HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Account Manager : Pengertian, Tugas, dan Skill yang Diperlukan

Apa Itu Account Manager?

Account Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam mengelola akun dan menjaga hubungan kerja sama dengan klien.

Caranya, dengan memastikan kebutuhan klien terpenuhi. Tugas account manager jugalah untuk mewadahi dan menangani keluhan dari klien. Dengan adanya Account Manager, harapannya relasi kerja antara perusahaan dan klien tetap berlanjut sehingga customer retention akan terus meningkat.

Perlu diketahui, biaya menjaring klien baru bisa mencapai 5 kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan klien lama. Padahal, meningkatkan customer retention hingga 5% saja sudah bisa melonjakkan profit sebesar 25-95%.

Tak heran, peran Account Manager sangat krusial dalam perkembangan bisnis. Karenanya, demand perusahaan terhadap profesi ini cukup tinggi. Bahkan, profesi ini diproyeksi tumbuh hingga 8% di tahun 2028.

Menurut Indeed, gaji Account Manager di Indonesia berkisar antara Rp 6,2-11,6 juta per bulan. Bahkan, gaji per bulan Account Manager level senior bisa mencapai Rp 18,7 juta.

Tugas dan Tanggung Jawab Account Manager

Ini dia beberapa tugas Account Manager yang perlu diketahui :

  • Mempertahankan hubungan positif dengan klien dengan selalu siap memberikan solusi bagi setiap kendala yang dialami klien.
  • Berkomunikasi dengan tim lain untuk menyelesaikan setiap keluhan atau masalah klien.
  • Memastikan apakah kendala klien sudah terselesaikan setelah menerapkan solusi yang ditawarkan.
  • Melakukan analisis peluang usaha dan memberikan rekomendasi peluang tersebut kepada klien.
  • Membuat dan menyampaikan laporan baik ke perusahaan maupun klien terkait perkembangan proyek yang sedang berlangsung.
  • Melakukan cross selling dan up selling, yaitu menawarkan layanan atau produk yang relevan kepada klien.
  • Follow up klien yang kontraknya akan habis untuk melakukan negosiasi perpanjangan kontrak.

Skill yang Diperlukan Account Manager

Beberapa skill yang perlu dimiliki Account Manager adalah sebagai berikut :

1. Kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi baik lisan maupun tulisan menjadi skill nomor 1 yang wajib dimiliki oleh Account Manager. Sebab, Account Manager adalah profesi yang mengharuskan menjadi garda depan dan berhubungan langsung dengan klien. Jadi jika ada kendala dengan layanan yang diberikan, harus siap menghadapi keluhan klien.

Namun, skill komunikasi tidak melulu soal bicara tapi juga mendengarkan. Jadi, Account Manager juga harus mampu mendengarkan dengan baik informasi yang disampaikan oleh orang lain. Utamanya, ketika itu berhubungan dengan kekhawatiran klien terhadap produk atau layanan perusahaan.

2. Negosiasi

Skill negosiasi menjadi hal utama yang diperlukan Account Manager untuk meyakinkan klien saat melakukan follow up terkait upselling, penyesuaian kesepakatan, sampai perpanjangan kontrak.

Dengan skill ini, Account Manager bisa mengajukan usulan yang membantu menjembatani kesenjangan antara keinginan perusahaan dan klien. Untuk itu, Account Manager diwajibkan memiliki skill negosiasi sehingga kedua belah pihak sama-sama untung.

3. Jeli Melihat peluang bisnis

Seorang Account Manager harus jeli dalam melihat peluang bisnis. Skill ini wajib dimiliki supaya klien puas dengan pelayanan perusahaan. Hal ini akan membantu menjaga hubungan yang baik dengan klien.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan peluang bisnis yang dijalankan bersama klien :

  • Lakukan riset pasar dan selalu ikuti tren industri.
  • Monitor dan lakukan analisis terhadap performa bisnis klien.
  • Riset kebutuhan klien untuk menemukan peluang bisnis yang tepat.
  • Sarankan strategi penjualan baru atau produk yang lebih tepat supaya klien bisa memenuhi target yang telah disepakati bersama perusahaan.

4. Perhatian terhadap detail

Skill selanjutnya yang wajib dimiliki seorang Account Manager adalah perhatian pada detail. Kemampuan ini sangat berguna, karena setiap hari akan menampung berbagai informasi dari perusahaan dan klien. Tanpa skill ini bisa jadi kehilangan peluang bisnis yang mungkin bisa dijalankan bersama klien.

Kemampuan ini juga penting untuk bisa mengidentifikasi kendala yang terjadi dalam sebuah hubungan kerja sama dan memberikan solusinya dengan cepat.

Untuk mengembangkan skill ini bisa memulainya dengan mencatat setiap detail seperti hasil meeting hingga review perkembangan proyek. Supaya input informasi lebih cepat dan mudah dapat menggunakan bantuan software Customer Relationship Management (CRM).

5. Problem solving

Menjadi Account Manager harus mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, peran Account Manager menuntut untuk memiliki skill problem solving yang baik.

Sebagai contoh, jika seorang klien tidak puas dengan produk milik perusahaan bisa menyarankan produk lain sebagai pengganti atau menemukan solusi lainnya yang tepat untuk memenuhi kebutuhan klien tersebut.

6. Kemampuan dalam membangun relasi

Untuk menjadi Account Manager yang andal harus punya skill membangun relasi yang jempolan supaya bisa terhubung dengan karakter klien yang berbeda-beda. Karenanya, seorang Account Manager juga harus mampu mengidentifikasi tipe karakter klien dan menyesuaikan cara dan nada berbicara dengan klien tersebut.

Dengan skill yang mumpuni dalam membangun relasi, klien akan merasa peduli dengan kenyamanan mereka saat proses bekerja sama berlangsung. Dengan begitu, kemungkinan besar klien akan terus menggunakan jasa/produk yang ditawarkan.

Perbedaan Account Manager dengan Account Executive dan Sales

Banyak yang beranggapan bahwa Account Manager adalah profesi yang tugasnya sama dengan Account Executive dan Sales. Padahal ketiganya memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda, yaitu :

  • Account Executive (AE) 

Bertugas mencari klien potensial. Mereka akan mempromosikan produk atau layanan yang bisa klien dapatkan jika bekerja sama dengan perusahaan. Jika klien tertarik, AE akan bernegosiasi sebelum penandatanganan kontrak dengan klien.

  • Account Manager

Bertugas mengelola akun dan menjaga relasi dengan klien yang sudah menandatangani kontrak kerja sama dengan perusahaan.

  • Sales

Tugasnya hampir mirip dengan AE. Berbeda dengan AE yang menawarkan produk ke klien sesama pelaku bisnis (B2B), Sales memiliki tanggung jawab untuk menjual produk atau jasa langsung ke konsumen (B2C).

Secara garis besar, Sales menjual produk ke konsumen. Account Executive menjaring klien dari sesama pebisnis untuk diajak bekerja sama. Dan, peran Account Manager adalah menjaga hubungan baik antara perusahaan dan klien.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago