HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cloud Database Terbaik Untuk Pengembangan Aplikasi

Pembahasan artikel kali ini mengenai Cloud Database Untuk Pengembangan Aplikasi yang rekomend untuk digunakan,sedikit saja mengenai apa itu Cloud Computing.

Meskipun cloud database memberikan manfaat signifikan dibandingkan dengan system deployment yang masih tradisional, yang terkadang arsitektur tradisional harus diintegrasikan dengan platform cloud.

Namun, cloud database telah menyediakan solusi komprehensif untuk setiap pelanggan yang menuntut infrastruktur berkinerja tinggi yang dibuat khusus untuk mendukung relasi database dan disupport oleh para engineers yang ahli di bidang database.

Cloud database sangat cocok untuk pelanggan yang berfokus untuk mengembangkan aplikasi mereka tanpa terganggu dengan masalah terkait infrastruktur.

Berikut adalah 7 cloud database yang menawarkan skalabilitas tinggi di 2022 :

Amazon

Amaxon menawarkan beberapa solusi database cloud termasuk NoSQL dan database relasional.Amazon RDS : Layanan database relasional berjalan pada instans server Oracle,SQL atau bahkan MySQL,sementara Amazon SimpleDB adalah database tanpa sistem yang dirancang untuk menangani kekhawatiran akan pekerjaan yang lebih kecil.

Amazon DynamoDB adalah database NoSQL yang merupakan solid state drive (SSD) yang memungkinkan kalian mereplikasi pekerjaan yang menjadi perhatian pada perangkat seluler di 3 zona pemrograman dengan cara yang berbeda.Menurut AWS CTO Werner Vogels,DynamoDB merupakan solusi database bersama pengembangan mendalam tercepat untuk log AWS.

Selain miliknya sendiri,Amazon menawarkan solusi kontrol rekaman tingkat lanjut seperti Redshift yang merupakan repositori rekaman dan Data Pipeline yang merupakan solusi penyerapan rekaman untuk kontrol rekaman yang lebih hemat biaya.

SAP bukanlah salah satu organisasi raksasa di bidang program perangkat lunak,mereka berdua menawarkan sistem basis data di cloud yang harus dimiliki HANA untuk basis data alat pakaian di lokasi institusi.

EnterpriseDB

Meski EnterpriseDB dirancang untuk berfokus pada database PostgreSQL yang bersifat open-source,namun EnterpriseDB memiliki kemampuan untuk bekerja pada aplikasi database Oracle.

Postgres Plus,Advanced Server of EnterpriseDB,memungkinkan bisnis untuk menggunakan aplikasi yang dirancang untuk database on-premise Oracle yang berjalan di cloud dari HP dan AWS.Ini terdiri dari backup yang terjadwal serta replikasi biner.

SAP

SAP merupakan salah satu perusahaan raksasa di bidang software,pada saat ini menawarkan platform cloud database yang disebut HANA untuk melengkapi tools databases on-premise dari sebuah organisasi.

Semakin mudah orang mendapatkan informasi melalui internet di masa sekarang ini,semakin banyak orang yang mengerti pentingnya suatu perusahaan memiliki sebuah system.Sebuah system yang tidak hanya bertujuan untuk bisa menyimpan data secara terintegrasi antara bagian satu dengan yang lain,tapi juga sebuah system yang mampu membantu pengguna untuk melakukan analisa.
Sekarang,semakin banyak orang yang sudah mendengar istilah “Cloud”,namun masih sedikit yang pernah mendengar istilah “On-Premise”.

Dari sisi infrastruktur / hardware ,pengertian “On-Premise” atau sering disingkat menjadi “On-Prem” adalah istilah untuk menyatakan bahwa perusahaan memiliki server fisik yang mana server tersebut bisa diletakkan di salah satu lokasi / gedung. Baik itu di salah satu ruangan gedung kantor perusahaan atau diletakkan di data center (Co-Location)

Sementara untuk “Cloud” (ada yang menyebut sebagai “Komputasi Awan” atau “Cloud Computing”) secara infrastruktur, merujuk pada infrastruktur yang disiapkan oleh pihak ketiga secara virtual dan online.Sehingga perusahaan membutuhkan jaringan internet untuk bisa mengakses infrastruktur tersebut.

Sekarang,hampir semua orang pasti sudah menggunakan jasa cloud.Cloud services yang paling banyak digunakan oleh khalayak umum saat ini adalah email.Email (sebagai contoh Gmail) adalah salah satu bentuk penggunaan cloud dalam kehidupan sehari-hari.

Garantia Data

Garantia Data sudah menawarkan layanan gateway untuk pelanggan yang lebih memilih menjalankan database Memcached (in-memory NoSQL) serta Redis open-source di cloud publik AWS.Software Garantia memungkinkan untuk melakukan konfigurasi dengan mudah bagi platform yang bersifat open source dengan bantuan kluster.

Rackspace

Database yang ditawarkan oleh Rackspace yaitu hadir dalam cloud database yang terkelola atau terhosting. Rackspace memberikan kinerja tinggi dan menggabungkan jaringan penyimpanan SAN berdasarkan platform OpenStack.

Cloud database sangat bermanfaat untuk mengurangi kompleksitas IT dan biaya operasional.Dengan meningkatnya kecepatan bisnis yang sangat pesat,cloud database memungkinkan organisasi untuk mengurangi sumber daya IT in-house yang diperlukan untuk mengelola sekumpulan data yang sangat besar.

Cloud SQL by Google

Layanan database ini terdiri dari dua produk utama yaitu Cloud SQL yang mendefinisikan relasi database dan BigQuery analysis tools, yang dapat menjalankan query pada sekumpulan data yang luas yang disimpan di cloud.

Azure by Microsoft

Azure merupakan platform cloud computing dari Microsoft yang menawarkan relasi database yang memungkinkan pengguna mengakses database SQL baik di cloud Microsoft atau melalui server yang dihosting di mesin virtual.

Sekian artikel ini,semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago