HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Android Terbaru 2022

Android menjadi sistem operasi dengan pengguna terbanyak di dunia. Salah satu alasannya adalah karena sifatnya yang open source.

Sifat open source ini bisa membuat mengutak-atik sistem operasi ini dan memudahkan developer dalam membuat aplikasi-aplikasi keren. Banyaknya aplikasi Android bikin kita jadi tergiur untuk meng-install aplikasi atau game terbaru di smartphone. Sayangnya, tidak semua proses instalasi berjalan mulus.

Jika pernah mengalami kesulitan install aplikasi wajib banget menyimak cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang yang bakal diuraikan berikut ini :

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang harus mengetahui dulu apa penyebab hal tersebut terjadi di smartphone Android.

Hal ini bertujuan agar bisa mencari solusi yang efektif dan praktis dalam mengatasi masalah tersebut. Sejauh ini, terdapat beberapa masalah utama kenapa aplikasi gagal terinstall di smartphone.

1. Memori Tidak Cukup

Jika suka mengoleksi aplikasi atau game, tapi smartphone jadul dan memori penyimpanannya kecil, mendingan urungkan saja niat.

Pasalnya memori tidak cukup tidak hanya membuat gagal install aplikasi saja, tapi juga bisa membuat smartphone menjadi semakin lemot dan tidak berfungsi dengan maksimal. Jika smartphone memiliki slot memori eksternal, mendingan pasang saja. Pindahkan segala data seperti musik, foto, dan video ke dalam memori eksternal.

2. Aplikasi Tidak Kompatibel

Selain memori yang penuh juga harus memerhatikan spesifikasi minimum dari aplikasi yang ingin di install. Mulai dari RAM, chipset, bahkan OS. Misalkan ingin meng-install aplikasi dengan spesifikasi minimum OS Lollipop, sementara smartphone sendiri masih menggunakan OS KitKat.

Selain itu, versi aplikasi yang ingin di install juga berpengaruh banget. Versi aplikasi yang terlalu jadul juga bikin smartphone jadi tidak bisa meng-install aplikasi tersebut.

3. File APK Rusak

APK adalah paket aplikasi Android (Android Package) yang umumnya digunakan untuk menyimpan sebuah aplikasi atau program yang akan dijalankan pada perangkat Android. APK bisa didownload melalui situs penyedia aplikasi tidak resmi di luar Google Play Store. Misalnya saja seperti WhatsApp mod atau game Android yang sudah di-hack.

Karena tidak download secara resmi, otomatis APK tersebut tidak mendapatkan update dan support secara langsung dari developer.

4. Lokasi Instalasi Salah

Seperti yang diketahui, smartphone pada umumnya memiliki 2 memori penyimpanan, yakni internal dan eksternal. Terkadang aplikasi gagal di-install juga karena hal ini.

Ada aplikasi yang bisa di-install di memori internal dan eksternal, namun ada juga aplikasi yang hanya bisa dipasang di memori internal. Mungkin saja aplikasi tidak bisa di-install karena mencobanya di memori eksternal (SD Card) sementara aplikasi tersebut hanya bisa di-install di memori internal.

5. Penyebab Lain

Selain keempat penyebab di atas juga bisa mempertimbangkan hal-hal lain. Misalnya seperti memori corrupt atau ada permission yang belum disetujui. Memberi izin pada smartphone untuk meng-install aplikasi dari sumber tidak dikenal penting banget kalau misalnya men-download APK di luar Google Play Store.

Secara default, Android menonaktifkan opsi ini untuk mencegah virus atau program malware yang disembunyikan di dalam APK masuk ke smartphone.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Android

Setelah mengetahui penyebab kenapa aplikasi tidak bisa terpasang, kini saatnya membahas mengenai cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang di Android.

Bisa mencocokkan penyebab di atas apakah sesuai dengan kondisi yang dialami. Setelah itu, baru mencari solusi yang sesuai dari daftar di bawah ini :

1. Beri Izin Memori Internal

Aplikasi yang baru terinstall biasanya masuk ke memori internal. Di smartphone Android versi 5.0 ke atas, terdapat sebuah fitur yang bikin memori bisa diakses ketika sudah mendapatkan izin saja dari penggunanya.

Bisa coba periksa atau ubah pengaturan izin tersebut. Agar tidak muncul masalah saat proses install aplikasi. Mari simak caranya di bawah ini :

  1. Buka Setting » Aplikasi atau APL.
  2. Buka Menu Aplikasi. Cari dan buka aplikasi Google Play Store.
  3. Masuk ke menu Izin. Aktifkan Izin Penyimpanan.

Sementara jika menginstallnya dalam bentuk APK, coba cek pengaturan pemasang paket seperti di bawah ini :

  1. Buka Setting.
  2. Masuk ke menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi Pemasang Paket.
  4. Buka menu Izin, lalu aktifkan Izin Penyimpanan.
  5. Restart HP seperti biasa, kemudian coba install aplikasinya kembali.

