HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara AI Untuk Mempertahankan Loyalitas Konsumen

Sebelum kita masuk secara lebih mendalam tentang manfaat Artificial Intelligence untuk bisnis,ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang loyalitas konsumen.

Istilah loyalitas konsumen merupakan hal yang sudah sering didengar dalam teori dunia bisnis.Namun seperti apa loyalitas konsumen di kehidupan nyata?Pada dasarnya,loyalitas konsumen tercermin dari perilaku dan sikap dari konsumen tersebut pada brand atau perusahaan kalian.Ada banyak contoh dari loyalitas konsumen di kehidupan nyata.

Beberapa hal yang bisa diperhatikan terkait loyalitas konsumen,yakni :

Konsumen Melakukan Pembelian Secara Teratur

Konsumen melakukan pembelian berulang atau secara teratur,Misalnya kalian memiliki sebuah cafe kopi kekinian.Coba perhatikan wajah-wajah konsumen yang datang ke kedai kalian.Jika kalian dapat menemukan minimal satu orang yang sama yang sering datang berkunjung ke kedai,maka kedai kopi kalian sudah berhasil mendapatkan loyalitas dari pelanggan tersebut. Sehingga,Ia pun menjadi rutin datang berkunjung ke kedai untuk melakukan pembelian.

Konsumen Tidak Mudah Tergiur Produk Pesaing

Ciri kedua loyalitas konsumen yakni konsumen tidak mudah untuk tergiur dengan produk dari pesaing.Andaikata kalian menjual sebuah produk dan konsumen merasa sudah cocok dengan produk kalian,maka loyalitas konsumen pun akan tumbuh.

Kembali ke contoh kedai kopi di atas dan 1 orang pelanggan yang sudah loyal terhadap brand kalian.Padahal,selain kedai kopi kalian tentunya masih ada banyak kedai kopi serupa di pasaran.Namun mengapa konsumen tersebut tetap belanja ke ke tempat kalian?Jawabannya tidak lain karena konsumen sudah merasa cocok dengan produk kalian,sehingga ia pun tidak mudah tergiur dengan produk milik pesaing.

Merekomendasikan Produk ke Orang Lain

Ciri selanjutnya dari loyalitas konsumen yakni mereka merekomendasikan produk ke orang lain.Konsumen yang puas atau senang dengan produk kalian tentunya akan merasa bersemangat untuk menawarkan produk yang sama ke orang lain,agar orang lain bisa merasakan manfaat dari produk kalian juga.

Faktor-faktor yang memicu daya tarik konsumen :

  • Kesuksesan ikatan emosi dari brand kalian dengan konsumen.
  • Konsumen puas terhadap brand.
  • Kemudahan konsumen berbelanja atau menggunakan produk kalian.
  • Pengalaman baik yang dialami konsumen dengan bisnis kalian.
  • Kepercayaan dari konsumen.

Jika sudah bisa mencapai satu atau semua faktor-faktor loyalitas konsumen di atas,maka dipastikan bahwa perusahaan kalian sukses mempunyai banyak konsumen loyal.Namun,menumbuhkan loyalitas konsumen bukanlah perkara mudah.Untuk menumbuhkan loyalitas konsumen,kalian akan memerlukan sebuah strategi khusus dan sedikit pemanfaatan teknologi jika kalian berkecimpung di ranah bisnis digital.Kita beruntung karena hari ini mempunyai teknologi kecerdasan buatan yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis.Saat ini ada banyak perusahaan besar sukses dan semakin maju lantaran berhasil mengaplikasikan kecerdasan buatan dalam bisnisnya.

Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen Dengan Artificial Intelligence

Dibandingkan dengan zaman dahulu,saat ini kalian sudah memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan loyalitas konsumen.Di zaman dahulu,perkara meningkatkan daya tarik konsumen merupakan hal yang sangat sulit karena semua analisis dilakukan memakai teknik tradisional dan manual.

Saat ini sudah ada Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang akan memproses semua kerja secara otomatis selagi kalian duduk santai dan menunggu hasil.Tipe masyarakat pun selalu berganti-ganti dari hari ke hari. Satu hal yang perlu dan penting di ingat adalah kini masyarakat modern lebih mengedepankan kualitas dan hubungan perasaan dibandingkan dengan sekadar kuantitas.Jadi,agar taktik dan strategi data konsumen kalian berjalan dengan baik,maka harus menggabungkan pengetahuan ini dengan teknologi artificial intelligence untuk bisnis.

Beginilah cara Artificial Intelligence untuk meningkatkan loyalitas konsumen :

Memberikan penawaran tepat waktu

Strategi AI untuk meningkatkan loyalitas konsumen bisa dengan memberikan penawaran produk yang pas dengan kebutuhan konsumen di waktu yang tepat pula.Kecanggihan kecerdasan buatan komputer dapat melacak dan merekam jejak pembelanjaan dari konsumen di toko online.

Bahkan kecanggihan AI pun dapat memprediksi kapan konsumen akan kehabisan produk kalian di rumah sehingga mereka harus melakukan pembelian ulang.Contoh perusahaan mengaplikasikan kecanggihan ini : perusahaan beauty brand Sephora melalui aplikasi Sephora Visual Artis.Dengan memanfaatkan kecanggihan AI,Sephora bisa memberikan rekomendasi produk baru dan memprediksi kebutuhan di masa yang akan mendatang untuk setiap konsumennya.

Memberikan saran atau rekomendasi yang telah dipersonalisasi

Salah satu strategi artificial intelligence untuk meningkatkan loyalitas konsumen yakni memberikan saran atau rekomendasi produk yang sudah dipersonalisasi dengan minat serta kebutuhan dari konsumen.

Setiap konsumen mempunyai kesukaan,minat dan kebutuhan berbeda-beda.Jadi,untuk memaksimalkan loyalitas pembelian dari konsumen,maka kalian perlu untuk sering-sering memberikan saran atau rekomendasi yang sudah dipersonalisasi sesuai dengan minat dan kesukaan dari konsumen.Artificial intelligence adalah jawaban atas permasalahan ini.

Kecanggihan AI mampu menelusuri tingkah laku dari setiap konsumen di toko kalian,mulai dari hal-hal yang sering dibeli oleh konsumen di toko hingga riwayat jejak penelusuran yang mereka lakukan di toko kalian.Berbekalkan data-data tersebut,AI bisa membuat sebuah saran atau rekomendasi sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen saat itu.

Metode ini diaplikasikan pada banyak e-commerce dan perusahaan layanan streaming terbesar dunia bernama Netflix.Di Netflix,pengguna akan sangat mudah menemukan saran atau rekomendasi film yang sudah dipersonalisasi.Sistem AI pada Netflix mampu membaca dan mendata film-film jenis apa yang sering ditonton sehingga mesin dapat memberikan rekomendasi dan saran film selanjutnya ke kalian.Dengan begini,para konsumen akan tetap bertahan menggunakan aplikasi Netfix .

Menawarkan keunikan dan pengalaman

Banyak perusahaan beranggapan bahwa mengaplikasikan AI ke bisnis mereka,maka bisnis akan menjadi lebih unik dibandingkan bisnis yang lain.Dengan AI,kalian tidak hanya akan menjual produk,tetapi lebih daripada itu,kalian pun akan turut menawarkan segudang keunikan dan pengalaman baru kepada semua orang.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi,kalian bisa lebih mudah membangun loyalitas konsumen melalui keunikan-keunikan yang tidak didapatkan dari perusahaan tradisional.Misal perusahaan kalian sudah mengaplikasikan teknologi AI Augmented Reality untuk konten-konten promosi.

Contoh perusahaan yang sukses mengaplikasikan Augmented Reality yakni game Pokemon Go.Game Pokemon Go terbukti sukses mendunia karena berhasil memanfaatkan teknologi untuk menyajikan pengalaman baru yang unik ke seluruh masyarakat.Jadi,pihak Pokemon Go tidak hanya sekadar menjual produk berupa game,namun juga menawarkan lebih daripada itu,yaitu sebuah pengalaman bermain game yang baru dan menyenangkan.

Menawarkan program loyalitas konsumen modern

Taktik memberikan hadiah khusus dalam program loyalitas konsumen merupakan hal yang diaplikasikan oleh hampir semua perusahaan di dunia.Misal kalian adalah seorang pelanggan setia dari sebuah perusahaan.Seringnya kalian datang dan berbelanja di perusahaan tersebut,maka perusahaan itu memberikan hadiah khusus baik diskon atau produk gratis sebagai ungkapan rasa terima kasih mereka kepada loyalitas dan dedikasi kalian.

Hal ini merupakan contoh dari program loyalitas konsumen,sebut saja sistem status pengguna dari aplikasi e-commerce Shopee.Aplikasi ini memberikan sistem loyality bernama Member yang terbagi-bagi ke dalam beberapa tahapan,yakni member silver,gold dan platinum.Setiap level mempunyai bonus diskon yang berbeda-beda.Semakin tinggi level,makan semakin banyak hadiah voucher dan diskon harga yang diberikan oleh Shopee untuk kalian.

Sekian pembahasan kali ini tentang pemanfaatan Artificial Intelligence untuk membangun loyalitas konsumen.Semoga artikel ini mampu memberikan inspirasi untuk bisnis kalian,terutama dalam hal berinovasi.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago