HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Pengertian, Kegunaan, Fitur dan Kelebihan Visual Studio

Apa Itu Visual Studio

Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web.

Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic.NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).

Seperti yang diketahui visual studio atau biasa di sebut VB .Net atau Visual Basic merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh para programmer, dan menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari oleh berbagai kalangan, jika mereka ingin sukses di dunia komputer.

Kegunaan Visual Studio 

Visual Studio (yang sering juga disebut VB) selain disebut sebuah bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan perogram-program aplikasi berbasiskan Windows. Beberapa kemampuan atau manfaat dari Visual Basic di antaranya seperti :

  1. Untuk membuat program aplikasi berbasiskan windows.
  2. Untuk membuat objek-objek pembantu program seperti, misalnya : kontrol ActiveX, file Help, aplikasi Internet dan sebagainya.
  3. Menguji program (debugging) dan menghasilkan program berakhiran EXE yang bersifat executable atau dapat langsung dijalankan.

Perbedaan Visual Studio dengan Visual Basic

Microsoft Visual Basic atau biasa disebut VB merupakan bahasa pemrograman yang memiliki fitur Integrated Development Environment (IDE) untuk membuat program perangkat lunak berbasis Windows.

Sedangkan Microsoft Visual Studio merupakan perangkat lunak lengkap (suite) tang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai aplikasi.

Visual studio sudah berisi Software Development Kit (SDK), kompiler, Integrated Development Environment (IDE) dan MSDN Library.

Jadi kesimpulannya Visual Basic merupakan bagian dari Visual Studio. Visual Basic menggunakan satu bahasa pemrograman basic, sedangkan Visual Studio menggunakan banyak bahasa pemrograman.

Bahasa Pemrograman yang Mendukung Visual Studio

Berikut beberapa bahasa pemrograman yang didukung oleh visual studio, berikut daftarnya :

  • C#
  • Razor
  • Typescript
  • JavaScript
  • JSON
  • HTML
  • CSS
  • Markdown
  • PowerShell
  • Python
  • Visual Basic
  • C++
  • PHP
  • Julia
  • R
  • Rust
  • Go
  • F#
  • T-SQL
  • Dart
  • Ruby
  • .NET

Dari daftar diatas hampir semua bahasa pemrograman bisa menggunakan code editor dari Microsoft Visual Studio.

Fitur Visual Studio

Berikut ini merupakan beberapa fitur visual studio, yaitu :

1. Cross Platform

Fitur pertama dari Visual Studio bisa digunakan untuk platform yang berbeda seperti Windows, MacOS dan Linux. Jadi cukup belajar satu aplikasi pemrograman saja untuk platform OS yang berbeda.

2. Debug

Debugging adalah fitur penting sebelum aplikasi benar-benar jadi. Prosesnya dengan mengeksekusi program yang sudah dibuat kemudian mencari bug/error program kemudian melakukan pembetulan.

Proses debug ini memakan waktu yang tidak sedikit, karena akan melakukan testing berulang sampai program benar-benar jadi.

3. Collaborate

Visual Studio memungkinkan untuk membuat, membangun dan mengelola proyek dengan kemampuan untuk kolaborasi pekerjaan secara online. Program ini cocok bagi yang sedang membangun perangkat lunak dengan tim yang banyak.

4. Extend

Visual Studio memungkinkan menambahkan ekstension tambahan yang tidak dimiliki oleh code editor lain. Bisa install tools pendukung dari bahasa pemrograman lain yang dibutuhkan sehingga proses develop program menjadi lebih enak.

5. Github Integration

Github merupakan platform manajemen proyek pemrograman terbesar di dunia. Kabar baiknya code editor Visual Studio sudah mendukung integrasi dengan Github. Cukup menambahkan tools extend saja pada Visual Studio.

Kelebihan Visual Studio

Berikut pembahasan mengenai kelebihan Visual Studio :

1. Gratis

Bagi yang membutuhkan code editor gratis, Visual Studio menjadi pilihan yang paling tepat. Visual Studio dibangun secara open-source, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli lisensi program.

2. Support banyak platform

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa Visual Studio support untuk sistem operasi yang berbeda. Ini menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh code editor lain, bisa menggunakan satu code editor untuk platform yang berbeda.

3. Support banyak bahasa

Visual Studio memiliki support bahasa pemrograman yang banyak sehingga membantu dalam proses pengembangan software. Contohnya JavaScript, TypeScript, CSS, HTML dan bahasa pemrograman populer lainnya.

4. Fitur lengkap

Kelebihan kedua dari Visual Studio adalah fitur yang lengkap dengan adanya extensions. Jadi bisa menambahkan tools lain yang belum ada pada Visual Studio standar.

5. Performa cepat

Performa Visual Studio bisa dibilang cepat walaupun banyak menambahkan ekstension. Hal ini terjadi karena ekstension sudah dilakukan optimasi yang bagus sehingga tidak mengganggu performa code editor utama.

6. Tampilan menarik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Visual Studio adalah kemudahan dalam menulis code dengan bantuan warna. Sidebar pada Visual Studio juga sangat membantu pekerjaan.

7. Arsitektur terbaik

Visual Studio dibangun dengan arsitektur terbaik, hal ini tidak tidak lepas dari pemilik code editor ini adalah Microsoft. Bagi yang mencari code editor lintas platform, Visual Studio adalah pilihan yang paling tepat.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

11 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago