HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
internet

Cara Mudah untuk Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

Istilah Yang Berkaitan dengan Kecepatan Koneksi Internet

Berikut ini akan menjelaskan beberapa istilah berkaitan dengan hasil pengecekan kecepatan internet, di antaranya :

  • Download Speed

Angka yang tercantum dalam download speed menunjukkan seberapa cepat koneksi internet pada perangkat yang dipakai saat mengunduh data. Semakin besar angkanya, semakin baik. Itu berarti waktu yang dibutuhkan perangkat untuk mengunduh data semakin cepat.

  • Upload Speed

Angka dalam upload speed menunjukkan seberapa cepat waktu yang dibutuhkan perangkat untuk mengunggah data ke internet. Sama seperti download speed, semakin besar angkanya, semakin baik. Itu berarti waktu yang dibutuhkan perangkat untuk mengunggah data semakin cepat.

  • Ping

Angka pada Ping menunjukkan jeda waktu yang dibutuhkan data untuk dikirim dari satu host ke komputer tujuan dan kembali lagi. Jika dalam Ping, semakin rendah angkanya maka koneksi yang dimiliki semakin bagus. 0 – 10 ms dianggap hasil yang sangat bagus.

  • Jitter

Jitter mengindikasikan fluktuasi nilai Ping. Artinya, angka dalam Jitter menunjukkan ke-stabilitas koneksi internet. Angka dalam Jitter diukur dalam ms (milliseconds). Maka dari itu semakin rendah angkanya, semakin bagus koneksi internet yang dimiliki.

Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

Berikut beberapa situs cek kecepatan internet, yaitu :

1. Google Fiber Speedtest

Google Fiber Speedtest adalah situs untuk melihat kecepatan internet terbaik dari Google. Salah satu penyedia asli serat optik seluruh dunia. Sementara serat optik kita kenal menawarkan beberapa kecepatan tercepat. Kebanyakan orang mengandalkan koneksi nirkabel untuk memberi daya pada internet.

Meskipun rancangannya mempertimbangkan Google Fiber, Google Fiber Speed Test dapat digunakan untuk menerapkan cara mengetahui kecepatan internet apa pun. Antarmuka pengguna bersih dan minimalis, sesuatu yang diharapkan pengguna dari Google. Bebas dari iklan yang berantakan, pengguna diarahkan untuk mengklik tombol putar. Mengklik tombol putar akan memulai tes, dengan hasil cepat muncul pada speedometer tengah layar. Google juga menawarkan tautan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengujian kecepatan secara umum, apa yang mempengaruhi kecepatan dan cara meningkatkan kecepatan internet.

Berikut ini cara mengecek kecepatan internet dengan menggunakan Google Fiber :

  1. Buka http://speedtest.googlefiber.net/
  2. Klik tombol panah berwarna biru
  3. Muncul notifikasi, pilih CONTINUE

Kelebihan Google Fiber Speed Test, yaitu :

  • Antarmuka pengguna sederhana.
  • Tanpa iklan.
  • Gratis.

2. Ookla

Ookla adalah penyedia asli situs untuk melihat kecepatan internet online gratis. Sebagai pemimpin global dalam pengujian kecepatan internet, pengguna dapat mempercayai Ookla untuk memberikan hasil yang akurat yang mengukur kinerja dan analisis jaringan. Dengan klik satu tombol, pengguna dapat memanfaatkan layanan gratis Ookla untuk mengetahui informasi yang paling tidak biasa mengenai kecepatan internet real-time. Tidak seperti beberapa penyedia tes kecepatan lain. Ookla bukan penyedia internet dan karenanya tidak memiliki konflik kepentingan ketika datang untuk menggunakan cara mengetahui kecepatan internet gratis.

Yang paling menarik dari Ookla’s Speedtest adalah menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk memilih server uji dimana saja. Meskipun Ookla akan secara otomatis memasangkan dengan layanan regional. Dapat memilih sendiri dengan klik tautan “Ubah Server” dan memasukkan pencarian pada bilah pencarian. Ini bagus bagi yang ingin tahu tentang waktu ping antara mereka dan orang lain pada wilayah geografis yang jauh.

Berikut ini cara mengecek kecepatan internet dengan menggunakan Ookla :

  1. Buka https://www.speedtest.net/
  2. Klik tombol GO
  3. Tunggu hingga proses tes kecepatan internet selesai

Kelebihan Ookla Speed Test, yaitu :

  • Pemimpin Global.
  • Pemilihan Server.
  • Gratis.

3. Fast.com

Fast.com adalah situs untuk melihat kecepatan Internet gratis yang mudah digunakan yang Netflix miliki. Situs ini mengukur kecepatan unduhan dengan menguji koneksi antara perangkat dan server Netflix, yang mereka gunakan dalam sistem pengiriman konten.

Cukup kunjungi Fast.com situs web uji kecepatan Netflix resmi dan langsung kecepatan internet untuk ditampilkan pada layar. Jika beberapa Mbps kurang dari yang diharapkan, tidak ada alasan untuk khawatir.

