Di Indonesia ada beberapa aplikasi chatting yang bisa digunakan salah satunya adalah aplikasi telegram. Telegram sama halnya dengan fitur Whatsapp juga dapat digunakan pada berbagai perangkat seerti Hp, Laptop, PC dll.  Popularitas Telegram sedang naik daun karena sistem yang lebih aman, tidak memberatkan smartphone, hingga mampu menjadi chat messenger untuk pekerjaan, Telegram semakin banyak digunakan.

Perlu diketahui, sebagai sebuah chat messenger, Telegram menyimpan banyak sekali keunggulan. Dimulai dari platform yang bisa digunakan di laptop, PC, dan tentunya smartphone. Lalu bisa mengirimkan file dengan ukuran yang besar. Bahkan sampai ada yang mengunduh film melalui Telegram. Selain itu masih banyak keunggulan lainnya. Inilah mengapa Telegram menjadi chat messenger yang seharusnya sudah mulai digunakan saat ini. Apalagi untuk bisnis dan komunikasi antar karyawan kantor.

Pengertian Telegram

Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan/chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan, foto, video, audio dan juga file atau dokumen yang terenskripsi. Fitur ini bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Android, Windows OS, iOS, MacOS dan Linux OS secara bersamaan. Telegram berisi kombinasi kode yang di transmisi oleh alat yang disebut telegraf, dengan menggunakan kabel-kabel yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi yang lain melalui bawah laut

Kata Telegram terdiri dari dua kata yaitu tele yang berarti “jauh” dan gram artinya “tulisan” atau “tanda” atau “bentuk“. Secara umum, pengertian Telegram adalah tanda-tanda, tulisan, atau berita yang dikirim dan jarak jauh dengan bantuan pesawat telegram.

Kelebihan aplikasi telegram

Berikut merupakan berbagai kelebihan Telegram yang tidak dimiliki aplikasi chatting lainnya, yaitu :

1. Dapat mengedit pesan yang telah terkirim

Banyaknya aplikasi chatting yang ada namun tidak ada satupun yang dapat mengedit pesan bila telah terkirim. Hanya aplikasi Telegram yang mampu mengedit pesan yang telah dikirim.

Kelebihan Telegram yang satu ini dapat meminimalkan kesalahan saat salah mengirim pesan dan dapat segera membenarkan kesalahan yang sudah terlanjur terkirim.

2. Menyediakan fitur channel

Fitur channel pada Telegram bermanfaat untuk memberikan informasi atau boardcast pesan kepada sesama pengguna Telegram. Channel Telegram dapat digunakan dengan bebas dan dapat mengambil anggota sebanyak-banyaknya tanpa dibatasi.

3. Tidak menghabiskan memory

Aplikasi telegram tidak menghabiskan memori, bila pada Whatsapp file, foto atau video  yang dibagikan akan tersimpan otomatis pada media penyimpanan. Namun, pada aplikasi Telegram akan tersimpan pada server selamanya dan tidak akan hilang ataupun terhapus kecuali di hapus.

4. Bisa menampung anggota grup yang sangat banyak

Apabila membuat group pada aplikasi Telegram dapat memasukkan anggota sebanyak-banyaknya mungkin sampai 200.000 anggota. Kelebihan ini membuat telegram menjadi aplikasi chatting yang sempurna sebagai media komunikasi online maupun untuk tim kerja.

Baca Juga  Apa itu Bridge? Bagaimana Fungsi dan Cara Kerjanya?

5. Menyediakan profil yang cukup banyak

Pada aplikasi telegram dapat menggunakan fitur multi profil yang memudahkan dalam mengganti profil untuk mengubah dan menyalin profil.

6. Telegram punya fitur Bot

Fitur Bot adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence-kecerdasan buatan). Bot dapat melakukan apa saja seperti game, broadcasting dan apa saja aktivitas di internet.

7. Telegram lebih ringan dijalankan

Ukuran aplikasi yang lebih kecil membuat telegram lebih mudah dijalankan. Telegram versi 3.8.1 pada iPhone yang dikeluarkan pada 28 April 2016 memiliki ukuran 33.1 MB. Sedangkan WhatsApp versi 2.16.2 pada iPhone yang dikeluarkan pada 13 April 2016 memiliki ukuran aplikasi 74.5 MB.

8. Telegram lebih aman

Untuk penggunaan biasa, Telegram lebih aman dibandingkan dengan Whatsapp. Telegram juga memiliki fitur secret chat yang jauh lebih aman.

Fitur Unggulan Pada Telegram

1. Platform

Aplikasi messenger ini bisa digunakan pada setiap platform, mobile dan desktop. Versi mobilenya bisa diakses untuk smartphone dan tablet termasuk iOS, Microsoft Window, dan Ubuntu Touch. Versi Desktopnya cocok digunakan dengan macOS, Windows dan Linux.

2. Secret Chat

Selain fitur pesan teks standar, Telegram juga punya fitur lain yang jadi andalan yaitu Secret Chat. Fitur Secret Chat mempunyai tampilan dan juga tool yang sama dengan pesan standar, hanya saja pesan di Secret Chat dienkripsi dengan prosedur client-to-client menggunakan protokol MTProto. Isi pesan ini tidak bisa diakses oleh siapapun di perangkat lain, hanya oleh pengirim dan penerima di perangkat yang digunakan. Yang menariknya adalah biasanya kalau kita yang menghapus chat, di mobile orang yang chat dengan kita masih ada obrolannya, tapi di Telegram, sekali chatting dihapus, maka secara otomatis ditempat orang lain juga akan terhapus.

3. Channel

Fitur ini hampir mirip dengan fitur yang dipunyai BlackBerry Messenger. Meski berbeda tipis dengan group, Channel dapat difungsikan untuk kegunaan yang lebih luas, misalnya untuk brand atau perusahaan. Di sana mereka dapat memperoleh anggota yang tidak terbatas, menyebarkan informasi terbaru dan menjangkau anggota dengan cepat dan gratis.

4. Chatting Anti Hilang

Dengan menggunakan telegram walaupun sering login/log-out namun chat tidak akan hilang atau terhapus.

5. Hapus Chatting Permanen

Aplikasi Telegram memberikan opsi menghapus chat secara permanen, baik chat personal maupun grup. Jika pada WhatsApp dan BBM bisa menghapus chat pada waktu tertentu, maka pada Telegram tetap bisa dihapus dan tidak dapat lagi dilihat ataupun dibaca oleh orang lain ataupun para anggota dalam grup.

6. Nomor Seluler

Telegram menggunakan nomor seluler sebagai identitas dan verifikasi akun. Dengan cara ini pengguna dapat dengan mudah menemukan teman. Nomor dapat diubah dan dihubungkan ke perangkat tambahan untuk kemudian diakses dari salah satunya. Jika diinginkan pengguna dapat mengatur nama samaran sehingga nomor ponsel tidak akan terekspos oleh orang lain.

Baca Juga  Laravel: Langkah Menginstalnya ke Hosting

7. Group

Sebagian besar aplikasi pesan instan mungkin sudah punya fitur group. Tapi yang membuat fitur grup di Telegram berbeda karena dapat menampung lebih dari 5.000 orang. Pesan yang dikirimkan oleh anggota grup diklaim juga akan terenkripsi. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai komunitas atau Club demi menampung banyak anggotnya, 5.000 orang bisa masuk grup. Beda halnya dengan BBM maupun WhatsApp yang lebih terbatas.

8. Keamanan

elegram handal dalam hal keamanan karena menerapkan skema enkripsi simetrik bernama MTProto yang dikembangkan oleh Nikolai Durov dan tim. Basis skema ini sendiri adalah enkripsi AES 256-bit, RSA 2048 dan Diffie-Hellman.

9. Sticker, Emoji dan GIF

Jika pada Line atau BBM dapat mendownload sticker secara gratis maupun berbayar, namun di telegram ini hampir semua stciker, emoji & GIF disedia gratis.

Cara Menggunakan Telegram

1. Download aplikasi telegram pada google playstore.

2. Masukkan nomor telepon dan telegram akan mengirimkan pesan yang berisi 4 digit kode untuk memverifikasi nomor, masukkan kode tersebut pada aplikasi telegram.

3. Masukkan nama dan gambar profil untuk ditampilkan sebagai nama pengguna di aplikasi telegram.

4. Untuk menemukan teman pada telegram sangat mudah karena telegram otomatis menampilkan daftar teman pada kontak yang menggunakan aplikasi telegram juga, apabila mengizinkan aplikasi telegram mengakses daftar kontak pada telepon seluler.

5. Pilih teman yang menggunakan telegram dan bisa memulai chatting dengan memasukkan teks pada kolom teks yang terdapat pada bagian bawah.

6. Untuk mengirim foto, video, atau file klik ikon paperclip di sebelah kolom teks dan pilih jenis file yang akan di kirim.

