HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Memasang Meta Title dan Description Pada WordPress

Pengertian Meta Title dan Description

Meta title dan meta description merupakan optimasi yang digunakan untuk membuat judul dan deskripsi konten lebih menarik.

Meta title dan description ini juga bisa memberi tahu kepada robot Google tentang isi dari artikel tersebut.

Meta Title Halaman, atau “tag judul” dan Meta Description merupakan elemen meta tags atau HTML (HyperText Markup Language) yang menyediakan informasi singkat kepada mesin pencari dan pengguna tentang seluruh halaman website tersebut. Untuk optimasi standar biasanya judul dan deskripsi harus menggunakan kata kunci yang ditargetkan. Dengan begini saat pengunjung yang mengetikkan kata kunci website bisa berpeluang di SERP (Search Engine Results Pages atau Halaman Hasil Mesin Pencari).

Alasan harus menggunakan Meta Title dan Description

Mungkin masih ada yang belum melakukan optimasi meta title dan meta description pada websitenya? Jika sampai saat ini belum diisi, bisa dipastikan performa website dari segi jumlah kunjungan pasti sepi.

Ada beberapa alasan kenapa sebagai pemilik website harus memasang meta description dan title pada website.

  • Memudahkan mesin pencari untuk mengindeks halaman website sesuai dengan isi kontennya.

Robot Google akan melakukan indexing mulai dari judul artikel, heading kemudian artikel kemudian membuat perangkingan di SERP. Peran meta title dan description ini akan membantu robot Google mengetahui isi dari artikel, untuk itu selalu buat judul dan deskripsi sesuai dengan artikel jangan clickbait.

  • Konten lebih menarik di SERP sehingga mendapatkan klik yang lebih banyak dibandingkan website lain.
  • Prosentase Click To Ratio (CTR) website bisa meningkat dengan memberikan keyword pada judul dan deskripsi dengan adanya keyword.

Cara Memasang Meta Title dan Description dengan Yoast SEO

Ada beberapa cara memasang meta desription maupun cara memasang meta title, tetapi disini hanya mempraktekannya dengan salah satu plugin WordPress terbaik yaitu Yoast SEO. Sebenarnya ada plugin SEO WordPress lain yang bisa digunakan seperti AIO SEO atau Rankmath, tetapi lebih merekomendasikan Yoast SEO karena lebih mudah dan cepat.

Berikut ini adalah beberapa cara memasang meta title dan description dengan yoast SEO, yaitu :

1. Login WordPress

Silahkan login ke akun website WordPress terlebih dahulu, jika belum dirubah login stAndar WordPress menggunakan com/wp-admin.

2. Install Yoast SEO

Kemudian silahkan pergi ke menu Plugins » Add New kemudian tulis pada kolom pencarian “Yoast SEO”. Silahkan install kemudian activate. Jika sudah berhasil maka dashboard menu WordPress akan ada menu baru dengan nama “SEO”.

3. Buat Postingan Baru

Silahkan lanjutkan dengan membuat postingan artikel baru, nantinya menu Meta Title dan Meta Description lokasinya berada pada bagian bawah artikel.

4. Optimasi Meta Description dan Title

Kali ini akan mencontohkan dengan menggunakan artikel dengan judul “Inilah 6 Tipe Hosting untuk SEO”, fokus keyword utamanya adalah “tipe hosting untuk SEO”.

Pada bagian “Focus Keyword” silahkan diisi target keyword, jadi diisi kata kunci tipe hosting untuk SEO.

Kemudian pada Meta Title secara default akan sama dengan judul artikel yang dibuat dengan ditambah Site Title. Bisa mengedit dengan mengganti judul yang lebih klikbait sehingga mendatangkan pengunjung lebih banyak. Pastikan juga pada bagian ini judul yang digunakan tidak kepanjangan sehingga bisa muncul semua di SERP Google.

5. Tips Penulisan Meta Title

Tips tambahan untuk bagian slug URL silahkan diisi sesuai dengan target kata kunci, usahakan menggunakan URL yang pendek sehingga mudah diingat. Untuk ukuran panjang judul artikel 580 pixel atau sekitar 52 karakter.

