HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Paling Mudah

Saat ini teknologi benar-benar memberikan dampak signifikan dalam kehidupan, hampir setiap aspek kehidupan yang kita jalani saat ini bersinggungan dengan teknologi, salah satunya media sosial. Tiktok menjadi salah satu sosial media yang dewasa ini sedang ramai sekali diperbincangkan pada jagat dunia maya. Tercatat saat ini ada 700 juta pengguna aktif semenjak pertama kali dirilis pada September 2016.

Ada banyak cara menghasilkan uang dari sosial media, salah satunya yakni melalui TikTok. TikTok adalah platform sosial media yang menjadi wadah bagi para kreator video pendek dari kalangan tua maupun muda.

Maka dari itu, tidak heran jika semakin hari kian banyak pengguna yang mencari panduan cara dapat uang dari TikTok untuk mengusir kebosanan sembari tetap berkarya. Salah satu contoh pengguna TikTok yang berhasil meraih kesuksesan adalah Loren Gray, seorang penyanyi wanita berusia 17 tahun asal Pennsylvania, Amerika Serikat.

Dengan total follower sebanyak 38 juta, rata-rata Ia bisa meraup bayaran hingga ratusan juta Rupiah untuk satu postingan.

Cara Dapat Uang dari TikTok

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sebagai pengguna dapat mendapatkan apapun dari sosial media. Tentunya hal ini dapat dilihat sebagai peluang yang cukup potensial untuk dapat mendatangkan uang.

Berikut adalah cara mendapatkan uang dari Tiktok yang perlu diketahui, yaitu :

1. Melalui Sponsored Post

Sponsored Content Post adalah sebagai influencer TikTok, yang mempromosikan brand tertentu. Biasanya, agensi atau brand akan melihat jumlah followers, like, dan tayangan video, untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok.

Dari sana, akan terlihat apakah followers cocok alias target market dari brand. Bisa dibilang, ini adalah cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling tepat bagi yang telah memiliki followers ribuan atau lebih. Karena itu, sebelum dapat menerima tawaran Sponsored Content Post, harus berusaha menaikkan followers di TikTok.

Ada beberapa cara agar followers di TikTok meningkat, yaitu :

  • Menemukan niche konten.
  • Mengupload video yang menarik, edit video sebelum di post.
  • Konsisten atau terjadwal.
  • Optimasi profile TikTok.
  • Mengikuti challenge viral.
  • Kolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya.
  • Upload konten ke media sosial lain, seperti Instagram, Facebook, dll.
  • Upload di jam prime time.

2. Donasi atau Payout Coins

Ada banyak cara mendapatkan uang dari TikTok saat followers sudah tinggi. Salah satunya dari “donasi” yang diberikan fans saat live streaming di TikTok. Konsepnya hampir sama dengan platform Twitch atau Likee. Saat live streaming, TikTok memungkinkan para viewer memberikan stiker gift yang nantinya dapat ditukar dengan uang.

Biasanya, stiker ini hanya akan dikirimkan viewer untuk menghargai usaha content creator dalam memberikan konten TikTok. Jadi, usahakan membuat konten yang bermanfaat.

3. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Cara kerjanya mengelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang pesat. Sasarannya pun bukan hanya content creator, tetapi juga brand atau perusahaan yang menggunakan TikTok untuk promosi bisnis.

Biasanya, tugas jasa pengelola akun meliputi :

  • Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan video hingga engagement.
  • Mengatur strategi content marketing.
  • Mengembangkan ide kreatif konten TikTok.
  • Mengelola tawaran kerja sama, dll.

Cara ini cocok bagi yang paham seluk beluk dunia marketing. Di TikTok, tidak menutup kemungkinan untuk viral hanya dalam waktu semalam. Agar cara dapat uang di TikTok makin ciamik, maka sebagai TikTok Manager, perlu mempelajari lebih lanjut tentang viral marketing.

4. Jual Beli Akun TikTok

Jika sudah mahir dalam membangun engagement dengan followers, maka cara terbaik menghasilkan uang di TikTok adalah jual beli akun.

Konsepnya sangat simpel, yang perlu dilakukan adalah :

  • Membuat akun dengan minat pada topik tertentu.
  • Menumbuhkan followers, like, jumlah tayangan, dan engagement.
  • Membangun komunitas dengan peminat topik yang sama.
  • Setelah akun menjadi besar, jual ke brand atau perusahaan dengan bidang yang sama.

Jual beli akun TikTok ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan target promosi yang dibutuhkan brand atau perusahaan adalah orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan bidang bisnis mereka.

Untuk yang masih pemula bisa bereksperimen membangun community marketing dan mengelola akun dengan berbagai topik atau minat. Dengan begitu, semakin banyak juga akun yang bisa dijual nantinya.

5. TikTok Marketing

Cara mendapatkan uang dari TikTok dengan menggunakan TikTok Marketing. Aplikasi tikTok Marketing ditujukan bagi pemilik suatu brand dan ingin menarik konsumen dari aplikasi ini. Cara promosi yang paling ampuh di platform ini adalah dengan TikTok Ads. Proses pembangunan TikTok Marketing serupa dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, TikTok memiliki algoritma yang dapat membantu iklan “terlihat” oleh sasaran yang diinginkan. Bisa membangun bisnis harus fokus pada pada bidangnya masing-masing. Maka iklan yang diperlihatkan ke user yang memiliki minat yang sama.

6. Agensi Influencer 

Membangun agensi adalah salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok dengan menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influencer TikTok. Pada umumnya, agensi ini menjadi perantara, koordinator, hingga manajemen, dari perjanjian iklan. Misalnya, mencarikan influencer yang tepat, mengatur konsep iklan, hingga mengelola kerja sama. Cara ini cocok bagi yang memiliki keahlian content marketing dan video marketing. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka agensi influencer ini. Dari sini dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding yang penawaran TikTok.

7. TikTok Influencer

Salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling digemari adalah menjadi influencer. Selain popularitas, TikTok influencer bisa menghasilkan uang dalam berbagai kesempatan, misalnya :

  • Sponsored content post.
  • Brand ambassador.
  • Marketing afiliasi.
  • Endorsement, dan lainnya.

Untuk menjadi TikTok influencer tentunya memerlukan beberapa strategi. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Khaby Lame. Dengan ide konten kreatif, ekspresi yang menarik, dan tentunya konsistensi, mengantarkan Khabe Lame yang tadinya seorang TikTokers biasa, menjadi influencer dengan followers 90,2 juta. Sebagai influencer, Khaby Lame pun berhasil mendapatkan uang dari TikTok hingga 2,7 juta dollar.

8. Promosi Musik

Bagi yang berada di dunia musik, TikTok bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang yang ampuh. Sebab, sebagian besar konten di TikTok dapat diiringi dengan musik tertentu,

Pernah dengar lagu To The Bone milik Pamungkas. Lagu tersebut adalah salah satu contoh promosi musik yang berhasil viral melalui TikTok. Lagu tersebut berhasil tenar karena digunakan dalam banyak sekali video TikTok. Efek lainnya, lagu telah diputar di Spotify hingga 1,9 juta kali.

9. Mengarahkan Traffic ke Platform Lain

Apabila memiliki konten di platform lain ada caranya cukup mudah, hanya dengan menautkan link ke konten di platform lain seperti Instagram dan YouTube. Dengan begitu, akan banyak orang yang mengunjungi platform lainnya, setelah melihat video TikTok.

Potensi Penghasilan TikTok

Cara menghasilkan uang di TikTok relatif berbeda jika dibandingkan dengan YouTube. Pengguna tidak mendapatkan pemasukan dari sistem bagi hasil iklan yang ditayangkan di dalam konten.

Namun, pihak TikTok mendorong agar brand atau influencer menyisipkan iklan endorsement langsung ke dalam konten.

Konsep ini secara umum memang memiliki potensi yang lebih besar dari segi pendapatan. Pasalnya, influencer TikTok tidak harus berbagi penghasilan dengan perusahaan. Di sisi lain, jumlah produk placement yang bisa didapatkan oleh influencer juga tidak terbatas.

Terlepas dari itu, TikTok sejatinya mempunyai hukum dasar yang sama seperti platform media sosial pada umumnya, yakni wajib memiliki audiens yang besar jika ingin mendapatkan potensi penghasilan signifikan.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago