HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mengembalikan Akun Instagram Kena Suspend

Di media sosial pun banyak laporan soal Instagram ditangguhkan padahal akun mereka tidak melakukan pelanggaran komunitas.

Jelas, kejadian tersebut menimbulkan tagar yang trending di Twitter, seperti Ini Instagram, Instagram Down, dan Instagram error. Tidak heran jika setelahnya muncul pertanyaan mengenai cara mengembalikan akun IG yang kena suspend.

Penyebab Akun Instagram Kena Suspend

Sebagai informasi, arti Instagram suspend atau ditangguhkan adalah karena pengguna tidak mengikuti pedoman komunitas dan IG tidak dapat mengonfirmasi akun pengguna. Ketika akun di-suspend, orang tidak dapat melihat postingan.

Lalu, apa penyebab akun IG ditangguhkan? Dilansir akun Twitter resmi milik Instagram Comms, pihak Instagram menjelaskan secara singkat penyebab akun kena suspend.

Pihaknya mengaku akan selalu menjadikan Instagram menjadi tempat yang autentik dan aman untuk menyalurkan inspirasi dan ekspresi.

“Bantu kami menumbuhkan komunitas ini. Hanya posting foto dan video sendiri dan selalu patuhi hukum. Hormati semua orang di Instagram, jangan mengirimkan spam atau memposting ketelanjangan,” tulisnya.

Secara detail, berikut sejumlah alasan kenapa akun Instagram ditangguhkan atau Instagram account suspended :

  • Pernah mengunggah foto orang lain yang sudah ada di internet. Dengan kata lain tidak mengunggah foto berdasarkan apa yang dipotret.
  • Pernah mengunggah foto sensual meskipun bersifat artistik atau kreatif. Maksud dari ketelanjangan tersebut meliputi foto, video, dan sejumlah konten yang dibuat secara digital. Secara detail menunjukkan hubungan seksual, alat kelamin, dan foto jarak dekat bagian area sensitif yang diekspos, kecuali situasi terkait kesehatan atau persalinan.
  • Pernah spam di IG. Pihak IG tidak ingin mengumpulkan like maupun followers palsu atau membelinya.
  • Pernah mengunggah konten yang melanggar hukum. Instagram bukan tempat untuk mendukung atau mengagungkan terorisme, kejahatan terorganisasi, grup penebar kebencian, atau larangan untuk menawarkan layanan seksual.
  • Pernah memposting ujaran kebencian dan sebagainya. Konten yang dihapus adalah yang mengandung ancaman serius atau ujaran kebencian, bullying, penggunaan informasi pribadi untuk tujuan memeras maupun melecehkan seseorang, serta pesan berulang yang tidak diinginkan.
  • Pernah mengunggah gambar sadis.
  • Pernah mengunggah foto yang melukai diri sendiri.

Cara Mengembalikan Akun IG yang Ditangguhkan

Apakah hingga kini akun Instagram masih tidak bisa diakses karena ditangguhkan? Jika masih bermasalah, kamu bisa simak cara untuk mengembalikan IG milikmu berikut ini:

1. Menghapus cache aplikasi instagram

Semakin sering menggunakan aplikasi Instagram, maka besar kemungkinan ada cache yang menumpuk di dalamnya. Walaupun pada umumnya cache berfungsi untuk mempercepat proses loading aplikasi, cache juga bisa menyebabkan Instagram error sehingga akun tersuspend secara otomatis. Berikut ini adalah cara menghapus cache aplikasi Instagram di handphone Android :

  • Pertama, tekan dan tahan icon aplikasi Instagram pada tampilan layar handphone.
  • Pilihlah opsi App Info atau Info Aplikasi. Selain itu juga bisa mengakses menu ini lewat Setting handphone, kemudian pilih Apps.
  • Setelah muncul tampilan info aplikasi Instagram, pilihlah menu Clear Data atau Hapus Data.
  • Klik opsi Clear Cache atau Hapus Cache.
  • Cek kembali apakah akun Instagram sudah kembali atau belum melalui Instagram website. Mintalah bantuan teman juga apabila dibutuhkan.

2. Menggunakan opsi login melalui facebook

Jika cara sebelumnya kurang ampuh, kamu bisa memanfaatkan Facebook untuk login akun Instagram seperti semula. Untungnya, Instagram menyediakan fitur login dengan Facebook yang bermanfaat khususnya bagi yang lupa username atau password akun. Opsi ini bisa ditemui secara mudah dengan tombol Login Melalui Facebook. Namun, cara ini baru akan terjamin jika akun Instagram sebelumnya sudah terhubung dengan Facebook.

3. Menggunakan opsi forgot password

Selanjutnya dapat menggunakan fitur Lupa Password. Walaupun fitur ini dikhususkan untuk pengguna Instagram yang lupa kata sandi akunnya, bisa mencoba menggunakannya untuk mengembalikan akun Instagram kena suspend. Dengan menekan opsi Forgot Password atau Lupa Password, dapat memilih email atau sms sebagai perantara yang digunakan Instagram untuk mengirimkan link pengaturan ulang password.

4. Menginstall ulang aplikasi instagram

Cara yang satu ini berguna juga menjadi solusi permasalahan akun Instagram lainnya. Bisa saja, aplikasi Instagram memiliki gangguan sehingga harus diunduh kembali. Setelah Instagram sudah selesai diunduh, lakukan login seperti biasa dengan memasukkan username, nomor handphone, atau email pengguna. Jangan lupa juga untuk memasukkan kata sandi dan melakukan verifikasi akun.

5. Menggunakan formulir help yang disediakan instagram

Ketika semua cara di atas belum berhasil, bisa mengunjungi pusat bantuan Instagram sebagai cara yang terakhir mengatasi Instagram kena suspend. Dengan ini akan diarahkan ke sebuah form untuk mengembalikan akun Instagram. Form ini membutuhkan data berupa informasi pribadi dan keterangan berupa alasan pengembalian akun. Jangan lupa untuk menjelaskan secara rinci waktu tepatnya akun Instagram kena suspend beserta bukti-bukti penguatnya.

  • Buka Instagram » Klik tulisan Dapatkan bantuan untuk login.
  • Masukkan nama pengguna, email, atau nomor telepon yang sudah tersambung.
  • Klik tulisan Perlu bantuan lain?.
  • Pilih cara pemulihan akun yang diinginkan (nomor telepon atau email).
  • Kemudian akan menerima konfirmasi kode.
  • Muncul perintah untuk input backup code.
  • Jika tidak tahu backup code, klik Try Another Way dan Request Support.
  • Isi formulir yang diberikan.
  • Tunggu dikontak oleh pihak Instagram melalui email untuk pengembalian akun IG.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

14 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago