HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Keren Banget! Begini Cara Menambahkan Blog Pribadi di Instagram

Seperti yang kita ketahui bahwa kini banyak orang yang mulai beralih dari akun instagram personal ke akun instagram profesional untuk menikmati berbagai fitur, seperti melihat insight, profile visit, dan lain sebagainya. Sehingga nantinya akan muncul keterangan blog pribadi di bio instagram. Lalu bagaimana cara menambahkan blog pribadi ke instagram yang benar?

Apa Itu Akun Instagram Profesional?

Ada dua jenis akun instagram profesional, yaitu akun bisnis dan akun kreator. Akun instagram profesional diperuntukkan bagi orang-orang yang dianggap sebagai publik figur, produser konten, artis, dan influencer. Orang yang menggunakan akun instagram kreator mempunyai akses ke beberapa fitur, seperti mendapatkan data demografi followers dan dashboard studio pembuat konten.

Sementara itu, akun instagram profesional bisnis dirancang khusus untuk bisnis, freelance, dan desainer yang ingin memperluas basis pelanggan mereka di media sosial. Fitur eksklusif untuk akun jenis ini mencakup instagram insights, permintaan peringkat, dan label bisnis tambahan.

Tentu saja, kamu juga dapat mengubah akun instagram personal kamu menjadi akun profesional. Apalagi cara menambahkan blog pribadi ke instagram juga sangat mudah sehingga bisa dilakukan sendiri.

Cara Menambahkan Blog Pribadi di Instagram

Menambahkan keterangan blog pribadi ke instagram dapat dilakukan melalui pilihan setting yang ada di aplikasi, baik di ponsel Android maupun iOS. Jadi, pastikan dulu bahwa kamu sudah mendownload aplikasi Instagram di ponsel.

Nah, berikut adalah cara menambahkan blog pribadi di instagram:

1. Buka Aplikasi Instagram 

Cara menambahkan blog pribadi di instagram yang pertama adalah dengan membuka aplikasi Instagram di ponsel kamu. Kemudian login dengan akun Instagram kamu yang terdaftar untuk melanjutkan cara menambahkan blog pribadi di instagram.

2. Masuk ke Profil Akun Instagram

Setelah berhasil login ke akun Instagram, segera kunjungi halaman profil dan pilih pengaturan untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Klik Switch To Professional Account

Setelah masuk di pengaturan, kamu akan melihat opsi menu untuk beralih ke akun profesional. Jika kamu memang ingin melakukan perubahan, klik menu “switch to professional account ” atau beralih ke akun profesional sekarang.

4. Pilih Kategori Blog Pribadi

Setelah klik menu switch to professional account, selanjutnya klik kategori “blog pribadi” pada pilihan yang muncul, kemudian klik Done.

5. Pilih Creator atau Business

Jika kamu memilih “Blog Pribadi” atau “Personal Blog”, kamu akan diminta untuk memilih “Creator” atau “Business”. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan akun instagram masing-masing.

6. Sesuaikan 5 Steps Terakhir Menjadi Profesional Accounts

Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk menyesuaikan informasi yang sesuai dengan niche  akun Instagram kamu. Mulai dari mengisi Profile hingga Explore Professional Tools.

7. Blog Pribadi Sudah Berhasil Ditambahkan

Setelah kamu menyelesaikan enam langkah terakhir maka kamu sudah dapat kembali ke halaman profil. Di bawah foto profil kamu di bagian bio, kamu akan melihat tulisan “Blog Pribadi”.

Nah, itulah beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk menambahkan blog pribadi di instagram. Setelah semua langkah berhasil diselesaikan, kamu secara otomatis akan dialihkan ke akun instagram dengan profil bisnis. Sehingga nantinya kamu akan akan melihat tulisan blog pribadi di bagian atas bio profil instagram.

Perlu kamu ketahui juga bahwa blog pribadi bukan satu-satunya kategori yang bisa kamu pilih, ada beberapa pilihan lain juga, seperti blogger, kreator digital, penulis, dan lain sebagainya.

Kamu dapat mengubah kategori tersebut tergantung pada bidang kerja dan kebutuhan. Cara mengubahnya pun cukup mudah, yaitu dengan mengklik “Edit Profile” dan pilih “Category“. Jika kategori yang diinginkan tidak tercantum, kamu dapat mencari dengan mengetikkannya secara manual.

Selain  itu, jika kamu beralih ke akun profesional, fitur mode private tidak akan tersedia lagi. Namun, kamu masih dapat dengan mudah mengubah akun kamu kembali menjadi akun personal kapan saja.

Fitur-Fitur yang Dapat Diakses dengan Beralih ke Akun Instagram Profesional

1. Mendapatkan Dashboard Profesional

Saat kamu beralih ke akun instagram profesional maka kamu dapat melacak kinerja akun secara detail, mengakses beragam tools, dan menemukan berbagai informasi akurat lainnya dari instagram.

2. Mendapatkan Akses untuk Menautkan Akun Instagram di Halaman Facebook

Saat kamu menautkan akun instagram ke Facebook, admin, editor, atau halaman lainnya maka kamu akan memiliki izin akses yang sama.

3. Bisa Melihat Insight Akun Instagram

Selain itu, kamu juga bisa melihat insight akun instagram. Fitur instagram insights ini memberikan informasi tentang siapa saja followers akun kamu, kapan mereka online, dan lainnya.

Kamu juga dapat melihat insight tentang postingan tertentu yang telah diposting. Tujuan dari insight ini adalah untuk melihat interaksi dan engagement kamu dengan followers.

4. Bisa Menambahkan Info Kontak 

Akun instagram profesional juga dapat menambahkan tombol kontak di halaman profil utamanya. Beberapa info kontak yang bisa kamu tampilkan, seperti peta lokasi, nomor telepon, atau alamat email. Jika kamu memiliki alamat fisik yang ingin ditampilkan, kamu dapat menampilkannya di bawah deskripsi profil.

5. Bisa Menambahkan Label Kategori

Akun instagram profesional juga memiliki label kategori tepat di bawah foto profil. Kategori ini akan mengikuti Halaman Facebook yang sudah terhubung. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kamu dapat memilih label kategori ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

6. Bisa Menempatkan Kotak Masuk Sesuai Prioritas

Dengan akun profesional, kamu memiliki akses ke kotak masuk dengan dua tab, yaitu utama dan umum. Adanya pembagian kotak masuk utama dan umum ini dapat membantu kamu memprioritaskan pesan dan notifikasi yang ingin kamu terima.

7. Permintaan Peringkat

Ranked request atau permintaan peringkat ini adalah fitur yang membantu kamu mengurutkan permintaan pesan baru dari akun yang tidak diikuti berdasarkan tanggal diterima atau berdasarkan akun teratas.

Siapa pun dapat beralih ke akun profesional di instagram. Tentunya dengan banyaknya tools dan fitur tambahan yang tersedia, tak heran jika banyak orang yang memilih akun bisnis atau kreator di Instagram.

Apa Perbedaan Akun Instagram Personal dan Profesional?

Terlepas dari beberapa fitur yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga beberapa perbedaan nyata antara akun Instagram personal dan profesional, diantaranya yaitu:

1. Privacy 

Perbedaan utamanya adalah pada akun profesional kamu tidak akan dapat menggunakan mode privacy seperti yang kamu lakukan dengan akun personal. Ini mungkin bukan fitur yang penting, namun perlu diingat bahwa jika kamu ingin memiliki akun instagram personal dalam mode private maka kamu harus beralih kembali ke profil Instagram personal.

Namun, pada akun instagram personal kamu tidak dapat mempromosikan merek dan eksposur seperti yang dapat dilakukan akun profesional. Oleh karena itu, sebelum beralih akun, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu kebutuhan dan tujuan kamu dalam menggunakan Instagram.

2. Jangkauan Organik

Akun personal cenderung memiliki jangkauan organik yang lebih tinggi dibandingkan akun profesional karena hal tersebut sebagai bagian dari strategi instagram untuk mengutamakan konsumen.

Dengan akun profesional, bisnis diharapkan untuk pay to play dan berinvestasi di platform jika mereka ingin memperluas jangkauan pelanggan mereka.

3. Stiker Musik

Kamu mungkin memperhatikan bahwa akun bisnis dan kreator instagram tidak memiliki akses ke stiker musik di instagram stories. Meskipun instagram belum secara langsung mengomentari hal ini, namun undang-undang hak cipta dan lisensi melarang pengguna menggunakan musik artis lain secara gratis untuk tujuan pemasaran.

Nah, itulah cara menambahkan blog pribadi di instagram. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

24 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

1 day ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago