HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mudah Mengatasi Komputer No Signal

Monitor merupakan bagian output dalam sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilan hasil pekerjaan yang dibuat dengan komputer.Bagi kalian yang menggunakan komputer dengan mengandalkan visualisasi,peran monitor sangat penting karena tanpa adanya monitor kalian tidak bisa menggunakan komputer.Sebagaimana layaknya mesin pada umumnya,monitor bisa rusak,baik itu rusak karena kurang perawatan,usia pemakaian terlalu lama atau pemakaian yang kurang baik.Namun pada banyak kasus,tidak adanya gambar yang ditampilkan monitor bukan hanya semata-mata karena rusaknya monitor.Ada banyak penyebab lain yang mengakibatkan hilangnya signal dari CPU ke monitor sehingga monitor tidak bisa memperlihatkan tampilan yang seharusnya.

Pada artikel ini,kita akan mengulas beberapa cara mengatasi komputer no signal sebagai referensi untuk menghadapi permasalahan monitor kalian hanya memperlihatkan tulisan No Signal meski CPU sudah menyala :

Memeriksa kabel Monitor

Kabel monitor menjadi hal pertama yang harus diperiksa,apabila tulisan ‘no signal detected’ muncul di layar monitor komputer,alih-alih tampilan windows atau OS lain yang kalian install. Kabel yang sudah tua seringkali menjadi rapuh dan bisa saja putus di beberapa bagian.

Untuk mengatasinya,coba gunakan kabel HDMI lain yang diyakini dalam keadaan baik.Kalian bisa membelinya di toko komputer jika tidak memiliki kabel cadangan.Jika tampilan monitor menjadi baik setelah berganti kabel,maka gunakanlah kabel HDMI baru tersebut untuk monitor kalian.

Memeriksa Port HDMI

Selain kabelnya yang bermasalah,bisa jadi port HDMI juga bermasalah,selain karena usia,pemakaian yang kurang baik bisa membuatnya rusak. Contohnya saat memasang kabel HDMI pada port dengan tergesa-gesa dan memaksa hingga menyebabkan pin pada port menjadi bengkok.

Bengkoknya salah satu pin tentunya proses aliran data dari CPU ke monitor tidak akan berjalan dengan baik.Untuk mengeceknya kalian hanya bisa melihat fisik port atau jika ingin lebih yakin bisa menghubungkan CPU ke monitor lain, juga menghubungkan monitor ke CPU yang lain.

Memeriksa VGA

Pada PC ada 2 jenis VGA,VGA on-board yang langsung terpasang di motherboard atau VGA add-on yang berupa card VGA yang bisa di lepas pasang.Jika PC kalian menggunakan VGA add-on,kalian bisa mencoba memasang VGA yang lain untuk mengetesnya.

RAM komputer yang kotor atau rusak juga bisa mengakibatkan hilangnya tampilan pada layar monitor.Coba lepas RAM dan bersihkan pin- pinnya menggunakan pengkapur pinsil.Setelah itu pasang kembali dengan benar.Jika tidak ada perubahan,cobalah menggunakan RAM lain yang dalam keadaan baik,lalu coba gunakan pada CPU komputer kalian.Jika memang RAM yang rusak,ganti RAM tersebut agar kalian bisa menggunakan komputer kembali.

Memeriksa Motherboard

Motherboard menjadi rumah tempat semua komponen inti komputer dipasang.Permasalahan yang terjadi pada motherboard sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer.Seluruh perangkat input dan output yang tersambung tidak dapat berjalan dengan baik jika motherboard mengalami masalah.Termasuk hilangnya signal dari CPU ke layar monitor.

Motherboard yang berkualitas jarang mengalami kerusakan kecuali karena sudah usang atau kesalahan pemakaian yang mengakibatkan shortcut,tegangan kejut atau kendur/putusnya rangkaian.Sebelum menggantinya kalian bisa terlebih dahulu mencoba membongkar lalu membersihkan keseluruhan motherboard.Kadangkala debu yang menumpuk pada motherboard bisa mengakibatkan motherboard tidak bekerja dengan baik.

Memeriksa Tegangan Listrik

Tegangan listrik yang kurang stabil mengakibatkan daya yang disalurkan oleh power supply kekomponen lain,contohnya seperti hardisk menjadi tidak stabil.Ketika daya yang dibutuhkan oleh hardisk tidak terpenuhi atau kurang,hardisk tidak akan bisa diakses dengan baik.Salah satunya bisa menyebabkan pengiriman signal dari CPU  ke layar monitor terganggu.

Untuk mengatasinya,kalian bisa menghidupkan komputer tanpa hardisk terlebih dahulu.Cek tampilan apa BIOS muncul di layar.Apabila muncul,kesalahan mungkin memang pada hardisk yang kurang daya.Kalian bisa memasang kembali hardisk dan mengusahakan agar daya yang diterima komputer stabil.Kalian bisa menggunakan stabilizer atau UPS.

Memeriksa Processor

Processor jarang sekali rusak namun bukan berarti tidak mungkin rusak.Jika processor bermasalah bukan hanya monitor yang tidak mendapatkan signal namun komputer pun tidak bisa hidup sama sekali atau hidup sebentar namun mati lagi.Permasalahan umum pada processor biasanya karena overheating.Meskipun processor memiliki self sistem untuk mematikan diri ketika mengalami overheating tetap saja pemakaian yang dipaksakan bisa menyebabkan kerusakan.Ciri processor yang mati mudah dikenali,jika processor tetap dingin meskipun komponen lain panas ketika dihidupkan maka processor memang sudah tidak berfungsi.

Cara cek processor : cek fan dan heatsink processor.Apakah kipas berjalan dengan normal lalu bersihkan debu-debu yang menempel agar proses pendinginan berjalan dengan baik.

 

Demikian artikel tentang cara mengatasi komputer no signal.Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang kalian butuhkan ! Baca juga artikel menarik lainnya di hosteko.com

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago