HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Shadowban : Pengertian, Dampak Negatif dan Cara Mengatasinya

Bagi social media specialist istilah ini harusnya cukup familiar. Jika dibiarkan, shadowban akan memberikan banyak dampak negatif terutama yang mengandalkan kampanye viral marketing melalui media sosial.

Bila akun terkena shadowban, yang pasti keberadaan akun tersebut menjadi antara ada dan tiada. Sebenarnya akun masih tersedia di platform media sosial tersebut. Namun, orang-orang seperti tidak menyadari kehadirannya karena akun “disembunyikan”.

Apa Itu Shadowban?

Telah disinggung sedikit sebelumnya, shadowban adalah kondisi di mana akun atau postingan disembunyikan oleh platform media sosial.

Ada beberapa alasan mengapa platform ini bisa melakukan shadowban, yaitu :

  • Pemilik akun melanggar aturan platform media sosial tersebut.
  • Terdapat konten sensitif di akun tersebut.
  • Memanipulasi hashtag.
  • Akun tersebut terindikasi spamming.

Shadowban ini berarti aksi menghalangi pengguna sosial media agar unggahannya tidak terlihat di pengguna lain.

Berbeda dengan suspensi akun yang ada notifikasi dari platform melalui email pengguna, tindakan shadowban ini tidak ada pemberitahuannya sama sekali. Maka dari itu, para pengguna media sosial disarankan untuk rajin atau secara rutin memeriksa kesehatan akun.

Cara Cek Shadowban

Untuk cek shadowban bisa dilakukan dengan mengecek akun secara manual maupun dengan bantuan tool yang tersedia secara online dan gratis.

Cara manual untuk cek apakah akun terkena shadowban tergantung dari platform media sosial yang digunakan.

1. Cara Cek Shadowban Instagram

Cara cek shadow ban di Instagram secara manual adalah dengan hashtag. Agar mengetahui akun yang digunakan terkena shadowban atau tidak, cobalah untuk posting dengan hashtag lalu cek apakah postingan tersebut muncul di feed hashtag yang disematkan.

Jika tidak muncul, kemungkinan akun  di-shadowban, atau akun diatur sebagai akun privat.

Terkadang jika diposting dengan tagar yang di-ban seperti #alone. Untuk mengeceknya, sebelum menggunakan tagar tersebut, coba lah untuk mencarinya di kolom pencarian.

Jika hasil yang ditampilkan adalah “Not-found”, maka bisa jadi tagar tersebut telah dilarang penggunaannya oleh Instagram.

Instagram dapat memblokir suatu akun jika penggunanya melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Akun Instagram dilaporkan karena melakukan pelanggaran.
  • Menggunakan tagar yang dilarang.
  • Menggunakan bot atau layanan yang melanggar syarat dan ketentuan Instagram.
  • Akun mengalami lonjakan aktivitas besar yang mengindikasikan aktivitas penipuan
  • Melebihi batas waktu harian atau per jam yang ditentukan Instagram.

2. Cara Cek Shadowban Twitter

Untuk cek apakah akun Twitter terkena shadowban tandanya cukup jelas. Jika me-reply tweet orang, akun akan ditampilkan sebagai ‘show additional replies, including those that may contain offensive content’ yang mana fitur tersebut menyembunyikan reply dari akun yang terkena shadowban.

Selain itu, jika mencoba untuk mencari interaksi akun dengan formula from:@username pada search bar, tidak akan menemukan tweet-tweet dari akun tersebut padahal akunnya tidak diatur sebagai privat.

Selain memeriksa kesehatan akun secara manual seperti tadi, bisa menggunakan tool online seperti hisubway.online. Jika akun baik-baik saja, maka indikasinya akan berwarna hijau semua. Namun, jika bermasalah maka ada indikator warna merah.

Twitter tidak memblokir pengguna berdasarkan sudut pandang atau ideologi politiknya, melainkan jika pengguna melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Akun Twitter dilaporkan oleh beberapa pengguna.
  • Pengguna sering mengganti nama akun.
  • Melakukan tweet berulang sehingga dianggap spam.
  • Menandai terlalu banyak orang dalam suatu tweet.
  • Akun dianggap tidak mengikuti kebijakan lain yang sudah ditetapkan oleh Twitter.

3. Cara Cek Shadowban TikTok

Sebagai catatan, ternyata TikTok juga menyembunyikan akun yang melanggar community guideline-nya. Untuk mengetahuinya bisa mengeceknya dengan memasukkan username atau nama akun TikTok di search bar.

Jika nama tidak ada, maka besar kemungkinan akun tersebut di-shadow ban oleh TikTok. Lalu, alternatif lain untuk cek shadowban TikTok adalah dengan posting video dengan menggunakan hashtag.

Setelah itu, cek apakah video masuk ke dalam feed tagar yang sudah disematkan di video tadi.

Dampak Negatif Shadowban

Tidak dipungkiri kalau shadowban bisa mendatangkan dampak-dampak negatif, apalagi jika media sosial ini digunakan untuk branding.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya :

  • Menurunkan engagement.
  • Kampanye apapun tidak akan efektif.
  • Sulit untuk mengarahkan trafik ke website.
  • Tidak adanya exposure ke feed di luar pengikut.

Jika dampak negatif tersebut dibiarkan, maka resiko yang dihadapi nantinya adalah kerugian atas pemasukan perusahaan/brand. Untuk itu harus segera mengatasi shadowban ini apalagi jika berjualan juga melalui media sosial tersebut.

Cara Mengatasi Shadowban

Shadowban baik di Twitter, Instagram, maupun TikTok bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini, yaitu :

1. Jangan melanggar pedoman komunitas

Semua platform memiliki pedoman komunitas untuk membantu menjaga konten tetap terkendali. Umumnya, pedoman ini melarang aktivitas ilegal, ujaran kebencian, pornografi, atau informasi yang menyesatkan. Jika melanggar salah satu dari hal-hal ini secara eksplisit, kemungkinan besar akun akan langsung diblokir atau konten dihapus.

Namun, jika mengunggah konten yang berada di area abu-abu — tidak secara eksplisit melanggar aturan, tetapi tidak sepenuhnya aman untuk semua audiens — konten juga berisiko untuk diturunkan peringkatnya atau disembunyikan.

2. Jangan bertindak seperti bot

Menggunakan tagar yang tidak relevan, menggunakan terlalu banyak tagar, mengikuti sekelompok orang dalam waktu singkat, atau mengomentari terlalu banyak postingan terlalu cepat adalah perilaku yang menyerupai bot dan biasanya platform media sosial akan memblokir akun tersebut.

Agar akun tidak diblokir, pastikan profil yang dicantumkan terlihat seperti orang yang nyata (atau merek yang sah) dengan mengisi semua bagian yang relevan, memiliki gambar profil yang sesuai, dan menggunakan alamat email asli dalam info kontak.

3. Jangan menggunakan tagar yang dilarang

Seringkali tagar populer ikut digunakan oleh konten-konten yang tidak pantas dan jika kamu menggunakan tagar yang sama, konten tidak akan muncul dalam pencarian. Bahkan, bisa jadi mengakibatkan akun yang diblokir oleh platform media sosial. Tidak ada daftar resmi untuk tagar yang diblokir, tetapi pencarian melalui Google akan mengungkapkan banyak situs yang dapat melacak hal semacam ini.

4. Jangan melakukan spam

Menuliskan tautan yang sama berulang-ulang atau berbagi konten berulang dapat memicu shadowban. Selain itu, hal tersebut juga dapat memicu kecurigaan dari para pengikut akun. Tetap berpegang pada konten yang menarik agar dapat memaksimalkan engagement atau keterlibatan pengguna.

5. Jangan membuat keterlibatan palsu

Keterlibatan palsu yang muncul dari transaksi jual beli pengikut dapat berpotensi menyebabkan shadowban. Ketika tiba-tiba memiliki 3.000 penggemar baru dari Rusia yang mengikuti dalam waktu satu jam dan memberikan komentar yang sama, algoritma media sosial akan menilai sebagai suatu hal yang mencurigakan sedang terjadi. Oleh karena itu, lebih baik hindari cara instan ini jika tidak ingin akun terblokir.

6. Diamkan Akun

Jika Akun terindikasi spam, coba untuk logout dan diamkan akun tersebut selama beberapa hari. Setelah itu, cobalah untuk membuat engagement hanya pada postingan yang tidak cenderung melanggar community guideline atau peraturan dari platform media sosial yang digunakan.

Namun bila masih belum bisa pulih, bisa menghubungi tim support masing-masing platform.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 hour ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

22 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago