HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mengoptimalkan Backlink Untuk Channel Youtube

Saat ini YouTube masih menjadi platform berbasis video nomor 1 di Indonesia. Hampir 90% dari pengguna internet di Indonesia akan menuju platform ini jika ingin melihat video. Menariknya lagi Youtube bisa dijadikan ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Hal tersebut tentu saja karena penghasilan yang didapatkan dari konten yang diupload di YouTube tidak main-main. Seorang content maker bahkan bisa menghasilkan sampai ratusan juta rupiah perbulan hanya dari channel YouTube yang mereka miliki.

Bahkan jumlah penonton pada Platform YouTube diperkirakan akan menyaingi jumlah penonton pada televisi dalam waktu yang tidak lama lagi. Hal tersebut dikarenakan orang lebih banyak mendapatkan tontonan menarik dengan berbagai genre dan berbagai negara pada platform tersebut.

Semua pemilik channel di YouTube tentu ingin jika channel nya memiliki peringkat yang tinggi. Tentunya untuk membuat video Anda berada di peringkat atas banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan. Kita akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menaikkan peringkat YouTube Anda. Salah satunya adalah backlink.

Pengertian Backlink 

Backlink merupakan istilah untuk menamai sebuah link yang mengarah pada sebuah website. Backlink bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pengguna atau sekedar optimasi agar website Anda lebih populer di search engine. Sederhananya backlink adalah sebuah tautan yang mengarah ke website baik website tersebut aktif ataupun tidak aktif.

Backlink DoFollow artinya link yang mengarah ke suatu web page yang akan dirayapi dan akan terhitung sebagai “vote”. Sedangkan untuk link NoFollow artinya link yang diarahkan ke sebuah halaman yang tidak akan dirayapi oleh Google bot dan tidak terhitung sebagai “vote”.

Backlink memiliki fungsi penting pada halaman website. Fungsi Backlink pada youtube yaitu seperti dapat membangun sebuah otoritas dari sebuah website Anda. Memiliki link yang populer dapat membuat penggunaan SEO lebih baik dalam sebuah website.

Saat ini banyak penyedia jasa yang menawarkan Backlink youtube agar website halaman Anda dapat menempati posisi pertama dalam Google. Namun, sebaiknya sebelum menggunakan jasa penyedia Backlink youtube yang banyak ditawarkan Anda harus sudah mengetahui penyedia jasa yang akan Anda pakai bertanggung jawab dan jasa yang dipakai dapat membawa website Anda berkembang dengan baik dan menempati posisi terbaik pada Google.

Google akan melihat aktivitas website Anda dengan berbagai indikasi baik bahwa website Anda memberikan sebuah informasi yang baik dan solutip dalam menjawab pertanyaan pencari informasi. Gunakan Backlink yang berkualitas agar halaman website Anda berada pada posisi terbaik pada mesin pencari.

Mengoptimalkan Backlink Untuk Channel Youtube

Biasanya backlink digunakan untuk website atau blog, namun bagaimana memanfaatkan backlink untuk channel YouTube? Sebenarnya tujuan dari menggunakan backlink ini sama baik di blog, website atau Youtube yakni untuk membangun popularitas. Dengan channel YouTube yang populer Anda bisa mendapatkan pemasukan dari channel YouTube Anda melalui penyetelan monetisasi channel.

Untuk membangun backlink pada channel YouTube tidak terlalu sulit. Hal pertama tentu saja Anda harus memiliki channel YouTube. Usahakan buatlah channel YouTube yang profesional. Selanjutnya Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan niche karena hal ini juga bisa dijadikan salah satu point untuk kepopuleran channel YouTube Anda.

Setelah itu Anda bisa melakukan riset keyword, penggunaan keyword ini juga penting untuk meningkatkan peringkat video Anda. Gunakan keyword pada deskripsi video namun pastikan jangan sampai terlihat seperti spamming. Dalam membangun backlink YouTube Anda juga membutuhkan channel lain untuk support channel YouTube utama Anda. Kalau bisa buatlah beberapa channel lain yang difungsikan untuk support channel utama. Anda bisa menggunakan nama keywords untuk nama channel tersebut dan keywords nya tentu saja yang mendeskripsikan channel utama Anda.

Anda bisa menambahkan link channel YouTube utama Anda pada channel-channel lain yang Anda buat untuk mengangkat nama channel utama tersebut. Anda bisa menambahkan beberapa link ke dalam channel-channel tersebut. Selain itu cantumkan juga link channel YouTube utama Anda pada video-video yang Anda upload di channel-channel lainnya. Hal tersebut berfungsi untuk membantu SEO dari channel YouTube utama Anda.

Teknik backlink ini banyak digunakan oleh para youtuber baik yang lama ataupun yang baru. Hal ini dilakukan karena aturan baru YouTube yang menerapkan jika syarat pendapatan laba dari iklan hanya untuk channel yang  memiliki setidaknya 1.000 subscriber dan jumlah penayangan 4.000 jam selama 12 bulan terakhir. Itu sebabnya para youtuber berlomba-lomba mengoptimasi channel YouTube miliknya dengan menggunakan backlink. Jika Anda tidak berhasil menggunakan cara ini masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan popularitas channel YouTube Anda. Selamat mencoba.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

19 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

23 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago