HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Platform Terbaik Untuk Membuat Blog Gratis

Jika kamu ingin membuat website blog, tetapi tidak memiliki skill pengembangan web, jangan khawatir lagi karena kini ada banyak platform blog gratis yang menyediakan template siap pakai.

Tidak kalah dengan website blog yang dibuat oleh programmer, beberapa daftar blog gratis juga menawarkan tampilan yang menarik dan responsive. Dengan begitu, kamu dapat menampilkan karya atau sekedar blog pribadi tanpa harus membeli layanan hosting atau domain.

Hosteko telah menemukan beberapa daftar blog gratis berupa platform website terbaik. Mulai dari template sederhana untuk pembuatan website dengan cepat dan mudah hingga platform dengan template untuk kebutuhan pemasaran online.

Rekomendasi Platform Terbaik Untuk Membuat Blog Gratis

Wix.com

Wix merupakan platform blog gratis terbaik untuk pemula dengan alamat wix.com. Wix memungkinkan kamu dapat membangun website dengan cara drag-and-drop fitur ke berbagai template dan layout website sesuai kebutuhan.

Kamu dapat menambahkan beberapa elemen ke halaman website, mulai dari widget multimedia, background, menu, tipografi, formulir, kotak video, dan lain sebagainya. Desainnya yang sangat intuitif dan modern membuat platform ini dapat digunakan baik oleh pemula maupun developer ahli.

Wix tidak hanya menawarkan template website gratis, tetapi juga menyediakan ruang penyimpanan online berkapasitas 500 MB dan bandwidth 1 GB. Untuk membangun website impian kamu dengan Wix, cukup dengan mendaftarkan alamat email ke pilihan layanan Wix gratis.

Weebly.com

Jika kamu mencari platform yang sedikit lebih ramah pengguna dibandingkan Wix dan tidak keberatan dengan fitur yang lebih sedikit, maka Weebly wajib masuk ke dalam daftar blog gratis kamu untuk dicoba.

Weebly adalah pembuat website blog gratis lainnya yang dapat kamu gunakan untuk membuat blog, menjual produk, dan memamerkan portofolio. Seperti Wix, Weebly adalah platform blog gratis yang didasarkan pada cara kerja drag-and-drop yang memungkinkan kamu dapat membuat website dengan cepat, meskipun website kamu nantinya menampilkan iklan Weebly.

Selain itu, kamu akan mendapatkan akses ke berbagai layout yang dapat disesuaikan secara bebas, banyak tema responsif gratis, subdomain Weebly, penyimpanan 500 MB, ruang iklan, dan fitur social media sharing  untuk membantu menyebarkan posting blog kamu lebih jauh lagi.

Substack.com

Sedikit berbeda dari daftar blog gratis lainnya, Substack adalah platform khusus buletin yang memberikan penulis dan pembuat situs web kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan audiens mereka. Meskipun fokus utamanya adalah platform pengiriman buletin melalui email, namun kamu bisa mendapatkan ruang blog gratis saat kamu mendaftar akun Substack gratis.

Jika kamu sedang mencari template blog menarik dengan fitur web keren, Substack mungkin bukan pilihan tepat untuk daftar blog gratis kamu. Karena layout Substack berfokus pada penggunaan teks yang terlihat bagus dalam format email. Oleh karena itu, Substack menyediakan CMS dasar dengan alat pemformatan teks dan kemampuan untuk menyertakan gambar, video, dan konten web lainnya.

WordPress.com

Sejak diperkenalkan pada tahun 2003, WordPress mendukung sepertiga website di dunia sehingga menjadikannya salah satu platform blog gratis terbaik sepanjang masa. WordPress terdiri dari dua layanan, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Nah, pada artikel ini, yang kita bahas adalah WordPress.com.

WordPress.com ditujukan untuk pemula sehingga memudahkan dalam membuat website. Namun, kamu tidak memiliki kendali lebih besar terhadap tampilan website kamu.

Dengan layanan gratisnya, kamu bisa mendapatkan hosting gratis, ruang penyimpanan 3 GB, dan nama domain berakhiran .wordpress.com. Platform ini dapat dikustomisasi dengan berbagai plugin, tema, dan fitur pendukung lainnya yang sesuai untuk berbagai bidang blog.

Jika kamu seorang blogger pemula dan ingin menjalankan website dengan mudah, WordPress.com bisa menjadi pilihan yang baik.

Ghost.org

Platform Ghost yang baru berdiri pada tahun 2013 ini bisa menjadi solusi kamu dalam memilih platform dari daftar blog gratis lainnya. Platform baru open source ini dapat dibandingkan dengan WordPress yang dibangun dalam bahasa pemrograman JavaScript.

Untuk membuat konten menggunakan Ghost sangatlah mudah setelah kamu menyiapkan website kamu. Editor website dari platfrom ini memiliki tampilan yang minimalis dengan menyediakan live preview script konten di sisi kanan layar.

Joomla.org

Joomla adalah platform blog gratis serbaguna dan powerful yang dapat digunakan untuk hampir semua jenis website. Meskipun Joomla adalah platform open-source, namun kamu harus membayar untuk hosting dan nama domain, kecuali kamu membuat webiste melalui launch.joomla.org.

Joomla memiliki ratusan template dan fitur tambahan yang dapat kamu gunakan dan sesuaikan agar blog yang dibuat sesuai keinginan kamu. Secara umum, Joomla memiliki interface fleksibel yang dapat digunakan untuk website blog yang lebih kompleks.

Jika kamu berencana mengembangkan blog menjadi website yang lebih besar dan dapat menghasilkan uang, maka Joomla adalah solusi yang lebih terukur.

Site123.com

Site123 menyebut dirinya sebagai pembuat website termudah yang pernah ada. Site123 menawarkan pilihan style dan layout sederhana dan siap pakai untuk membantu kamu membuat website impian.

Jika kamu membuat blog sederhana dengan komentar, jadwal posting, dan terintegrasi dengan media sosial, seperti blog pribadi, mana Site123 adalah pilihan yang tepat. Seperti daftar blog gratis lainnya, Site123 dapat memperoleh uang dengan memasang iklan di website kamu.

Hubpages.com

Ingin membuat website blog gratis, tetapi tidak ingin repot dengan kode atau desain web? Hubpages mungkin bisa menjadi solusi daftar blog gratis yang kamu cari. Hubpages dirancang untuk membantu kamu dan pemula lainnya berbagi postingan blog ke komunitas besar dan masyarakat umum. Namun, Hubpages tidak mengizinkan kamu untuk menyesuaikan tampilan website karena terikat dengan sistem Hubpages. Jika kamu hanya tertarik untuk mengekspresikan diri melalui kata-kata daripada desain, Hubpages patut dicoba.

Jekyllrb.com

Jekyll adalah platform blog gratis lainnya untuk developer. Karena platform ini mengharuskan penggunanya membuat kode jika ingin membuat website statis yang bisa di hosting di mana saja. Misalnya, kamu bisa hosting gratis melalui GitHub karena Jekyll berperan di belakang GitHub Pages.

Jekyll membantu kamu menghindari beberapa kesalahan umum yang dilakukan saat membangun website dengan mengurangi persyaratan operasional teknis, seperti database, upgrade, dan lain sebagainya

Tumblr.com

Daftar blog gratis lainnya adalah Tumblr. Platform ini telah ada sejak lama dan merupakan cara terbaik untuk membuat blog gratis dengan fitur media sosial yang hebat, termasuk kemampuan pengguna untuk mengikuti blog kamu. Tidak seperti daftar blog gratis lainnya yang dibuat terutama untuk tujuan penerbitan, Tumblr.com berfokus pada konten multimedia (gambar, musik, video) dan media sosial.

Tumblr sangat mudah digunakan, cukup dengan mendaftarkan akun email dan kamu sudah bisa memposting konten. Meskipun Tumblr tidak digunakan untuk kebutuhan bisnis, namun kamu tetap dapat beriklan di website kamu, menggunakan tautan afiliasi dan mengintegrasikan blog kamu dengan Google Analytics.

Blogger.com

Platform Blogger adalah salah satu platform paling populer untuk blog gratis. Website blog yang menggunakan platform ini dapat dengan mudah ditemukan dengan nama domain khas .blogspot.com.

Blogger memiliki banyak tema untuk membuat blog kamu lebih mudah diakses. Blogger cocok untuk keperluan blogging pribadi, namun tidak untuk keperluan website profesional. Sebab, Blogger memiliki opsi tampilan yang sederhana sehingga fokus bisnisnya lebih ke kepenulisan.

Keunggulan platform ini adalah dukungan keamanannya yang SEO Friendly karena sudah terindeks Google dan terintegrasi dengan Google Analytics. Kamu harus membuat akun terlebih dahulu, lalu memilih tema default blogger dan mulai membuat konten sesuai kebutuhan kamu.

Medium.com

Platfrom Medium dibuat oleh pendiri Twitter, yaitu Evan Williams. Medium adalah salah satu platform dalam daftar blog gratis terbaik untuk dicoba jika fokus utama website kamu adalah menulis.

Medium adalah platform serbaguna yang mencakup berbagai topik dan memungkinkan siapa saja yang memiliki akun Medium untuk menulis. Platform ini menawarkan layout dan tampilan website yang rapi dan minimalis serta terlihat mirip dengan situs majalah.

Medium sangat mudah digunakan, yaitu cukup dengan mendaftarkan akun dan kamu sudah bisa mulai menulis. Namun, semua konten dilakukan atas nama situs Medium. Jadi, sebenarnya kamu tidak membuat blog kamu sendiri.

SilverStripe.org

Jika kamu seorang programmer berpengalaman yang menghargai keamanan yang powerful dan fitur canggih, SilverStripe dapat dimasukkan dalam daftar blog gratis terbaik untuk kamu coba.

SilverStripe adalah CMS yang open-source dan gratis yang mudah digunakan. Namun, untuk menjalankan blog dan mengelola nama domain dan hosting secara mandiri, kamu harus memiliki keterampilan pengembangan web.

Fitur utama platform ini terdiri dari panel administrasi, website editor, pengeditan rich-text, penyematan video dengan cepat, dan struktur navigasi drag-and-drop.

Nah, itulah beberapa rekomendasi platform terbaik untuk membuat blog gratis. Semoga bermanfaat!

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

14 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

17 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago