HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Youtube 2021

Youtube merupakan situs web yang banyak digunakan oleh pengguna,karena dalam youtube tersedia berbagai macam konten video,pengguna juga dapat mengunggah,menonton dan berbagi video.

Tak hanya itu,platform video milik Google ini,juga menyediakan peluang usaha yang cukup menjanjikan.Banyak content creator yang sukses memiliki pendapatan bernilai fantastis dari Youtube.Hal ini yang membuat banyak orang berlomba-lomba menjadi seorang Youtuber.Lalu bagaimanakah caranya menghasilkan uang dari Youtube dan apa si alasan menghasilkan uang dari Youtube?

Berikut penjelasannya….

Alasan Kenapa Menghasilkan Uang Dari YouTube

Memang bisa menghasilkan uang dari YouTube ? Tentu bisa.Berikut beberapa alasannya :

Konsumsi Video Online Pengguna Tinggi

Sekarang ini banyak orang menggunakan internet untuk berbagai aktivitas,entah itu untuk sosial media dan juga untuk menonton video.Artinya kesempatan kalian untuk menjangkau audiens melalui video cukup tinggi dan bisa melakukannya menggunakan YouTube.

Merupakan Platform Video Utama

YouTube telah menguasai market share platform video di Indonesia.Sebanyak 92% pengguna internet Indonesia menyatakan YouTube adalah platform pertama yang mereka gunakan ketika mencari konten video online.

YouTube Mampu Menyaingi Televisi

Menonton YouTube sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia dan bisa menggeser popularitas televisi.Hal ini kemungkinan disebabkan oleh banyaknya pilihan jenis konten di YouTube dan kebebasan waktu menonton.Selain itu,YouTube juga memungkinkan pengguna untuk menonton acara-acara televisi di platformnya.Hampir semua kanal televisi Indonesia punya channel resmi di YouTube sehingga penonton bisa menonton acara yang dilewatkan di televisi.

Tidak Harus Punya Subscriber Jutaan

Tidak diwajibkan untuk mempunyai jutaan subscriber untuk menghasilkan uang dari YouTube.Di Indonesia sendiri sudah lahir banyak content creator di YouTube dengan jumlah subscriber jutaan.Contohnya : Raditya Dika,Arief Muhammad,Kevin Hendrawan dan Ria Ricis.Banyak brand bekerja sama dengan mereka karena dianggap bisa menjangkau khalayak luas.

Idealnya, subscriber yang banyak memang membantu untuk bersaing di ranah ini.Walaupun begitu bukan berarti kalian tidak bisa menghasilkan uang dengan jumlah subscriber yang belum seberapa.Kalian masih bisa menjadi partner YouTube jika sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan.Selain itu,juga masih punya kesempatan untuk bekerja sama dengan brand.Brand tidak hanya bekerja sama dengan macro influencer.Perusahaan pun membutuhkan micro influencer yang jangkauannya lebih kecil daripada macro influencer.

Semua Orang Dapat Menghasilkan Uang dari YouTube

Dengan YouTube,kalian dapat membuat acara sendiri tanpa harus mengikuti audisi.Memang kalian harus melakukan semuanya secara mandiri,dari pengambilan gambar hingga editing.Namun,kalian memiliki kebebasan dalam membuat konten.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Harus diingat,cara mendapatkan uang dari YouTube selalu diawali dengan konten berkualitas.Jadi kita akan menjelaskan kepada kalian bagaimana membuat konten YouTube berkualitas sampai dapat menghasilkan uang dari YouTube.

Buat YouTube Channel

Ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan uang dari youtube dengan cara membuat akun terlebih dahulu di YouTube jika belum memilikinya. Coba sign in ke YouTube (kalian bisa menggunakan akun Google untuk masuk dan mendaftar,lebih hemat waktu dibandingkan mengisi semua data form lagi dari awal).Lalu buatlah channel kalian,gunakanlah nama yang menarik bagi saluran YouTube kalian dan pikirkan bagaimana konsep saluran kalian seperti : tema atau karakter channel.

Berikut kita jelaskan langkah-langkah membuat channel Youtube :

  • Buka situs https://www.youtube.com/ di browser kalian.
  • Klik Login di pojok sebelah kanan dan masuk dengan akun Google kalian.
  • Setelah masuk dengan akun Google,klik akun kalian pada pojok kanan atas.
  • Pilh opsi Buat Channel atau Create Channel.
  • Setelah itu,muncul pop-up untuk memilih nama Channel sesuai akun Google atau membuat sendiri secara kustom.Pilih nama kustom agar bisa menentukan nama Channel YouTube sendiri.
  • Lalu masukkan nama channel yang ingin kalian buat,centang syarat dan ketentuan,Klik buat.
  • Channel YouTube sudah berhasil dibuat.
  • Kalian bisa mengganti foto profil,deskripsi channel dan memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.
  • Jika semuanya sudah selesai,kalian bisa mulai mengunggah video kreatif milik kalian.

Monetisasi YouTube Channel

Lakukan sign in ke akun YouTube kalian,lalu pilih menu “account information” terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”.Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”.Pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

Mendaftar Ke Google Adsense

Agar dapat menghasilkan uang dari Youtube,kalian wajib mendaftar di Google Adsense untuk me-monetize konten video dan beruntungnya jika channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan dari Google Adsense.Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense.

Jika kalian sudah memiliki akun Google Adsense,maka tidak perlu mendaftar lagi ke google Adsense. Yang perlu dilakukan hanya menghubungkan akun Google Adsense ke akun YouTube kalian,tentunya email yang digunakan harus sama.Setelah akun Adsense terhubung dengan chanel YouTube, maka kalian hanya tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video kalian jika sudah memenuhi aturan YouTube yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Yang perlu diingat, kunci keberhasilan menjadi YouTuber adalah kreativitas.Semakin banyak video yang diupload di Channel kalian,maka peluang untuk mendapatkan uang dari YouTube akan semakin besar.Menjadi YouTuber tidak ada batasan penghasilan yang didapatkan,karena yang menentukan penghasilan adalah jumlah views video yang kalian unggah ke YouTube.

Optimalkan Fungsi Monetisasi

Untuk mempermudah mendapatkan uang dari Youtube yakni mengoptimalkan YouTube channel kalian,beberapa kriteria berikut perlu dipenuhi :

  • Video harus user-friendly(mudah digunakan).
  • Konten harus merupakan karya orisinil kalian agar dapat di-promote.
  • Copyrighted videos yang kalian plagiasi dari internet tidak akan menghasilkan apa-apa jadi lebih baik urungkan niat untuk melakukan plagiasi.
  • Video harus memerhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube.
  • Sekalinya video kalian diaktifkan fungsi monetisasinya,beberapa iklan akan muncul di video kalian.

Conversion Rate ke Product Page (Tingkat Konversi ke Halaman Produk)

Kalian dapat menjadikan saluran YouTube milik kalian,sebagai suatu kesempatan untuk meningkatkan conversion rate.Buat konten yang menunjukkan betapa bagus dan menarik produk yang ingin ditonjolkan lewat soft promotion.Kemudian buatlah link pada product page di kolom deskripsi YouTube video kalian.Hal ini kerap kali dilakukan para vlogger yang ingin menjual sesuatu secara halus.Contoh :pada video musik biasanya banyak di-shoot produk-produk tertentu yang dipakai oleh bintang utama atau penyanyi.

Menjual Video Pada Website Penjualan Video

Mendapatkan uang dari youtube bisa juga dengan cara menjual video di website komersial yang memberikan sarana untuk kalian para video-maker untuk berjualan hasil karya.Jadi, pada YouTube,kalian dapat mengupload tayangan berupa teaser dan mengarahkan penonton untuk membayar jika ingin menonton versi lengkapnya.

Menarik Sponsorship Dan Advertisement

Kalian pasti tahu bahwa di hampir semua konten video YouTube milik Youtuber terkenal,selalu ada unsur sponsorship dan advertisement,2 aspek ini dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube.

Arahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Affiliate marketing merupakan peluang untuk menghasilkan uang secara online yang populer.Masalahnya bahwa begitu banyak pemasar affiliate ini yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar.Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link,coba membuat saluran YouTube keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link.Dengan perkembangan niche visual yang makin bertumbuh,di mana orang mulai malas membaca teks yang panjang,kalian juga bisa mengembangkan bisnis lebih pesat lagi.

Meet And Greet Atau Live Speaking

Jika kalian sudah memiliki fanbase yang cukup banyak,kalian dapat mengadakan meeting dan greeting.Mungkin saja membuat jadwal rutin agar komunitas kalian bisa bertumbuh.Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan keterikatan kalian dengan para subscribers atau penonton setia.Nantinya,juga dapat menjual produk atau mempromosikan konten lainnya pada saat acara berlangsung dan memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa niche market kalian.

Berpikir Out of The Box(Diluar Kebiasaan)

Berpikir di luar kebiasaan diperlukan,agar kalian ingin menghasilkan video menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten viral.

Tipe Video Yang Menghasilkan Uang Di YouTube

Seperti yang sudah disebutkan di bagian sebelumnya,kalian perlu membuat konten menarik.Pastinya yang membuat perhatian orang-orang beralih.

Berikut beberapa jenis video yang bisa dipertimbangkan untuk dibuat :

  • Tayangan Voice Over

 

Rekaman suara narasi soal berbagai fakta menarik,komentar kalian seputar berita terkini,pendapat kalian soal film atau musik yang bisa berupa visual menarik sehingga video kalian menarik pula untuk ditonton.

  • Tayangan List

Memuat daftar menarik untuk ditonton secara visual.List yang kalian buat dapat berupa list soal apapun yang dapat dirangkum ke judul menarik semacam, “12 Pemain Volli Wanita Wanita Terbaik FIVB ” atau “10 Film Yang Akan Rilis Bulan Maret 2021”.Video dapat memuat suara dengan gambar bergerak atau tulisan dan kolase foto-foto.

  • Tayangan Unboxing

Manusia memiliki rasa keingintahuan tinggi,ini yang menyebabkan video-video unboxing sangat banyak dicari dan ditonton oleh pengguna YouTube.Mulai dari video Unboxing mainan anak,alat-alat rumah tangga,alat make up,teknologi bagi orang dewasa dan masih banyak lagi.Biasanya tayangan unboxing akan memiliki pengunjung yang banyak,karena tayangan unboxing memicu rasa penasaran bagi pengunjung.

  • Tayangan Tutorial

Tayangan tutorial berarti panduan untuk membuat atau melakukan sesuatu,sekarang sudah banyak video tutorial yang ditemukan di internet,kalian yang gemar merias diri mungkin tertarik untuk melakukan prosesi merias wajah yang direkam untuk dibagikan di YouTube channel kalian. Cobalah untuk kreatif untuk membuat tayangan yang atraktif.

  • Tayangan Ilustrasi

Banyak sekali muncul tayangan edukasi yang dibuat dengan ilustrasi dan berkualitas bagus.Konten-konten ilustrasi biasanya untuk edukasi,mungkin sebuah cerita atau kejadian yang tidak bisa dilihat secara real maka bisa menggunakan ilustrasi,kalian bisa juga membuatnya dengan gaya ilustrasi dan penuturan kalian sendiri.

Dan masih banyak lagi,tipe video di Youtube yang bisa menghasilkan uang kalian dapat mengeceknya langsung di aplikasi Youtube.

Peraturan Dalam Mencari Uang Di YouTube

Berikut peraturan dalam mendapatkan uang dari Youtube yang boleh kalian lakukan :

  • Membuat video tampilan bagus (resolusi,sudut pengambilan gambar,dan lainnya).
  • Membuat video menarik kontennya bagi penonton agar menontonnya dari awal hingga akhir tayangan
  • Membuat video meningkatkan engangement dengan mengajak penonton untuk berkomentar atau share video.
  • Mengajak penonton untuk menjadi subscriber pada YouTube channel kalian.
  • Memberikan nama atau judul sesuai dengan konten tayangan,memberikan deskripsi video sesuai dan dapat berpengaruh pada rank karena telah sesuai SEO.
  • Membuat banyak video sesering mungkin.
  • Mempublikasikan atau mensosialisasikan YouTube video kalian di semua sosial media yang ada.

Kenali Istilah CPM Dan RPM Di Youtube

Jika kalian sungguh-sungguh ingin menghasilkan uang dari akun YouTube yang dikelola,berarti kalian tidak hanya butuh untuk mengetahui cara-caranya tetapi juga mengenal istilah yang dipakai dalam monetisasi video YouTube kalian.

Berikut kita akan memberikan definisi istilah-istilahnya :

Apa Itu CPM ?

CPM adalah singkatan dari Cost per Mille berarti per seribu.Terkait monetisasi video di YouTube kalian,ada rumus yang dipakai untuk menentukan berapa pendapatan kalian,yaitu :

Pendapatan= CPM x (total impresi/ 1000)

Jadi,membagi jumlah atau total banyak tayangan dengan angka 1000,karena harga CPM berlaku 1$ per 1000 tayangan. Berikut contoh penghitungan agar kalian dapat membayangkan berapa banyak uang yang kalian dapat hasilkan dari YouTube dengan perumpamaan 1$ sejumlah 10.000 Rupiah :

  • 1000 views / $1 =kira-kira 10  rupiah.
  • 10.000 views / $10 = kira-kira 100 ribu rupiah.
  • 100.000 views / $100 = kira-kira 1 juta rupiah.
  • 1.000.000 views / $1000 = kira-kira10 juta rupiah.
  • 10.000.000 views / $10,000 = kira-kira 100 juta rupiah.

Jumlah uang yang dibayarkan dapat naik bila sedang hari raya semacam natal atau lebaran.Jumlah dapat dipengaruhi oleh waktu,konten dan gender dari visitor.Total uang juga bervariatif sebenarnya,mulai dari 50 cents hingga 10$ per thousand impressions.Pada Google AdSense,impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil.Terakhir, bagi negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai native language,CPM lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

Apa Itu RPM ?

RPM merupakan singkatan dari Revenue per thousand impressions.Dalam hal ini,YouTube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube kalian dari keseluruhan total RPM.

Rumusnya adalah :

Pendapatan=Penghasilan÷Monetized playback video x 1000

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

5/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

4 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

7 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago