HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Edit Suara Gratis untuk Android dan PC

Aplikasi edit suara tidak hanya meningkatkan kualitas vokal saja, tapi aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk memodifikasi lagu sedemikian rupa. Mulai dari mixing lagu, mengedit efek suara, lagu, dan masih banyak lagi. Tentu jika ingin membuat rekaman cover lagu akan membutuhkan aplikasi seperti ini. Jika tertarik bisa download kumpulan aplikasi edit suara terbaik 2022.

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi edit suara gratis, yaitu :

1. Media Converter

Media Converter merupakan aplikasi besutan antvplayer untuk Android. Lewat aplikasi ini dapat mengkonversi audio ke berbagai format seperti MP3, MP4, AAC, MPEG, FLV, WAV, dan lainnya. Hadir dengan fitur-fitur yang lengkap juga dapat mengedit, memotong file audio, hingga mengatur kecepatan suara secara mudah.

Prosesnya sangat intuitif dan dapat dilakukan dengan praktis. Tampilan aplikasi ini juga sangat bersahabat, siapapun dapat menggunakannya tanpa kesulitan.

Detail Media Converter
Developer antvplayer
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 15MB
Download 10,000,000 ke atas
Rating 3,8/5 (Google Play)

2. Adobe Audition

Adobe Audition adalah aplikasi edit yang bisa bikin suara jadi merdu. Adobe Audition sendiri hanya tersedia untuk PC dan bisa digunakan secara gratis. Jika benar-benar menyukainya, maka dapat berlangganan mulai dari Rp200 ribu per bulan. Fitur-fitur yang disematkan dalam software ini sangatlah lengkap dan luar biasa, sehingga tidak heran kalau Adobe Audition dianggap software audio yang profesional.

Mulai dari multi-track editing, mixing, auto ducking, bahkan Adobe Sensei yang sangat canggih. Adobe Sensei ini adalah AI yang mampu menyesuaikan suara berdasarkan volume, trek latar belakang, dan lainnya.

Detail Adobe Audition
Developer Adobe Inc.
OS Minimal Windows 7 ke atas
Ukuran 20GB
Download 10,000,000 ke atas
Rating 3,5/5 (PCmag)

3. Timbre

Aplikasi pengedit suara yang berasal dari developer Timbre Inc. ini menjadi salah satu yang paling digemari, karena kualitas suara yang terjaga saat proses penyuntingan sehingga tidak pecah. Timbre memiliki banyak fitur untuk mengedit audio. Bisa mengeksplorasi fitur seperti, menggabungkan file, memotong, convert, mengubah bitrate, membalik audio, dan lainnya.

Selain itu, Timbre juga andal untuk mengedit video seperti untuk menambahkan watermark, membuat animasi GIF, hingga mengubah ukuran rasio video.

Detail Timbre: Cut, Join, Convert MP3 Audio & MP4 Video
Developer Timbre Inc.
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 15MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.0/5 (Google Play)

4. WavePad Audio Editor Free

Walaupun punya embel-embel gratis, namun WavePad Audio Editor Free punya tampilan serta fitur yang mumpuni ala aplikasi edit suara PC, Adobe Audition. Dibuat oleh NCH Software, salah satu aplikasi edit audio Android ini menawarkan fitur untuk melakukan rekaman dan juga menambahkan efek-efek ke dalamnya.

Efek yang disediakan oleh WavePad antara lain, Echo, Reverb, Chorus, Phaser, Flanger, Vibrato, dan lainnya yang akrab buat para penggemar musik.

Detail WavePad Audio Editor Free
Developer NCH Software
OS Minimal Android 4.0.3 ke atas
Ukuran 25MB
Download 5.000.000 ke atas
Rating 3.6/5 (Google Play)

5. Audacity

Audacity merupakan aplikasi Adobe Audition bajakan untuk mengedit suara di PC yang bisa diandalkan. Aplikasi edit audio di laptop ini memang bersifat open-source, tersedia lintas platform, dan tentu bisa digunakan secara gratis.

Audacity juga cocok digunakan oleh pemula yang baru coba-coba di dunia audio editing. Di sini bisa mencoba fitur untuk memotong suara, menggabungkan musik, menghilangkan vokal, dan lainnya.

Keunggulan lainnya yang dimiliki Audacity adalah tersedia berbagai plugin dan efek lainnya. Sehingga tidak heran apabila Audacity juga manjur jadi salah satu aplikasi penjernih suara dengan plugin tambahannya.

Spesifikasi Minimal Audacity
OS Windows 7/8/8.1/10 (64-bit)
Processor Intel Pentium 4 or AMD Athlon XP 2000+ @2.0GHz
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM, Nvidia GeForce 7050 or AMD Radeon X1270
DirectX DirectX 9.0
Storage 20MB

6. Lexis Audio Editor

Aplikasi edit rekaman suara yang punya antarmuka profesional berikutnya ada Audio Editor Lexis yang telah digunakan oleh banyak pengguna dengan lebih dari 10 juta unduhan di Google Play. Dikembangkan oleh pamsys, Audio Editor Lexis punya beberapa fitur unggulan. Sebut saja sepuluh jenis equalizer yang mampu mengedit suara jadi merdu.

Selain melakukan rekaman langsung juga bisa meng-import lagu-lagu terbaru yang ada di memori internal untuk diedit di sini. Lexis mendukung banyak format audio, mulai dari MP3, WAV, M4A, ACC, FLAC, dan WMA. Sayangnya pada versi gratis tidak bisa mengubah format hasil editan ke MP3.

Detail Lexis Audio Editor
Developer pamsys
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play)

7. BandLab

BandLab atau yang dulu dikenal dengan nama PocketBand ini memungkinkan untuk membuat sebuah lagu lengkap dengan vokal, gitar, bass, dan drum hanya dengan sebuah HP Android saja.

Jika ingin cari aplikasi edit audio jadi merdu, BandLab juga menyediakan opsi rekaman audio dengan tambahan fitur AutoPitch untuk menyesuaikan nada suara. Setelahnya tinggal lakukan audio mixing dengan berbagai efek instrumen yang disediakan dalam aplikasi ini.

Jadi tidak perlu repot-repot menyewa studio musik untuk membuat karya lagu sendiri.

Detail BandLab – Social Music Maker and Recording Studio
Developer BandLab
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 49MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play)

8. VirtualDJ

VirtualDJ bisa jadi aplikasi DJ terbaik bagi yang mau belajar mixing lagu dengan berbagai efek yang diberikan. VirtualDJ pun sudah punya pengalaman lebihk dari 20 tahun dengan lebih dari 117 juta pengguna di seluruh dunia.

Versi gratis dari aplikasi VirtualDJ bisa didapatkan untuk platform Windows dan MacOS. Sementara untuk versi berbayar bisa mendapatkan VirtualDJ Pro dan VirtualDJ Business.

Spesifikasi Minimal VirtualDJ
OS Windows 7/8/8.1/10 (64-bit)
Processor Intel Core i5 quad-core processor or equivalent
Memory 2GB
Graphics 256MB VRAM, Nvidia GeForce or AMD Radeon graphic card
DirectX DirectX 9.0
Storage 200MB

9. Video Sound Editor

Sesuai dengan namanya, Video Sound Editor merupakan aplikasi editing suara serta video untuk menyesuaikan audio yang ada di dalamnya. Aplikasi yang dikembangkan AndroTechMania ini menyediakan fitur untuk membisukan audio, menambahkan track musik tambahan ke dalam video, dan melakukan audio mixing.

Video Sound Editor punya antarmuka yang terbilang simple dengan ukuran hanya 11MB saja. Walaupun begitu, aplikasi ini sudah mendapatkan lebih dari 1 juta unduhan di Google Play.

Detail Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video
Developer AndroTechMania
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 11MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

10. Audiosdroid Audio Studio DAW

Audio Droid bisa jadi pilihan aplikasi editing audio yang ada di Android, mengingat fitur-fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan aplikasi sejenis.

Kerennya bisa menggunakan Audio Droid untuk merekayasa dan mengubah model audio, contohnya seperti memotong dan menyalin audio, hingga menggabungkan berbagai file audio menjadi satu.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan sejumlah efek pada file audio kamu, seperti tempo, filter, equalizer dan sebagainya.

Detail Audiosdroid Audio Studio DAW
Developer Audiosdroid OU
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 21MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 3.6/5 (Google Play)
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

22 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 days ago