HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ini Dia! Tips agar Website Muncul di Halaman Pertama Google

Halo Guys! Sebagai generasi milenial, pastinya kamu tidak familiar dengan internet. Melalui internet, kamu bisa menemukan segala informasi yang kamu inginkan, mulai dari berita terkini, resep masakan, fashion yang sedang tren, hingga informasi diskon dari berbagai toko online.

Oiyaa..Pernahkah kamu memperhatikan bahwa website yang ada di halaman pertama Google selalu menjadi prioritas? Misalnya, saat berselancar di Google, kamu pasti selalu mengklik website yang ada di halaman pertama, bukan? Nah, akankah website kita juga bisa muncul di halaman pertama Google? Atau bahkan bisa muncul di urutan pertama? Pasti bisa dong! Nah, Hosteko ada beberapa cara mudah agar website kamu berada di halaman pertama Google. Penasaran? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Masih Ingat SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang bertujuan untuk meningkatkan traffic website dan memberi peringkat website pada halaman pertama mesin pencari. Menurut Wikipedia, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic dari mesin pencari ke website tertentu dengan menggunakan algoritma tertentu.

Jika website muncul di halaman pertama mesin pencari ( di Google) dan menempati peringkat teratas maka peluang mendapatkan pengunjung sangat besar. Semakin banyak pengunjung website, semakin banyak pula keuntungan yang bisa diperoleh. Sehingga website kamu akan menjadi lebih populer, lebih banyak orang akan membaca blog kamu, dan penjualan kamu pun akan semakin laris.

Cara Mudah Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google

Dikutip dari YoastSEO, ada beberapa cara agar website kamu berada di halaman pertama Google, diantaranya:

Optimalisasi Kecepatan Akses Website

Pernahkah kamu mencoba membuka sebuah website, tapi loadnya lama? Mungkin inilah salah satu penyebab website kamu tidak muncul di halaman pertama Google. Kecepatan akses website dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek, seperti ukuran dan dimensi gambar yang terlalu besar, script yang berlebihan, tidak memperhatikan cache, dan lain sebagainya.

Optimalisasi Gambar

Ukuran gambar yang besar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan akses website. Pastikan gambar yang ada di website kamu telah dioptimalisasi hingga 70-80% dari ukuran aslinya. Kamu bisa menggunakan aplikasi Photoshop atau aplikasi kompresi gambar, seperti Imageoptim atau JPEGMini. Dan pastikan untuk menggunakan gambar dengan format JPEG/JPG atau PNG dengan menggunakan dimensi gambar yang tepat.

Optimalisasi Cache Browser

Cache browser juga penting untuk memastikan akses cepat ke website. Cache browser menyimpan sesuatu hal yang pernah diakses. Jika kamu pengguna WordPress, selalu gunakan plugin W3 Total Cache atau W3 Super Cache.

Optimalisasi Script Website

Optimalisasi script website juga berdampak besar pada kecepatan akses website. Pernahkah kamu menemukan website yang tampilannya bagus, tapi loadnya lama? Tampilannya bagus dan dilengkapi dengan berbagai Javascript, video, dan warna yang menarik, tapi waktu untuk aksesnya lama?. Nah, kalau iya seperti itu, usahakan gunakan Javascript dan CSS seperlunya saja ya!

Bagi seorang programmer, kamu dapat menggunakan teknologi minify atau minifying untuk memperkecil ukuran skript. Selain itu, lakukan juga satu panggilan ke server untuk mengambil semua skrip yang ada.

Optimalisasi Mobile

Selain optimalisasi kecepatan akses website, kamu juga harus melakukan optimalisasi mobile. Mengapa demikian? Karena jika kita lihat, semua kalangan kini menggunakan smartphone untuk beraktivitas. Inilah sebabnya Google menerapkan Mobile First Indexing atau biasa kita sebut MobileSEO. Metrik ini digunakan oleh Google untuk menentukan peringkat website berdasarkan kualitas versi mobile dari website tersebut. Kualitas mobile dapat dikenali dari tampilan versi mobile, kinerja website saat dibuka di browser mobile dan konten yang tersedia.

Tampilan Website Versi Mobile

Pernahkah kamu merasa aneh saat membuka website di perangkat mobile? Jika iya, solusinya adalah pastikan website kamu menggunakan desain responsive agar terlihat menarik secara visual. Pastikan juga desainnya sesuai dan kompatibel dengan proses bisnis yang ada. Ingatlah selalu bahwa website dibuat untuk membuat hidup customer lebih mudah, bukan untuk mempersulit hidup mereka.

Performa Website

Pastikan kamu memasukkan gambar yang tidak terlalu besar ke website. Karena waktu loading merupakan faktor penting dalam mobile, jadi harap diperhatikan bahwa koneksi mobile lebih lambat dibandingkan koneksi desktop.

Perhatikan Isi Konten Website

Terakhir, selalu pastikan konten yang kamu buat singkat, padat, jelas, dan to the point. Jangan sampai pengunjung tidak membacanya karena konten yang kamu buat terlalu bertele-tele. Ingatlah selalu bahwa kamu berbicara dengan manusia, bukan mesin. Jadi, pastikan konten yang kamu buat menarik bagi pembaca. Jangan terlalu mengutamakan SEO yang pada akhirnya mengaburkan konten.

Selain itu, agar website berada di halaman pertama Google, kamu juga bisa melakukan riset kata kunci untuk konten yang ingin kamu tulis dan berilah tautan yang relevan dengan isi konten untuk mendukung apa yang kamu tulis.

Nah, itulah beberapa cara agar website kamu berada di halaman pertama Google. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

17 hours ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

20 hours ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

4 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

4 days ago