2. Hapus Cache Google Play Store

Cache pada aplikasi kadang mengganggu jika berukuran besar. Menghapus Cache yang terdapat pada penyimpanan Google Play Store bisa jadi solusi untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa terpasang di Android. Begini langkah-langkahnya :

  1. Buka Setting.
  2. Buka Menu Aplikasi. Cari dan buka aplikasi Google Play Store.
  3. Klik menu Penyimpanan.
  4. Ketuk tombol Hapus Cache dan klik Uninstall Pembaruan.
  5. Selesai.

3. Cek Memori Internal

Setiap aplikasi memiliki ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu harus memastikan bahwa terdapat penyimpanan yang cukup sesuai dengan ukuran dari aplikasi yang akan di install. Jika kesulitan memasang aplikasi, coba periksa media penyimpanan. Untuk cara mengeceknya, coba buka aplikasi File Manager.

Pada File Manager, terdapat rincian kapasitas memori internal, jumlah yang sudah terpakai, dan sisa ruang yang tersedia. Jika ruang penyimpanan penuh, sebaiknya langsung cari dan hapus saja data yang tidak diperlukan lagi. Misalnya video, dokumen, musik, atau foto yang tidak penting.

4. Install Custom ROM

Custom ROM adalah versi dari Android yang dibuat oleh pengembang atau developer pihak ketiga untuk perangkat. Custom ROM dibuat untuk menggantikan stock ROM, default versi Android yang diberikan oleh perusahaan smartphone yang dimiliki.

Stock ROM berpotensi untuk meningkatkan performa dan daya tahan baterai, serta memungkinkan kamu untuk mendapatkan versi Android yang tidak disediakan oleh smartphone. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh profesional. Jika masih pemula disarankan pakai cara lain saja, karena proses pemasangannya sulit dilakukan.

Permasalahan aplikasi tidak terpasang seharusnya akan hilang dengan cara ini.

5. Restart Smartphone

Solusi selanjutnya adalah dengan hal yang sangat simpel, yakni merestart smartphone. Sebagian besar masalah yang terjadi di HP bisa diatasi dengan melakukan restart. Restart atau reboot berfungsi untuk me-refresh kembali sistem di smartphone sekaligus menghentikan semua program yang berjalan di background.

Caranya cukup mudah tinggal tekan tombol power selama beberapa detik hingga muncul opsi untuk me-reboot atau restart.

6. Cek Spesifikasi Aplikasi

Sebelum meng-install aplikasi, pastikan smartphone sudah memenuhi semua spesifikasi minimum yang disarankan oleh aplikasi. Cara gampangnya adalah bisa mencari aplikasi tersebut di Google Play Store. Jika tidak ada berarti antara smartphone tidak mendukung atau aplikasi tersebut berbahaya bagi smartphone.

Selain itu juga bisa membuka halaman aplikasi di Google Play Store untuk mengecek spesifikasi minimum dari aplikasi tersebut.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Jika tidak bisa install aplikasi karena memori kepenuhan, mungkin bisa pakai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang satu ini. Misalnya suka banget main game di HP. Namun karena kesibukan jadi tidak bisa main game untuk beberapa waktu.

Dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai, bisa meng-install aplikasi yang lebih berguna atau diinginkan. Biar lebih mudah bisa gunakan aplikasi cleaner.

8. Berikan Izin Aplikasi yang Tidak Dikenal

HP Android memerlukan izin untuk meng-install aplikasi yang tidak dikenal untuk alasan keamanan. Hal ini menjadi salah satu penyebab aplikasi tidak terinstall di Android. Dengan melakukan hal ini jadi lebih leluasa untuk meng-install aplikasi di luar Google Play Store. Namun harus ingat bahwa opsi ini bisa membuat smarphone rentan terkena virus.

Mari simak langkah-langkah untuk memberikan izin aplikasi yang tidak dikenal :

  1. Buka menu Settings di smartphone. Pilih Passwords & Security.
  2. Pilih Privacy di dalam kolom Privacy.
  3. Klik Special app access. Tap Install unknown apps.
  4. Jika men-download APK dari Google Chrome, klik pada aplikasi tersebut.
  5. Aktifkan Allow from this source.

9. Reset HP

Jika cara-cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di atas tidak ada yang ampuh, mungkin problemnya adalah dari smartphone. Jika smartphone sering banget download aplikasi tidak resmi, mungkin saja smartphone memiliki malware atau bug pada OS sehingga menjadi error.

Solusinya bisa factory reset smartphone supaya bisa berfungsi dengan normal kembali. Sebelumnya bisa backup data dulu supaya tidak hilang akibat reset.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

19 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

23 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago