HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Brand Collateral : Pengertian,Jenis Serta Manfaatnya

Sebuah brand bergantung pada nama dan logo supaya dapat dikenali dan diingat orang lain.Selain itu,ada cara lain untuk menanamkan ingatan sebuah brand pada target market mereka yakni brand collateral atau jaminan merek.

Mengapa brand collateral sangat signifikan pada brand dan bisnis ? Mari simak artikel penjelasan mengenai pengertian,jenis dan manfaat pada brand collateral bagi sebuah brand :

Pengertian Brand Collateral

Brand collateral merupakan seperangkat bahan dan media yang digunakan untuk mempromosikan bisnis dan brand kalian di pasar.Apabila digunakan secara strategis,brand collateral dapat menjadi alat utama dalam penjualan dan pemasaran produk atau layanan bisnis serta memiliki peran penting dalam pengembangan merek.

Bahkan banyak bisnis dengan sengaja atau dengan cara lain menggunakan brand collateral ini dalam beberapa cara pemasaran atau lainnya.Adapun brand collateral dapat mencakup banyak alat dan platform yang digunakan secara signifikan dan teratur dalam proses bisnis seperti :

  • Signage.
  • Pamflet.
  • Situs Web.
  • Katalog.
  • Materi Iklan.
  • Grafik media sosial.
  • Kemasan (packaging).
  • Brosur Cetak dan Digital.
  • Buletin Cetak dan Digital.
  • Barang-barang Promosi.
  • Stationery Kit termasuk kartu nama,kop surat,amplop.
  • Tampilan Pameran Dagang,Stand & Grafik Pameran,Papan Nama.

Brand collateral merupakan bagian penting dari strategi merek yang biasanya membentuk kesan pertama pada calon pelanggan.Setiap kali produk kalian dibeli,kemasannya menciptakan kesan pertama.Bahkan ketika membagikan kartu nama kalian dengan seseorang,hal itu menciptakan kesan pertama.

Saat mempromosikan produk atau layanan melalui brosur,maka brosur akan menciptakan kesan pertama.Karena itu,penting bagi kalian untuk fokus pada jaminan branding dan menciptakan kesan pertama yang baik pada semua pihak terkait.

Jenis-jenis Penerapan Brand Collateral

Sebagai kumpulan media dan materi promosi untuk mempromosikan brand secara signifikan di pasar dan ke konsumen,brand dan bisnis harus teliti dalam melakukan branding.Kenyataannya,branding dapat memberikan dukungan yang berharga dan penting untuk penjualan dan pemasaran produk dan layanan yang ditawarkan oleh merek.Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam branding yakni perencanaan matang yang dilaksanakan bersama dengan semua nilai, inti,kepribadian serta tujuan dari brand tersebut.

Berikut ini beberapa jenis atau contoh penerapan brand collateral yang bisa diterapkan sendiri :

  • Situs web

    Di dunia digitalisasi sekarang ini,situs web menjadi tulang punggung bagi banyak bisnis modern.Karenanya amat sangat penting bagi setiap brand untuk memiliki situs web perusahaan yang dirancang dengan baik yang menampilkan semua detail langsung dari sejarah mereka.
    Seperti tampilan kisah sukses,profil promotor dan direktur,penawaran produk dan layanan,nilai inti merek,pernyataan visi dan misi,testimonial pelanggan hingga detail kontak yang memiliki alamat perusahaan,alamat email dan nomor kontak beserta formulir pertanyaan untuk menghasilkan prospek yang diperlukan.

  • Kartu nama bisnis

    Meski kini semua serba online tetapi kartu nama masih memegang peranan penting dalam daftar brand collateral.Ini karena kartu nama merupakan jenis pertama dari brand collateral nyata yang dipertukarkan selama pertemuan dengan berbagai investor,vendor dan pihak luar.Mulai dari manajemen atas hingga eksekutif perusahaan,semuanya memiliki kartu nama masing-masing yang menunjukkan nama merek,logo,alamat,call to action,jabatan dan penugasannya.

  • Brosur Perusahaan

    Brosur perusahaan menempati tempat yang signifikan dalam daftar brand collateral karena brosur secara khusus menampilkan perjalanan sebuah brand sejak awal.Termasuk profil promotor dan anggota kunci manajemen,pernyataan misi dan visi,nilai merek inti,tujuan,fundamental serta rincian produk dan layanan masa lalu,saat ini dan yang akan datang yang ditawarkan oleh perusahaan.
    Brosur juga dapat menyoroti kekuatan merek dan biasanya diedarkan ke komunitas investor dan pelanggan selama pameran dagang dan selama titik penjualan.

  • Brosur Produk

    Brosur khusus yang berbicara tentang produk dan layanan merek.Mulai dari sifat,fitur,proposisi penjualan yang unik, teknik pembuatan produk dan bagaimana hal itu bermanfaat bagi pelanggan hingga beberapa detail penting dari merek dan perusahaan disorot dalam brosur.Selain dalam bentuk cetakan,versi lain seperti e-brosur dan video brosur juga dipilih oleh banyak brand modern sekarang karena dengan lebih ramah lingkungan plus mengikuti perkembangan teknologi secara menyeluruh.

  • Barang stasioner khusus brand

    Barang stasioner seperti kop surat,amplop,buku catatan dan barang-barang terkait lainnya membawa logo merek,maskot dan tagline dan dirancang sesuai dengan tema desain akhir merek dengan tetap mempertimbangkan estetika kreatif.Kualitas kertas yang digunakan untuk mencetak kop surat dan amplop juga dipilih sesuai dengan elemen desain dan sifat serta skala dari brand yang menggunakannya.

Manfaat Menggunakan Brand Collateral

Menerapkan brand collateral penting untuk bisnis apa pun,terutama bisnis baru karena membantu menciptakan citra bagi perusahaan dan memungkinkan kalian menonjol dari perusahaan lain di industri.Dibawah ini manfaat dan tujuan kenapa brand collateral memainkan peranan penting dalam sebuah brand dan bisnis.

  • Memberikan informasi kepada pelanggan

    Selama titik penjualan dan pembelian, sangat penting bagi staf penjualan perusahaan untuk menyajikan sesuatu dalam bentuk nyata kepada pelanggan yang menyoroti detail perusahaan, nilai merek, dan detail spesifik dari produk dan layanan yang ditawarkan di pasar. Ini akan membantu staf penjualan untuk memberikan informasi tentang perusahaan dengan cara yang mampu ditambah mencapai penutupan penjualan dengan cara yang efektif.

  • Alat promosi

    Disamping itu brand collateral juga dapat digunakan sebagai alat dan barang promosi oleh staf penjualan selama titik penjualan dan pembelian di berbagai acara, pameran dagang, acara serta pameran yang menampilkan profil merek, nilai inti, penawaran produk dan jasa.

  • Membuka peluang penawaran dan meningkatkan ROI

    Brand collateral bukan investasi satu kali melainkan proses berkelanjutan yang membangun ekuitas merek kalian dan meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu.Dengan menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi kepada konsumen,kalian dapat menunjukkan kepada mereka mengapa lebih baik membeli dari kalian daripada pesaing.Ini membantu menutup lebih banyak transaksi dan meningkatkan ROI (Return of Investment) dalam jangka panjang.

 

Sekian artikel penjelasan kali ini mengenai Brand Collateral dan manfaatnya.Diantara banyaknya brand diluar sana dan persaingan ketat di antara maupun sesama industri,maka harus bisa menonjolkan brand kalian sebaik mungkin.

Harus di ingat : kunci dari setiap brand handal dan mudah dikenali yakni konsistensi.Saat brand menggunakan warna,logo,font,pola dan citra yang sama berulang-ulang kali,calon klien dan pelanggan akan mulai mengaitkan visual tersebut dengan bisnis mereka.Itulah kenapa harus memberi perhatian kepada semua aspek ini agar brand lebih mudah untuk di ingat.

Semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago