HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengetahui Kesalahan Marketing Website Yang Sering Dilakukan

Pada artikel ini,kita akan merangkum dan membahas kesalahan yang sering dilakukan dalam pemasaran web dan memberikan tips SEO yang cocok untuk website bisnis kalian.

Daftar Kesalahan Marketing Website Yang Sering Dilakukan

Berikut ini daftar kesalahan teratas yang sering temukan dan sering dilakukan pebisnis berulang kali.Kesalahan ini merugikan bisnis baik secara finansial dan waktu.

  • Tidak Fokuskan Marketing Website Untuk Pengunjung Yang Pertama Kali Hadir

Pebisnis kebanyakan mengambil pendekatan yang menganggap bahwa pengunjung situs mereka sudah tahu siapa mereka.Jadi,hanya fokus untuk membuat pelanggan yang sudah ada senang.Ini merupakan jebakan berbahaya.Jika kalian tidak dapat menarik pelanggan baru ke situs kalian,bagaimana bisa berharap untuk mengembangkan bisnis.Jadi,beri tahu mereka untuk siapa produk dibuat dan masalah apa yang dapat dipecahkan.Tentu hal tersebut akan menghadirkan lebih banyak pengunjung yang dapat mengarah ke masa depan bisnis kalian nanti.

Hal-hal yang harus dicantumkan di website kalian :

  1. Siapa kalian dan apa yang ditawarkan.
  2. Mengarahkan pengguna ke halaman produk yang sesuai.
  3. Kisah sukses seperti Studi Kasus.
  4. Testimonial produk.
  5. Mendapatkan info kontak pengguna.

Apabila kalian merupakan perusahaan produk,haruslah fokus pada masalah yang sebenarnya dimiliki pelanggan.Jika,kalian  perusahaan yang besar,fokus untuk mengarahkan pengguna ke kategori yang sesuai sehingga dapat membicarakan masalah spesifik mereka dan menyajikan solusi kalian.

  • Tidak Menangkap Alamat Email Pengguna

Jika pengguna datang dan mengunjungi situs web,kalian ingin melakukan semua yang dapat dilakukan untuk mendapatkan alamat email mereka.Setelah memiliki email mereka,ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mereka,menyediakan unduhan gratis atau kursus email,mengundang mereka ke webinar atau seminar,memposting pembaruan tentang perusahaan kalian dan sejenisnya.Namun,sebagian besar pebisnis melewatkan semua peluang ini dengan tidak menangkap alamat email pengguna.Jadi,penting untuk meminta alamat email pengguna sebagai imbalan atas bantuan sesuatu.Hal-hal seperti laporan yang dapat diunduh adalah cara yang bagus untuk membangun dan juga daftar email yang bagus.

  • Menggunakan Slider Pada Halaman Beranda

Slider (Slideshows atau ketika layar utama bergeser dari gambar ke gambar setiap beberapa detik) merupakan teknik populer yang digunakan banyak website bisnis untuk memamerkan produk atau layanan mereka.Itu dapat memecahkan banyak masalah internal seperti persaingan antara tim internal di bagian atas beranda dan banyak juga website besar memamerkan rangkaian produk mereka kepada pengunjung pertama kali.

Harap pertimbangkan masalah ini dengan Slider :

  1. Slider mengalihkan pengguna dari tujuan kalian.
  2. Sulit bagi pengguna untuk menggeser slide tersebut,bahkan ada yang tidak bisa melihat gambar.
  3. Memperlambat beranda,karena semua gambar perlu dimuat sebelum halaman web dapat dimuat.
  • Tidak Menggunakan Marketing Automation (MA)

Marketing Automation (MA) menjadi alat fantastis untuk merawat pelanggan kalian di sepanjang jalan untuk membeli produk.Ini juga merupakan peluang bagus untuk mensegmentasi pelanggan kalian,membuat penawaran pada waktu yang tepat dan peluang untuk menjual pelanggan yang sudah ada.

  • Menggunakan Software MA Yang Terlalu Mahal

Untuk pebisnis yang menggunakan MA,banyak dari mereka membeli paket mahal.Hal ini tentunya sangat disayangkan.Saat ini kalian bisa mendapatkan fungsionalitas serupa dari layanan seperti Kampanye Aktif ($50/bulan),Drop (gratis),Mautic (sumber terbuka).Hemat uang kalian dan mulai kampanye sekarang dan tentunya selalu dapat memutakhirkan hal tersebut di waktu mendatang.

  • Tidak Melakukan Pengujian A/B di Halaman Rujukan

A/B menjadi teknik efektif untuk mencoba pesan yang berbeda,penawaran berbeda,gambar latar yang berbeda dan banyak lagi.Kalian harus selalu melakukan pengujian A/B untuk melihat pesan apa yang sesuai dengan pelanggan kalian.Perusahaan seperti Google dan Amazon sudah berhasil secara online melalui pengujian AB.Ada alat Pengoptimalan yang mudah digunakan seperti Otimizely.Pengoptimal Situs Web Virtual atau bahkan plugin sederhana untuk WordPress,hal tersebut sangat mudah untuk diterapkan.Namun,beberapa pebisnis tidak menggunakan teknik ini untuk meningkatkan penjualan atau menarik prospek.

  • Tidak Menggunakan LinkedIn Untuk Pemasaran B2B Internasional

Jika kalian mencari pelanggan internasional,Linked In merupakan cara yang fantastis untuk menemukan mereka.Pertama,ini cukup banyak digunakan oleh hampir semua karyawan kerah putih di AS dan Eropa.Hasilnya,dapat menjalankan kampanye bertarget yang jelas dan jika ingin menjangkau eksekutif C-Level (CEO,CTO,COO,dll) di industri Otomotif untuk perusahaan dengan lebih dari 5000 orang sangat mudah dilakukan dengan beberapa klik.Belum lagi pengguna LinkedIn di Indonesia sendiri sudah sangat tinggi.

  • Tidak Menggunakan Google Analytics Secara Efektif

Google Analytics menjadi alat gratis yang fantastis untuk melacak pelanggan dan jalur mereka ke tujuan situs web kalian. Sebagian besar pebisnis menggunakan fitur dari Google Analytics,tetapi pada kenyataannya dalam banyak akun Google Analytics,sering ditemukan 2 masalah besar,yakni :

  1. Tidak menyiapkan Sasaran di Google Analytics.Sehingga tidak dapat melacak pengguna dalam perjalanan pelanggan mereka.
  2. Tidak menggunakan “parameter utm” untuk tautan eksternal dan kampanye untuk melacak hasil mereka.

Jadi,singkatnya masih banyak yang salah kaprah dalam menggunakan fitur Google Analytics dan menganggap hal tersebut hanya sebuah kewajiban yang tidak ada gunanya.

  • Tidak Menggunakan Inline Survey

Google Analytics bisa menentukan di mana hambatan dalam perjalanan pelanggan.Namun,Google Analytics tidak bisa menjawab pertanyaan “mengapa” dan kenapa pengunjung website terpental pada halaman tertentu.Sangat mudah untuk berspekulasi mengapa.

Melakukan teknik Inline survey (teknik yang jarang digunakan untuk mempelajari alasan kenapa tidak mendapatkan pengunjung) serta mempelajari kata-kata yang sering digunakan oleh pengunjung kalian.Pertanyaan sederhana 1 baris seperti “apa yang menghentikan kalian untuk membeli hari ini ?” dapat memberikan peningkatan respons yang tinggi dan referensi wawasan yang menarik dan pastinya membuat lebih banyak pengunjung website di masa depan,alat seperti Qualaroo,Hotjar, atau Survey Monkey sangat cocok digunakan.

  • Tidak Menggunakan WordPress

Membutuhkan banyak upaya teknis untuk menggunakan CMS canggih seperti Drupal,Joomla atau CQ5 untuk membuat situs web yang terlihat profesional.Membuat perubahan pada situs web ini merepotkan,kalian perlu meminta perubahan ke tim teknik untuk setiap perubahan.Tetapi kini,sebagian besar perusahaan AS dan Eropa menggunakan WordPress untuk membuat situs web yang nampak cantik dengan cepat,hanya membutuhkan memilih tema dan pembuat konten berkualitas baik saja.

Selain itu,WordPress menawarkan ribuan plugin yang menambahkan fungsionalitas tepat yang dibutuhkan (WordPress bukan hanya untuk blog lagi saat ini).Namun sayangnya,banyak pebisnis takut untuk membuat ulang situs web mereka di WordPress dan klik arsitektur lama mereka.Jika kalian perlu melakukan hal-hal rumit,silahkan dan pekerjakan pengembang Drupal dan tulis spesifikasi yang bagus.Tetapi,untuk sekitar 90% dari situs web perusahaan di luar mereka,WordPress sudah cukup.

Pentingnya Judul Dan Deskripsi SEO Untuk Marketing Website Kalian

Judul dan Meta-Deskripsi SEO sangat penting untuk SEO,namun banyak pemilik bisnis mengabaikannya.Pertama,mereka tidak terlihat di situs web kalian,tetapi jika kalian melihat sumber HTML halaman,kalian baru akan melihatnya.

Meskipun tag ini tidak terlihat pada halaman,mereka muncul di “Halaman Hasil Pencarian” Google,Yahoo dan mesin pencari lainnya.Tidak hanya bidang ini yang terlihat,tetapi juga ditampilkan di atas dan di bawah pesaing kalian untuk setiap kata kunci.

Sangat penting untuk membuat bidang teks ini tepat agar sesuai dengan maksud pengguna,jika tidak,orang tidak akan pernah sampai ke halaman kalian dari Halaman Hasil Pencarian.Lalu mengapa penting untuk melakukan SEO untuk situs web ? Berikut ini alasannya :

  1. Meningkatkan visibilitas situs web.
  2. Meningkatkan jumlah klik dari pencari.
  3. Meningkatkan peringkat di situs web kalian di Search Engine.

Dibawah ini cara efektif untuk meningkatkan keberadaan situs web kalian secara online :

1.Memikirkan Panjang Konten

Apabila konten terlalu panjang dari yang diinginkan Google atau Yahoo,mereka akan dipotong di bagian akhir dengan “…”.Saat menulis Judul atau Deskripsi kalian sendiri,lihat di bawah untuk mengetahui panjangnya untuk menghindari hal ini.

Panjang Teks Judul SEO Optimal :

Bahasa Inggris dan teks 1-Byte (setengah ukuran) lainnya : 50-60 karakter

Panjang Teks Deskripsi SEO Optimal :

Bahasa Inggris dan teks 1-Byte (setengah ukuran) lainnya : 140-160 karakter

2.Menemukan dan Menyertakan Keyword target

Sebelum menulis Judul atau Deskripsi,pikirkan “Kata Kunci” yang akan diketik pengguna di Google untuk mencari konten kalian,hal ini akan menjadi yang terbaik untuk melalui proses penelitian kata kunci.Setelah memiliki kata kunci,perhatikan 3 poin berikut dan buat judul dan deskripsi yang bagus untuk menggambarkan konten di halaman web kalian.

  • Cantumkan kata kunci sebagai bagian awal kalimat sebisa mungkin.
  • Sertakan kata kunci setidaknya sekali,namun tidak lebih dari 3.
  • Hindari kalimat yang canggung dan fokus pada konten yang bagus.

3.Fokus Pada Konten yang Nyaman untuk Mata Manusia

Judul dan deskripsi harus membuat pengguna ingin memilih konten di atas hasil pencarian lainnya.Deskripsi Tag harus dapat ditindaklanjuti untuk diklik oleh manusia.

  • Buat judul dan deskripsi sehingga pencari akan beresonansi dengan konten yang ditawarkan.
  • Sertakan Ajakan Komersil seperti “Ambil tindakan hari ini” atau “Cari tahu lebih banyak”.

Dengan membuat Judul dan Deskripsi untuk beresonansi dengan pengguna akan membantu mereka membawa ke situs web kalian.

4.Hindari duplikasi atau plagiarisme

Menurut Google,mereka mendorong untuk tidak memiliki konten duplikat,tumpang tindih atau berlebihan.

  • Pastikan tidak ada 2 halaman yang memiliki tag Judul yang sama persis.
  • Mendapatkan inspirasi dari situs web lain boleh saja, tetapi jangan menyalin.

Menghindari kesalahan-kesalahan Marketing Website dan melakukan apa yang sudah dijelaskan diatas,sangat mungkin untuk mendatangkan banyak pengunjung website dalam waktu singkat.Tetapi tidak hanya sebatas itu saja,konten yang ditawarkan harus sesuai dengan niche bisnis dan kualitas konten yang sesuai dengan SEO juga menentukan.Judul SEO dan Meta-Description adalah hal yang menentukan aksesibilitas situs web dan muncul di halaman hasil pencarian.Sangat penting untuk membuat mereka menulis untuk menarik pengunjung ke situs kalian.

Demikian pembahasan artikel kali ini,semoga dapat menjadi referensi untuk kalian dalam mengembangkan marketing website yang sesuai dengan SEO 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 hour ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago