HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus adalah tech hack yang wajib diketahui sebagai pengguna Android. Sebab, aplikasi yang tidak bisa dihapus nyatanya memang ada banyak.

Google Play Store menyediakan segudang aplikasi yang bisa didownload dan install. Namun tidak jarang bakal menemui aplikasi Android palsu yang malah berisi iklan dan susah untuk dihapus alias uninstall. Aplikasi smartphone yang tidak bisa dihapus ini tentu akan sangat menyebalkan. Sebab smartphone jadi berat karena aplikasi tersebut memakan memori dan storage.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus Android

Karena beberapa pengaturan yang diaktifkan, terkadang aplikasi Android menolak untuk di-uninstall alias dihapus dari smartphone. Namun tidak perlu khawatir sebab aplikasi tersebut sebenarnya bisa dihapus, tapi memang perlu cara khusus untuk melakukannya.

Berikut beberapa cara yang dapat dicoba untuk menghapus aplikasi Android yang membandel.

1. Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Device Administrator

Cara pertama yang dapat dilakukan saat menemukan masalah ini adalah melalui pengaturan pada Device Administrator. Bisa melakukannya tanpa mengunduh aplikasi tambahan.

Berikut beberapa langkah yang wajib dilakukan, yaitu :

  • Pastikan bahwa benar aplikasi smartphone tidak bisa dihapus. Tandanya terlihat pada pengaturan aplikasi Assistive Touch, tombol Force stop dan Uninstall tidak bisa digunakan.
  • Buka menu Setting kemudian pilih Security. Scroll ke bawah, lalu pilih Device Administrator untuk membuka tampilan pengaturan.
  • Tap pada aplikasi yang hendak dihapus, kemudian pilih Deactivate untuk menonaktifkan pengaturan. Setelahnya pastikan tanda check hilang pada aplikasi yang akan dihapus.
  • Setelah melakukan langkah di atas, sekarang pengaturan Force stop dan Uninstall aktif kembali sehingga aplikasi dapat dihapus atau uninstall.

2. Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Aplikasi Tambahan

Selanjutnya adalah cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus dengan menginstall aplikasi khusus. Cara ini bisa digunakan jika belum menemukan jalan keluar setelah melakukan cara sebelumnya. Selain itu juga bisa mencoba cara ini untuk langsung menghapus aplikasi yang tidak bisa di-uninstall di smartphone secara paksa dan tanpa perlu pengaturan tambahan apapun.

Salah satu aplikasi yang bisa melakukan tugas ini adalah Easy Uninstaller. Panduan lengkap cara menghapus serta link download aplikasi ini bisa didapatkan di bawah :

  • Download Easy Unistaller APK di Google Play Store.
  • Jalankan APK.
  • Klik Start Using Now. Aplikasi akan menjalankan analisis perangkat Android.
  • Tandai aplikasi yang ingin diuninstall.
  • Konfirmasi jika memang ingin menghapus aplikasi tersebut.
  • Selesai.

Cara ini memang efektif untuk menghapus aplikasi membandel di smartphone. Namun, perlu diingat juga butuh memori dan storage tambahan untuk menginstall aplikasi ini.

3. Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Factory Reset

Namun, bukan berarti cara sebelumnya belum tentu berhasil menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus. Ada beberapa aplikasi tertentu yang malah mengandung adware dan malware yang hanya bisa dihapus dengan factory reset.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Sebelum melakukan factory reset harus paham jika melakukan langkah ini berarti akan menghapus seluruh data pada smartphone. Sebaiknya backup data terlebih dahulu.
  • Bisa menuju menu Settings, lalu pergi ke tab Personal. Di sini cukup memilih menu Backup & reset untuk memulai factory reset.
  • Pada menu Backup & reset pilih Factory Data Reset. Bakal diberi peringatan terlebih dahulu. Jika sudah yakin tekan tombol Reset device untuk memulai proses.
  • Terakhir wajib memasukkan kode keamanan yang digunakan pada smartphone Android. Tunggu hingga proses selesai dan smartphone kembali ke kondisi semula.

4. Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Menonaktifkannya

Cara ini bisa dicoba bagi yang ingin menghapus aplikasi bawaan pada smartphone Android. Saat ini, aplikasi Android biasanya punya OS versinya sendiri sehingga memasukkan banyak aplikasi bawaan. Sayangnya, beberapa aplikasi bawaan tersebut bisa memakan banyak memori. Aplikasi tersebut bahkan tidak bisa di uninstall karena tidak ada pilihan untuk melakukannya.

Aplikasi bawaan ternyata bisa dihapus. Namun, cara ini tidak bisa dibilang murni menghapus. Sebab, hal yang dilakukan adalah menonaktifkan aplikasi.

Meski tidak menghapus, cara ini cukup efektif karena akan mengurangi konsumsi memori (RAM) dalam jumlah yang terbilang signifikan. Sayangnya, kelemahan dari metode ini adalah storage yang tetap terisi oleh aplikasi karena tidak menghapusnya.

Jika merasa cara ini adalah yang terbaik untuk smartphone, silahkan simak panduannya di bawah ini :

  • Buka menu Settings/Pengaturan.
  • Cari menu Aplikasi/Kelola Aplikasi/Semua Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang akan di “hapus”.
  • Klik aplikasi tersebut.
  • Klik Disable/Nonaktifkan di bagian bawah.

5. Cara Menghapus Aplikasi Di Android Yang Tidak Dapat Di Hapus Melalui PC

Saatnya menghapus aplikasi tersebut menggunakan perintah ADB. Perintah ADB di sini merupakan kode default yang dapat di terapkan pada semua jenis aplikasi android. Yang di perlukan adalah nama Package aplikasi tersebut.

Perintahnya seperti ini :

pm uninstall –k ––user 0 <name of package>

Untuk mengetahui nama package sebuah aplikasi kita bisa menggunakan playstore. Cari aplikasi yang ingin di hapus tersebut melalui Play Store, Misalnya akan menghapus Google Chrome pada android, maka buka Google Chrome di Play Store. Cara melihat Package name nya, dengan melihat url di belakang app tersebut. Untuk google Chrome nama packgae nya com.android.chrome

Jadi masukkan perintah ADB

pm uninstall –k ––user 0 com.android.chrome.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago