HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mudah Untuk Cek Branding Image Bisnis Yang Benar

Sudah cek performa branding bisnis milik kalian ? Jika belum,segera cek reputasi bisnis online kalian dengan strategi-strategi pada pembahasan ini :

Seberapa Pentingkah Untuk Cek Branding Image Bisnis Online ?

Banyak pebisnis yang tidak melakukan cek reputasi bisnisnya.Kebanyakan mereka berfokus melakukan promosi tanpa mengevaluasi branding bisnis yang dilangsungkan.Kalian harus mengubah kebiasaan buruk tersebut.Karena ada banyak manfaat dari bisnis yang rajin mengecek kualitas branding mereka,seperti :

  1. Promosi lebih terarah dan jelas tujuannya.
  2. Mengetahui channel promosi mana yang benar-benar mendatangkan keuntungan.
  3. Mengetahui masalah yang terjadi pada branding,lengkap dari penyebab hingga solusinya.
  4. Memiliki bahan untuk mengembangkan strategi branding lebih inovatif.
  5. Memperbesar kesempatan untuk menjadi lebih unggul dari kompetitor dan meraih untung sebanyak mungkin.

Kabar gembira lainnya,cek reputasi branding bisnis kini bisa mudah berkat bantuan berbagai software manajemen bisnis online.Namun,mengapa harus menggunakan aplikasi software manajemen saat cek hasil branding bisnis ? berikut alasannya :

  • Aplikasi branding dapat menganalisa kinerja olshop secara lebih akurat (menghindari human error).
  • Aplikasi lebih cepat dalam memproses analisis.Kalian sudah bisa mendapat hasil laporan dalam hitungan menit atau bahkan detik.
  • Semua data-data branding olshop tersebar secara online,jadi akan sulit untuk dikumpulkan maupun diolah secara manual.

Cara Cek Branding Image Toko Online Indonesia

Berikut ini rekomendasi dan cara menggunakan aplikasi software manajemen untuk memantau perkembangan branding toko-toko online di Indonesia yang terbaik :

1.Google Alert

Software manajemen Google Alerts bisa membantu mengumpulkan mention brand sampai memberi notifikasi jika ada pembicaraan baru terhadap bisnis kalian,sebab tersinkronisasi dengan Google,otomatis Alerts bisa menscan konten-konten terkait bisnis kalian yang tersebar di Google (artikel,website dan blog).

Tidak sedikit toko-toko online Indonesia menggunakan Google Alert karena simpel,praktis,ringan dan bisa diakses dari semua jenis gadget (smartphone,tablet atau laptop).

2.Google Suggest

Google Suggest adalah kata-kata atau kalimat yang disarankan secara otomatis oleh Google ketika kalian ingin menelusuri sesuatu.Apabila nama brand kalian sering dicari oleh masyarakat (populer),maka secara otomatis Google akan menampilkan rekomendasi kata kunci berupa nama toko kalian.

Cara cek reputasi dengan Google Suggest :

  1. Ketik nama bisnis atau brand di kolom pencarian Google.
  2. Tambahkan tanda garis bawah ( _ ) di bagian belakang kata kunci tersebut.
  3. Jika sudah,klik enter.

Google akan menampilkan rekomendasi keyword-keyword yang sering ditelusuri pengguna terkait brand selain itu,kalian juga bisa melihat ranking website utama bisnis menurut hasil penelusuran (SERP).

3.SEMRush Brand Monitoring

SEMRush dikenal sebagai software manajemen SEO terbaik dunia.Maka dari itu,tidak heran banyak toko online Indonesia juga turut menggunakannya.SEMRush Brand Monitoring adalah fitur khusus untuk cek reputasi bisnis di mata konsumen online. Aplikasi branding ini dapat melacak seluruh ulasan,rating dan komentar terkait bisnis kalian dari berbagai platform.

Keunggulan utama SEMRush Brand Monitoring yakni :

  • Mengetahui tone atau nada audiens ketika membicarakan toko.
  • Mengetahui reputasi bisnis di mata konsumen.
  • Menafsirkan penilaian konsumen terhadap image usaha.
  • Mengetahui bagaimana cara masyarakat menemukan toko.
  • Mempelajari buyer persona bisnis.

Cara menggunakannya :

  • Buka website SEMRush,cari fitur Brand Monitoring.
  • Ketik nama brand atau kata kunci tertentu yang ingin di riset.
  • Bisa gunakan filter mention keyword atau sumber orang-orang membicarakan brand kalian (website,portal berita dan blog).
  • Terapkan filter jenis sentimen penilaian : ulasan positif,negatif atau netral.
  • Urutkan hasilnya berdasarkan peringkat SEMRush atau tanggal pembicaraan terjadi.
  • Setelahnya SEMRush Brand Monitoring akan menampilkan laporan analisis penilaian brand kalian di mata masyarakat online selengkapnya

4.Mention

Aplikasi branding Mention bisa memberikan notifikasi real time jika ada orang yang membicarakan brand kalian di internet.Cakupan jangkauan Mention lebih luas dari Google Alerts.App ini dapat menginfokan pembicaraan tentang brand yang terjadi di dalam dan luar Google (media sosial,acara televisi,forum-forum online,review ecommerce dan lainnya).

Mention yakni salah satu aplikasi contoh evaluasi usaha terbaik.Kalian bisa mendapat banyak fitur analisis canggih dan akurat di sini,seperti fitur pengecek faktor reputasi dan membandingkan branding bisnis kalian dengan kompetitor.Jadi,kalian dapat lebih cepat mengetahui pembicaraan terkait brand sekaligus menganalisis tren-tren branding yang sedang berlangsung.

5.Reputology

Aplikasi branding analisis Reputology merupakan software manajemen yang dapat merangkum semua penilaian konsumen kalian yang tersebar di sosial media dan web-web review khusus berbagai industri.Kalian pun dapat menyesuaikan kategori bisnis dengan industri yang ada.Misalnya memiliki bisnis kuliner restoran,maka atur pelacakan Reputology agar menyasar web-web review usaha makanan saja.

Beberapa industri bisnis yang termasuk daftar Reputology yakni kuliner,pariwisata (perhotelan),kesehatan,real estate dan kebugaran (fitness).Lebih jauh,aplikasi cek reputasi ini dapat sekaligus mengirimkan email berisi rangkuman pendapat konsumen.Tidak tanggung-tanggung,tersedia pedoman lengkap belajar menanggapi review negatif agar tidak merusak branding usaha.Apabila ada ulasan baru pun,kalian dapat langsung membalasnya dari Reputology tidak perlu repot login ke situs dimana ulasan dibuat.

6.Buzzsumo

Evaluasi usaha tidak harus selalu tentang menganalisis performa promosi atau transaksi.Kalian juga harus menggali ide-ide segar secara berkala untuk memperbaharui strategi branding image.

Gunakanlah Aplikasi Buzzsumo,karena aplikasi ini mampu : Membandingkan konten branding kalian sendiri dengan kompetitor,menganalisis kekuatan masing-masing konten,menggali ide-ide konten yang sedang naik daun di berita online atau sosial media,memberikan masukan strategi untuk membuat konten yang lebih baik serta mencari dan menemukan influencer terbaik untuk mendukung bisnis.

7.Review Trackers

Aplikasi Review Trackers bisa mengumpulkan,mengolah dan cek reputasi usaha online kalian secara berkala.Aplikasi Review Trackers banyak digunakan karena aplikasi ini mudah dipakai dan memberi hasil yang akurat.Di samping menganalisis branding bisnis,Review Trackers juga alat bantu yang cocok untuk meningkatkan local SEO dan menjaga kesetiaan konsumen olshop.

8.Naymsz

Aplikasi Naymsz merupakan aplikasi contoh evaluasi usaha yang sesuai bagi para pemula dengan tampilan laporan analisis branding image di Naymsz sangat mudah dimengerti.

Cukup aktifkan Naymsz,lalu aplikasi ini akan bekerja otomatis menggali pengaruh sosial bisnis secara online.Semakin tinggi hasil yang diperoleh,artinya semakin bagus reputasi olshop kalian menurut netizen.Fitur utama dari Naymsz yakni “Repscore”. Fitur ini membantu pebisnis mengukur dampak branding imagenya di semua network sosial media lalu memperlihatkan nilainya.Kalian dapat mengetahui skor reputasi bisnis kapan saja dalam hitungan detik.

9.YouScan

Ada banyak contoh evaluasi usaha menarik dan bermanfaat yang bisa dieksekusi dengan aplikasi software manajemen YouScan.Sesuai namanya,kalian dapat mengukur keberhasilan branding semudah menscan platform pilihan.Scan dapat dijalankan semudah menyebutkan nama usaha atau brand saja.Sisanya YouScan akan memindah seluruh sosial media dan web yang ada di Google.

Dengan YouScan,kalian tidak perlu menggunakan 2 aplikasi berbeda untuk cek branding bisnis di web atau sosial media.Hasil penelusuran YouScan juga dijamin akurat meskipun berlangsung di banyak platform sekaligus.Ini karena aplikasi branding YouScan sudah dilengkapi dengan teknologi AI.

Dalam versi terbarunya,YouScan sudah dilengkapi teknologi image recognition : fitur cerdas pemindai spesifik berbasis gambar (visual).Pengguna dapat menganalisis branding semudah menscan gambar logo bisnis.Cara ini ampuh digunakan untuk mengetahui kualitas branding kompetitor.

10.Awario

Awario turut menyediakan modul dan berbagai contoh evaluasi usaha terbaik ala toko-toko online Indonesia sukses.Alhasil kalian bisa menggunakan software ini untuk belajar sekaligus bekerja.

Cara pakai Awario sangat sederhana yakni Buka website resmi Awario,lalu masukkan nama bisnis atau kata kunci branding yang ingin ditelusuri,terapkan filter yang sudah disediakan sesuai kebutuhan.Gunanya untuk menyesuaikan mention brand yang ingin dianalisis,lalu jalankan analisis dan tunggu hingga selesai,kemudian ekspor hasil analisis ke dalam file Excel agar mudah di diskusikan dengan rekan kerja kalian.

11.Brand Mentions

Aplikasi Brand Mentions mmerupakan software yang membantu melancarkan berbagai contoh evaluasi usaha yang ingin kalian lakukan dalam hitungan menit.

Brand Mentions mengenali,mengumpulkan lalu menyimpulkan nilai reputasi bisnis dari kata kunci yang dimasukkan.Pelacakan dilakukan secara menyeluruh dari artikel,blog,berita hingga sosial media ternama tempat bisnis dikembangkan.Brand Mentions memberi keleluasaan analisis sepenuhnya pada pengguna.Kalian dapat menetapkan sendiri batasan analisis, mengecualikan keyword tertentu,langsung membalas ulasan audiens dan menganalisis brand pesaing di sini.

 

Demikian artikel tentang cara-cara untuk cek branding image menggunakan software-software manajemen terbaik.Jadi,mulailah analisis branding image bisnis kalian.Semoga bermanfaat 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

23 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 days ago