Netflix terutama mengharapkan ini untuk digunakan oleh orang-orang yang ingin menguji apakah kecepatan saat ini dapat menangani konten Netflix, namun hasil yang didapatkan sangat mirip dengan hasil yang akan didapatkan dengan tes kecepatan langsung dari ISP.

Berikut ini cara mengecek kecepatan internet dengan menggunakan Fast.com :

  1. Buka https://fast.com/
  2. Tidak perlu melakukan apa-apa, tes kecepatan internet akan dimulai secara otomatis.
  3. Tunggu hingga tes kecepatan internet selesai

Kelebihan Fast.com Speed Test, yaitu :

  • Tanpa iklan.
  • Antarmuka super bersih.
  • Tes berjalan pada protokol https aman.

4. Speedof.me

Speedof.me adalah situs untuk tes kecepatan Internet dengan HTML5 yang dirancang untuk sebagian besar sistem operasi dan dioptimalkan untuk perangkat seluler. Situs ini menawarkan program yang berguna untuk menguji kecepatan unduh dan unggah internet, memvisualisasikan hasil dalam grafik berwarna secara real time.

Jika ingin melakukan beberapa tes kecepatan dari waktu ke waktu, Speedof.me menyertakan grafik riwayat untuk membantu membandingkan hasil sebelumnya. Ini dapat berguna untuk menjalankan diagnostik kecepatan yang terkait dengan potensi pelambatan atau jam sibuk. Karena penyedia terkadang dapat kewalahan oleh penggunaan populer, Speedof.me dapat membantu menentukan waktu kapan internet paling kuat.

Berikut ini cara mengecek kecepatan internet dengan menggunakan Speedof.me :

  1. Buka https://speedof.me/
  2. Klik ACCEPT yang ada di kanan atas
  3. Klik START TEST
  4. Tunggu hingga proses tes kecepatan internet selesai

Kelebihan Speedof.me Speed Test, yaitu :

  • HTML5 dioptimalkan untuk Smartphone dan Desktop.
  • Gratis.
  • Visualisasi data yang nyaman.

5. Speedtest.cbn.id

Pada awal sejarah industri komunikasi Indonesia, CBN telah menjadi salah satu pelopor yang sangat kuat muncul dari fokusnya dalam bisnis, komitmen dalam layanan dan inovasi produk tanpa akhir. CBN adalah perusahaan TIK terkemuka di Indonesia, menyediakan Layanan Internet, Pusat Data, Cloud Computing dan TV Interaktif yang paling dapat diandalkan. CBN memiliki ribuan kilometer infrastruktur Jaringan Serat Optik dan berkembang pesat sejak masuk Indonesia tahun 1996.

Tidak heran kalau CBN memiliki situs untuk melihat kecepatan internet secara online. Karena dilihat dari latar belakang perusahaan adalah merupakan salah satu perusahaan teknologi informasi dan komunikasi besar di Indonesia.

Berikut ini cara mengecek kecepatan internet dengan menggunakan CBN :

  1. Buka https://speedtest.cbn.id/
  2. Klik Go !!
  3. Tunggu hingga proses tes kecepatan internet selesai.

Kelebihan CBN Speed Test, yaitu :

  • Antarmuka bersih.
  • Mudah digunakan.
  • Tanpa iklan.

Aplikasi Cek Kecepatan Internet

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi cek kecepatan jaringan paling akurat yang bisa install pada perangkat smartphone yang digunakan, yaitu :

1. nPerf

Aplikasi ini mampu menganalisa kecepatan jaringan internet di HP dengan cepat dan akurat. Bukan cuma kecepatan jaringan internet saja, di aplikasi ini juga bisa mendapatkan informasi lainnya seperti browsing test dan streaming test.

Semua data seputar jaringan internet pada smartphone yang digunakan ini bisa diperoleh hanya dengan menunggu beberapa detik saja.

Detail nPerf
Developer nPerf.com
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 12MB
Download 1.000.000+
Rating 4.8/5 (Google Play)

2. Meteor

Selain dapat digunakan untuk mengecek kecepatan internet di HP, Meteor juga mampu memberikan data kelayakan kecepatan internet pada aplikasi yang terpasang di HP. Meteor juga mampu menyimpan data koneksi di berbagai tempat yang pernah dikunjungi, jadi memiliki data mengenai daerah mana saja yang cocok dengan provider internet.

Detail Meteor
Developer Opensignal.com
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 5.4MB
Download 5.000.000+
Rating 4.6/5 (Google Play)

3. Speedtest Master

Aplikasi cek kecepatan internet sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store, menunjukkan bahwa data yang disuguhkan aplikasi ini terhitung cukup akurat. Speedtest Master bisa digunakan untuk melakukan tes kecepatan dan stabilitas internet di HP. Selain itu mampu menampilkan data tersebut dalam bentuk real time.

Aplikasi yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara cek kecepatan WiFi dan juga mampu menunjukkan berapa banyak pengguna WiFi yang diakses.

Detail SpeedTest Master
Developer Test speed internet & Net meter
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 10MB
Download 5.000.000+
Rating 4.7/5 (Google Play)
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

5 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago