HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Jitu Mendapatkan Viewers YouTube

Bagi Anda yang membuat sebuah konten You Tube, tentunya ingin mendapatkan jumlah penonton yang banyak, bukan? Sebab dengan jumlah penonton yang banyak, channel YouTube yang Anda kelola bisa berpotensi menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Sayangnya, untuk meningkatkan jumlah penonton di YouTube tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan teknik khusus supaya channel YouTube Anda kebanjiran viewers.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa tips yang sudah Hosteko rangkum untuk mendapatkan viewers konten YouTube yang paling jitu.

Cara Jitu Mendapatkan Viewers YouTube

Sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa pemutaran video konten YouTube selama 30 detik itu sudah dianggap sebagai viewers. Jadi, apabila Anda memutar video selama 30 detik akan dihitung sebagai viewers. Menariknya, dengan jumlah penonton yang banyak Anda juga bisa mendapatkan uang.

Langsung saja, berikut ini cara mendapatkan viewers YouTube yang banyak:

1) Pastikan Anda Sudah Mengisi Seluruh Aturan Basic pada Akun YouTube

Hal ini dilakukan untuk mendukung kualitas akun sehingga viewers YouTube akan lebih percaya dengan konten-konten Anda.

Berikut ini beberapa aturan basic yang harus dilengkapi pada akun YouTube, yaitu:

  • Pastikan Memiliki Identitas Visual yang Konsisten. Maksudnya, ikon channel atau channel art miliki Anda ada dan konsisten.
  • Lengkapi Bagian About pada Akun. Tulislah secara jelas dan informatif di bagian about channel YouTube. Namun, jika Anda seorang publik figure terkenal mungkin Anda tidak terlalu membutuhkan ini.
  • Update Informasi Kontak. Tujuannya, supaya semua viewers, pelanggan potensial, atau bahkan brand tertentu dapat menghubungi Anda dengan mudah jika ingin melakukan kerja sama.

2) Lakukan Riset dan Tingkatkan Peringkat Pencarian Video

Salah satu srategi paling baik untuk bisa mendapatkan viewers dan peringkat teratas di search engine, yaitu memaksimalkan SEO YouTube. Dengan memaksimalkan SEO YouTube akan membantu video Anda berada di peringkat teratas dalam daftar hasil pencarian YouTube saat audience memasukan keyword tertentu. Oleh karena itu, riset ini sangat diperlukan untuk mengetahui konten seperti apa yang dicari audiens, apakah masuk dalam kategori tutorial, inspirasi, hiburan, atau bahkan yang lainnya.

Supaya memudakan Anda dalam melakukan riset, Anda bisa menggunakan Google Ads untuk menemukan inspirasi video berdasarkan konten yang paling sering dicari audience. Selain itu, Google Ads juga lebih memudahkan Anda utuk menentukan kata kunci yang relevan untuk diguankan sebagai judul konten, tag, teks deskripsi, dan subtitle.

3) Gunakan Metadata untuk Mendapatkan Rekomendasi Video Populer

Untuk mendapatkan lebih bayak viewers, Anda bisa menggunakan petunjuk dari video paling populer di niche miliki Anda. Anda bisa memulainya dengan melihat video kompetitor yang tengah menjadi tren.

Seperti yang Anda ketahui, tujuan utama YouTube adalah mempertahankan viewers agar audience menonton konten-konten video di channel milik Anda. Dengan demikian, tugas alogaritma YouTube adalah memberikan rekomendasi video yang menarik kepada viewers.

Melalui pertimbangan alogaritma, berikut ini cara YouTube mengetahui konten apa saja yang di sukai viewers:

  • Video yang sering ditonton
  • Video yang telah ditonton oleh viewers
  • Video terkait topik tertentu

Di poin ketiga itutlah, Anda dapat menggunakan keyword atau kata kunci sesuai topik. Dan jangan lupa untuk menjelaskan kategori keseluruhannya dengan memasukkan kata-kata lain yang mungkin diguankan seseorang untuk menelusuri topik tersebut.

4) Ajak Viewers YouTube untuk Subscribe Channel Anda

Cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak viewers, yaitu dengan mendorong mereka untuk subscribe channel YouTube Anda. Hal ini sangatlah menguntungkan sebab mampu meningkatkan jumlah viewers YouTube pada setiap video yang baru di upload.

Dan cara terbaik untuk membuat viewers subscribe akun YouTube Anda adalah dengan memberikan kalimat-kalimat persuasif di bagian awal dan akhir di setiap konten yang Anda upload. Selain itu, pastikan mereka mengaktifkan lonceng notifikasinya.

5) Buat Daftar Playlist untuk Para Viewers YouTube

Cara terbaik untuk meminimalkan kemungkinan viewers beralih ke channel YouTube lain, yaitu dengan mengatur dan membuat playlist video di YouTube.

Dengan adanya playlist, secara otomatis viewers Anda bisa menikmati konten video berikutnya sesuai kategori yang telah ditentukan. Untuk membuat playlist YouTube, bisa dengan menavigasi ke setiap konten yang ingin Anda tambahkan dan klik ikon ‘+’ di bawah video.

6) Buat Judul yang Menarik

Judul yang menarik adalah penentu performa video. Kunci untuk membuat judul yang menarik viewers YouTube adalah dengan menggunakan kata-kata yang menghibur dan membuat penasaran tanpa harus ada headline clickbait.

7) Upload Konten Video yang Diinginkan Audiens

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa sebelum membuat konten video diharuskan melakukan riset untuk mengetahui konten apa saja yang sedang dicari oleh banyak viewers. Maka dari itu, pastikan video-video yang Anda upload selaras dengan yang diinginkan audience.

Selain itu, jika Anda baru mulai mempromosikan channel YouTube, sebaiknya cari tahu dulu tentang kompetitor atau content creator lain di bidang ini. Lihat video mana yang mendapatkan viewers paling banyak sehingga bisa memberikan gambaran tentang topik apa yang diinginkan audiens dan gaya video apa yang mereka sukai.

Anda juga dapat melihat YouTube Analytics setelah mengunggah video. Di fitur ini, YouTube akan memberikan informasi detail tentang demografi viewers, lokasi, engagement, dan statistik lainnya. Jadi, jika Anda mengetahui data-data tersebut bisa memudahkan Anda untuk menentukan strategi kedepannya.

8) Bergabung dengan Komunitas YouTube

YouTube tidak hanya sebagai jaringan sosial saja, tetapi juga mewakili komunitas tertentu di mana pengguna dapat terlibat melalui konten dengan memberikan like dan comment.

Segala jenis interaksi dengan viewers akan dianggap sebagai sinyal positif bagi YouTube. Selain itu, terlibat dengan viewers dapat membantu mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan audiens. Memberikan like dan comment hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja, seperti halnya dengan menyematkan komentar teratas sebagai catatan pribadi untuk viewers.

9) Sesuaikan Gambar Thumbnails pada Chanel YouTube

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat gambar thumbnails secara khusus untuk mempromosikan channel YouTube. Dengan adanya gambar thumbnails akan membuat video Anda terlihat lebih menarik dan menandakan rasa profesionalisme. Dalam membuat gambar thumbnails, Anda bisa menggunakan template dengan font dan gaya tertentu agar lebih konsisten.

10) Adakan Giveaway

Tak bisa dipungkiri bahwa satu gal yang disukai oleh viewers saat ini, yaitu program giveaway. Mengadakan program giveaway tentu sangat efektif untuk mendorong viewers melakukan subscribe atau berlangganan di chanel miliki Anda.

Namun, jika Anda akan melakukan giveaway pastikan ikuti beberapa aturan dasar di YouTube.

  • Ikuti kebijakan YouTube
  • Berikan hadiah yang terkait dengan brand yang bekerja sama dengan channel Anda
  • Jadilah kreatif dengan membuat User Generated Content (UGC) dan masukkan beberapa persyaratan lainnya.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengadakan giveaway YouTube. Pastikan viewers Anda bertahan dan menyukai konten-konten video Anda sehingga tidak akan membuang-buang waktu, uang, dan tenaga yang telah kamu keluarkan. Untuk itu Anda dapat meminimalisirnya dengan cara menunggu beberapa saat dan lihat tingkat drop-off viewers serta jumlah engagement setelah melakukan satu program giveaway.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan viewers YouTube. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

10 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

11 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

1 day ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago