HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Daftar Domain di Freenom

Apa Itu Freenom?

Freenom adalah penyedia layanan domain gratis dengan misi untuk memudahkan bisnis maupun individu untuk memiliki website. Layanan ini bisa digunakan oleh siapapun dari seluruh dunia. Demikian, Freenom adalah layanan yang memiliki keterbatasan pada ekstensi domain gratis yang ditawarkan.

Di Freenom hanya akan menemukan ekstensi berikut ini :

  • .tk
  • .ml
  • .ga
  • .cf
  • .gq

Jika tidak masalah menggunakan domain dengan ekstensi yang kurang populer, Freenom bisa menjadi solusi untuk membangun website dengan dana terbatas.

Cara Daftar Domain di Freenom

Cara daftar di Freenom cukup mudah untuk mendapatkan domain gratis. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan :

  • Kunjungi Website Freenom

Akses www.freenom.com untuk masuk ke website resmi Freenom.

  • Cek Ketersediaan Domain

Pada halaman depan akan menemukan kolom pencarian. Masukkan nama domain yang ingin digunakan untuk mengecek ketersediaan domain. Pastikan nama domain singkat dan mudah.

  • Pilih Ekstensi Domain

Daftar domain yang tersedia akan muncul. Namun tidak dapat langsung memilih salah satunya karena akan dinyatakan tidak tersedia. Yang perlu dilakukan adalah memasukkan nama domain lengkap dengan ekstensi yang dipilih.

Setelah itu, klik nama domain yang diinginkan hingga muncul status Selected seperti gambar di atas. Kemudian bisa klik Checkout untuk melanjutkan ke tahapan cara daftar freenom berikutnya.

  • Pilih Masa Aktif

Setelah klik Checkout akan diarahkan ke halaman Shopping Cart. Pada halaman ini, pilih masa aktif domain yang akan digunakan melalui menu dropdown yang tersedia pada kolom Period.

Untuk masa aktif domain gratis di Freenom hanya tersedia maksimal 12 bulan saja.

Setelah itu, klik Continue.

  • Verifikasi Email

Selanjutnya akan diarahkan ke halaman Shopping Cart seperti ini.

Masukkan email lalu klik tombol Verify My Email Address. Setelah itu akan mendapatkan pemberitahuan untuk mengecek link yang dikirim ke email. Cek email lalu klik link yang tertera pada badan email. Kemudian akan diarahkan kembali ke halaman Shopping Cart.

  • Melengkapi Data Identitas

Pada halaman Shopping Cart sesi ini, lengkapi data identitas. Pastikan setiap kolom sudah terisi dengan lengkap. Jika data-data sudah terisi dengan benar, centang kolom I have read and agree to the Terms & Conditions. Lalu klik tombol Complete Order.

Pada beberapa percobaan, domain yang didaftar bisa saja tidak terdaftar atau dibatalkan dengan alasan Technical Error. Sehingga harus mengulang pendaftaran dari awal lagi.

Mana yang Lebih Baik, Domain Gratis di Freenom atau Domain Berbayar?

Berikut hal yang perlu diperhatikan :

1. Pilihan Ekstensi Domain

Beragam ekstensi domain yang tersedia, memudahkan untuk memilih nama domain yang akan digunakan.  Sayangnya, ekstensi domain gratis yang tersedia di Freenom hanya ada lima, yaitu .tk, .ml, .ga, .cf, dan .gq.

Sedangkan, membeli domain berbayar memberikan  kebebasan berkreasi dengan beragam jenis domain populer seperti .com, .net, .id, atau .edu.

2. Tujuan Penggunaan Domain

Pemilihan domain sebaiknya disesuaikan dengan tujuan penggunaan. Domain gratis Freenom membatasi tujuan penggunaan domain secara tepat. Misalnya, untuk target di Indonesia, tentu kurang pas menggunakan domain .tk yang ditujukan untuk area di New Zealand.

Beda halnya dengan domain berbayar. Lebih leluasa memilih domain sesuai tujuan penggunaannya untuk website. Mulai dari untuk jualan di toko online, memamerkan karya di website portofolio, menulis artikel di blog, dan penggunaan lainnya.

Bahkan, membangun website dengan domain untuk bisnis pun memiliki berbagai pilihan, mulai  .com, .co.id, .store, dan lainnya.

3. Kredibilitas Website

Ekstensi domain juga dapat menentukan kredibilitas website. Sebagai contoh, pengunjung tentu akan lebih yakin untuk melakukan transaksi di website yang menggunakan .com atau .store dibanding .ga.

Bahkan, Growth Badger menyebutkan bahwa domain yang paling dipercaya pengunjung adalah domain berbayar.

Sebaliknya, jika menggunakan domain gratis yang tidak populer seperti .tk, .ml, website bisa-bisa dianggap sebagai website spam dan tidak kredibel.

4. Performa SEO

Ekstensi domain mempengaruhi potensi SEO website. Sebagai contoh, domain dengan ekstensi .co.id atau .id akan lebih tepat untuk menargetkan pengunjung yang berbasis di Indonesia.

Sedangkan pada domain gratis Freenom dengan pilihan ekstensi yang terbatas, performa local SEO tentu tidak akan lebih baik.

5. Hak Domain

Jika menggunakan domain berbayar memiliki lisensi atas nama domain yang digunakan. Memiliki hak atas domain sebagai pendaftar.

Sedangkan, jika menggunakan domain gratis, jangan heran jika website tiba-tiba tidak bisa diakses atau domain dihapus secara sepihak oleh penyedia domain gratis.

Alasannya hanya terdaftar sebagai pengguna nama domain saja, dan hak atas domain sepenuhnya berada di bawah penyedia domain gratis.

6. Bantuan Teknis

Umumnya, bantuan teknis hanya disediakan oleh penyedia domain berbayar. Misalnya, di Hosteko bantuan teknis tersedia selama 24 jam, sehingga tidak perlu khawatir jika ada kendala dengan domain.

Sebaliknya, jika menggunakan domain gratis, tidak akan mendapatkan bantuan teknis jika sedang mengalami kendala dengan website.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

14 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

16 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

3 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

3 days ago