HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Gampang Banget! Begini Cara Membuat Blog di Handphone

Pernahkah kamu mendengar ada seseorang yang membuat blog di handphone? Sepertinya jarang ya. Nah, kalau kamu sendiri ingin membuat blog di handphone? Kalau iya, sebenarnya bisa banget.. Jadi, kamu bisa dengan mudah membuat blog dimana saja.

Sebelum membuat blog, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa itu blog. Hal ini dikarenakan, blog berbeda dengan website pada umumnya. Blog berasal dari kata “web” dan “log” yang mengacu pada aplikasi website dalam bentuk tertulis, yang biasanya terdapat pada halaman web.

Blog memungkinkan kamu menulis tentang apa saja dan kapan saja. Memasukkan link ke blog kamu juga memungkinkan orang lain membaca tulisan kamu.

Cara Membuat Blog di Handphone

Blog kini bisa dibuat tidak hanya di laptop dan PC, tetapi juga di handphone. Nah, jadi, pada artikel kali ini kita akan membuat blog Blogspot menggunakan handphone. Berikut cara membuat blog di handphone untuk pemula:

Mengakses Blogger di Browser HP

Langkah pertama untuk membuat blog di handphone adalah mengakses Blogger. Salah satu penyedia blog gratis yang dapat dibuat di handphone adalah Blogger.

Blogger adalah platfrom layanan publikasi situs yang diakuisisi oleh Google. Salah satu keunikan situs ini adalah subdomain yang digunakan menggunakan akhiran .blogspot.com.​

Mulai Membuat Blog

Langkah kedua untuk membuat blog di handphone adalah mulai membuat blog. Kamu akan diarahkan ke halaman registrasi blogger melalui email.  Jika kamu sudah memiliki akun Gmail yang terhubung ke handphone kamu, kamu dapat langsung mengklik salah satu akun Gmail tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat memasukkan alamat email lain dengan mengklik opsi “Gunakan akun lain” lalu memasukkan nama alamat email dan kata sandinya.  Setelah berhasil melakukan registrasi pada blogger, kamu akan diarahkan ke halaman yang berisi form.

Pada form pertama, kamu diminta untuk memasukkan nama blog kamu. Nama blog ini akan muncul di bagian atas blog yang kamu buat. Kamu dapat memasukkan nama blog sesuai dengan topik terkait yang dibahas dalam blog tersebut. Jika sudah, klik Next.

Setelah memasukkan nama blog, lanjutkan ke form kedua dan masukkan alamat URL blog kamu. Jika orang lain ingin mengakses blog yang kamu buat, alamat URL itulah yang akan menjadi akses untuk membuka blog tersebut. Pastikan untuk menuliskan alamat URL yang tersedia. Setelah kamu menemukan alamat URL yang sesuai, klik Next.

Pada form terakhir, kamu dapat memasukkan nama lengkap penulis blog atau alias penulis blog. Berbeda dengan nama blog, display name ini muncul ketika kamu berkomentar di blog lain atau membalas komentar di blog yang kamu buat. Jika sudah, klik Finish.

Yeay! Blog Selesai Dibuat

Jika kamu melihat halaman dashboard blog kamu di Blogger seperti gambar di bawah ini, itu artinya kamu telah berhasil membuat blog pertama kamu.

Cara Menulis Konten Postingan Blogspot di Handphone

Pada pembahasan sebelumnya, kamu sudah mempelajari cara membuat blog di handphone menggunakan Blogger. Selanjutnya, kamu perlu menulis konten postingan untuk blog yang kamu buat.

Menulis konten postingan adalah salah satu tutorial lanjutan pada cara membuat blog di handphone. Untuk mulai menulis konten postingan blog, ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

1. Klik Tombol Opsi 

Ketika kamu mengklik opsi maka akan ditampilkan berbagai menu dashboard Blogspot yang kamu buat. Mulai dari post, stats, comments, earning, pages, dan masih banyak lagi.

2. Mulai Menulis Konten

Klik New Poat di tombol paling atas dari menu dashboard Blogspot. Cara ini tidak hanya berlaku pada awal pembuatan konten blog, namun juga pada pembuatan konten blog selanjutnya.

3. Tuliskan Judul dan Isi dari Konten Blog

Pada kolom judul, tuliskan judul yang terkait dengan konten yang ingin kamu buat. Halaman ini memungkinkan kamu memindahkan opsi editing yang ada. Pada opsi editing dengan logo tT  kamu dapat mengubah ukuran font.

Selain menulis teks untuk konten blog, kamu juga dapat menyisipkan gambar ke dalam konten yang kamu buat dengan mengklik logo gambar pada opsi editing. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan logo video untuk menyisipkan video ke dalam konten blog.

Logo A yang berada di bagian depan opsi editing juga dapat kamu gunakan untuk mengubah warna teks. Selain itu, opsi edit quote juga dapat kamu gunakan untuk membuat teks dalam tanda kurung.

4. Publish Konten

Setelah kamu selesai membuat konten, klik Publish maka konten kamu akan dipublikasikan secara otomatis sehingga dapat dibaca oleh pengguna internet.

Pastikan konten yang akan kamu publish sudah sesuai. Setelah kamu klik publish, blogger akan mengkonfirmasi apakah kamu sudah benar-benar yakin untuk mempublikasikan tulisan kamu. Jika sudah, kamu dapat mengklik Confirm untuk melanjutkan proses.

Nah, ketika kamu sudah melihat konten yang kamu buat sebelumnya di dashboard Blogspot, berarti kamu sudah berhasil membuat postingan blog pertama yang kamu tulis melalui handphone.

Kamu dapat membagikan konten tersebut dengan mengklik ikon share. Selain itu, kamu juga dapat melihat komentar pengunjung blog dengan mengklik ikon comment di sebelah kanan ikon share (tengah).

Kamu juga dapat memantau jumlah pengunjung setiap postingan blog dengan mengklik ikon view statistic di paling kanan (di sebelah ikon comment).

Cara Memilih dan Mengatur Tema Blog Lewat Handphone

Tema adalah tampilan depan blog yang dapat kamu sesuaikan dengan berbagai desain menarik. Blogger menawarkan beragam tema bawaan, mulai dari tema gratis hingga tema berbayar.

Pilihan tema ini biasanya didasarkan pada tampilan yang simpel dan minimalis, namun cukup membuat pengunjung kamu terkesima. Hanya saja, pemilihan tema berdasarkan kategori tersebut kurang tepat. Apalagi jika kamu serius ingin terjun ke dunia blogging.

Nah, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tema untuk blog, antara lain:

  • Responsive :

Template blog yang dipilih secara otomatis dapat menyesuaikan dengan kondisi layar perangkat yang digunakan pengunjung blog untuk mengakses halaman blog, mulai dari PC, tablet, hingga handphone.

  • Adsense Ready :

Tema blog yang memiliki kriteria adsense ready adalah tema blog yang menyediakan ruang atau kolom untuk Google Adsense atau iklan/kode AdSense lainnya. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk mengubah atau mengutak-atik kode atau mengedit HTML. Cukup masukkan kode iklan saja di ruang tersebut.

  • Fast Loading :

Jika tema pilihan kamu dimuat dengan lambat, pengunjung blog mungkin akan segera meninggalkan blog kamu. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih tema yang memuat dengan cepat atau memiliki waktu pemuatan yang singkat.

  • Clean & SEO Friendly :

Sangat disarankan untuk memilih tema desain yang sederhana, minimalis, dan bersih. Serta enak dipandang dan tidak membuat mata sakit akan membuat pengunjung blog kamu nyaman menjelajahi konten blog yang kamu buat. Selain itu, blog yang clean sangat disukai oleh Google. Ini akan memudahkan blog kamu terindeks Google.

Setelah memahami pertimbangan dalam memilih tema blog yang akan digunakan, kamu bisa mengganti tema blog melalui handphone dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Login Akun Blogspot

Jika kamu belum memiliki akun, silakan kembali ke atas pada pembahasan pembuatan blog melalui Blogger. Jika sudah kamu sudah memiliki akun, langsung saja klik “L0gin” dan gunakan alamat email yang kamu gunakan untuk membuat blog.

2. Memilih Menu Theme

Setelah kamu berhasil login dan memuat dashboard Blogger, carilah menu theme yang terletak di tombol dengan ikon tiga garis lurus di kiri atas halaman dashboard. Setelah kamu klik maka akan muncul berbagai menu seperti gambar dibawah ini. Temukan dan klik menu Theme.

3. Menentukan Tema yang Digunakan

Kamu akan diarahkan ke berbagai pilihan tema gratis dari blogger, seperti Contempo, Soho, Emporio, Notable, dan sebagainya. Pemilih tema ini juga memiliki opsi tampilan berbeda untuk setiap tema, seperti dark, light, dan warna. Setelah kamu memilih tema yang sesuai, klik Customize.

4. Memilih Background

Selain mengatur tema blog, kamu juga dapat mengatur tampilan background blog. Klik pada menu background untuk melihat berbagai pilihan penyesuaian yang tersedia.

Menu ini memiliki beberapa pengaturan, diantaranya:

Background Image : Digunakan untuk mengatur gambar background blog. Pengaturan ini memiliki tombol remove background yang memungkinkan kamu menghapus background yang saat ini digunakan dan change image untuk mengganti gambar sesuai keinginan kamu.

Main Color Image: Pengaturan ini digunakan untuk menentukan warna dasar background blog.

5. Mengatur Font

Di halaman yang sama, kamu dapat menjelajahi menu Advanced. Menu advanced berfungsi untuk menyesuaikan font di blog kamu. Menu ini terdiri dari:

Page Text : Page Text digunakan untuk menyesuaikan tampilan teks pada blog. Pengaturan ini meliputi jenis font, ukuran font, bold, dan italic untuk model tampilan font.

Background : Menu Background berfungsi mengatur tampilan background blog. Pengaturan ini terdiri dari Background Height yang digunakan untuk mengatur ukuran background, Body Background Color untuk mengatur warna background, dan Post Background Color untuk mengatur warna background postingan.

Links : Sesuai namanya, Links digunakan untuk mengkustomisasi tampilan link di blog. Pengaturan ini terdiri dari Link Color yang berfungsi untuk mengatur warna link di blog, Visited Link Color untuk mengatur warna link yang sudah klik atau kunjungi, dan Link Hover Color untuk mengatur warna link ketika kursor mengarah pada sebuah link.

Nah, begitulah cara membuat blog di handphone dengan mudah. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

12 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

17 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

1 day ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago