HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Situs Short URL Terbaik untuk Perpendek Link Gratis

Hal Yang Diperlukan Membuat Short URL

Selain membuat link terlihat lebih pendek, situs atau layanan short URL juga bisa digunakan jika ingin link yang dibagikan terlihat rapi dan profesional dengan jumlah huruf yang singkat. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengapa perlu membuat short URL, yaitu :

  • Membuat URL terlihat lebih ringkas dan mudah diingat, misalnya jika membagikan artikel atau halaman produk dari website dengan jumlah huruf yang banyak seperti “https://cikenblekpaper.com/blog/2021/01/menu-baru”, bisa memangkas menjadi “bit.ly/CBPmenubaru”, “gg.gg/CBPmenubaru”, dan sebagainya. Selain singkat, juga mudah diingat.
  • Mempermudah pelacakan traffic berdasarkan beberapa faktor, seperti perangkat yang mengakses URL, lokasi pengakses hingga dari mana mereka klik URL tersebut. Hal ini bisa membantu menganalisis program marketing yang dijalankan.
  • Jumlah karakter yang sedikit juga bisa membuat link yang dibagikan terlihat lebih profesional karena rapi dan tidak bertele-tele.

Manfaat Memakai Situs Short URL 

Berikut manfaat memakai situs short URL, yaitu :

1. Kustomisasi URL

Beberapa situs short URL terbaik mengijinkan untuk melakukan kustomisasi link sesuai keinginan. Jadi, ini bisa dimanfaatkan untuk memasukkan nama brand di link pendek tersebut.

Bisa dilihat gambar di atas, bahwa brand Lamborghini membuat short URL lam.bo. Hal ini tentu menjadikan link tersebut unik dan mudah diingat oleh para follower akun Lamborghini. Selain itu, link pendek dengan brand mendapatkan 39% lebih banyak di klik dibandingkan link pendek biasa.

2. Bisa melacak performa link

Banyak situs short URL yang mempunyai fitur untuk melacak dan menganalisis performa link yang dipendekkan. Bisa melihat laporan CTR, mengetahui dari mana saja lokasi orang yang klik dll.

Data laporan tersebut bisa dianalisis untuk mengetahui performa digital marketing bisnis. Tentu saja membantu untuk merancang strategi digital marketing yang lebih baik lagi kedepannya.

3. Link mudah dihafalkan

Selain mudah di hafal URL yang pendek juga mengurangi kemungkinan salah ketik. Salah satu karakter saja akan membuat link tersebut menjadi broken link. Akibatnya, halaman website tidak bisa diakses oleh siapapun dan kehilangan traffic.

4. Lebih profesional dan bisa dipercaya

Saat membagikan link panjang ke orang, link tersebut bisa terlihat sebagai link yang tidak profesional dan tidak terpercaya. Orang ragu untuk klik link tersebut karena merasa asing dan aneh dengan banyaknya jumlah karakter.

Situs short URL bisa merubah link menjadi link yang jelas dan enak dipandang. Sehingga membuat orang lebih yakin untuk mengkliknya.

5. Sangat cocok untuk media sosial

Setiap platform media sosial mempunyai batas berapa banyak karakter yang bisa diketik. Misalnya, di Twitter 280 karakter dan LinkedIn 600 karakter. Jika ingin memasukkan suatu link di postingan, link yang pendek bisa sangat membantu agar tidak melebihi batas karakter.

Situs Short URL Terbaik untuk Perpendek Link Gratis

Berikut ini adalah rekomendasi situs short URL yang bisa digunakan secara gratis untuk memperpendek link hingga mengelola link yang diperpendek, yaitu :

1. Bitly

Bit.ly merupakan salah satu situs short URL terbaik karena memiliki berbagai fitur bermanfaat yang bisa membantu mengelola link. Selain itu bisa mengganti awalan link dengan berpindah ke akun premium dan membayar mulai dari US$29/bulan (sekitar Rp 400 ribu) untuk berbagai fitur menarik lainnya.

Fitur unggulan :

  • Tanpa membuat akun tetap bisa memperpendek link sebanyak mungkin.
  • Akun gratis menyediakan fitur yang bisa membantu bisnis online. Misalnya, fitur kustomisasi URL dan pelacak CTR.
  • Enkripsi HTTPS, menjamin keamanan link yang diperpendek.
  • Cara membuat short URL sendiri yang sangat mudah.

2. TinyURL

Jika pernah menggunakan Twitter, mungkin situs perpendek link yang satu ini sudah familiar untukmu. Sebab, TinyURL sempat menjadi salah satu situs untuk memperpendek URL terfavorit para pengguna Twitter. Saat ini bisa menikmati tampilan baru TinyURL dan memanfaatkannya untuk mempersingkat link yang ingin dibagikan.

Mirip seperti S.id juga bisa membuat link yang diperpendek tanpa mendaftarkan akun, namun jika di S.id tidak bisa memodifikasi akhiran link, lain halnya dengan TinyURL yang memungkinkan untuk melakukannya, hanya saja tidak dapat merekam data klik dari link yang diperpendek jika tidak login atau mendaftarkan akun.

Fitur unggulan :

  • Gratis.
  • Link aktif selamanya. Tidak perlu cemas mengenai broken link.
  • Bisa memperpendek link melalui toolbar. Tidak perlu mengunjungi website TinyURL bisa memperpendek link melalui toolbar dengan satu klik saja.

3. Rebrandly

Di Rebrandly bisa membuat nama domain sendiri yang nantinya akan digunakan di setiap link. Seringkali disebut sebagai kompetitor Bit.ly, Rebrandly memang membuktikan keandalannya untuk memperpendek URL online. Cara penggunaannya mudah cukup mendaftarkan akun baru secara gratis, verifikasi email, kembali ke dashboard, lalu perpendek link apa saja yang diinginkan dan klik “Create Link” seperti gambar berikut.

Selain itu bisa melihat seberapa banyak klik yang didapat dari link yang sudah dipersingkat. Kini ekstensi Rebrandly sudah bisa di install khusus untuk Google Chrome.

Rebrandly juga menyediakan berbagai fitur lain, seperti pengaturan kadaluarsa link, analytics, mengubah link menjadi QR Code, dll. Namun, untuk menikmati semua fiturnya diharuskan untuk berlangganan mulai dari $29/bulan.

Fitur unggulan :

  • Kustomisasi link dengan domain sendiri.
  • Punya segudang fitur lain yang bisa menunjang bisnis online. Misalnya, pengaturan kadaluarsa link, analytics dan pembuatan QR Code.

4. Tiny.cc

Tiny.cc menawarkan harga yang cukup murah untuk kustomisasi URL dibandingkan situs short URL lain, yakni hanya $5/ bulan saja. Namun tenang saja, jika hanya ingin memperpendek link, Tiny.cc tidak memungut biaya sepeserpun.

Selain fitur kustomisasi URL, Tiny.cc juga memiliki beberapa fitur lainnya. Bisa melacak performa link yang diperpendek. Mulai dari melihat CTR, hingga mengetahui lokasi dan browser yang digunakan oleh orang yang klik link tersebut.

Fitur unggulan :

  • Gratis jika hanya memperpendek link saja.
  • Harga langganan yang murah. Cukup dengan $5 bisa menikmati berbagai fitur seperti kustomisasi URL, melihat CTR dan masih banyak lainnya.

5. BL.INK

BL.INK adalah situs short URL dengan fitur yang sangat lengkap dengan dashboard yang user friendly. Dengan BL.INK bisa kustomisasi link dan melacak lokasi orang yang klik, perangkat yang digunakan, hingga bahasa sehari-hari mereka sekalipun.

Versi gratis BL.INK menawarkan hampir semua fitur yang mereka miliki. Namun, terbatas hanya kepada satu pengguna dan 1,000 klik per link saja. Jika bisnis masih kecil, versi gratis BL.INK ini bisa dicoba.

BL.INK juga mempunyai fitur bernama Smart Link. Fitur ini memungkinkan untuk membuat link berdasarkan keyword populer, sehingga bisa menarik trafik lebih banyak dan meningkatkan conversion rate. Conversion rate ini sangat penting karena bisa menjadi petunjuk apakah bisnis untung atau tidak.

Fitur unggulan :

  • Versi gratis yang menawarkan hampir semua fitur yang tersedia. Namun, terbatas kepada satu pengguna dan 1,000 klik per link.
  • Dashboard user friendly. Tidak akan kebingungan untuk mencoba semua fitur dari BL.INK.
  • Smart Link yang memungkinkan membuat link berdasarkan keyword populer. Ini tentunya bisa menarik trafik lebih banyak dan meningkatkan conversion rate.

6. T2M

T2M memiliki dashboard di mana bisa melihat berbagai statistik data. Dashboard mempermudah melakukan analisis performa dari berbagai link yang telah diperpendek. T2M juga menawarkan kustomisasi URL yang bisa diatur kadaluwarsanya, memperpendek banyak link sekaligus, dan membagikan link ke media sosial cukup dengan satu klik saja.

Salah satu fitur unik T2M yang yang jarang ada di situs short URL lain adalah Custom Analytic Reports. Fitur ini memungkinkan untuk meminta laporan statistik yang tidak disediakan di dashboard bawaan.

Bisa meminta alamat IP orang yang mengklik, browser yang digunakan, seberapa sering orang itu mengkliknya dan masih banyak lainnya. Tinggal minta saja laporan custom yang diinginkan kepada customer support T2M.

Dengan fitur yang melimpah tersebut, sayangnya T2M tidak menawarkan versi gratis atau free trial sekalipun. Versi termurah adalah paket Basic yang bisa dinikmati selamanya dengan membayar $ 5.

Fitur unggulan :

  • Dashboard dengan berbagai statistik sehingga mempermudah melakukan analisis performa link.
  • Kustomisasi URL yang bisa diatur tanggal kadaluawarsanya.

7. Polr

Polr adalah situs short URL terbaik yang terkenal dengan fitur self-hosting. Fitur ini merupakan alternatif cara membuat short URL sendiri sesuai keinginan dengan gratis. Namun, karena fitur self-hosting ini pula harus paham mengenai PHP, Lumen dan MySQL untuk menggunakan Polr.

Polr juga memiliki fitur yang mirip dengan situs short URL lain, seperti kustomisasi domain URL dan analisis performa link. Satu hal yang membedakan Polr adalah tersedia demo terlebih dahulu, sehingga bisa mendapatkan gambaran jelas sebelum memutuskan untuk mencobanya.

Fitur unggulan :

  • Self-hosting bisa membuat domain URL dengan nama brand sendiri secara gratis.
  • Disediakan demo bisa tahu lebih jelas apa itu Polr sebelum memakainya.

8. YourIs

YourIs memungkinkan untuk membuat domain URL sendiri dengan gratis karena adanya fitur self-hosting. Oleh karena itu, untuk menggunakan YourIs harus menginstall dan menjalankannya di server pribadi.

YourIs menawarkan beberapa fitur yang tidak kalah menarik seperti bisa membuat link privat atau link publik, melihat statistik performa link, dll. Namun, tenang saja, walaupun punya banyak fitur, YourIs mengklaim bahwa ia enteng dan tidak akan membebani server.

Fitur unggulan :

  • Self-hosting memungkinkan membuat domain URL gratis.
  • Tidak membebani server.
Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Mengenal Apache Tomcat: Server Aplikasi untuk Java Web

Apache Tomcat merupakan web server yang dipakai untuk menjalankan aplikasi berbasis Java di lingkungan server.…

21 hours ago

Optimasi Kinerja Web dengan Lighttpd: Cara Kerja dan Fungsinya

Lighttpd web server yaitu software yang bertindak sebagai server HTTP. Lighttpd didesain untuk menangani beban…

23 hours ago

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

2 days ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

2 days ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

2 days ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

2 days ago