7. Bila mengirim chat rahasia dari tab kontak pilih new secret chat dan pilih teman, setiap pesan atau gambar yang dikirim dari fitur ini akan dienkripsi yang artinya tidak ada orang lain yang memiliki akses ke chat ini.

8. Dapat memilih gambar sebagai background chat dengan klik tab setting yang terdapat pada bagian bawah, telegram telah menyediakan berbagai gambar yang menyesuaikan tampilan dengan nuansa chat.

Cara Menggunakan Telegram di PC

Selain di gunakan di ponsel telegram juga dapat di akses melalui web browser PC atau laptop dan bisa sync dengan akun telegram pada ponsel. Adapun cara menggunakan telegram web pada PC atau laptop, yaitu :

1. Buka situs telegram melalui browser yang terdapat pada PC atau laptop.

2. Masukkan nomor telepon,  lalu klik next pada pojok kanan atas.

3. Lalu pada layar PC akan muncul tulisan “is this phone number correct?” klik OK.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Membuat Website Blogspot Dengan Domain Sendiri ( Custom Domain)

4. Telegram akan mengirimkan pesan pada telepon yang berisi kode yang harus dimasukkan pada telegram.

5. Jika kode yang dimasukkan benar maka beranda chat akan muncul tampilan sama seperti pada telegram di ponsel.

6. Pada aplikasi telegram di ponsel akan muncul pemberitahuan dari telegram bahwa ada beberapa informasi login akun.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Telegram Untuk Bisnis

1. Jumlah pengguna Telegram terus tumbuh

Berdasarkan data dari Telegram Blog, pada tahun 2016 Telegram mengklaim mempunyai lebih dari 100.000.000 pengguna aktif bulanan dan setidaknya ada  350,000 pengguna baru setiap hari di seluruh dunia.

Semakin banyak pengguna dari suatu aplikasi atau platform, maka semakin banyak juga potensial marketnya. Ini sama halnya ketika berjualan lewat Instagram. Semakin banyak orang yang menggunakan Instagram, maka semakin luas pula ladang untuk bisnis. Maka muncul istilah Instagram Marketing atau pemasaran dengan menggunakan Instagram. Dengan menggunakan Telegram untuk bisnis dan aktivitas pemasaran, itu berarti juga menerapkan Telegram Marketing.

2. Fitur Lengkap

Jika menggunakan WhatsApp sebagai ujung tombak pemasaran tidak ada salahnya menggunakan telegram. Hal ini karena fitur yang ada di WhatsApp juga ada di Telegram, bahkan lebih banyak fitur yang ada di Telegram tetapi di WhatsApp tidak ada.

Sedangkan di sisi lain, Telegram punya segudang fitur yang WhatsApp atau aplikasi chat lainnya tidak punya, diantaranya :

  1. Grup dan Channel.
  2. Sticker.
  3. Secret Chat dll.

3. Bisa terintegrasi dengan aplikasi atau platform lainnya

Dengan fitur ini bisa mengintegrasikan Telegram dengan aplikasi atau platform lainnya.

4. Bot

Telegram Bot merupakan alasan harus menggunakan Telegram untuk bisnis. Dengan menggunakan bots pada Telegram bisa setting sistem utama dan memungkinkan robot mengambil berbagai pekerjaan. Istilah kerennya automation.

Dengan Telegram Bot bisa melakukan banyak hal seperti :

  • Mengajar.
  • Bermain game.
  • Searching di web.
  • Pengingat/ Reminder.
  • Terhubung dengan pengguna lain.
  • Integrasi dengan perangkat lain.
  • Broadcasting.
  • Penjadwalan dll.

5. Aplikasi bisa untuk banyak akun

Jika punya banya toko online bisa membuat akun Telegram untuk masing-masing toko online dan mengelolanya hanya dari 1 device saja. Sehingga tidak perlu melakukan cloning aplikasi, tidak perlu takut media penyimpanan cepat penuh dan yang pasti ini legal.

6. Gratis dan Tanpa Iklan

Menggunakan Telegram untuk bisnis secara gratis dan tanpa iklan. Bahkan jika punya grup di Telegram, ada member yang terus nyepam, ada fasilitas untuk melaporkan sebagai spam.

7. Cross Platform

Telegram bisa di akses di banyak device dengan platform yang berbeda secara bersamaan. Karena Telegram menggunakan konsep cloud-base. Sehingga jika baterai smartphone habis bisa membukanya di komputer dan tidak perlu takut kehilangan chat history.

0 Shares