HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android dan iPhone

Cara menyembunyikan aplikasi di perangkat smartphone bisa menjadi langkah tepat buat kamu yang ingin lebih menjaga privasi. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, saat ini ponsel juga memang menjadi media untuk menyimpan data pribadi.

Disadari atau tidak, ada banyak aplikasi yang terpasang di ponsel kita berisi data-data penting. Data yang dimaksud dapat berupa file atau aktivitas perangkat, seperti transaksi perbankan, riwayat browser, dan sebagainya.

Menyembunyikan aplikasi memang bukan berarti menghilangkan risiko kebocoran data pribadi, tapi setidaknya membuat perangkat tidak bisa diakses sembarangan. Cara ini akan membuat aplikasi tertentu tidak terlihat oleh kasat mata.

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Sebenarnya, para pengguna Android dapat menerapkan kata sandi atau password tambahan pada setiap aplikasi yang terpasang. Fitur keamanan ini adalah salah satu cara paling umum agar aplikasi tertentu tidak bisa diakses sembarangan.

Namun tetap saja, pasti selalu ada celah untuk bisa menembus akses ke aplikasi terlebih jika kata sandi mudah ditebak. Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi :

1. Cara menyembunyikan aplikasi di Android bisa dilakukan dalam 10 detik

Jika tidak ingin repot-repot install aplikasi untuk sembunyikan aplikasi, cara yang satu ini bisa dicoba. Bahkan bisa dilakukan dalam hitungan detik saja. Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi android dalam 10 detik :

  • Tinggal buka aplikasi atau menu pengaturan. Setelah itu, tinggal pilih “Applications”.
  • Langkah selanjutnya hanya perlu pilih “Application Manager”.
  • Pilih tab “All” dan sentuh aplikasi apa aja yang ingin disembunyikan.
  • Kemudian pilih “Disable”.

Dengan cara menyembunyikan aplikasi di Android yang seperti ini sudah bisa hide aplikasi yang dikehendaki. Untuk cara hide aplikasi yang satu ini bisa dibilang cara menyembunyikan aplikasi di HP yang paling dasar. Mudah diikuti dan sama sekali tidak ribet. Secara umum, setiap smartphone itu sudah dilengkapi dengan fitur penyembunyi aplikasi. Tinggal pintar-pintar kita saja memanfaatkannya.

2. Cara menyembunyikan aplikasi di Android untuk menonaktifkan aplikasi bawaan

Jika ingin sembunyikan aplikasi bawaan, ada cara simple yang bisa dicoba :

  • Cukup buka aplikasi atau menu Pengaturan “Settings“.
  • Lalu pilih Aplikasi “Applications“.
  • Kalau di jendela Pengaturan ada sejumlah menu atau pilihan utama, perlu memilih menu Perangkat (Devices) terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, pilih Application Manager, sentuh tab “All
  • Pilih aplikasi yang mau disembunyikan, lalu pilih “Disable”.

Dengan cara menyembunyikan aplikasi di Android ini, nantinya aplikasi yang sudah dipilih untuk disembunyikan tidak akan nampak di homescreen ponsel. Dalam cara menyembunyikan aplikasi Android ini bisa menemukan aplikasi yang sudah dinonaktifkan di menu aplikasi bagian “Disabled”. Jadi tidak perlu khawatir mengingat apa saja yang sudah disembunyikan setelah mengikuti langkah-langkah cara sembunyikan aplikasi di Android ini.

3. Aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi di android yang bisa dicoba

Salah satu kelebihan cara menyembunyikan aplikasi di Android menggunakan aplikasi adalah lebih simple dan hemat waktu. Ada banyak pilihan aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi tanpa root. Referensi soal aplikasi menyembunyikan aplikasi pun cukup beragam. Tapi umumnya, ada empat aplikasi yang cukup direkomendasikan yang tidak mau ribet dengan cara menyembunyikan aplikasi di Android yang lainnya.

  • Aplikasi AppLock

Ini salah satu aplikasi Android untuk menyembunyikan aplikasi lain yang paling direkomendasikan. Dengan aplikasi sembunyikan aplikasi ini, selain bisa menyembunyikan aplikasi juga bisa menyembunyikan berbagai data dan file pribadi lainnya.

  • Aplikasi PrivateMe

Salah satu cara menyembunyikan aplikasi di Android tanpa root. Bisa mengandalkan aplikasi PrivateMe untuk sembunyikan aplikasi Android yang diinginkan. Bahkan aplikasi ini diklaim cukup compatible untuk seri Android jadul. Jika selama ini kebingungan menemukan cara menyembunyikan aplikasi di Android Lollipop yang pas, menggunakan aplikasi ini bisa jadi jalan keluarnya.

  • Aplikasi Apex Launcher

Aplikasi ini juga cukup diandalkan sebagai cara menyembunyikan aplikasi di Android yang praktis. Selain PrivateMe sebagai aplikasi penyembunyi aplikasi tanpa root, Apex Launcher bisa diandalkan sebagai aplikasi hidden aplikasi yang efektif. Setelah selesai meng-install aplikasi tersebut perlu memilih Apex Settings lalu memilih Drawer Settings. Baru pilih Hidden Apps untuk memilih dan menandai aplikasi apa saja yang ingin disembunyikan.

  • Aplikasi App Hider

Selain memanfaatkan fitur bawaan yang ada di ponsel masing-masing, menyembunyikan aplikasi di HP juga bisa dilakukan dengan aplikasi tambahan. Bagi pemilik HP Android selain dari merek-merek yang disebutkan, cara ini bisa dilakukan sebagai alternatif.

Berikut langkah-langkah menyembunyikan aplikasi di HP Android dengan aplikasi tambahan App Hider :

    1. Download dan install aplikasi App Hider di Google Play.
    2. Buka aplikasi tersebut dan klik icon +.
    3. Muncul semua aplikasi yang ada di HP.
    4. Pilih berbagai aplikasi yang ingin disembunyikan.
    5. Klik tombol Hide yang ada di bagian bawah layar.
    6. Berbagai aplikasi berhasil disembunyikan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP iPhone

Tidak hanya pengguna Android, cara menyembunyikan aplikasi iPhone juga bisa dilakukan melalui fitur bawaan yang tersedia di ponsel besutan Apple ini. Berikut langkah-langkah menyembunyikan aplikasi di iPhone :

  • Tentukan aplikasi yang akan disembunyikan.
  • Tekan aplikasi sampai muncul menu pop-up.
  • Pilih opsi remove app.
  • Muncul notifikasi menghapus aplikasi atau menghapus dari homescreen.
  • Klik opsi remove from home screen untuk menyembunyikan aplikasi.

Keuntungan Menyembunyikan Aplikasi di HP

Menyembunyikan aplikasi di HP tidak melulu untuk hal bersifat negatif, karena ada banyak alasan lain untuk melakukan hal tersebut. Simak keuntungan utama yang bisa dirasakan dengan menyembunyikan aplikasi di perangkat HP berikut ini :

1. Privasi lebih terjaga

Tidak muncul atau tampilnya aplikasi tertentu di latar depan ponsel membuat orang lain yang membuka perangkat tidak bisa sembarangan mengakses. Secara kasat mata, mereka tidak akan mengetahui kehadiran aplikasi yang kamu anggap pribadi.

2. File/Data penting lebih aman

Ada aplikasi tertentu yang memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai data atau file pengguna. Dengan disembunyikannya aplikasi semacam ini risiko kebocoran data pribadi pun setidaknya jadi lebih rendah daripada langsung bisa dilihat orang lain.

3. Cegah aplikasi terhapus

Sebagian dari kalian mungkin pernah mengalami salah menghapus atau mencopot aplikasi tertentu secara tidak sengaja. Menyembunyikan aplikasi penting atau favorit pada ponsel bisa menjadi solusi agar kecerobohan ini tidak terulang kembali.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

11 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

12 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

1 day ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

4 days ago