Sudahkah anda membuat website WordPress? Apakah anda juga sudah memahami apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang website yang dibuat? Hal terpenting yang harus anda perhatikan yaitu adanya komunikasi antara pengunjung situs dan pemilik situs. Tujuannya yaitu untuk memberi banyak masukan dan saran dalam membangun situs, sehingga anda memerlukan Contact Form atau Formulir Kontak untuk hal tersebut. Contact Form memiliki peran yang sangat penting bagi pemilik situs web atau blog, karena akan memudahkan pengunjung untuk menghubungi anda sebagai pemilik situs. Anda dapat menggunakan plugin ini untuk mengumpulkan data berupa email, informasi pengunjung, feedback, survei, formulir transaksi, konfirmasi pembayaran, pendaftaran anggota dan mengupload lampiran ke dalam situs.

Beberapa Keuntungan memiliki plugin contact WordPress

  • Ketersediaan

Anda akan selalu online dan terhubung dengan internet serta user akan menghubungi website anda setiap waktu. Dengan adanya Contact Form, pengunjung akan bisa menghubungi dan menunggu respon dari anda sebagai pemilik situs.

  • Informasi

Anda dapat mengumpulkan informasi pelanggan dan meminta pengunjung situs untuk mengisi formulir situs, yang nantinya untuk meningkatkan kualitas konten anda.

  • Keamanan

Contact Form memberikan keuntungan untuk mengurangi spam pada inbox, sehingga anda tidak perlu menampilkan alamat email kepada pengunjung situs web atau blog anda.

Baca Juga  Perbedaan Copywriter dan UX Writer

Berikut 7 Plugin Contact WordPress Terbaik di 2020

Dalam memilih plugin contact WordPress, pastikan sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. WPForm

WPForms merupakan plugin contact form WordPress yang cocok dipakai bagi pemula, karena kemudahan pada tool drag-and-drop. Adapun beberapa fitur terbaik yang ditawarkan, yaitu:

  • Notifikasi

Plugin akan mengirim notifikasi email setelah menyelesaikan pengisian formulir dan memastikan kecepatan respon anda sebagai pemilik situs.

  • Unggah File

File yang dapat diunggah dapat berupa gambar, PDF dan lain sebagainya.

  • Template

Fitur ini juga menyediakan template pre-build, dimana anda dapat menambahkan quote form, form donasi, atau formulir berlangganan.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan versi lite dari WPForm yang dilengkapi dengan formulir berlangganan email serta integrasi pembayaran, kontak multi-page, template dan lainnya.

  1. Contact Form 7

Sebagai salah satu plugin Contact Form WordPress yang paling populer dan diunduh oleh pengguna aktif WordPress. Plugin ini populer karena memiliki antarmuka yang ramah bagi pengguna dan digunakan untuk membuat dan mengelola berbagai formulir sesuai kebutuhan pengguna. Selain itu, plugin ini sering melakukan update sehingga tetap dapat berjalan dengan WordPress dan terbebas dari bug.

  1. Ninja Forms

Merupakan plugin Contact Form WordPress gratis, tetapi terbatas. Jika anda menginginkan fitur tambahan, maka anda harus membelinya. Ninja Forms juga memiliki fitur interface dengan drag and drop, sehingga anda dapat dengan mudah membuat contact form, menambahkan field alamat email dan jenis field lain dari formulir hanya membutuhkan waktu dalam beberapa menit.

  1. Caldera Forms

Dilengkapi dengan banyak fitur dan kemudahan dalam penggunaannya. Plugin ini juga memiliki visual editor yang menampilkan informasi yang dibutuhkan.  Caldera Forms memiliki versi yang gratis dan premium berbayar.

  1. Jetpack Contact Form

Plugin ini memiliki berbagai fitur yang terdapat pada plugin-plugin lain. Selain itu, anda juga bisa menambahkan fitur yang berbeda untuk situs WordPress sesuai kebutuhan anda. Jetpack akan mengirimkan email pemberitahuan tiap respon dari kontak formulir dan bekerja sama dengan plugin Akismet sehingga formulir kontak WordPress akan terbebas dari spam.

  1. Fast Secure Contact Form

Seperti plugin contact wordpress yang lainnya, Fast Secure Contact Form  mendukung CAPTCHA dan juga akismet blokir spam. Plugin ini juga memiliki mode direct pengunjung ke URL setelah formulir dikirimkan.

  1. Gravity Forms
Baca Juga  Pengertian Dan Cara Enable sFTP FileZilla di cPanel Hosting

Merupakan salah satu plugin form WordPress terbaik, namun tidak memiliki versi gratis. Fitur ini menyediakan berbagai formulir dan entry dalam jumlah yang tak terbatas, conditional logic, unggah file, dan fitur lainnya.

 

 

0 Shares