HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian,Fungsi Serta Cara Kerja Dari Faximile

Ada beberapa hal yang tidak dapat dikirim melalui email atau terlalu beresiko jika dikirimkan melalui email.Kemajuan teknologi tidak menghilangkan peran faximile dan masih digunakan sebagian orang.Berikut ini artikel pembahasan mengenai Faximile beserta kelebihan kekurangannya.

Pengertian Faximile

Faximile merupakan perangkat yang digunakan untuk mengirim dokumen secara elektronik melalui jaringan telepon.Faximile disebut juga dengan telecopying karena merupakan transmisi dari scanned-in printer berupa teks atau gambar yang biasanya ditujukan ke nomor telepon yang terkait dengan printer atau perangkat lainnya.

Sekarang mesin fax sudah menjadi device multifungsi yang dilengkapi fitur dan print,scan dan copy.Selain itu,kini sudah banyak faks online atau server faks.Sistem berbasis internet dapat memfasilitasi transmisi fax tetapi tidak memerlukan pengguna akhir untuk memiliki mesin fax.Meski begitu maksimal masih digunakan untuk mengirim dokumen dengan informasi sensitif seperti keuangan,laporan kesehatan,legal dan pada sektor manufaktur.Mesin faximile mengirimkan dokumen yang sama persis seperti data aslinya dengan bantuan pemindaian yang terdapat pada mesin fax.

Biasanya dokumen yang dikirimkan dengan menggunakan mesin faximile antara lain : surat kabar,foto,dokumen keuangan, telegram,peta,dokumen tentang cuaca dan lain sebagainya.Ada juga yang mengatakan bahwa faximile merupakan sebuah mesin fotokopi jarak jauh atau telecopier.

Sejarah Faximile

Kata faximile berasal berasal dari bahasa latin yaitu ‘fac simile’(make similar) yang dengan kata lain mengakibatkan duplikat yang sama dengan aslinya.Di sekian banyak tempat, mesin faksimile pun dikenal sebagai telecopier.

Pertama kali mesin faximile diciptakan dan dipatenkan pada tahun 1843 oleh Alexander Bain,seorang fisikawan Skotlandia. Awalnya ia menggambarkan perangkat komunikasi yang dinamakan telegraf,penemuan berikutnya menjadi wujud awal mesin faximile.Mesin fax produksi Bain ini bekerja menurut jam elektrik yang pada mulanya ia temukan.

Ide pembuatan mesin faximile dikembangkan Frederick Bakewell yang banyak memperbaiki desain awal Bain.Kemudian tahun 1851,Bakewell mempertontonkan karyanya ke pameran besar di London.Ternyata mesin ciptaan Bakewell dan Bain masih paling lemah dan menghasilkan gambar dengan mutu buruk.Hal ini berlangsung dikarenakan masih belum sesuainya mekanisme terhadap sistem ekspedisi dan penerimaan.Berlanjut pada tahun 1862,ketika fisikawan Italia Giovanni Caselli menciptakan sebuah mesin yang dinamakan pantelegraph (perpaduan pada pantograph dan telegraf) yang didasarkan pada penemuan Bain.Ia kemudian terhubung fasilitas komersial telefaks yang kesatu pada Lyon dan Paris di tahun 1865.

Seorang penemu Inggris,Shelford Bildwell,selanjutnya merangkai scanning phototelegraph yaitu sebuah telefaks mesin kesatu yang bisa melaksanakan scanning di dalam format 2 dimensi.Penemuan selanjutnya terus dikembangkan oleh para berpengalaman sampai tahun 1929 ditemukan hellschreiber oleh Rudolf Hell yang menjadi penggagas awal mekanisme ekspedisi dan scanning dokumen terhadap mesin faksimile.

Bertahun-tahun,mesin faximile dioperasikan dengan rumit,mahal dan ada masalah untuk digunakan,namun pada 1966 Xerox mengenalkan telecopier Magnafax,mesin faksimile yang lebih mudah digunakan dan bisa dihubungkan ke drainase telepon.Dengan mesin ini,dokumen surat butuh waktu 6 menit kegunaan dikirimkan.Meskipun prosesnya lambat,di masa itu faximile merupakan teknologi yang besar.

Meski perlengkapan untuk mengantarkan dokumen cetak secara elektronik sudah ada sejak mula abad ke-19,tetapi mesin faximile menjadi tidak sedikit digunakan dan dirasakan untungkan terhadap pertengahan tahun 1970-an.Mesin fax digital kesatu terhadap masa selanjutnya menjadi paling popular di Jepang dikarenakan adanya keperluan yang benar-benar urgen terhadap mesin fax.Kemudian mesin fax menjadi begitu mudah dicapai supaya pada akhirnya familiar ke seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu,mesin faximile terus merasakan perkembangan,terlebih didalam urusan perbaikan kecepatan transmisinya (pengirimannya).Hal ini berlangsung dikarenakan semakin besar kecepatan transmisi,semakin cepat pula dokumen dapat terkirimkan.

Jenis-Jenis Faximile

Faximile memiliki beberapa jenis,diantaranya :

  • Thermal Paper Fax

Thermal paper fax merupakan mesin fax yang menggunakan gulungan kertas atau wallpaper.Jenis ini biasanya digunakan untuk pekerjaan yang tidak terlalu banyak.

  • Plain Paper Fax

Mesin Plain Paper Fax dapat digunakan untuk pekerjaan ringan atau tidak terlalu banyak.Kertas yang digunakan adalah kertas paper atau A4,legal dan letter.Perlengkapan yang dibutuhkan berupa cartridge atau ribbon film.

  • Laser Fax

Mesin Laser Fax dapat digunakan untuk banyak pekerjaan atau kebutuhan karena sudah dilengkapi dengan fasilitas scanner dan printer.

Fungsi Faximile

Mesin faximile mempunyai banyak fungsi untuk mendukung kebutuhan personal dan bisnis.Berikut ini fungsi faximile :

1.Mengirim dokumen : Faximile dimanfaatkan untuk mengirim dokumen yang sama persis dengan dokumen aslinya. Faximile juga sering digunakan untuk mengirim dokumen yang bermuatan sensitif atau sangat rahasia seperti laporan keuangan medical check up dan surat legal.

Surat elektronik atau email kurang efektif bagi sebagian orang dan instansi untuk mengirimkan beberapa jenis dokumen. Mengirimkan dokumen melalui maksimal tentu lebih efektif daripada menggunakan jasa pengiriman pos.

2. Menerima Dokumen : Faximile bekerja dengan jalur atau nomor telepon sehingga ada pihak penerima yang dituju oleh pengirim dokumen.Sebagian orang dan instansi memanfaatkan faximile untuk menerima dokumen cetak.Proses menerima dokumen cetak LB cepat sesaat sesudah dokumen tersebut dikirimkan.

Cara Kerja Pada Faximile

Awal mula penggunaan faximile,mesin teks dioperasikan melalui jalur telepon yang mentransmisikan teks atau gambar menggunakan kode seperti morse.Ketika mengirimkan data,mesin fax memindai dan membaca kode dokumen terlebih dahulu sebelum mentransmisikannya kepada mesin penerima.Pengiriman dokumen harus tersedia 2 perangkat yang memungkinkan menggunakan jaringan telepon.Ketika koneksi sudah tersedia maka proses transmisi data akan terjadi.Mesin faximile menerima dan membaca kode data yang dikirim kemudian membuat dan mencetak salinan dokumen yang dikirim.

Dokumen asli dipindai dengan mesin fax yang menangkap teks atau gambar sebagai gambar grafik tetap kemudian mengubahnya menjadi bitmap.Informasi ditransmisikan sebagai sinyal listrik melalui sistem telepon.Mesin faximile penerima mengubah kembali gambar berkode dan mencetak salinan kertas dari dokumen tersebut.

Kelebihan Faximile

Ada beberapa kelebihan dari mesin faximile sehingga masih banyak digunakan meski sudah ditemukan alat atau perangkat pengirim dokumen lainnya.Berikut kelebihan faximile :

1.Kecepatan

Mengirim dokumen melalui fax dapat dengan cepat diterima hanya dalam hitungan detik.Hal ini harus didukung mesin fax yang berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah pada jaringan telepon.

2.Biaya Murah

Mengirimkan dokumen dengan mesin faximile lebih efisien dalam hal biaya khususnya jika dibandingkan dengan mengirimkan melalui pos atau jasa kurir.

3.Bebas Malware

Menggunakan faximile lebih aman,tidak seperti mengirimkan dokumen melalui email yang berpotensi menyebabkan malware.Mesin fax tidak memiliki virus atau potensial untuk program dari sebuah komputer.Mengirimkan dokumen dengan faximile hanya membutuhkan nomor yang tepat maka dijamin dokumen terkirim secara langsung.

4.Instalasi Mudah

Instalasi kata pemasangan mesin maksimal tergolong mudah dan tidak perlu mendatangkan teknisi. Penggunaan mesin fax pun mudah dan mungkin hanya perlu dipelajari beberapa kali.

5.Keamanan Dokumen

Mengirimkan dokumen melalui email memiliki potensi diretas dan diintervensi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan faximile secara langsung dapat diterima oleh nomor tujuan.

6.Legalitas

Faximile memungkinkan seseorang untuk mengirim data asli seperti tulisan tangan atau tanda tangan,seperti untuk kebutuhan legal diharuskan menggunakan data atau dokumen asli.

Kekurangan Faximile

Ada beberapa kekurangan dari mesin faximile terlebih karena kemajuan teknologi,berikut ini :

1.Kerusakan Pada Data

Perangkat atau mesin fax baik yang mengirim ataupun yang menerima harus dalam kondisi berfungsi dan baik.Jika salah satu mesin tidak berfungsi maka dokumen yang dikirimkan akan rusak bahkan gagal dikirim dan gagal diterima,sehingga harus mengulang mengirimkan dokumen atau menggunakan mesin faximile yang lain.

2.Memerlukan Pemeliharaan Mesin

Agar dapat menerima dan mengirim dokumen tanpa terjadi kerusakan,diperlukan proses pemeliharaan terhadap perangkat atau mesin fax secara berkala.Hal ini tentunya membutuhkan waktu dan biaya untuk memeriksa komponen dari mesin faximile.

3.Kualitas

Kualitas transmisi mesin fax lebih rendah dari perangkat print biasa.Dokumen yang dikirimkan mungkin akan diterima dengan kualitas rendah oleh penerima.

4.Memiliki Sambungan Nomor Telepon Rumah

Untuk menggunakan mesin fax diperlukan jaringan nomor telepon rumah.Apabila jaringan sistem telepon mati maka pengiriman dan proses menerima fax email menjadi terganggu.

Sekian artikel tentang faximile ini,semoga dapat bermanfaat !

3.5/5 - (2 votes)
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

14 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

16 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago