HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Fungsi Clean Master Di Android

Salah satu keunggulan dari smartphone dengan OS Android ini yakni dapat mendukung banyaknya pilihan aplikasi hingga puluhan ribu aplikasi,mulai dari aplikasi sederhana seperti chatting dan juga file manager hingga aplikasi yang ckup rumit,seperti pembuatan video dan photo editor.Selain itu,permainan atau game yang tersedia di android terbilang sangat banyak dan tidak pernah membuat penggunanya menjadi bosan.Namun,banyaknya aplikasi yang ditawarkan oleh OS Android ternyata membawa efek yang cukup menyebalkan bagi para pengguna smartphone ini.

Penggunaan aplikasi yang begitu banyak akan memakan memory dari smarthphone mereka,termasuk RAM dan juga ROM (Internal Memory). Hal ini disebabkan karena history dan cache yang ada pada suatu aplikasi tidak akan langsung terhapus setelah suatu aplikasi ditutup.Inilah yang menyebabkan smartphone andorid kemudian menjadi boros baterai, cepat panas dan menjadi lambat dalam pemrosesan informasinya.

Pada artikel ini kita akan membahas peranan dengan adanya Clean Master :

Aplikasi Clean Master

Clean master (speed Booster) merupakan suatu aplikasi yang dikembangkan oleh sebuah developer Android Cheetah Mobile, yaitu sebuah perusahaan internet mobile terkemuka yang telah memiliki lebih dari 362 juta pengguna aktif. Perusahaan ini merupakan penyedia layanan berbagai produk platform seperti Duba.com, Cheetah Browser, pusat permainan, dan toko aplikasi mobile untuk konten global bagi mitra bisnisnya.Aplikasi Clean master diciptakan dengan tujuan untuk mempercepat sistem kerja perangkat android agar tidak mengalami gangguan atau lelet.Aplikasi ini telah didownload oleh ratusan juta pengguna Android. Dimana kapasitas dari aplikasi tersebut adalah 7.8 MB.

Aplikasi ini didukung dalam beberapa bahasa seperti bahasa Inggris, Belanda, Arab, Bulgaria, Cina, Kroasia, Ceko, Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Spanyol, Thailand, Turki, Ukraina, Vietnam, serta bahasa Melayu.

Aplikasi Clean Master ini sebenarnya sangat mudah untuk digunakan, karena menyuguhkan tampilan yang sangat bersahabat. Namun bagi pengguna yang baru menggunakannya,mungkin akan sedikit kebingungan dengan berbagai fiturnya.

CleanMaster gratis sepenuhnya dan tidak memiliki versi premium yang dijual lebih mahal.Untungnya,iklannya tidak terlalu berlebihan. Memang kalian akan menemukan beberapa iklan interstisial yang mengganggu selama proses pengujian tetapi tidak terlalu sering. Bagian-bagian yang disponsori dari program, di antaranya pemilih tema dan utilitas panggilan VOIP, juga dikesampingkan di akhir menu halaman kedua.CleanMaster tidak menyediakan versi berbayar. Aplikasi Android-nya benar-benar gratis, tetapi saat ini dia tidak mendukung iOS.

Fungsi Clean Master

Fungsi dari Clean Master di smartphone android ini sangat banyak.Berikut ini beberapa manfaat dan fungsi dari Clean Master :

Menutup Aplikasi yang Membuat Smartphone Menjadi Panas

Beberapa aplikasi yang sedang berjalan seringkali menyebabkan smartphone kalian panas.Maka dari itu,coba untuk menggunakan clean master.Fungsi dari clean master dapat membantu menutup file dan aplikasi yang tidak terpakai ataupun aplikasi yang seringkali menyebabkan smartphone kalian menjadi panas.Dengan begitu,maka smartphone android kalian lama kelamaan akan menjadi lebih stabil suhunya dan bisa digunakan kembali.

Menutup Aplikasi Tidak Terpakai

Salah satu parameter yang menyebabkan suatu smarthpone menjadi boros dalam penggunaan daya baterai dan cepat panas yakni banyaknya aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak terpakai,masih tetap berjalan pada system.

Karena itu,Clean Master ini berfungsi untuk melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang sedagng tidak digunakan lalu kemudian membantu menutup aplikasi yang tidak terpakai tersebut.

Membersihkan Cache File dan History

Cache file dan residu atau sisa-sia file yang masih “menyangkut” di memory menyebabkan smartphone menjadi lebih lelet dan juga lambat dalam merespon.

Karena itu,fungsi Clean Master ini akan sangat membantu karena Clean Master akan membersihkan segala bentuk cache file dan juga sisa-sisa dari aplikasi yang masih menyangkut pada memory telepon kalian.

Mengoptimalkan dan Mengosongkan Memory

Pengguna yang menyukai bermain game dan membuka aplikasi berat pada smartphone kalian,pasti membutuhkan fungsi Clean Master yang satu ini.Clean Master dapat membantu mengoptimalkan memory telepon para pengguna smartphone dengan cara mengosongkan memory telepon kalian agar dapat membantu mempercepat respon terhadap game dan aplikasi-aplikasi berat dan membutuhkan memory lebih besar pada saat dijalankan.

Memantau Penggunaan CPU

Yang harus diperhatikan juga oleh para pengguna smartphone terutama android adalah system processing.System Processing ini seperti jumlah RAM dan ROM yang terpakai serta berat atau ringannya kerja dari CPU yang banyak menggunakan daya pada saat sedang berjalan,haruslah selalu dipantau oleh para pengguna.

Tentunya spek dari masing-masing smartphone membutuhkan RAM yang baik agar setiap program yang terinstall bekerja dengan lancar, smartphone juga akan semakin menunnjukan performa terbaiknya dengan menggunakan processor paling tinggi saat ini.Aplikasi yang praktis untuk hal ini tentunya adalah Clean Master.

Mengatur Ulang Aplikasi

Sebagai pengguna tentunya kalian membutuhkan suatu application manager yang berfungsi untuk membantu melihat aplikasi apa saja yang sudah terinstall dan untuk membantu melakukan proses uninstall dan juga proses lainnya.

Clean Master pun memberikan fitur tersebut.Maka dari itu, nantinya,Clean Master dapat membantu kalian melakukan proses uninstalling aplikasi,clear cache dan clear data hanya dalam satu aplikasi, Clean Master.

Menscan Aplikasi dari Virus

Pengguna yang suka menginstall aplikasi dari luar Google Play Store,maka harus berhati-hati terhadap kemungkinan serangan virus yang mungkin menyerang smartphone kalian.Namun tidak perlu khawatir karena salah satu fungsi utama dari Clean Master yakni untuk melakukan pemindaian atau scanning terhadap kemungkinan ada atau tidaknya virus-virus yang menempel pada aplikasi yang akan diinstall.Smartphone kalian pun akan menjadi aman karena adanya Clean Master.

 

Demikianlah fungsi Clean Mater yang dapat membantu kalian para pengguna dari smartphone,khususnya yang menggunakan platform OS Android. Semoga artikel ini dapat berguna untuk kalian semua !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

3 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago