan durasi ujian yang berbeda. 8 tingkatan tersebut, yaitu :
    • 100-101: Marketing Associate Digital Bersertifikasi Facebook.
    • 200-101: Profesional Marketing Science Bersertifikasi Facebook.
    • 400-101: Profesional Perencanaan Media Bersertifikasi Facebook.
    • 410-101: Profesional Pembelian Iklan Media Bersertifikasi Facebook.
    • 500-101: Developer Produk Iklan Bersertifikasi Facebook I.
    • 510-101: Developer Produk Iklan Bersertifikasi Facebook II.
    • 520-101: Developer Produk Iklan Bersertifikasi Facebook III.
  • Ujian ini bertaraf internasional dan sayangnya bahasa utama yang digunakan ialah Bahasa Inggris, walaupun dalam beberapa kategori terdapat beberapa bahasa asing lainnya.
  • Dilarang menyontek selama ujian berlangsung. Walaupun berlangsung secara online, ujian sertifikasi ini akan diawasi oleh pengawas. Selain itu juga tidak akan bisa mengakses internet selain room ujian. Jadi, ujian tetap dilaksanakan dengan ketat.
  • Agar dinyatakan lulus, maka skor pada setiap ujian yang diikuti tidak boleh dibawah skor 700. Jika demikian, maka dapat mengulang kembali dengan biaya yang sama.
  • Setelah lulus ujian sertifikasi akan mendapatkan lencana digital unik yang dapat dengan mudah dibagikan di media sosial, CV, email, dll. Lencana digital ini sebagai bukti bahwa Profesional Bersertifikasi Facebook Blueprint dan dapat diverifikasi secara online.
  • Selain itu bisa membaca setiap detail informasi lebih lanjut mengenai syarat untuk mendapatkan Sertifikasi Facebook Blueprint ini melalui link DI SINI
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago