HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Begini Caranya! Cek Alamat IP Domain Kamu dengan Cepat

Pada dasarnya, alamat IP suatu website memberikan informasi tentang lokasi website atau perangkat apa pun (seperti ponsel, laptop, PC, dll) yang terhubung melalui jaringan Internet.

Alamat IP setiap perangkat pasti berbeda karena IP address harus terdiri dari nomor unik. Nomor unik ini diperlukan ketika pengguna jaringan mengirim pesan ke perangkat komputasi di luar jaringan lokal pengguna.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap situs web di Internet dapat memiliki satu atau lebih alamat IP situs web. Minimal, Anda harus mengetahui alamat IP situs web Anda.

Namun, memverifikasi IP suatu domain atau situs web seringkali merupakan tugas yang sulit dan rumit bagi orang yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang kuat di bidang teknologi informasi.

Baiklah, jangan khawatir, artikel ini akan menunjukkan cara cek IP website untuk pemula dengan mudah. Silakan baca artikel ini sampai akhir!

Manfaat Mengetahui Alamat IP Website

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap situs web di Internet memiliki alamat IP. Kehadiran alamat IP membantu browser Anda menemukan situs web di Internet dan memperoleh informasi penting lainnya.

Oleh karena itu, mengetahui alamat IP situs web Anda dapat berguna dalam situasi berikut:

  • Memfasilitasi pemecahan masalah jaringan, termasuk mengapa koneksi jaringan gagal.
  • Mengaktifkan kontrol administratif jarak jauh.
  • Memblokir website tertentu
  • Mengakses situs web yang diblokir
  • Mengarahkan ulang aplikasi yang memblokir website
  • Menentukan lokasi geografis server situs web

Manfaat Cek IP Domain

Pada dasarnya, ada beberapa cara untuk mengakses sebuah website. Untuk melakukannya, masukkan nama domain atau alamat IP untuk mengaksesnya. Namun masih banyak pemilik website khususnya website bisnis yang meremehkan pentingnya menggunakan kedua cara ini agar websitenya mudah diakses.

Ternyata Anda tidak memerlukan pengetahuan teknis apa pun untuk mengecek IP domain suatu website. Menggunakan alat pemeriksa IP situs web yang tepat dapat meningkatkan SEO situs web Anda.

Penasaran bagaimana alat pengecekan IP domain dapat membantu meningkatkan SEO website Anda? Apa manfaat lain yang bisa Anda peroleh dengan memverifikasi IP domain? Inilah jawabannya.

  • Membantu Menolak Website yang Tidak Relevan

Mesin pencari seperti Google cenderung mengasosiasikan situs web dengan alamat IP tertentu. Jika situs web tersebut ternyata palsu dan tidak ada hubungannya, hal ini dapat berdampak negatif pada peringkat pencarian situs web Anda di mesin pencari. Berbagai alat pengecekan IP situs web dapat membantu Anda menemukan informasi platform berbahaya atau tidak relevan terkait situs web Anda. Anda kemudian dapat mengambil langkah berikutnya dengan menghentikan penggunaan situs web dan tautan menggunakan salah satu alat online yang tersedia.

  • IP Canonicalization

Alat Pemeriksaan IP Domain membantu Anda memverifikasi bahwa nama domain dan IP Anda mengarah ke alamat situs web yang sama (proses ini disebut “kanonikalisasi IP”). Jika Anda tidak menetapkan domain dan alamat IP situs web Anda ke URL yang sama, mesin pencari dapat membagi lalu lintas situs web Anda ke beberapa halaman. Hal ini akan berdampak negatif pada SERP website Anda.

  • Peningkatan Keamanan

Keamanan yang Ditingkatkan Proses verifikasi IP situs web membantu Anda memblokir situs web palsu atau sarat malware dan email yang tidak diinginkan. Anda juga dapat meningkatkan keamanan komputer Anda dengan cara ini.

  • Mengakses Informasi Pemilik Website

Banyak layanan yang menyediakan data tertentu tentang pemilik website, seperti lokasi pemilik website dan informasi kontak. Anda dapat menghubungi mereka melalui informasi tersebut. Misalnya saja untuk mendapatkan backlink atau membuat marketing plan. Harap berhati-hati untuk tidak menyalahgunakan informasi pribadi Anda.

Cara Mengetahui Alamat IP Domain Website

Sesuai dengan judul artikel kali ini Hosteko akan memperkenalkan beberapa cara mudah mengetahui IP Address website menggunakan CLI PC atau dengan laptop melalui bantuan tools online.

Silakan baca petunjuk di bawah ini!

  • Cek welcome mail

Biasanya, penyedia layanan hosting situs web Anda akan mengirimkan alamat IP server tempat situs web Anda berada di welcome mail Anda. Jika welcome mail tidak tersedia, silakan hubungi kontak dukungan perusahaan hosting Anda.

  • Menggunakan Ping Command

Anda dapat menemukan server website Anda dengan melakukan ping menggunakan CLI atau Command Line Interface. Anda dapat mengakses CLI langsung dari PC atau laptop Anda.

Cara menemukan IP domain Anda melalui CLI, ialah sebagai berikut.

1. Buka CLI

  1. OS Linux
  • Tekan CTRL+ALT+T. CLI di Linux disebut Command Shell
  1. OS Windows
  • Tekan Win+X
  • Klik tombol pencarian di taskbar ketik ‘cmd’ dan pilih ‘Command Prompt’ di bagian atas.
  1. OS Mac
  • Metode 1: Buka launchpad, lalu pilih Other folder, dan klik dua kali ikon Terminal.
  • Metode 2: Buka Application Folder, lalu pilih Utilities, dan klik dua kali ikon Terminal.
  • Metode 3: Tekan ikon ‘spotlight’, ketik “Terminal”, dan klik dua kali ikon Terminal.

2. Ping Command

Setelah CLI berhasil dibuka, Anda dapat menggunakan ping command untuk menemukan alamat IP domain website Anda. Langkah-langkah berikut dapat dilakukan di CLI pada sistem operasi Windows dan Linux.

  • Pada prompt perintah, ketik ping, beri spasi, dan masukkan alamat situs web tanpa bagian ‘www’.
  • Tambahkan -t setelah alamat situs web.
  • Contoh: ping hosteko.com -t
  • Tekan tombol Enter pada keyboard Anda.

3. Temukan IP Domain Menggunakan Tracert Command

Khusus untuk sistem operasi Windows, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menemukan IP website Anda menggunakan tracert command.

  • Pada prompt perintah, ketik tracert, beri spasi, lalu ketik alamat situs web tanpa bagian ‘www’.
  • Contoh: Tracert Hosteko.com
  • Tekan Enter pada keyboard Anda.

4. Temukan IP Website Khusus  Mac OS

  1. Tekan ikon spotlight
  2. Ketik “Network Utility”
  3. Klik dua kali ‘Network Utility’
  4. Tekan “Traceroute”
  5. Masukkan alamat website atau domain website
  6. Tekan pada Trace
  7. IP website akan ditampilkan

Cek IP Address Domain Website Lewat Browser

Seperti yang disebutkan Hosteko, ada banyak layanan untuk mengecek IP Address sebuah website.

Masing-masing dapat dengan mudah menjawab pertanyaan “Siapakah yang menghosting portal ini?” Namun, beberapa layanan menawarkan fungsionalitas tambahan. Begitu pula dengan Hosteko.

Karena Hosteko memungkinkan Anda untuk memverifikasi domain Anda. Di bawah ini adalah daftar beberapa layanan pemeriksaan IP situs web yang dapat Anda coba dengan browser terpopuler.

1.     WHSR

WHSR (Web Hosting Secret Revealed) adalah salah satu alat online termudah untuk menjalankan nama domain Anda dan mencari tahu alamat IP website Anda. WHSR juga memberikan rincian tambahan tentang website, antara lain lokasi, DNS, dan software yang digunakan untuk Membuat Website.

2.     WhatIsMyIPAddress

Berbeda dengan namanya, website WhatIsMyIPAddress dapat memeriksa IP website mana pun. Langkah-langkah yang perlu Anda ikuti adalah memasukkan hostname (alamat domain) pada kolom yang tersedia dan klik ‘Cari Alamat IP’.

Dalam sekejap informasi IPv4 dan IPv6 segera hadir. Klik salah satu alamat yang ditentukan untuk melihat statistik lebih rinci tentang domain tersebut. Data statistik mencakup namehost website, ASN, ISP, jenis IP (statis atau khusus), dan informasi geolokasi lainnya. Ada juga bagian komentar untuk setiap domain.

3.     DNS Checker

DNS Checker adalah alat sederhana yang membantu Anda memeriksa IP suatu website, dengan fitur lainnya. Seperti namanya, DNS Checker juga dapat melihat data DNS dan situs yang dikumpulkan dari berbagai server di seluruh dunia. Cukup masuk alamat website yang ingin Anda periksa. Alat ini akan menunjukkan siapa yang menghosting website berdasarkan domain yang lebih dari 25 server DNS. DNS Checker juga dapat mengetahu apakah ada negara yang tidak dapat mengakses suatu domain. Anda dapat menambahkan server DNS khusus untuk menguji domain di wilayah tertentu.

Berikut langkah-langkah untuk memeriksa IP domain Anda:

  • Masukkan alamat resmi DNS Checker
  • Masukkan nama domain website Anda di bidang Domain.
  • Pilih A di daftar Record Type
  • Klik Search

4.     Domain IP Lookup

Domain IP Lookup adalah layanan pemeriksa IP domain gratis yang dikembangkan oleh Small SEO Tools. Situs web ini memungkinkan Anda memeriksa alamat IP beberapa situs web sekaligus dengan cepat. Cukup masukkan hingga 10 alamat domain dan klik ‘Domain IP Lookup’ untuk langsung mengakses informasi yang Anda perlukan. Anda juga dapat menggunakan layanan ini untuk membantu optimasi SEO website Anda.

Bagaimana caranya? Domain IP Lookup memungkinkan Anda menemukan alamat IP situs web yang ditautkan ke portal situs web Anda oleh Google. Anda kemudian dapat menolak tautan ke situs web yang tidak relevan atau berbahaya yang dapat meningkatkan SERP situs web Anda.

5.     Who.is

Who.is memungkinkan Anda mengakses berbagai informasi domain dengan memeriksa IP domain terbalik. Anda juga dapat melihat informasi tentang pemilik website dan penyedia hosting serta menemukan alamat kontaknya. Layanan gratis ini memiliki alat dan fitur berguna lainnya, seperti melihat catatan DNS situs web Anda dan menjalankan diagnostik ping jaringan.

6.     IP Checker

Ingin tahu lebih banyak tentang sumber email berbahaya atau spam sehingga Anda dapat segera memblokirnya? Dengan IP Checker yang dibuat oleh Geotek IT Outsourcing, Anda dapat dengan mudah memeriksa IP situs web Anda dan menemukan lokasi domain, pemilik, penyedia domain, nama website, atau Alamat IP. Tools ini menampilkan detail kontak ARIN dan WHOis untuk platform apa pun (di mana pun lokasinya).

Selain pencarian IP, situs ini juga berfungsi sebagai alat pemindaian virus, pemeriksa port TCP/UDP, dan bahkan REST API untuk data lokasi. Yang lebih menakjubkan lagi, alat ini tidak memungut biaya apapun atau gratis untuk digunakan.

Kesimpulan

Tools Pemeriksa IP Domain website secara konsisten memberikan cara termudah dan praktis untuk melihat informasi tentang domain website Anda. Tanpa dengan alat berbayar, alat dan layanan gratis juga bermanfaat bagi pengguna baru dan pemilik website.

Kami berharap informasi tentang cara menemukan alamat IP suatu situs web akan menghilangkan masalah atau kebingungan yang mungkin Anda alami saat menentukan alamat IP Anda. Semoga membantu ya!

 

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

60 mins ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

21 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago