HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Daftar Rekomendasi Aplikasi Pemotong Video untuk PC Atau Laptop

Beberapa aplikasi pemotong video untuk PC dibawah ini dapat kalian gunakan dan tidak perlu khawatir dengan performa aplikasi tersebut, karena aplikasi tersebut akan bekerja secara powerfull.

Berikut 10 rekomendasi aplikasi pemotong video untuk PC yang dapat digunakan :

Windows Movie Maker

Merupakan perangkat lunak yang merupakan bagian dari Windows Essentials 2012.Fungsi utama program ini adalah untuk melakukan olah digital terhadap cuplikan-cuplikan gambar bergerak (film),misalnya untuk menambahkan animasi,efek visual ataupun sebuah redaksi singkat yang berhubungan dengan film yang sedang disunting.Untuk para pengguna Windows, pasti sudah mengenal aplikasi editting video ini,Aplikasi ini juga bisa memotong video dengan cara melakukan trim atau cut sebuah video di dalam timeline.Selain itu, aplikasi ini juga sudah menyediakan berbagai fitur, seperti menyediakan efek dan transisi video yang dapat membuat hasilnya lebih maksimal lagi. Windows Movie Maker juga sudah menyediakan jendela live preview yang dapat diputar pada saat kita sedang melakukan pengeditan.Program kecil ini hanya memiliki berbagai fitur dasar penyuntingan video yang sangat sederhana, tetapi sudah mencukupi bagi para pengguna pemula.

Secara default,menu utama yang ditampilkan yakni :

  • Home
  • Animations
  • Visual Effect
  • Project
  • View

Pada saat ada berkas film yang dibuka,secara otomatis ribbon program ini menambah 2 menu lagi (meskipun terkadang tidak muncul secara bersamaan), yaitu:

  • Video Tools Edit
  • Text Tools Format

VSDC Free Video Editor

Merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur,dimana didalamnya memiliki fitur yang sangat lengkap,contoh yaitu seperti efek transisi, pengolahan audio. efek video dan pemotongan video. Aplikasi ini dapat mempermudah untuk mengedit video dengan sederhana.Pada aplikasi ini juga akan memberikan preview secara realtime, sehingga para pengguna bisa lebih mudah untuk menfedit video.Aplikasi ini juga mendukung berbagai file format video contohnya yaitu seperti WMV, MOV, AVI, MKV, FLV dan lain sebagainya.

Cara menggunakan VSDC free Video Editor :

  • Buka aplikasi VSDC free Video Editor.
  • Klik New Project.
  • Beralih ke Project’s Setting, atur resolusi, framerate, frequency, dll. lalu pilih Import Videos and Images kemudian klik Finish.
  • Kemudian Drag file yang kalian pilih pada panel project yang telah tersedia yang bertuliskan ‘Drag and drop media files here’.
  • Jika ingin menambahkan gambar cukup klik kanan pada tulisan Sprite1 pada Timeline lalu klik edit effect.
  • Klik medu Editor,pilih add object.
  • Kemudian setelah itu export video pada menu export project.
  • Lakukan proses editing sesuai kebutuhan.
  • Simpan hasil project dengan cara klik Save.

AIV DVD Cutter

Merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk memotong video yang ada di DVD,bisa mendownload dan menggunakan aplikasi ini secara gratis di komputer kalian,bisa secara langsung melakukan load file DVD secara mudah dan tidak perlu memikirkan durasi yang panjang,karena apikasi ini mampu untuk menampungnya.Kalian bisa dengan mudah untuk memotong video dan kemudian menyimpannya dengan berbagai format video yang berbeda.Pengaturan yang lainnya juga sudah disediakan contohnya yaitu seperti Full Screen, panel view, stop dan lain sebagainya.

 Shotcut

Merupakan aplikasi opensource yang bisa digunakan secara cross platform untuk para pengguna OS X,Windows dan juga Linux.Keunggulan dari aplikasi ini yaitu dapat mendukung capture, audio capture, dan juga webcam capture yang umumnya digunakan untuk live di Youtube maupun  Twitch.Pada awalnya ShotCut dikembangkan untuk Linux,para pengguna Linux sudah tidak asing dengan ShotCut ini,bahkan ShotCut dijadikan salah satu video handalan berbasis Linux, seiring waktu kemudian ShotCut bisa digunakan pada Windows dan Mac.Pada video editor berbasis Open Source lainnya pada awal pengembangannya mereka menargetkan Linux, namun kemudian seiring waktu mereka juga menyediakan software mereka agar bisa diakses melalui Windows dan Mac.Namun pada video editor berbasis Open Source lainnya, khusus untuk kebutuhan Windows software mereka sering crash dan tidak semulus pada Linux,berbeda dengan ShotCut ini,yang cukup stabil di dalam Windows.

Bagi pengguna Windows,ShotCut tersedia dalam dua versi.Versi 32 BIT dan 64 BIT,namun sejauh pengalaman ShotCut kurang bagus di versi 32 BIT,mungkin disebabkan karena komputer yang kurang tinggi.Namun ketika menjalankan di 64 BIT, dengan spesifikasi komputer yang lebih tinggi,ShotCut versi 64 BIT ini berjalan mulus dan hampir jarang crash.

Lightworks

Merupakan aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit video,kalian bisa membuat film,music video dan lain sebagainya menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga sangat sederhana dan mudah untuk dipelajari karena aplikasi ini memiliki tampilan yang lebih sederhana,sehingga kalian bisa berkreasi dengan kreatif untuk membuat video yang sesuai dengan selera kalian,bisa memotong video sesuai dengan keinginan dengan mudahnya.Untuk menggunakan aplikasi ini,bisa menggunakan 2 versi,yakni versi berbayar atau gratis.Kelemahan versi gratisnya adalah kalian harus melakukan Activation secara rutin untuk tetap dapat menggunakan software ini.Namun proses aktivasi cukup simple dan tidak memakan waktu yang banyak sehingga kalian tidak perlu merasa terganggu dengan aturan ini.Dengan versi gratis kalian bisa mengekspor video menjadi MPEG-4 pada resolusi maksimal 720p.

Berikut fitur – fitur Lightworks :

  • Mendukung banyak format video : ProRes, RED R3D, Avid DNxHD, AVC-Intra, DVCPRO, DPX, AVCHD, XDCAM EX / HD 422, H.264
  • Proses import,render dan export yang dibolehkan di background,sehingga tidak perlu menunggu lama karena proses bisa berjalan di background.
  • Multicam editing.
  • Dapat melakukan trimming dengan cepat dan akurat.

Moo0 Video Cutter

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk kalian yang ingin memotong video secara mudah di komputer atau PC kalian.Tampilan interface dari aplikasi ini juga sangat sederhana,sehingga para pemula dapat dengan mudah untuk mengoperasikan aplikasi ini.Cara penggunaannya yaitu hanya melakukan load file kemudian kalian dapat memotongnya dengan cara trim atau juga bisa mengisi durasi dari awal sampai akhir video.Banyak para editor video menggunakan aplikasi ini untuk memotong video mereka,karena untuk melakukan compress,aplikasi ini tidak mengurangi kualitas dari videonya.

VirtualDub

Merupakan software video capture berbasis Windows yang berlisensi di bawah GNU General Public License (GPL). Software sederhana ini bisa dijadikan pilihan untuk mengedit video seperti memotong dan menggabungkan video.

Meski sederhana,software ini memiliki banyak fitur penting dalam hal mengedit video,yakni :

  • Split & Trim, Digunakan untuk menggabungkan dan melakukan split pada video.
  • Melakukan pemotongan pada video.
  • Menggabungkan beberapa  video.
  • Croping video.
  • Memutar atau merotasi video.
  • Mengkompres video menjadi ukuran yang berbeda, bahkan anda bisa mengecilkan ukurannya.
  • Menghapus/Tambah audio sebagai backsound.
  • Menambahkan sub judul dan teks.
  • Menambahkan Logo Watermark.
  • Mengubah kontras/ dan juga kecerahan Mengmbil Snapshot.

Bandicut

Merupakan salah satu software edit video yang kompatibel dengan Windows. Software ini dapat memotong video tanpa encoding, sehingga dapat memotong bagian – bagian tertentu dari video dengan cepat tanpa mengurangi kualitas asli dari video tersebut dan juga dapat memilih beberapa bagian untuk memotong, menghapus satu atau lebih bagian dari video, atau memisahkan video ke dalam beberapa file.Software ini juga memiliki 2 pilihan yaitu versi gratis dan berbayar. Versi gratis tentunya memiliki batas – batas tertentu dibandingkan versi berbayar nya.

Berikut beberapa kelebihan dari Bandicut :

  • Dapat memotong video dengan mudah dan cepat.
  • Dapat memotong file video sebagai AVI cutter, MP4 cutter, MOV cutter, atau MPEG cuter.
  • Dapat memotong, membagi file video atau menggabungkan beberapa segmen tanpa mengurangi kualitas video.
  • Dapat memotong dengan tepat antara setiap frame video yang dipilih.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

4 days ago