HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Membuat Link Dofollow atau NoFollow di WordPress

Jika mendengar banyak diskusi seputar blogging, istilah dofollow dan nofollow bagi blogger pemula pasti terdengar asing. Namun, sebagian besar blogger dan juga internet marketer pasti sudah memahami perbedaan kedua fungsi ini.

Hal ini berkaitan dengan backlink. Backlink merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam memaksimalkan website. Ini penting dalam pencarian search engine seperti google atau dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Secara umum backlink sendiri artinya adalah memberikan link atau tautan ke situs lain dengan anchor text tertentu. Mengenal link dofollow/nofollow di wordpress salah satu membentuk backlink yang berkualitas.

Mengenal Link No Follow dan Do Follow

Tiap tautan atau link building yang dibuat akan di crawling oleh mesin pencari misalnya Google tanpa terkecuali. Baik itu internal link dan juga backlink. Sehingga ini berpotensi sangat baik untuk membantu website mendapatkan reputasi yang baik dalam indeks mesin pencari terutama Google.

Namun, dalam menerapkannya kita perlu berhati-hati. Karena pada setiap backlink yang disertakan akan turut mempengaruhi reputasi satu sama lain. Maka, jika membuat link dan menautkannya pada situs website yang tidak memiliki reputasi yang baik, hal ini akan berpengaruh pada reputasi dan kredibilitas juga. Maka dari itu penting, mengenal link yang dibuat di website. Jadi ada baiknya mempelajari bagaimana cara menautkan link secara aman dengan mengaturnya menggunakan Dofollow Link dan Nofollow Link.

Pengertian Dofollow dan Nofollow Link

Dofollow adalah sebuah istilah website dan blog yang bila memberikan komentar di blog tersebut itu berarti menaruh link ke blog atau website tersebut. Link ini kemudian dihitung sebagai backlink oleh google atau sebuah attribute HTML yang bertujuan memberikan instruksi bahwa link tersebut relevan dengan post yang ada dalam website tersebut. Dofollow memberikan nilai tambah untuk SERP di mata Google. Jadi posisi website reputasinya meningkat. SERP adalah sebuah singkatan dari search engine result pages. Seperti namanya, halaman ini berisi informasi yang dicari seseorang lewat mesin pencari.

Nofollow adalah sebuah istilah dalam dunia SEO sebuah atribut HTML yang ditujukan untuk memberikan instruksi kepada search engine bahwa link yang ditulis dengan atribut nofollow tidak akan mempengaruhi target link pada search engine. Jadi intinya, tidak akan memberikan nilai apapun di mata Google atau SERP.

Namun, dalam penerapannya tetap berpengaruh mendatangkan pengunjung (visitor) jika link tersebut di link. Atribut nofollow pertama kali diperkenalkan oleh Matt Cutts dan Jason Shellen di tahun 2005. Atribut nofollow ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas search engine dari spam, dan mencegah search engine indeks website spam di rangking yang baik.

Manfaat Dofollow dan Nofollow Link

Ada manfaat dan fungsi yang baik bila memaksimalkan Dofollow dan Nofollow link di website, yaitu :

1. Dofollow Link

Ada beberapa kelebihan dofollow link jika diterapkan di website, yaitu :

  • Link yang ada di website bisa menjadi sebuah backlink.
  • Pagerank website akan naik karena pengunjung yang terus meningkat melalui peringkat search engine yang baik.

2. Nofollow Link

Biarpun jarang digunakan, nofollow dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti :

  • Menjaga kualitas SEO (Search Engine Optimization) di dalam search engine seperti Google.
  • Meminimalisir komentar spam, yang mempengaruhi spam score.
  • Link menjadi lebih stabil dan berkualitas. Google mudah mengenalinya.

Namun, biarpun banyak kelebihan dofollow dan juga nofollow. Masing-masing juga memiliki kekurangannya.

Kekurangan Dofollow dan Nofollow Link

1. Kekurangan dofollow

  • Banyaknya komentar spam yang muncul atau komentar yang tidak berkaitan dan sesuai dengan topik yang dibahas.
  • Terlalu banyak link dapat merusak reputasi pencarian dan Google menjatuhkan sanksi pada website.

2. Kekurangan nofollow

Sedangkan untuk link nofollow memiliki kekurangan yaitu dari penggunaan opsi link ini, yaitu tidak memberikan pengaruh (nilai SEO) bagi link tujuan. Dengan mengenal kelebihan dan kekurangannya dapat memaksimalkan kebutuhan SEO yang baik untuk website, sehingga kami berikan tutorial membuat link dofollow/nofollow di WordPress.

Perbedaan Link Nofollow Link dan Dofollow Link

Seperti yang kita bahas sebelumnya perbedaan dofollow dan nofollow itu sangat kontras dengan penerapannya. Link nofollow biasanya digunakan untuk link yang “kurang baik” Misalnya domain yang memiliki rate yang buruk atau link yang bisa menyebabkan spam seperti link yang berada di kolom komentar. Bisa juga yang memberikan nilai spam score yang tidak baik untuk website.

Sebaliknya, dofollow link dapat memberikan sinyal kepada mesin pencari terutama Google untuk mengikuti link tersebut. Tipe link dofollow sebelumnya sudah bersifat default alias sudah tidak perlu melakukan konfigurasi lagi. Secara otomatis Google tentu akan mengikuti setiap link atau tautan yang disematkan dan dibuat di sebuah artikel atau halaman website.

Dalam penerapannya, link dofollow disematkan di dalam sebuah kata kunci yang sudah ditargetkan. Hal ini tentu akan menguatkan nilai SEO sebuah konten. Berikut hal yang bisa diketahui untuk melakukan pengecekan, perbedaan antara link dofollow atau nofollow. Bisa melihat pada baris kodenya.

< a href=”https://www.iyesindonesia.com/”Iyes Indonesia

Harus memahami link dofollow seperti ini biasanya juga memberikan dukungan pada domain lain sehingga bisa memberikan kekuatan SEO yang lebih kuat. Hal ini tentu menguntungkan tidak hanya pemberi link, tetapi juga pemilik domain yang ikut mencantumkan link domain lain.

Bagaimana jika domain yang link-nya harus ada di halaman website atau blog tapi reputasinya kurang baik? Tentu bisa menggunakan opsi nofollow. Ini contoh penulisan nofollow :

< a href=”https://www.iyesindonesia.com/”rel=”nofollow”Iyes Indonesia

Dapat melihat perbedaan antara kedua tipe link sebelumnya. Secara dasar, semua link merupakan dofollow. Jika kita ingin mengubah link dofollow menjadi link nofollow cukup menambahkan variabel “rel=”nofollow”.

Variabel ini berguna untuk memberikan penegasan pada bot mesin pencari seperti Google Bot untuk tidak melakukan crawl atau pencatatan link yang sudah ditautkan. Namun bila pengunjung melakukan klik pada link tersebut tetap diarahkan ke situs yang menjadi tujuan.

Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow

Jika ingin menerapkan link dofollow dan nofollow ini di website. Mari simak tutorial membuat link dofollow/nofollow di wordpress. Ternyata menerapkannya tidak sesulit yang dipikirkan. Selain itu juga bisa membuatnya melalui Editor WordPress maupun menggunakan plugin.

1. Menambahkan Dofollow

Ketika menambahkan link di konten, secara otomatis link tersebut adalah dofollow. Untuk membuat link dofollow kita simak tutorial Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow untuk WordPress tutorialnya dibawah ini :

  • Hal pertama yang kita lakukan adalah highlight words atau teks yang ingin diberikan link nofollow maupun link dofollow. Kemudian arahkan kursor ke atas Gutenberg block editor atau klik icon seperti gambar dibawah ini atau tekan CTRL+K.
  • Salin URL dan Paste ke dalam box yang muncul.
  • Bisa mengarahkan kursor ke arah opsi tautan untuk mendapatkan pengaturan lengkap seperti menambahkan opsi tab baru ketika link tersebut dibuka.
  • Kemudian dalam pengaturan link klik “Open New Tab” atau “Buka Tab Baru” supaya bila di klik akan membuka jendela baru.

2. Membuat Nofollow Menggunakan WordPress

Dapat menambahkan nofollow mirip dengan dofollow, hanya saja ada beberapa langkah dan tambahan lainnya. Jadi dapat mengikuti tiga langkah membuat dofollow kemudian ikuti langkah dibawah ini untuk mengganti dofollow menjadi nofollow.

  • Klik Icon Text disudut kanan halaman penulisan. Namun, di beberapa halaman penulisan WordPress mungkin memiliki tampilan berbeda seperti tanda titik tiga dan pilih “Edit As HTML”. Tetapi pada wordpress versi saat ini. Hanya melakukan klik Text untuk mendapatkan halaman Editor WordPress yang memiliki link sudah ditautkan. Dapat melakukan pencarian “CTRL+F” untuk menemukan keyword link yang jika kesulitan menemukan.
  • Kemudian ganti link atau tautan yang sudah DImasukkan dengan menambahkan “rel=”nofollow”. Contohnya linknya sebagai berikut

    Link Sebelumnya :

< a href=”http://www.iyesindonesia.com/”>IYES Indonesia

Berubah menjadi :

< a href=”http://www.iyesindonesia.com/”rel=”nofollow”>IYES Indonesia

3. Cara Membuat Nofollow Menggunakan Plugin

Jika sering memerlukan link nofollow, dan membutuhkan secara otomatis atribut nofollow dalam beberapa tipe link (Seperti komentar di blog atau website). Dapat menggunakan plugin Ultimate Nofollow. Ultimate Nofollow merupakan plugin yang cocok bagi yang sering menggunakan fitur nofollow untuk website.

Plugin ini memberikan solusi kemudahan untuk berbagai macam link nofollow di wordpress. Selain itu ada beberapa kelebihan dari plugin ini :

  • Dapat menambahkan nofollow checkbox ke dalam tampilan reguler WordPress “insert link”.
  • Otomatis menerapkan nofollow di keseluruhan link.
  • Diberikan berbagai macam pilihan nofollow shortcodes.

Plugin sudah tersedia di dalam plugin repository WordPress, jadi dapat langsung melakukan instalasi melalui :

Dashboard >> Plugin >> Add New

Setelah menginstall cukup menambahkan link seperti biasanya. Namun, ketika membuka bagian pengaturan / settings. Tidak perlu menambahkan manual menggunakan shortcode karena akan ada tampilan seperti dibawah ini.

Tinggal Klik ‘Add rel=”nofollow” ke dalam link. Perbedaan dengan cara sebelumnya adalah kemudahan di dalam menambahkan baris script rel nofollow tanpa harus kesulitan mencari kode di barisan HTML satu persatu.

Cara Membuat Nofollow Link di Seluruh Komentar Website

Banyaknya Komentar spam yang bisa masuk ke dalam website dan tidak sesuai dengan topik pembahasan tentu akan mengganggu reputasi website dan blog. Jadi sebaiknya dapat mengatur link di kolom komentar menjadi nofollow. Jika ingin mengatur secara otomatis nofollow ke seluruh link yang ada pada komentar blog. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Akses “Settings >> Nofollow” di dalam WordPress Dashboard.

Kemudian centang di dalam box untuk menerapkan nofollow keseluruhan link yang ada pada komentar. Kemudian klik “Save Changes” atau “Simpan Perubahan” untuk menyimpannya.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

19 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

21 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago