HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Jenis Perangkat Komputer dan Fungsinya

Berbicara mengenai komputer, Anda tentu akan menemukan istilah hardware atau perangkat keras komputer. Seperti yang kita tahu, pada sebuah PC terdapat dua jenis perangkat, software dan hardware. Pada kali ini Jagoan Hosting akan membahas mengenai hardware atau perangkat keras komputer.

Rangkaian perangkat keras komputer adalah komponen yang wajib ada agar fungsi PC bisa lebih optimal. Dari sekian banyak jenis komponen, beberapa contoh perangkat keras komputer yang kami bahas kali ini adalah komponen yang harus tersedia pada PC. Yuk simak!

Apa itu Perangkat keras komputer?

Perangkat keras komputer atau yang juga sering disebut oleh hardware adalah semua jenis komponen pada komputer dimana bagian fisiknya dapat terlihat secara kasat mata dan bisa dirasakan langsung. Dalam pengertian, hardware disebut sebagai peralatan fisik komputer yang berguna untuk melakukan proses input, output, dan proses.

Seperti apa sih contohnya? Beberapa diantaranya yaitu monitor, keyboard, mouse, dan masih banyak lagi.

Dari penjelasan tersebut, Anda pasti sudah tahu sedikit pengertian hardware atau perangkat keras. Hardware dan software tentu sangat berbeda, dan perbedaan yang paling mendasar antara keduanya adalah dari fisiknya. Dimana hardware bisa dipegang secara fisik sedangkan software tidak bisa.

Selain dari fisiknya, perbedaan lain juga terlihat dari fungsinya. Software berfungsi sebagai penghubung antara hardware dengan pengguna. Intinya, keduanya sama-sama memiliki fungsi penting yang saling melengkapi. Pada artikel kali ini Hosteko bakal membahas contoh perangkat keras dan fungsinya.

Perangkat Input

Perangkat input adalah alat untuk memasukkan data, informasi dan instruksi ke dalam komputer. Perangkat ini sangat penting untuk pengoperasian, yaitu keyboard dan mouse. Tanpa dua perangkat dasar ini, pengguna tidak bisa menginput data apapun. Perangkat keras yang termasuk ke dalam jenis ini adalah scanner, dan mikrofon.

1. Keyboard

Keyboard adalah bagian perangkat input yang fungsinya memasukkan data secara manual. Tidak hanya alfabet dan angka, di keyboard ada juga tombol kunci fungsi, kunci kontrol dan karakter spesial. Pengguna bisa memahami fungsi dari setiap kunci saat digunakan. Saat tombol apapun ditekan, maka sinyal diproduksi dan membuat hasil tertentu. Keyboard paling populer adalah 101.

2. Mouse

Mouse adalah salah satu perangkat komputer dan fungsinya untuk mengontrol pergerakan kursor di tampilan layar. Objek kecil ini bisa digulir di permukaan datar dan keras. Saat menggerakkan mouse, maka kursor di layar akan bergerak ke arah yang sama. Mouse umumnya memiliki dua tombol yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

3. Scanner

Scanner merupakan sebuah perangkat keras yang bisa mengubah data dari bentuk fisik seperti kertas ke dalam bentuk digital. Bisa dibilang scanner ini seperti kebalikan dari printer ya.

4. Mikrofon

Perangkat keras yang termasuk ke dalam kategori input hardware ini sering di gunakan untuk memasukkan data dalam bentuk audio. Mikrofon berkemampuan untuk mengubah suara analog menjadi digital.

Mikrofon biasanya di gunakan untuk berkomunikasi dengan rekan selama bermain game online atau saat sedang mengadakan video conference agar orang lain dapat mendengarkan suara Anda.

Perangkat Prosesor

Perangkat keras ini memproses dan mengolah data pada komputer, dimana hardware jenis ini sering disebut sebagai otaknya komputer karena menjadi perangkat yang cukup penting pada proses input data. Contohnya adalah CPU, RAM, dan sebagainya.

1. Motherboard

Motherboard adalah papan yang menjadi pondasi penting bagi sebuah komputer. Biasanya, motherboard terletak di bagian belakang bawah komputer. Fungsi utama dari motherboard ialah menghubungkan komunikasi antara CPU, RAM dan semua komponen perangkat keras komputer. Sejak ditemukan tahun 1981, motherboard memiliki banyak perkembangan salah satunya informasi tambahan ATX.

2. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan bagian komputer yang berfungsi untuk menangani semua instruksi yang diterimanya baik dari hardware maupun dari software selama komputer digunakan. CPU berbentuk chip persegi di mana bagian bawahnya ada ratusan pin konektor. Komponen primer dari CPU adalah arithmetic logic untuk yang menampilkan matematika, logika dan hasil operasi secara langsung.

3. Graphics Processing Unit

GPU sering juga disebut video card yang berfungsi untuk menampilkan gambar maupun video. Untuk video card yang terpisah biasanya digunakan oleh para gamer agar grafisnya terintegrasi dan kualitasnya lebih baik. Karena saat komputer digunakan untuk game, suplai power dan RAM akan termakan jauh lebih banyak.

4. RAM

Random Access Memory yang orang sering menyebutnya dengan RAM. Alat ini adalah hardware yang dipakai untuk menyimpan informasi sementara yang nantinya akan diproses oleh processor. RAM memiliki kecepatan proses yang sangat cepat, karena dipakai untuk menjalankan program software yang sedang berjalan, contohnya ketika Anda membuka aplikasi google chrome, maka RAM akan menyimpan data sementara yang selanjutnya diproses oleh CPU.

Perlu Anda ketahui bahwa jumlah RAM pada komputer berbanding lurus dengan kecepatan komputer memproses program, oleh sebab itu diperlukan ukuran RAM yang besar untuk menjalankan program-program yang berat. Seperti mengedit video, bermain game, dan mengedit gambar resolusi tinggi.

saat ini ada dua macam RAM yang dipakai di dunia IT, diantaranya adalah RAM Static Random Access Memory (SRAM) dan Dynamic Random Access Memory (DRAM).

RAM jenis SRAM biasanya digunakan dalam memori cache CPU, SRAM dirancang dengan memakai transistor tanpa kapasitor. Sehingga tanpa adanya kapasitor akan membuat SRAM anti kebocoran sehingga sistem tidak lagi melakukan refresh berkala. SRAM dirancang juga untuk memakai desain cluster enam transistor, enam transistor ini dipakai untuk menyimpan setiap bit informasi sehingga lebih cepat dan aman.

Dengan desain yang kompleks ini menyebabkan harga SRAM jauh lebih mahal, namun harga yang Anda bayarkan akan sebanding lurus dengan kecepatan pada sistem komputer. Perlu Anda ketahui bahwa Chip pada SRAM biaya pembuatan hampir 30x lebih mahal dibandingkan DRAM.

Dengan SRAM, memory yang disimpan akan hilang dengan sendirinya ketika daya di cabut, sehingga tidak perlu melakukan refresh setiap saat.

Akses acak pada SRAM juga menunjukkan jika memori bisa diakses, dibaca dan di tulis sesuai alamat data pada RAM.

Perangkat Output

Perangkat output adalah komponen hardware yang digunakan untuk menampilkan data atau mencetak informasi yang telah diproses. Tiga komponen output pada umumnya adalah monitor, printer dan speaker.

1. Monitor

Monitor disebut juga sebagai VDU atau Visual Display Unit yang menjadi perangkat output utama dari komputer. Tampilannya berupa titik-titik yang membentuk gambar yang disebut piksel dan tersusun dalam bentuk seri empat. Ketajaman gambar yang tampil di monitor tergantung dari jumlah piksel dari luas gambar.

Berdasarkan warna, monitor terbagi ke dalam dua jenis yaitu monokrom yang hanya menampilkan warna hitam putih dan monitor warna yang menampilkan gambar dalam berbagai warna. Berdasarkan jumlah piksel, monitor terbagi ke dalam beberapa jenis diantaranya CGA, MDA, HGA, EGA, VGA dan SVGA.

2. Printer

Printer adalah perangkat komputer dan fungsinya untuk mencetak hasil komputasi ke dalam sebuah kertas. Printer terbagi ke dalam dua macam, yaitu printer impact yang berpita dan non-impact alias tanpa pita. Printer tanpa pita semakin populer, baik printer laser maupun inkjet. Mesin printer inkjet banyak digunakan untuk mencetak tidak hanya di atas kertas namun juga kain atau media lebih besar.

3. Speaker

Pengeras suara ini di gunakan untuk menghasilkan output suara pada komputer. Umumnya speaker di gunakan untuk mendengarkan musik, radio, dan suara lain dalam bentuk audio.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

20 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 days ago