6. Tips Penulisan Meta Description

Selanjutnya untuk bagian Meta Description silahkan isi deskripsi dari konten yang dibuat dengan semenarik mungkin dan jangan lupa focus keyword harus ada. Untuk ukuran panjangnya kira-kira 920 pixels atau sekitar 120-158 karakter.

7. Publish Artikel

Jika semuanya sudah bisa langsung Publish artikel yang sudah dioptimasi tersebut, jangan lupa untuk selalu memantau ranking keywordnya di SERP Google. Karena saat ini fitur Meta Keyword di Yoast memang sudah dihilangkan, Google sudah memberikan rilis info ini sejak 2009.

Jadi jika masih ada yang menyarankan untuk menggunakan meta keyword pada setiap artikel perlu dipertanyakan kembali. Selain menggunakan plugin Yoast SEO diatas, sebenarnya bisa memasang meta description dan title tanpa plugin, cukup menambahkan script baru saja. Tetapi tidak direkomendasikan karena lebih susah dalam hal settingnya dan rawan error.

Bagaimana Meta Title dan Description Bisa Membantu SEO?

SEO singkatan dari Search Engine Optimisation. Ini merupakan proses mengoptimasi website untuk mendapat trafik gratis atau kunjungan melalui SERP. Ini membantu mendongkrak kesadaran brand dan meningkatkan potensi penjualan. Brand perlu berada di peringkat tinggi dan muncul di halaman pertama agar langsung terlihat oleh audiens sasaran.

Ada banyak strategi SEO untuk meningkatkan peringkat, menambahkan Page Meta Title dan Description adalah salah satunya.

Meta Title dioptimasi dengan meletakkan kata kunci relevan untuk membantu meningkatkan pemeringkatan mesin pencari. Ini memberi tanda pada mesin pencari kata kunci apa yang diinginkan masuk ke peringkat.

Meta Description tidak secara langsung mempengaruhi pemeringkatan mesin pencari. Namun, ini digunakan untuk menjaring rasio klik-tayang atau click-through rates yang utamanya membantu mendongkrak peringkat.

Tips : Buatlah Meta Title dan Description yang singkat dan menggugah minat agar pengguna mengkliknya.

Berikut 5 praktik terbaik dalam mengoptimasi Meta Title dan Description untuk SEO, yaitu :

  • Kata kunci dahulu

Sisipkan kata kunci terpenting pada bagian pertama Meta Title dan kata kunci yang tidak terlalu penting di bagian akhir.

  • Hindari menjejalkan kata kunci

Menjejalkan kata kunci adalah memasukkan banyak kata kunci di Meta Title dan Description. Begitu terdeteksi oleh mesin pencari, peringkat situs bisa terjun bebas.

  • Tetaplah relevan

Meta Title dan Description haruslah deskriptif dan relevan tentang apa halaman web ini seutuhnya. Bila tidak menjawab pertanyaan pengguna dengan tepat, mesin pencari akan mengambil snippet dalam halaman situs, lalu menggunakannya, serta mengesampingkan konten aslinya.

  • Tanpa tanda kutip

Jangan menggunakan tanda kutip di Meta Description sebab mesin pencari memangkas konten begitu muncul tanda kutip.

  • Jagalah agar tetap unik

Jagalah Meta Title dan Description tetap unik untuk setiap halaman di website sebab duplikasi tidak tampak bagus di SERP, sehingga memberi pengaruh buruk rasio klik tayang website.

Perbedaan Antara Meta Title dan Meta Description

Saat muncul di SERP, Meta Title dan Meta Description bisa dilihat berturut-turut di atas dan di bawah tautan website.

Meta Title juga muncul di tab browser web saat sebuah halaman website dilihat. Pada dasarnya ini “judul” halaman web dan sebagian besar dibatasi antara 50 hingga 70 karakter.

Meta Description menjabarkan keseluruhan konten sebuah halaman web. Di mesin pencari, deskripsi ini dibatasi sebanyak hingga 160 karakter untuk SERP Google.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

18 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

20 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago