HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Company Value : Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contoh

Suatu perusahaan tentunya mempunyai nilai-nilai tersendiri yang bisa kita sebut dengan company value. Menetapkan nilai-nilai perusahaan tidak hanya menguntungkan keterlibatan karyawan dan cara karyawan berinteraksi dengan organisasi Anda, namun juga dapat memengaruhi kesediaan seseorang untuk mendukung perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa nilai-nilai inti perusahaan akan membentuk lingkungan kerja dan keputusan bisnis yang diambil oleh tim kepemimpinan Anda. Meskipun banyak konsep yang mungkin terdengar seperti jargon perusahaan, nilai-nilai yang diidentifikasi oleh perusahaan Anda akan membentuk cara Anda membangun tim yang tepat, menciptakan produk atau layanan yang dapat dipasarkan, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Oleh karena itu, company value adalah keyakinan mendasar tim Anda. Intinya adalah, nilai-nilai ini menjadi prinsip panduan yang membantu tim Anda bekerja sama lebih baik menuju tujuan bersama. Mari pelajari semua detail tentang company value yang akan membantu memberikan perusahaan Anda tujuan yang lebih bermakna yang dapat dicapai semua orang.

Pengertian Company Value

Intinya, company value adalah keyakinan, filosofi, dan prinsip yang menggerakkan bisnis Anda. Nilai-nilai ini kemudian dapat memengaruhi pengalaman karyawan dan hubungan yang Anda kembangkan dengan pelanggan, mitra, dan pemegang saham Anda. Dengan analogi, company value adalah DNA bisnis Anda, dan nilai-nilai ini akan membantu Anda membedakan bisnis Anda dari pesaing. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak dapat membuat keputusan bisnis penting apa pun tanpa mempertimbangkan company value yang Anda anut.

Namun, memiliki company value tidak berarti memiliki rencana komunikasi yang baik seputar nilai dan prinsip yang baik. Anda harus benar-benar menghayati nilai-nilai perusahaan dalam segala hal yang Anda lakukan dan memberikan contoh yang baik bagi karyawan Anda. Ini adalah satu-satunya cara untuk membangun kepercayaan di tempat kerja. Jangan meminta karyawan untuk mengikuti nilai-nilai perusahaan yang Anda tetapkan untuk perusahaan Anda jika Anda tidak mengikutinya dan mengintegrasikannya ke dalam pekerjaan sehari-hari sejak awal.

Manfaat dari Penerapan Company Value Pada Bisnis atau Organisasi

Company value adalah nilai-nilai inti atau standar yang memandu cara Anda menjalankan bisnis. Value merangkum fondasi bisnis Anda, akan memengaruhi budaya dalam perusahaan Anda, dan menentukan bagaimana dan mengapa Anda melakukan sesuatu. Meskipun rencana dan strategi bisnis mungkin berubah, nilai-nilai inti bisnis Anda secara umum akan tetap sama. Nilai-nilai perusahaan akan membantu bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang tanpa melupakan apa yang penting di dalamnya. Manfaat lain dari penerapan company value adalah:

1. Membantu kelompok membuat keputusan

Dengan adanya nilai-nilai yang baik akan membantu karyawan Anda dalam memandu setiap keputusan dalam pekerjaannya, dimana setiap proyek atau kegiatan harus lolos uji nilai. Dengan memiliki nilai-nilai yang jelas akan membantu anggota tim Anda mengetahui apa yang Anda perjuangkan, value apa yang perlu dipenuhi.Tindakan mana yang dianjurkan dan mana yang harus dihindari, terutama di masa-masa sulit.

2. Menyatukan Keseluruhan tim

Lebih mudah mengkomunikasikan tujuan yang lebih besar dengan nilai-nilai bersama. Dengan cara ini, akan membantu meningkatkan keselarasan tim, mengurangi pemborosan dan keputusan yang tidak efektif, sehingga meningkatkan kinerja.Tim yang tidak memiliki company value memiliki komunikasi yang tidak konsisten, sehingga menyebabkan kebingungan dan rasa tidak aman. Jadi, definisikan dengan jelas nilai-nilai perusahaan Anda, konsisten dalam komunikasi Anda, dan selaraskan tim Anda.

3. Meningkatkan motivasi tim

Dengan nilai dan misi yang jelas akan lebih terlibat dan termotivasi. Ketika Anda mengetahui nilai-nilai Anda, Anda akan mengetahui perilaku mana yang menjadi prioritas. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah memahami apa saja yang dapat memengaruhi nilai-nilai perusahaan, yang akan membuat Anda merasa lebih aman dan termotivasi untuk bekerja mencapai tujuan bersama dalam lingkungan yang aman secra psikologi.

4. Mengkomunikasikan prinsip-prinsip kepada pelanggan

Pelanggan menyukai perusahaan yang berbagi nilai-nilai mereka karena nilai-nilai inti sangat dapat membantu mengedukasi pelanggan dan membantu mereka memahami apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Dalam hal ini, pelanggan akan mengasosiasikan dirinya tidak hanya dengan perusahaan Anda tetapi juga dengan tujuan yang Anda wujudkan. Pelanggan ini jauh lebih setia dan akan menyebarkan berita tentang Anda dan tujuan Anda begitu mereka melihat betapa Anda menghargainya.

5. Membantu menemukan tim atau pekerja yang tepat

Nilai-nilai perusahaan yang jelas dan kuat akan membantu memastikan orang-orang baru mau bekerja di perusahaan Anda. Semua nilai inti memainkan peran penting dalam menarik, merekrut, dan mempertahankan profesional berbakat yang tepat untuk jenis dan industri Anda.

Tipe atau Jenis Company Value

Ada banyak nilai-nilai perusahaan yang berbeda yang dapat diadopsi dan diterapkan oleh bisnis dan bisnis. Secara umum, nilai-nilai ini dapat digunakan dalam berbagai kombinasi untuk membantu memandu perusahaan dalam melakukan sesuatu. Jenis nilai bisnis meliputi:

  • Profesional
  • Pertanggungjawaban
  • Kolaborasi
  • Fokus pelanggan
  • Perbedaan
  • Kualitas
  • Kemitraan
  • Inovasi
  • Integritas
  • Kepemimpinan
  • Kesatuan tim
  • Menghormati
  • Pengembangan karyawan, dan lain sebagainya.

Contoh Company Value yang Umum

Secara keseluruhan, tidak ada template untuk mendefinisikan nilai-nilai inti yang sama untuk setiap perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin hanya mengidentifikasi satu atau dua nilai bisnis yang mereka anggap penting bagi mereka dan tidak bersikeras menggunakan nilai lain yang mungkin tampak canggung karena mereka berada di luar industrinya. Contoh nilai sederhana yang dapat menonjolkan nilai bisnis mereka adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan lebih fokus pada layanan pelanggan dengan berusaha melampaui harapan pelanggan saat mengirimkan produk.
  • Berdasarkan nilai inovasi, suatu perusahaan terus mencari cara baru dan lebih baik untuk melakukan sesuatu di tingkat operasional dan menghasilkan produk baru yang lebih bermanfaat bagi lebih banyak orang.
  • Mengandalkan serta menggunakan material dan bahan berkualitas terbaik serta unggul, sebuah perusahaan ingin menyajikan pengalaman penggunaan produk mereka dengan cita rasa premium.

Perusahaan lain mungkin memahami bahwa beberapa nilai perusahaan diperlukan untuk membantu menentukan apa yang dilakukan perusahaan mereka dan bagaimana perusahaan melakukannya. Setiap perusahaan berbeda dan tentu saja memiliki nilai-nilai inti masing-masing, baik jelas atau tidak.

Inspirasi Company Value

1. Bukalapak

  • Go the extra mile (berjuang lebih jauh)
  • Customer obsessed (berorientasi dengan pelanggan)
  • Speak up (berani berbicara)
  • Gotong royong
  • Try, fail, and try again (eksperimen dan tidak takut gagal)

2. Gojek

  • Speed (kecepatan)
  • Innovation (inovasi)
  • Social impact (dampak sosial)

3. Microsoft

  • Innovation (inovasi)
  • Diversity and inclusion (keragaman dan inklusif)
  • Corporate social responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan)
  • Philanthropies (filantropi)
  • Environment (lingkungan)
  • Trustworthy computing (komputasi yang terpercaya)

Nilai-nilai sangat penting untuk membangun budaya perusahaan yang kuat, melibatkan tim Anda, dan membantu mereka membuat keputusan yang tepat. Namun, eksekusi lebih penting di sini. Tidak peduli seberapa baik nilai-nilai perusahaan Anda, mulailah dengan memimpin dengan memberi contoh, menempatkan nilai-nilai yang Anda perjuangkan di atas keuntungan dan tidak pernah berkompromi.

Anda mungkin menemukan nilai-nilai perusahaan Anda terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari tim dan perusahaan Anda tanpa kecuali. Jangan lupa untuk memberi penghargaan kepada anggota tim Anda karena bersama-sama mengadopsi nilai-nilai perusahaan. Anggota tim Anda yang lain akan mengikuti jejak Anda dan Anda akan menciptakan organisasi yang kuat dan berkelanjutan jika apa yang Anda pilih dilakukan dengan baik.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

4 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

7 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago