HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

10 Daftar Aplikasi Menjawab Soal Matematika Terbaik

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang paling sulit. Karena untuk menjawab soal harus mengetahui rumus dan hitung-hitungannya. Tidak perlu pusing-pusing menghafal rumus dan menghitung banyak angka saat pelajaran matematika. Namun berkat perkembangan teknologi, semua tugas matematika yang sulit kini mudah dikerjakan. Itu berkat hadirnya aplikasi matematika di ponsel. Bahkan, ada aplikasi yang cukup difoto saja untuk mengetahui jawaban matematika. Hal ini tentu akan mempermudah dalam menyelesaikan PR hingga menghadapi ujiannya nantinya.

Aplikasi Matematika untuk PC

Dibandingkan dengan APK matematika untuk smartphone, aplikasi MTK untuk PC ini memang lebih sedikit jumlahnya. Tapi, sedikit bukan berarti tidak ada sama sekali. Berikut beberapa aplikasi untuk menjawab soal matematika di PC terbaik :

1. Geogebra

Aplikasi matematika untuk PC ini dianggap sebagai perangkat lunak matematika dinamis, yang dirancang untuk semua standar matematika. Aplikasi ini bisa digunakan baik oleh pemula maupun yang ahli.

Geogebra menggabungkan aljabar, geometri, spreadsheet, grafik, statistik dan analisis, kalkulus dalam satu paket yang mudah digunakan. Alat ini sangat populer di kalangan siswa yang menghadapi masalah dalam menyelesaikan berbagai masalah matematika.

Aplikasi matematika geogebra tersedia secara luas di beragam platform seperti Windows, macOS, Linux, Android. Geogebra lahir dari tangan Markus Hohenwarter. Dia memulai proyek ini pada tahun 2001 sebagai tesis masternya.

Kelebihan Geogebra

  • Fitur lengkap.
  • Bisa digunakan oleh semua kalangan.
  • Dapat diakses di semua sistem operasi komputer.

Kekurangan Geogebra

  • Tidak bisa diakses di HP karena tidak semua siswa punya komputer.
  • Tampilan kompleks sehingga sulit dipahami.

2. Microsoft Mathematics

Microsoft mathematics merupakan aplikasi matematika untuk PC yang gratis dan open source yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini adalah alat penting bagi mereka yang berkutat dengan masalah matematika.

Perangkat lunak ini cepat dan gratis serta bisa memecahkan masalah matematika paling rumit dengan cara yang mudah. Microsoft mathematics memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika, sains, dan mata pelajaran teknis lainnya.

Aplikasi ini mempunyai kalkulator grafik dan pengonversi satuan. Bersamaan dengan itu, perangkat lunak ini juga mempunyai persamaan dan triangle solver yang memberikan solusi dalam beberapa langkah.

Siswa bisa mengunduh alat ini secara gratis dari situs web Microsoft. Aplikasi ini bisa dijalankan di berbagai platform seperti Windows, iOS, Android.

Kelebihan Microsoft Mathematics

  • Tersedia modul belajar.
  • Punya fitur leveling dalam belajar.
  • Bisa diakses di HP.

Kekurangan Microsoft Mathematics

  • Tidak tersedia buku panduan menggunakan software ini.
  • Terkadang ada soal yang tidak berisi pembahasan.

3. Calculator for Kids

Jika yang satu ini mungkin lebih tepat digunakan bagi yang mencari aplikasi matematika SD di PC. Soalnya, Calculator for Kids ini tidak lebih dari aplikasi kalkulator biasa, hanya saja memiliki user interface (UI) menarik dan berwarna-warni yang dapat menarik perhatian anak kecil.

Sementara, untuk topik pelajaran matematika tingkat lanjut seperti Trigonometri, Kalkulus, atau lainnya nggak disediakan dalam aplikasi ini.

Kelebihan Calculator for Kids

  • Tampilan menggemaskan. Cocok untuk anak-anak.
  • Pembahasan atau soal menggunakan tingkatan jadi akan memudahkan proses belajar.

Kekurangan Calculator for Kids

  • Tidak tersedia versi aplikasi.

4. Math Editor

Jika mengalami masalah dalam memecahkan persamaan matematika, gunakan Math Editor. Aplikasi matematika ini merupakan adalah solusi sempurna untuk mahasiswa yang menghadapi masalah dalam persamaan matematika.

Perangkat lunak ini membantu membentuk persamaan di layar dengan menggunakan simbol Yunani, alfa, beta, akar kuadrat, dan simbol lainnya dengan cepat dan mudah. Selain itu juga bisa mengedit dan menyimpan persamaan secara real-time.

Aplikasi matematika gratis ini merupakan salah satu perangkat lunak matematika tingkat lanjut yang paling ramah untuk siswa. Ini memungkinkan untuk menyimpan persamaan dalam bentuk file gambar yang dapat digunakan di dokumen MS office, web, dan paint.

Oleh karena itu, bila memerlukan bantuan setiap saat maka aplikasi ini bisa menjadi berkah. Hanya perlu membaca instruksi dan siap untuk menyelesaikan soal matematika terberat yang dimiliki.

Kelebihan Math Editor

  • Bisa sebagai kertas coret-coretan online.

Kekurangan Math Editor

  • Tidak dilengkapi pembahasan atau soal latihan.

Aplikasi Matematika untuk Android

Selain untuk PC, banyak juga aplikasi matematika yang bisa digunakan di HP Android ataupun iPhone. Berikut adalah beberapa daftar aplikasi matematika terbaru dan terbaik selengkapnya.

1. AutoMath

AutoMath adalah salah satu type aplikasi kalkulator yang ilmiah dan komprehensif, Aplikasi ini bisa menjawab soal matematika yang sederhana, seperti pecahan, trigonometri dan grafik. Terdapat 250 lebih rumus matematika pada AutoMath yang bisa digunakan untuk menjawab soal matematika hanya dengan cara di foto melalui kamera Handphone. AutoMath mampu menyelesaikan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pertidaksamaan, akar persamaan, trigonometri, aljabar, penyederhanaan, hingga algoritma dasar.

Tapi untuk foto dan mendapatkan jawaban, tulisan rumus atau soal tersebut harus tulisan komputer atau di ketik, karena kalau tulisan tangan tidak akan dikenal oleh aplikasi ini.

Yang spesial juga dalam aplikasi ini adalah, adanya tutorial dasar dari beberapa topik dalam pelajaran MTK, sehingga menjadikan aplikasi ini layak di gunakan oleh pelajar maupun pendidik. Lupakan kesalahan hitung yang normal yang sering terjadi, karena Automath mampu menangani kesalahan kesalahan tersebut dengan cepat.

Kelebihan AutoMath Photo Calculator

  • Menyediakan beragam soal latihan dan modul.
  • Dilengkapi pembahasan.
  • Tersedia rumus MTK.

Kekurangan AutoMath Photo Calculator

  • Tidak responsif terhadap tulisan tangan. Jika belajar menggunakan aplikasi ini, tidak bisa menggunakan pen bawaan HP, melainkan harus mengetik angka menggunakan keyboard.

2. Math Master

Aplikasi ini cocok bagi yang menyukai game karena di dalam aplikasi ini metode yang di tawarkan adalah belajar matematika dengan permainan. Jelas permainan ini sangat berguna, karena bisa banyak belajar dari apa yang ada pada game aplikasi ini.

Di aplikasi ini akan banyak menemukan berbagai macam tipe dan tingkatan soal MTK. Ada hitungan acak, puzzle logika hingga soal cerita yang harus dikerjakan, tentu soal akan dimulai dengan yang mudah, setelahnya sesuai tingkatan maka soal akan semakin sulit.

Semakin tinggi levelnya, tentu akan semakin berat pula soal yang harus dihadapi. Namun, inilah letak keseruan dan pembedanya. Aplikasi ini bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus. Jadi bisa bikin mini games bersama dengan teman-teman agar belajar matematika lebih seru dan tidak membosankan. Adu kemampuan bersama teman dengan soal-soal yang kreatif.

Kelebihan Math Master

  • Metode belajar sangat menarik.
  • Modulnya lengkap
  • Tersedia leveling latihan soal.
  • Dapat diakses bersama-sama.

Kekurangan Math Master

  • Ada iklan.

3. Photomath

Aplikasi Matematika yang bisa digunakan untuk menjawab soal matematika hanya dengan cara di foto, dan tidak hanya tulisan komputer saja, tapi tulisan tanganpun bisa terdeteksi. Berbeda dengan Aplikasi sejenis yang mengharuskan tulisan yang di foto adalah ketikan komputer dan tidak mengenali tulisan tangan.

Aplikasi PhotoMath ini bisa diunduh di playstore secara gratis dan bisa di gunakan tanpa jaringan internet sehingga lebih praktis.

Photomath memiliki reputasi yang baik, maka tidak heran jika aplikasi ini menjadi aplikasi favorite para pelajar dan pendidik, karena fitur yang ada lengkap dan mudah untuk di gunakan, di buktikan dengan unduhan yang saat ini mencapai lebih dari 2 juta kali.

Kelebihan Math Master

  • Pembahasan dan soal latihan lengkap.
  • Modul pelajar juga lengkap.
  • Bisa digunakan secara offline.
  • Fitur canggih karena bisa membaca soal melalui hasil foto.

Kekurangan Math Master

  • Kurang cocok digunakan oleh orang dewasa karena kumpulan soalnya kurang menantang.

4. MyScript Calculator

Selain Photomath, ada juga aplikasi MyScript Calculator yang bisa membantu mengerjakan soal matematika dengan cara yang cukup unik. Di sini tidak perlu mengetik, melainkan cukup mencorat-coret saja pada layar smartphone hingga tulisan tadi akan langsung diubah menjadi persamaan matematika.

Sayangnya, kemampuan MyScript Calculator untuk membantu mengerjakan soal matematika masih terbatas. Aplikasi menjawab soal matematika ini hanya bisa untuk matematika dasar, eksponensial, trigonometri, dan alogaritma saja.

Kelebihan MyScript Calculator

  • Menyediakan layar yang intuitif bisa dicoret-coret.
  • Modul cukup lengkap.

Kekurangan MyScript Calculator

  • Soal latihan yang masih terbatas.

5. MalMath

MalMath merupakan aplikasi yang bisa membantu menjawab pertanyaan untuk siswa SMA hingga kuliah. MalMath dilengkapi dengan sejumlah tutorial bagaimana cara menggunakannya, khususnya untuk para pemula yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini.

Di sini pun bakal dibantu dengan sebuah virtual keyboad yang dilengkapi berbagai simbol matematika untuk memasukkan rumus. Nantinya akan diberitahu step-by-step dalam menyelesaikan pertanyaan matematika tersebut.

Kelebihan MalMath: Step by Step Solver

  • Bisa digunakan untuk semua kalangan.
  • Menyediakan video tutorial.

Kekurangan MalMath: Step by Step Solver

  • Tidak bisa diakses secara offline.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

7 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago