HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kenali Berbagai Macam Windows

Windows merupaka sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Inc, salah satu perusahaan perangkat lunak komputer terbesar di dunia. Sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, menelusuri perkembangan Windows tentu saja sangat menarik. Sebab, pengembangan lebih lanjut terus dilakukan dari tahun ke tahun untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Windows 1.0

Sistem operasi Windows pertama yang dikembangkan oleh Microsoft adalah Windows 1.0. Sistem operasi ini menggunakan sistem 16 bit dan menggunakan MS-DOS sehingga memiliki desain yang sangat sederhana. Windows 1.0 yang dirilis pada tanggal 20 November 1985 tidak dijual secara profesional dan sedikit diketahui masyarakat umum.

Windows 2.0

Sistem operasi kedua yang diperkenalkan oleh Microsoft adalah Windows 2.0 yang dirilis pada tanggal 9 Desember 1987. Selama dua tahun pengembangan, Bill Gates mampu menemukan kemampuan memaksimalkan dan meminimalkan aplikasi yang dibuka di Windows 2.0. Secara desain, Windows 2.0 sama dengan Windows 1.0 yang menggunakan skema 16-bit.

Windows 3.0

Tahun 90an adalah titik awal pengembangan Windows. Pada tanggal 22 Mei 1990, Microsoft mengumumkan Windows 3.0. Mendukung fitur grafis, membuat tampilan komputer lebih berwarna dan berkualitas. Ikon perangkat lunak diperkenalkan di Windows 3.0. Ini adalah sesi Windows pertama yang mendukung SVGA dan XGA.

Windows 9.5

Pada tahun 1995, Microsoft kembali merilis sistem operasi modern yang memperkenalkan fungsionalitas TCP/IP. Itu adalah sistem operasi pertama yang mendukung jaringan Internet. Seri Windows ini juga mendukung fungsionalitas Plug and Play, sehingga memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jaringan Internet di komputer Anda. Windows 9.5 dikenal di seluruh dunia dan digunakan oleh berbagai instansi pemerintah.

Windows 9.8

Seri Windows selanjutnya adalah Windows 9.8 yang konon merupakan versi revisi dari Windows 9.5. Sistem operasi ini memberi pengguna gambaran yang jelas tentang evolusi Windows. Selain dukungan ruang harddisk dan jaringan internet, Windows 9.8 memiliki tampilan berkualitas tinggi dan desain elegan sehingga nyaman dan mudah digunakan.

Windows 2000

Pada tanggal 17 Februari 2000, Windows hadir dengan kemajuan baru. Windows 2000 dianggap sebagai sistem operasi terlaris saat itu. Karena banyaknya pengguna, sistem operasi ini memiliki versi yang berbeda: versi profesional, versi server, Advance, dan Windows ME tersedia untuk pengguna rumahan. Dari segi fitur dan desain, Windows 2000 sangat berbeda dengan versi sebelumnya.

Windows XP

Evolusi berikutnya adalah Windows XP, sistem operasi terlaris dan paling lama berjalan sepanjang masa. Tidak seperti sistem operasi lain, Win XP tersedia hingga 7 tahun dari tahun 2001 hingga 2007. Keberadaan Windows XP bisa dikatakan mewakili puncak perkembangan Windows, bahkan Microsoft sendiri yakin akan sulit untuk mengulanginya.

Windows Vista dan Windows 7

Pada tahun 2007, Windows secara resmi merilis Windows Vista, revisi desain formal dari Windows XP. Vista didesain lebih halus, stabil, dan nyaman bagi mata pengguna. Keberadaan Windows Vista kemudian menginspirasi Microsoft untuk membangun kembali sistemnya dan meluncurkan Windows 7 pada tahun 2009, salah satu sistem operasi terlaris saat itu. Windows Visata dan Windows 7 bertahan sangat lama hingga tahun 2012.

Windows 8 dan Windows 10

Di era modern ini, pengguna komputer menyaksikan kemajuan besar dari Microsoft yang meluncurkan Windows 8 pada tahun 2012 dan Windows 10 pada tahun 2015. Kedua versi Windows ini sangat komprehensif dan mewakili puncak perkembangan Windows hingga saat ini.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

8 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

11 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

1 day ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

1 day ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago