HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tools untuk Cek Traffic Website Kompetitor

Website kini sudah menjadi kebutuhan pokok di dunia maya. Banyak orang mulai belajar cara membuat website. Bahkan berbagai pelatihan dan artikel sudah banyak yang mengajarkan pemula cara membuat website dan topik untuk meningkatkan keterampilan terkait. Ada satu hal penting yang perlu kamu ketahui setelah membuat website. Apa itu? Jawabannya adalah mendatangkan traffic dalam websitemu!

Nah, artikel ini akan membantu kamu dalam mengecek traffic website sehingga kamu dapat mulai mengembangkan strategi mendatangkan traffic jika hasilnya kurang memuaskan. Kamu mungkin juga dapat menggunakan metode ini untuk mengecek traffic website kompetitor. Menarik bukan? Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Traffic Website?

Traffic website adalah lalu lintas dari orang atau pengunjung yang masuk ke alamat website. Seperti kamu ini yang sedang membaca artikel Hosteko maka kamu termasuk salah satu dari sekian banyak traffic website blog Hosteko. Ya, setiap orang yang mengunjungi website dicatat sebagai pengunjung website yang disebut traffic. Jika kamu hanya mengunjungi website ini satu kali, kamu akan dihitung sebagai pengunjung atau pengguna baru. Namun, jika ini merupakan kunjungan kedua, kamu akan tercatat sebagai returning user (pengguna kembali).

Mengapa Harus Cek Traffic Website?

Jumlah traffic yang masuk ke dalam website merupakan indikator keberhasilannya. Tentu saja, trafik yang tinggi berarti banyak orang menyukai konten yang kamu buat, banyak orang yang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan, dan itu juga berarti pemasaran yang kamu gunakan dapat menarik calon pelanggan. Lalu mengapa kamu juga perlu mengetahui perkembangan traffic website kompetitor? Berikut penjelasannya:

Website Pribadi

Pertama-tama, kamu perlu mengetahui tujuan  mengecek traffic website pribadi kamu. Memeriksa statistik website adalah cara mudah untuk melihat seberapa baik kinerja website kamu. Data traffic website berguna untuk memberi tahu kamu dari mana pengunjung berasal, bagaimana mereka berinteraksi dengan konten website, dan strategi pemasaran digital mana yang berhasil.

Jika kamu ingin meningkatkan pelanggan email, meningkatkan penjualan toko online, atau meningkatkan traffic secara keseluruhan maka kamu harus memeriksa analitik traffic website secara rutin. Melacak traffic website akan memberi tahu kamu di mana posisi website yang sedang kamu kembangkan dan apa yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkannya.

Website Kompetitor

Menganalisis statistik traffic website kompetitor dapat memberikan kamu banyak informasi penting, seperti:

    • Halaman dan postingan apa yang memberikan traffic terbanyak bagi kompetitor
    • Kata kunci mana yang memiliki peringkat tinggi oleh kompetitor
    • Channel yang mengarahkan traffic paling banyak kepada mereka (misalnya traffic dari media sosial)

Semua informasi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran konten, pembuatan tautan, proses penelitian kata kunci, dan masih banyak lagi. Dengan memahami apa yang menghasilkan traffic terbanyak bagi kompetitor, kamu dapat menargetkan kata kunci dan topik yang sama untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke website kamu.

Cara Cek Traffic Website Menggunakan Tools

Dengan bantuan alat atau tools, memungkinkan kamu melihat traffic website. Ada banyak tools gratis dan berbayar yang tersedia. Kamu dapat menggunakannya untuk mulai menganalisis website pribadi dan kompetitor. Berikut ini adalah penjelasannya sekaligus cara cek traffic website pada masing-masing tools.

1) SEMRush

SEMRush adalah salah satu alat terbaik untuk mengecek, menganalisis dan memantau traffic website mana pun. Masukkan URL kompetitor untuk melihat data detail tentang total traffic kompetitor. Dengan tools ini kamu dapat melihat metrik website penting, seperti volume traffic bulanan dari waktu ke waktu, distribusi traffic menurut negara, dan kata kunci yang menghasilkan traffic terbanyak. Selain itu, tools ini juga dapat menganalisis traffic massal sehingga memungkinkan kamu menganalisis tingkat traffic beberapa kompetitor sekaligus.

2) SimilarWeb

SimilarWeb adalah pemeriksa traffic website online yang memberikan gambaran umum tentang traffic kompetitor dan menunjukkan saluran mana yang paling berharga bagi mereka. Pada awalnya, kamu mungkin berpikir bahwa kamu hanya akan diberikan traffic pencarian, tetapi ternyata kamu akan menerima laporan terperinci tentang keseluruhan strategi traffic website.

Dengan tools ini kamu akan mendapatkan metrik keterlibatan, seperti rasio pentalan (bounce rate), jumlah halaman yang dilihat per kunjungan, rata-rata lama kunjungan, dan sumber traffic teratas website. Selain traffic pencarian organik, kamu akan menemukan kata kunci berbayar mana yang mendorong traffic website dan saluran media sosial mana yang paling berharga. Terakhir, kamu akan melihat detail tentang target audiens website, jenis website lain yang mereka minati, dan daftar website pesaing yang dapat kamu jelajahi lebih jauh.

3) Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang memungkinkan kamu menganalisis traffic mesin pencari. Alat ini memberi kamu gambaran lengkap tentang bagaimana website kamu ditampilkan oleh mesin pencari. Selain itu, alat ini juga akan menunjukkan jumlah tayangan, klik, rasio klik-tayang (CTR), dan rata-rata posisi kata kunci di mesin pencari. Ini tentu akan membantu kamu memahami kata kunci mana yang kamu rangking dan berapa volume pencarian yang dihasilkan kata kunci tersebut. Dan tentunya, informasi ini akan membantu kamu meningkatkan traffic.

4) Ubersuggest

Ubersuggets adalah alat dari Neil Patel yang menyediakan banyak data berguna tentang traffic website. Jika kamu belum pernah melakukan riset kata kunci atau analisis traffic maka alat ini adalah solusinya.

Fitur analisis traffic memberikan detail tentang traffic kompetitor dari waktu ke waktu, kata kunci yang mengarahkan traffic terbanyak ke kompetitor, dan halaman terpopuler di website kompetitor kamu. Selain itu, kamu juga dapat menjelajahi setiap bagian laporan traffic secara lebih detail. Misalnya, kamu dapat memperluas hasil “Halaman Teratas” untuk mendapatkan perincian semua halaman yang dipublikasikan di website dan perkiraan jumlah traffic bulanan yang dihasilkan dari wesbite tersebut.

5) Ahref

Ahrefs adalah salah satu alat SEO paling populer di pasaran yang dipercaya oleh merek seperti Netflix, Uber, dan Facebook. Alat ini akan membantu kamu melihat berapa banyak traffic yang diperoleh kompetitor dan mengapa peringkat mereka lebih tinggi. Ahrefs merayapi lebih dari 6 miliar website dan mengindeks lebih dari 200 juta website setiap hari.

Banyak data yang mampu memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu kamu mengungguli kompetitor dan mengarahkan lebih banyak traffic. Untuk memanfaatkan alat ini, caranya cukup dengan memasukkan URL website di kotak pencarian dan alat tersebut akan menampilkan semua informasi website yang tersedia.

Nah, itulah beberapa alat atau tools yang dapat akan menfaatkan untuk cek traffic website. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

19 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

23 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 days ago